bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik yang Dibawakan Aktor Chungmuro Park Jung Min

Untuk yang gemar menyaksikan blockbuster asal Korea Selatan, kemungkinan besar kalian pernah menonton satu atau lebih dari film yang dimainkan oleh aktor Park Jung Min. Aktor dengan julukan “Chungmuro’s Blue Chip” ini sudah membintangi sejumlah judul layar lebar populer dengan total penjualan yang fantastis.

Kepopularitasan film tersebut tentu saja tak lepas dari akting menawan yang selalu ditunjukan oleh Park Jung Min melalui karakter yang didalami olehnya. Tak heran, banyak penghargaan dari ajang perfilman prestisius yang diraih atas namanya sendiri.

Nah, untuk ingin melihat bagaimana aktor Chungmuro ini dalam membawakan perannya, kali ini Bacaterus sudah merangkum beberapa pilihan film Park Jung Min yang akan membuat kalian jatuh hati dengan kemampuan aktingnya. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. The Miracle

film-park-jung-min-1_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama
  • Produksi: Blossom Picture, Lotte Entertainment
  • Sutradara: Lee Jang Hoon
  • Pemeran: Park Jung Min, Lim Yoon Ah, Lee Sung Min, Lee Soo Kyung

“The Miracle” merupakan film yang diangkat dari kisah nyata yang terjadi di daerah terpencil di Provinsi Gyeongsang Utara pada tahun 1980-an. Di sini, Park Jung Min memerankan karakter Joon Kyung, siswa SMA yang juga seorang jenius matematika. Joon Kyung tinggal di desa terpencil dengan jalur kereta tanpa stasiun.

Karena menginginkan stasiun kereta di desanya, Joon Kyung bahkan sudah berusaha untuk mengirim lebih dari 54 surat pada presiden, tetapi tak pernah ada balasan. Lalu, Joon Kyung juga berupaya untuk memenangkan kontes matematika dengan harapan bisa bertemu dengan presiden.

Joon Kyung berhasil memenangkan kontes itu, tapi pertemuannya dengan sang kepala negara hanya tinggal angan-angan. Meskipun begitu, Joon Kyung tidak berhenti berusaha mewujudkan mimpinya untuk membangun stasiun kereta api untuk warga desanya.

Selain mengajak penonton untuk menyaksikan perjalanan Joon Kyung dalam menghidupkan mimpinya, “The Miracle” menyuguhkan kisah asmara Joon Kyung bersama dengan Ra Hee, yang diperankan oleh SNSD Yoon Ah. Jadi, untuk yang penasaran dengan harmoni antara Im Yoon Ah dan Park Jung Min, “The Miracle” wajib ditonton!

2. Dongju: The Portrait of a Poet

film-park-jung-min-2_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Period Drama
  • Produksi: Luz Y Sonidos, Megabox Plus M
  • Sutradara: Lee Joon Ik
  • Pemeran: Kang Ha Neul, Park Jung Min

“Dongju: The Portrait of a Poet” merupakan sebuah film periodik yang terinspirasi dari dua tokoh sejarah bernama Yun Dong Jun dan sepupunya, Song Mong Gyu yang melanjutkan edukasinya di Jepang, saat negara tersebut mengkolonisasi Korea. Kedua figur ini dibawakan oleh aktor Kang Ha Neul dan tentunya Park Jung Min.

Selama 110 menit penayangan, penonton akan dibawa menuju kisah kedua sepupu dengan sifat yang bertolak belakang dalam menghadapi kolonial Jepang.

Song Mong Gyu yang dibawakan oleh Park Jung Min digambarkan sebagai karakter yang agresif, blak-blakan, cerdas dan selalu mendukung Dong Ju. Ia sangat menginginkan kemerdekaan Korea hingga mencoba untuk membuat sebuah perubahan radikal.

Dibandingkan dengan film lainnya, budget yang dialokasikan untuk film ini tergolong rendah. Bahkan hampir seluruh adegannya diambil di satu lokasi yang sama.

Meskipun begitu, “Dongju: The Portrait of a Poet” berhasil melahirkan banyak prestasi. Park Jung Min sendiri bahkan berhasil mengumpulkan penghargaan sebagai “Aktor Pendatang Baru Terbaik” di berbagai ajang, salah satunya 52nd Baeksang Arts Awards.

3. Tazza: One Eyed Jack

film-park-jung-min-4_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Crime, Drama
  • Produksi: Sidus Corporation, B.A. Entertainment, MCMC, Lotte Entertainment
  • Sutradara: Kwon Oh Kwang
  • Pemeran: Park Jung Min, Ryoo Seung Bum, Choi Yu Hwa, Lee Kwang Soo, Yoon Je Moon

“One Eyed Jack” merupakan bagian terakhir dari trilogi film populer bertemakan kasino “Tazza”. Di sini, Park Jung Min dipercayakan untuk membawakan karakter utama bernama Do Il Chul.

Dalam narasi, Il Chul adalah seorang pemain poker muda yang mahir. Suatu hari, ia mengincar untuk memenangkan jackpot. Ia sangat yakin bisa memenangkannya hingga mengajukan pinjaman dengan jumlah yang tak sedikit.

Namun, Il Chul gagal mendapatkan targetnya dan berakhir diburu dengan hutang yang besar. Ia bahkan hampir kehilangan tangannya karena tak mampu membayar hutang.

Untungnya, ia berhasil diselamatkan oleh pemain poker legenda ‘One-Eyed’. Pada akhirnya, Il Chul bergabung dengan tim ‘One-Eyed’ demi memenangkan sebuah mega jackpot.

Semua rencana permainan yang sudah mereka persiapkan berjalan dengan lancar. Sampai akhirnya, terjadi satu kesalahan fatal yang membuat seluruh anggota tim terjebak dalam situasi hidup dan mati.

4. Sunset in My Hometown

film-park-jung-min-5_
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Drama
  • Produksi: M-Line Distribution, Megabox
  • Sutradara: Lee Joon Ik
  • Pemeran: Park Jung Min, Kim Go Eun

“Sunset in My Hometown” atau “Byeonsan” merupakan kali kedua Park Jung Min dan sutradara Lee Joon Ik berkerjasama. Di sini Park Jung Min kembali dipilih untuk membawakan pemeran utama dengan nama Hak Soo.

Ia adalah seorang underground rapper tak terkenal yang selama 6 tahun mencoba peruntungannya dalam program TV khusus rapper, “Show Me the Money”.

Hak Soo sangat membenci kampung halamannya, karena perlakuan sang ayahnya pada ibu dan juga dirinya. Ketika ibunya meninggal karena penyakit kanker, Hak Soo pergi ke Seoul untuk menjadi rapper. Namun, Hak Soo terpaksa kembali ke tempat kelahirannya, setelah menerima kabar bahwa ayahnya berada dalam keadaan kritis.

Akan tetapi, itu hanyalah akal-akalan ayahnya supaya dia mengunjungi tempat kelahirannya. Ketika Hak Soo hendak kembali ke Seoul, ia malah tersandung masalah baru. Mau tak mau, Hak Soo terjebak lebih lama di kampung halamannya.

Park Jung Min yang sama sekali tidak memiliki latar belakang sebagai rapper. Maka dari itu, ia dikabarkan belajar rap selama 1 tahun.

Tidak hanya itu, lirik rap yang ditulisnya sendiri juga muncul dalam film ini. Totalitasnya dalam memerankan Hak Soo, menggiring Park Jung Min mendapatkan predikat “Aktor Terbaik” melalui Busan Film Critics Association Awards.

5. Start-Up

film-park-jung-min-6_
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Drama, Comedy
  • Produksi: Filmmaker R & K, Contents Panda
  • Sutradara: Choi Jeong Yeol
  • Pemeran: Ma Dong Seok, Park Jung Min, Jung Hae In, Yum Jung Ah

“Start-Up” merupakan film drama-komedi yang diangkat dari sebuah webtoon Daum dengan judul yang sama, karya Jo Geum San. Untuk film ini, Park Jung Min bertransformasi menjadi remaja 18 tahun berambut pirang bernama Go Taek Il.

Taek Il adalah remaja pembuat onar yang hanya tinggal dengan ibunya yang seorang mantan atlet voli. Suatu ketika, Taek Il berseteru dengan ibunya karena dirinya tidak ingin berkuliah. Alhasil, dia memilih untuk kabur dari rumah meskipun dia tidak punya rencana apapun.

Lalu akhirnya, ia mendapatkan pekerjaan sebagai pengantar makanan di sebuah restoran Cina. Di sana ia bertemu dengan koki misterius bernama Go Seok. Pengalamannya ini membuat Taek Il mengenal pahitnya realita dunia orang dewasa dan belajar untuk menjadi lebih bertanggung jawab.

Film komedi yang penuh akan sarat makna, ditambah dengan kehadiran banyak aktor papan atas menjadi formula ampuh untuk membuat banyak moviegoers tertarik menonton film ini. Terbukti, “Start-Up” berhasil mengumpulkan lebih dari 3,3 juta penonton.

6. Deliver Us from Evil

film-park-jung-min-7_

Melalui film bertajuk “Deliver Us from Evil”, Park Jung Min menantang dirinya untuk membawakan peran seorang transpuan bernama Yui. Dalam kisahnya, Yui membantu In Nam, seorang pembunuh bayaran yang dalam perjalanan mencari sang buah hati yang diculik di Thailand, demi uang untuk operasi ganti kelamin.

In Nam sendiri adalah tokoh yang dibawakan oleh aktor kawakan Hwang Jung Min. Ia merupakan seorang mantan anggota intelijen yang menjadi pembunuh bayaran.

Selepas menyelesaikan misi terakhir untuk membunuh seorang Yakuza, In Nam mendapatkan kabar bahwa mantan kekasihnya, Seo Young Joo dibunuh, dan anak perempuannya yang berusia 9 tahun diculik di Thailand.

Film Park Jung Min satu ini ditayangkan saat pandemi Covid-19 masih berlangsung. Meskipun begitu, film ini berhasil menjual lebih dari 4 juta tiket. Hal ini menjadikan “Deliver Us from Evil” menduduki peringkat kedua film dengan penjualan tertinggi di Korea Selatan pada tahun 2020.

Tidak hanya filmnya, kesuksesan Park Jung Min dalam menghidupkan karakter transpuan, membuatnya berhasil membawa pulang title “Pemeran Pendukung Terbaik” dalam beberapa ajang bergengsi perfilman termasuk 41st Blue Dragon Film Awards.

7. Keys to the Heart

film-park-jung-min-8_
  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: JK Film, CJ ENM
  • Sutradara: Choi Sung Hyun
  • Pemeran: Lee Byung Hun, Youn Yuh Jung, Park Jung Min

Sepanjang karirnya sebagai aktor, Park Jung Min tidak pernah melimitasi jenis karakter yang dimainkannya. Khusus untuk film “Keys to the Heart”, Park Jung Min mencoba untuk menghidupkan karakter Jin Tae yang merupakan pengidap sindrom savant.

Narasi film ini dimulai dari petinju kelas welter bernama Jo Ha yang pernah menjuarai WBC Asian saat di masa kejayaan. Namun sekarang, Jo Ha menjadi penyebar brosur di jalan dan sesekali melakukan sparring dengan petinju lainnya.

Suatu ketika, ia tak sengaja bertemu kembali dengan ibu kandungnya setelah 17 tahun terpisah. Dari situ, Jo Ha menemukan bahwa dia mempunyai adik tiri pengidap sindrom savant yang juga jenius dalam bermain piano bernama Jin Tae.

Demi menghidupkan Jin Tae, Park Jung Min menolak pemain pengganti dan memilih untuk berlatih piano selama 6 bulan. Lalu, ia juga menggunakan baju-baju lama yang dimiliki oleh ayahnya sendiri supaya karakternya tampak realistis.

8. Time to Hunt

film-park-jung-min-9_

Film “Time to Hunt” ini membawa penonton menuju masa depan dunia dystopia, di mana seluruh negeri menderita kemelaratan setelah badai krisis finansial yang dahsyat. Plot dibuka dengan keluarnya Jun Seok dari penjara selepas kasus pencurian bersama teman-temannya.

Melihat mata uang Won yang meluncur tajam, Jun Seok mengusulkan satu misi pencurian terakhir bersama sahabatnya Jang Ho dan Ki Hoon guna melepaskan diri dari situasi tersebut. Target mereka adalah sebuah rumah judi ilegal yang menyimpan tumpukan dolar Amerika.

Untuk melancarkan misinya, ketiga sahabat ini merekrut karakter yang dibawakan oleh Park Jung Min, yakni Sang Soo. Ia adalah pria yang kebetulan bekerja di rumah judi buruan mereka. Namun, kegembiraan mereka akan kemulusan rencana diganggu dengan sesosok pria misterius yang memburu mereka.

Film yang mengumpulkan para pemain luar biasa ini menghasilkan prestasi yang tak kalah luar biasa juga. “Time to Hunt” masuk ke dalam daftar film yang ditayangkan pada satu dari tiga festival film paling bergengsi, yakni Berlin International Film Festival 2020.

9. Svaha: The Sixth Finger

film-park-jung-min-10_
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Mystery, Thriller
  • Produksi: filmK, Filmmaker, CJ Entertainment
  • Sutradara: Jang Jae Hyun
  • Pemeran: Lee Jung Jae, Park Jung Min, Lee Jae In, Jung Jin Young, Lee David, Jin Seon Kyu

Di tahun 2019, Park Jung Min kembali menyapa para penonton dengan hadir dalam film misteri-thriller karya sutradara Jang Jae Hyun yang sebelumnya pernah mencetak box-office hitsThe Priest”. Film ini digawangi oleh karakter Pastor Park, kepala dari sebuah organisasi religius yang membongkar banyak aliran sesat.

Suatu ketika, timnya menemukan kelompok Buddha sesat rahasia ‘Deer Mount’. Ditengah investigasinya, Pastor Park menemukan pengikut fanatik bernama Jung Na Han dan karakter inilah yang dibawakan oleh Park Jung Min

Na Han diangkat oleh “Tuhan” kelompok sesat tersebut ketika dia berada di penjara anak. Dirinya dibutakan oleh aliran sesat itu hingga rela melakukan pembunuhan pada gadis remaja.

Tugas tim Pastor Park menjadi semakin berat ketika si fanatik Na Han yang menjadikan Lee Geum Hwa sebagai target selanjutnya. Remaja putri tersebut ternyata menyimpan sebuah rahasia, yakni kembarannya dengan berbentuk tak lazim yang disembunyikan di belakang rumah sejak lahir.

10. Bleak Night

film-park-jung-min-3_
  • Tahun rilis: 2011
  • Genre: Drama, Coming of Age
  • Produksi: Korean Academy of Film Arts (KAFA)
  • Sutradara: Yoon Sung Hyun
  • Pemeran: Lee Je Hoon, Seo Jun Young, Park Jung Min, Jo Sung Ha

Berbicara mengenai film Park Jung Min, “Bleak Night” merupakan satu yang tidak boleh ditinggalkan. Sebab dari proyek inilah, nama Park Jung Min mulai dikenal di industri perfilman. Film ini juga menjadi kali pertama Park Jung Min serta sutradara Yoon Sung Hyun dan aktor Lee Je Hoon bekerja sama dalam sebuah proyek film.

“Bleak Night” menggambarkan kisah masa muda dari ketiga sahabat, yakni Ki Tae, Dong Yoon, dan Hee Joon, peran yang dibawakan oleh Park Jung Min. Ketiga serangkai ini sangatlah dekat sampai mereka berpikir bahwa persahabatan ini akan terjalin selamanya. Namun pada akhirnya, beberapa permasalahan mulai menerpa persahabatan mereka.

Perselisihan dimulai dari kesalahpahaman antara Ki Tae dan Hee Joon. Ki Tae bahkan tak segan-segan melakukan kekerasan pada sahabatnya sendiri. Ketika Dong Yoon mengetahui perbuatan Ki Tae pada Hee Joon, Dong Yoon mencoba menghentikan Ki Tae, tetapi usahanya gagal.

Lalu, perselisihan ini berubah menjadi tragedi yang membuat ketiga sahabat ini kehilangan kesempatan untuk kembali seperti dulu.

Park Jung Min adalah aktor yang mampu merubah dirinya menjadi setiap karakter yang diperankannya dengan sangat mulus. Baik karakter tipikal maupun atipikal, Park Jung Min mampu membuat karakternya menjadi hidup dan nampak realistis.

Layaknya bunglon, transformasi dari setiap karakter yang dimainkannya benar-benar berada di level yang berbeda.

Dengan melihat gambar ataupun namanya dalam sebuah poster film, sudah lebih dari cukup untuk membuat penonton tertarik dengan film tersebut. Jadi, bagaimana? Sudah memutuskan film Park Jung Min mana yang akan ditonton pada akhir pekan ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram