bacaterus web banner retina

10 Rekomendasi Film Park Ji Hwan yang Punya Cerita Seru 

Nama Park Ji-hwan dikenal sebagai salah satu aktor berkebangsaan Korea. Kiprahnya di industri hiburan dimulai lewat Yellow Hair (1999) dan The City of Violence (2006). Tahun ini ia terlibat dalam drama Korea berjudul Our Blues sebagai seorang ayah tunggal yang mempunyai masalah. 

Karir Park Ji-hwan semakin menanjak sejak ia membintangi The Outlaws (2017) bersama dengan Ma Dong-seok. Mau tahu ada film apa lagi yang ia bintangi? Untuk lebih lengkapnya, ini dia deretan film terbaik yang dibintangi oleh Park Ji-hwan selama karirnya sebagai aktor. 

1. Hansan: The Emergence of Dragon 

film park ji hwan-1_

Hansan: The Emergence of Dragon berfokus pada salah satu tokoh besar dalam sejarah Korea, yakni Laksamana Yi Sun-sin. Karakter ini dipercayakan kepada Park Hae-il. Berlatar tahun 1592, dikisahkan Korea sedang menghadapi pertempuran laut dengan Jepang di Pulau Hansan. 

Pertempuran ini mengawali peristiwa Roaring Current yang fenomenal. Film ini menggambarkan bagaimana Korea yang dipimpin Laksamana Yi Sun-sin mengalahkan armada Jepang di laut lepas Hansan-do.

Selain melibatkan aktor dan aktris terkenal Korea, film ini juga dibintangi oleh Park Ji-hwan yang memerankan karakter Na Dae-yong, salah satu pemeran pendukung. 

2. The Roundup 

film park ji hwan-2_

The Roundup merupakan film kedua dari The Outlaw (2017) di mana kisahnya mengikuti seorang detektif yang terkenal tangguh bernama Ma Seok-do (Ma Dong-seok). Kehebatan Seok-do membuatnya dijuluki sebagai Polisi Bintang. Dia juga disegani oleh rekan-rekannya. 

The Roundup menggambarkan kelanjutan kisah Seok-do yang kini ditugaskan untuk mengejar kelompok Jang Cheng pimpinan, Kang Hae-sang (Son Seok-gu). Mereka harus membawa kembali para anggota geng itu ke Korea. Seok-do dan rekannya pergi ke Vietnam dan mengekstradisi Hae-sang. 

Namun, di Vietnam mereka menemukan banyak kasus pembunuhan yang mengejutkan, salah satunya kasus pembunuhan terhadap putra Taipan bisnis asal Korea. Dalam film yang menampilkan petualangan kejar-kejaran, Seok-do dan timnya ini, Park Ji-hwan ikut hadir memerankan karakter Jang Il-soo. 

3. The Pirates: The Last Royal Treasure 

film park ji hwan-3_

The Pirates: The Last Royal Treasure mengikuti petualangan sekelompok bajak laut yang mengarungi lautan untuk mencari harta karun milik keluarga kerajaan. Ada karakter bernama Woo Moo-chi (kang Ha-neul) yang merupakan mantan bandit, dan tangan kanannya lebih memilih kehidupan di atas kapal ketimbang di darat.

Ada juga Kapten Hae-rang (Han Hyo-joo) dan kru kapalnya yang mempunyai keinginan sama dengan anak buah Moo Chi yang ingin menguasai harta keluarga kerajaan itu. 

Namun, mereka bertemu dengan musuh besar, yakni Boo Heung Soo (Kwon Sang-woo). Dalam drama yang juga dibintangi oleh Oh Se-hun ini, Park Ji-hwan hadir sebagai salah satu pemeran pendukung, yakni sebagai Ah Gwi. 

4. The Battle: Roar to Victory 

film park ji hwan-4_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Action, Drama, History 
  • Produksi: Big Stone Pictures, Showbox Entertainment, W Pictures 
  • Sutradara: Won Shin-Yeon
  • Pemeran: Yoo Hae-Jin, Ryu Jun-Yeol, Jo-Woo-Jin

Kisah dalam film ini didasarkan pada peristiwa pertempuran Bongondong tahun 1920. Pertempuran ini merupakan sebuah konfrontasi antara pejuang kemerdekaan Korea dan pasukan Jepang saat Negeri Ginseng dijajah Jepang. 

Hwang Hae-chul (Yoo Hae-jin) adalah anggota pejuang kemerdekaan Korea yang melakukan operasi pengiriman dana secara rahasia pada pemerintah Korea sementara di Shanghai.

Hae-chul yang merupakan mantan bandit, bertemu dengan seorang pejuang muda, yakni Lee Jang-ha (Ryu Jun-yeol), seorang sniper handal, yang nantinya menjadi rekan seperjuangannya. 

Namun mereka tidak tahu bahwa ada bahaya mengintai mereka di belakang. Nah, selain dua tokoh utama itu, Park Ji-hwan hadir pula dalam film ini. Dia berperan sebagai pasukan Jepang, Letnan Arayoshi Shigeru. 

5. 1987: When the Day Comes 

film park ji hwan-5_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama, History 
  • Produksi: Woojeung Films 
  • Sutradara: Jang Joon-hwan
  • Pemeran: kim Yoon-seok, Ha Jung-woo, Yoo Hae-jin, Kim Tae-ri, Park Hee-soon, Lee Hee-joon

Cerita dalam film ini dibuka dengan kisah seorang mahasiswa bernama Park Jong-chul (Yeo Jin Goo) yang meninggal saat diinterogasi oleh polisi. Saat itu, keadaan sedang Korea chaos dan polisi menangkapi orang-orang komunis. Jong-chul diduga merupakan salah satu orang komunis yang dicari polisi. 


Park Cheo-won (Kim Yoon-seok) adalah orang yang harus bertanggung jawab atas kasus kematian Jong-chul yang masih menjadi misteri. Keluarga dan istri Jong-chul tidak diperkenalkan melihat jasadnya. Bahkan ia dikremasi tanpa persetujuan keluarga. 

Kasus ini mulai menemukan titik terang saat Yoon Hee (Kim Tae-ri) memberikan buku catatan kepada seorang pendeta. Buku catatan milik sipir penjara tempat Jong-chul ditahan ini menuliskan kejadian yang menimpa tahanan malang itu. Di situ juga tertera nama-nama petugas polisi yang menginterogasi Jong-chul. 

Dalam film yang menggambarkan tonggak sejarah Korea ini, Park Ji-hwan kebagian peran meskipun bukan pemeran utama. Di sini ia berperan sebagai Letnan Hwang. 

6. The Outlaws 

film park ji hwan-6_

Ini dia salah satu film yang membawa nama Park Ji-hwan melejit. Lewat perannya sebagai Jang I-soo, Park Ji-hwan mencuri perhatian penonton. Film ini mengambil latar tahun 90-an dimana masyarakat saat itu sering berkonflik. 

Detektif Ma Seok-do (Ma Dong-seok) dan timnya sering kali menjadi penengah mereka. Namun, Jang Chen yang diperankan oleh Yoon Kye-sang merusak atmosfer Pecinan Korea yang agak tenang.

Perilakunya dalam menagih hutang sungguh brutal. Sumber konflik di Pecinan bermula saat anak buah geng Dok-sa dianiaya oleh Jang Chen. 

Dok-sa pun berniat membalas dendam terhadap perbuatan Jang Cheng. Keadaan semakin kacau sebab anak buah mereka saling berkhianat. Seok-do dan timnya ditugasi untuk membereskan perselisihan antar geng itu. 

7. Proof of Innocence 

film park ji hwan-7_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Mystery, Law, Crime, Life
  • Produksi: Content K 
  • Sutradara: Kwon Jong-kwan
  • Pemeran: Kim Myung-min, Kim Sang-ho 

Dalam film ini dikisahkan Choi Pil-jae (Kim Myung-min), seorang mantan polisi yang idealis, menerima sepucuk surat dari penjara. Surat itu mengabarkan bahwa ada seorang tahanan bernama Kwon Soon-tae (Kwon Sang-ho) yang menjadi korban fitnah. Pengirim surat meminta Pil-jae untuk membantunya mengungkap kebenaran. 

Awalnya Pil-jae tidak mengindahkan isi surat itu. Namun, nama detektif yang menangani kasus Soon-tae membuatnya berubah pikiran. Sang detektif itu rupanya adalah rival besar Pil-jae. Ia pun akhirnya bersedia membantu Soon-tae sembari menyimpan tujuan pribadi, yakni balas dendam terhadap sang musuh besarnya itu. 

Namun, rupanya kasus Soon-tae tidak sesederhana yang terlihat. Ada penguasa yang merekayasa kasus Soon-tae. Bahkan ada satu sosok yang bisa mempermainkan hukum. Dalam film yang dipenuhi intrik politik ini, Park Ji-hwan membawakan peran kecil sebagai Sersan Gil. 

8. A Violent Prosecutor 

film park ji hwan-8_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Thriller, Crime 
  • Produksi: Moonlight Film, Sanai Pictures 
  • Sutradara: Lee ll-hyeong 
  • Pemeran: Hwang Jung-Min, Kang Dong-Won, Kim Byeon-Ok

A violent Prosecutor menggambarkan kisah Jaksa Jae-wook (Hwang Jung-min), jaksa spesialis kejahatan dan kekerasan. Ia sangat membenci penjahat dan tidak mengindahkan hak mereka.

Suatu hari, ia ditugaskan menginterogasi Jin-seok, seorang tersangka dalam demonstrasi sengketa tanah. Jae-wook kehilangan kesabaran saat menginterogasi Jin-seok sehingga ia main tangan.

Namun, keesokan harinya ia ditemukan meninggal, dan Jae-wook dituduh menganiaya tersangka itu. Jae-wook dijatuhi hukuman 10 tahun penjara. Meski terkurung di dalam penjara, ia terus mencari tahu kebenaran kasus kematian Jin-seok. 

Pencariannya menemukan titik terang saat ia bertemu tahanan baru bernama Chi-won (Kang Dong-won). Tahanan yang terjerat kasus penipuan itu menjadi kepanjangan tangan dari Jae-wook sampai akhirnya ia berhasil mengungkap kebenaran. Nah, di sini kita bisa melihat Park Ji-hwan berperan sebagai Chul-goo. 

9. Bad Man 

film park ji hwan-9_
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Crime, Thriller 
  • Produksi: -
  • Sutradara: Kim Harry 
  • Pemeran: Park Byung Eun, Kim Hong Pa, Kim Bup Rae 

Film Bad Man menceritakan tentang intrik politik orang-orang berkuasa. Adalah Na Yoo-mi (Han Soo-yeon), seorang manajer senior di sebuah lembaga keuangan sekaligus istri yang baik. Kehidupannya menjadi kacau saat terjadi skandal korupsi yang menyeret nama Baek Dong-il (Kim Hong-pa), ketua Hanseung Capital. 

Yoo-mi dibunuh oleh seseorang dan mayatnya ditemukan di bawah tebing. Ia rupanya adalah korban dari keserakahan dan kemarahan orang-orang yang ingin meraih keuntungan besar.

Dalam film ini, Park Byung Eun menjadi salah satu fokus ceritanya, sedangkan Park Ji-hwan menempati jajaran pemain pendukung yang membawakan peran Kim Ju-won. 

10. Man In Love 

film park ji hwan-10_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Romance, Crime, Drama
  • Produksi: - 
  • Sutradara: Han Dong Wook
  • Pemeran: Hwang Jung-min, Han Hye-jin 

Ini adalah film ke sekian kalinya dimana Park Ji-hwan berada dalam satu frame dengan Hwang Jung-min. Di film kali ini, Park Ji-hwan mendapatkan peran minor tanpa nama. Namun ia punya ciri khas, yakni gigi emas. 

Sementara itu, cerita film ini berfokus pada Tae-il (Hwang Jung-min), seorang preman yang juga berprofesi sebagai penagih hutang. Tae-il menikmati pekerjaannya itu sebelum ia bertemu dengan Ho Jung (Han Hye-jin). Ia adalah karyawan bank yang menjadi tulang punggung keluarga. 

Tae-il memaksa Ho Jung menandatangani surat kontrak di mana ia harus menjual organnya jika tidak bisa membayar hutang ayahnya pada bos Tae-il. Sejak pertemuan itu, ia mulai tertarik pada gadis itu sehingga ia membuat kontrak baru yang isinya membebaskan hutang Ho Jung jika ia mau berkencan dengan Tae-il. 

Hubungan yang diawali dengan coba-coba itu akhirnya membuahkan romansa di hati masing-masing. Tae-il pun berniat meninggalkan kehidupan geng-nya dan menjalani hidup yang lebih baik dengan Ho Jung.

Demikianlah beberapa film yang pernah dibintangi oleh Park Ji-hwan. Jika kamu pecinta drama korea, kamu pasti sering melihat wajahnya muncul di film dan dramanya. 

Meskipun kerap mendapatkan peran kecil, namun ia adalah aktor yang produktif. Salah satu drama terbarunya adalah Our Blues tayang tahun 2022 ini. Sudah nonton filmnya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram