Bacaterus / Film Barat / 10 Rekomendasi Film Natal Terbaik untuk Mengisi Liburanmu

10 Rekomendasi Film Natal Terbaik untuk Mengisi Liburanmu

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Natal merupakan waktu yang ditunggu-tunggu bagi umat Kristiani. Hari raya ini biasanya menjadi momen untuk berkumpul, makan-makan dan jalan-jalan bersama keluarga merupakan rutinitas yang biasa dilakukan. Suasana menyenangkan itu bisa ditambah dengan menonton film-film bertema Natal yang banyak memberi kebahagiaan.

Seperti lebaran dan hari raya kepercayaan lain yang diakui di Indonesia, Natal juga menjadi libur nasional. Jadi, bukan cuma umat kristiani saja yang menikmati liburan di hari Natal. Kalau kamu mau mengisi liburanmu dengan menonton film, inilah 10 rekomendasi film natal terbaik untuk mengisi liburan kamu.

1. The Holiday [2006]

The Holiday [2006]

Amanda Woods adalah editor majalah ternama yang tinggal di pusat kota New York. Dia sedang dilanda kesedihan karena pacarnya berkhianat. Lalu ada Iris Simpkins yang adalah seorang gadis sederhana yang tinggal di pinggiran kota di Inggris.

Dia baru saja ditinggal oleh pacarnya yang menikahi wanita lain. Mereka berdua bertemu di internet, karena kesamaan nasib mereka menjalin kedekatan. Mereka sepakat untuk menghabiskan libur Natal dengan bertukar tempat tinggal.

Keduanya ingin mencoba hidup baru karena sedang sedih. Iris bahagia pindah ke apartemen di pusat kota sedangkan Amanda nggak suka tinggal di pinggiran kota. Semua berubah ketika Amanda bertemu Graham Simpkins, kakak dari Iris dan Iris bertemu Miles Dumont.

2. Home Alone [1990]

Home Alone [1990]

Di musim liburan, pasangan suami-istri Peter dan Kate McAllister merencanakan pergi berlibur dengan anak-anaknya. Sebagai anak bungsu, Kevin sering dikerjai oleh kakaknya, Buzz. Suatu saat, mereka bertengkar dan membuat Kevin harus dihukum dengan tinggal di kamar. Keesokan paginya, keluarga McAllister pergi liburan.

Waktu Kevin terbangun di pagi hari, rumahnya sudah kosong. Ayah dan ibunya baru sadar Kevin nggak ikut ketika sampai di tujuan. Kevin yang sedang asyik menikmati waktu sendirian mendengar dua orang pencuri sedang berusaha masuk dan mencuri barang berharga dari rumahnya. Kevin yang berusia 8 tahun menghadapi pencuri itu dengan caranya sendiri yang nyeleneh.

3. The Santa Clause [1994]

The Santa Clause [1994]

Scott Calvin adalah ayah kandung dari Charlie. Dia tinggal bersama ibunya dan ayah tirinya, Neil. Ketika malam Natal, Charlie berkunjung ke rumah Scott dan mendengar suara di atap rumah. Ternyata terjadi sebuah insiden yang menyebabkan Santa nggak sadarkan diri. Hal itu yang mendorong Scott untuk menggantikan tugas Santa di malam Natal.

Sejak hari itu, Scott berubah. Dia menambah berat badannya, menumbuhkan brewok berwarna putih agar mirip dengan sosok Santa. Hubungannya dengan Charlie semakin membaik. Sayangnya, ibunya dan Neil yang kebetulan seorang psikiater, mulai merasa ganjil atas perubahan Scott. Bagaimana kelanjutan hubungan ayah dan anak itu?

4. A Christmas Story [1983]

A Christmas Story [1983]

Berlatar tahun 40-an, di kota Hammond hidup seorang bocah bernama Ralphie Parker. Di usianya yang ke-9, dia ingin hadiah natal berupa senjata api. Keinginan Ralphie itu ditolak oleh sang ibu yang mengatakan bahwa pistol itu akan menembak dan mengenai matanya sendiri.

Di pagi hari ketika Natal tiba, Ralphie mendatangi tumpukan kado dan membuka kado miliknya. Dari beberapa kado, nggak ada yang sesuai dengan keinginannya sampai di kado terakhir, dia mendapatkan senjata api yang dia inginkan.

Dia membawa senjata itu keluar dan menembakkan peluru yang kemudian berbalik dan melukai matanya. Sebuah film klasik yang masih layak ditonton hari ini. Pesan yang disampaikan cukup penting, terutama buat anak-anak.

5. Jingle All The Way [1996]

Jingle All The Way [1996]

Howard Langston adalah seorang salesman yang lebih mementingkan pekerjaan dibandingkan keluarga. Anak Howard, Jamie, berharap sang ayah akan lebih perhatian dan membelikannya sebuah mainan Turbo Man.Howard berjanji pada istrinya dan Jamie bahwa mainan itu akan tergantung di pohon Natal.

Pada tanggal 24 Desember, Howard lupa belum juga membeli mainan Turbo Man. Merasa akan mendapat hadiah itu dengan mudah, dia pergi ke pusat perbelanjaan dan ternyata mainan Turbo Man menjadi buruan orang-orang. Dia nggak putus asa dan mencari Turbo Man ke toko lain. Pencariannya itu membawanya pada hal-hal yang nggak terduga.

6. Christmas with The Kranks [2004]

Christmas with The Kranks [2004]

Keluarga Kranks bilang ke tetangga kalau mereka nggak akan merayakan Natal seperti biasanya. Anak mereka, Blair, berangkat ke Peru sebagai bagian dari pasukan perdamaian. Sementara itu, mereka memutuskan untuk berlibur ke Karibia.

Sebelum berlibur, mereka bertengkar karena sang suami menolak untuk memasang patung Frosty the Snowman di atap rumahnya. Rumah mereka terkenal dengan berbagai hiasan yang membuat mereka mendapat penghargaan dan patung itu adalah salah satu dekorasi paling terkenal.

Suasana memanas antara keluarga Kranks bersama para tetangganya. Lalu tiba-tiba Blair menelepon dan bilang kalau dia akan pulang. Ayah ibunya pun menjadi kalang kabut menyiapkan pesta Natal.

7. Scrooged [1988]

Scrooged [1988]

Frank Cross adalah seorang petinggi stasiun televisi yang dikenal kejam oleh orang-orang di sekelilingnya. Bagi dia, nggak ada yang lebih penting dari rating acara-acara yang ditayangkan di stasiun televisinya. Bahkan dia berani melakukan apa saja demi mendapat rating yang bagus dan penonton yang banyak. Hal itu menyebabkan karyawannya harus tetap bekerja di malam Natal.

Frank ditemui oleh tiga sosok hantu yang terdiri dari masa lalu, masa kini, dan masa depan. Mereka memasukkan Frank ke dalam oven untuk kremasi. Frank akhirnya diberi kesempatan terakhir untuk hidup. Dibantu oleh para hantu, Frank yang sinis dan egois berusaha untuk memperbaiki dirinya. Sebuah cerita unik yang dikemas dengan cukup baik.

8. National Lampoon’s Christmas Vacation [1989]

National Lampoon's Christmas Vacation [1989]

Clark dan Ellen merupakan sepasang suami-istri dengn dua orang anak yaitu Audrey dan Rusty. Mereka menyiapkan Natal dengan meriah. Kedua orang tua mereka datang berkunjung dan listrik rumahnya konslet. Kesialan Clark nggak berhenti sampai di situ karena selain orang tua, mereka juga kedatangan tamu lain.

Kesialan Clark bertembah parah karena masih belum menerima bonus tahunan yang dijanjikan bosnya. Apakah Clark hari Natal itu akan berakhir menjadi hari yang buruk untuknya? Sebuah film komedi klasik yang serunya nggak berkurang meski pun kita baru nonton sekarang. Karya yang sangat layak ditonton berulang-ulang.

9. Miracle on 34th Street [1947]

Miracle on 34th Street [1947]

Kris Kringle, seorang pria berusia lanjut marah karena melihat pria yang memerankan Santa mabuk sebelum parade tahunan Macy’s dimulai. Kris mengadu pada Doris, direktur penanggung jawab parade. Doris lalu menjadi Kris sebagai penggantinya dan Kris memerankan Santa dengan sangat baik. Kris ditawari pekerjaan sebagai Sanda di toko utama Macy’s.

Para pelanggan menyukai Kris sehingga toko itu semakin ramai. Lama-lama, Kris mempunyai delusi kalau dirinya memanglah seorang Santa. Suatu hari, Kris terlibat perkelahian dengan seseorang yang membencinya dan membuat dia dimasukkan ke Rumah Sakit Jiwa. Namun, orang-orang yang menyukai Kris berusaha untuk membebaskan Kris.

10. Elf [2003]

Elf [2003]

Buddy adalah seorang pria yang dirawat oleh peri-peri Santa sejak bayi. Di usia yang sudah dewasa, dia diberi tahu oleh Papa Elf bahwa dia adalah anak dari Walter Hobbs dan Susan Wells yang menyerah ketika mempunyai bayi. Buddy lalu pergi ke New York untuk mencari orang tua kandungnya, Walter.

Kehadiran Buddy nggak mendapat sambutan yang baik karena Walter berada di dalam daftar nakal. Setelah disangka bukan anak dari Walter, Buddy dibawa Walter untuk diuji DNA dan hasilnya benar Buddy adalah anak kandung Walter. Kehidupan baru Buddy dimulai, dia harus beradaptasi dengan keluarganya barunya itu.

Memanfaatkan momen kumpul-kumpul dengan menonton film bisa jadi pilihan yang menarik. Film natal terbaik yang sudah diulas di atas bisa jadi pilihan. Film natal favorit kamu apa? Kalau belum diulas di atas, kamu bisa ikut menambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan. Jangan ragu kalau mau membagikan film natal terbaik versi kamu, teman-teman!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *