Bacaterus / Film Slice of Life / Inilah 10 Film Motivasi Terbaik yang Wajib Ditonton

Inilah 10 Film Motivasi Terbaik yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 September 2019

Kadang-kadang kita merasa butuh suntikan motivasi untuk menjalani hidup. Ada banyak cara untuk mendapatkan motivasi dan motivasi bisa didapatkan di mana saja. Kita bisa mengobrol dengan teman, ikut seminar atau membaca buku.

Salah satu cara paling menyenangkan untuk mendapatkan motivasi adalah dengan menonton film. Apa yang diceritakan film itu cukup ampuh menyuntikan motivasi kita. Untuk itulah artikel ini ditulis, buat kamu yang ingin mencari motivasi melalui media film. Ingin tahu apa saja? berikut rekomendasi filmnya:

 1. 5 cm [2012]

5 cm [2012] (Copy)

Siapa sih yang nggak kenal mahakarya Donny Dirgantoro yang berjudul 5 cm? Ya, ini adalah novel laris yang sampai saat ini masih dicetak ulang. Rilisnya tahun 2005, berarti sudah 14 tahun berlalu dan novel ini masih sering jadi bahan obrolan. Entah berapa banyak orang yang sudah termotivasi karena membaca novel ini.

Tahun 2012, novel ini diadaptasi menjadi sebuah film. Barangkali inilah titik balik naik gunung jadi banyak digemari orang Indonesia. Rasanya sebelum film ini rilis kegiatan naik gunung cuma dinikmati orang-orang tertentu saja, seperti mapala dan sejenisnya. Sekarang mungkin di setiap tongkrongan ada minimal satu orang yang suka naik gunung.

Film ini tentang 5 orang yang sudah bersahabat sangat lama, satu hari mereka memutuskan buat nggak saling bertemu selama 3 bulan. Pada waktu akhirnya mereka bertemu, Genta mengajak mereka naik gunung. Dalam perjalanan itulah hidup mereka berubah.

2. Laskar Pelangi [2008]

Laskar Pelangi [2008] (Copy)

Salah satu novel terbaik dari penulis Indonesia, Andrea Hirata. Nggak cukup novel saja, cerita Laskar Pelangi kemudian diadaptasi menjadi film. Pada masanya, film Laskar Pelangi pernah menjadi film terlaris sepanjang masa keempat dengan capaian 4,7 juta penonton. Angka yang layak waktu itu karena filmnya memang sekeren itu.

Film ini bercerita tentang bagaimana anak-anak di Belitung berjuang untuk sekolah di tengah segala keterbatasan mereka. Sekolah mereka terancam dibubarkan kalau muridnya nggak sampai 10 orang. Laskar Pelangi adalah nama yang diberikan guru mereka. Nggak cuma memotret masalah pendidikan, film ini juga memotret masalah sosial yang terjadi di daerah terpencil yang aksesnya masih serba terbatas.

3. 3 Idiots [2009]

3 Idiots [2009] (Copy)

Film India memang agak identik dengan drama dan cinta. Namun jangan salah, India juga bisa membuat film motivasi yang luar biasa keren. Salah satunya 3 idiots ini. Film yang cocok banget ditonton oleh remaja atau dewasa muda yang lagi bingung akan masa depannya. Kalau kamu belum nonton, cobalah luangkan waktu buat nonton. Percayalah, waktumu nggak akan sia-sia.

Bercerita tentang 3 orang mahasiswa teknik mesin yang punya konflik pribadi masing-masing. Raju, sangat menyukai mesin tetapi dia selalu diselamuti ketakutan. Farhan mencintai fotografi, tetapi terpaksa kuliah teknik mesin karena orang tuanya. Rancho, baginya teknik mesin adalah passion. Farhan dan Raju sangat mengagumi Rancho karena dia bisa begitu lepas tetapi sangat jenius.

4. The Pursuit of Happiness [2006]

The Pursuit of Happiness [2006] (Copy)

Film ini salah satu yang paling sering disebut kalau kita bicara soal film motivasi. Will Smith berperan sebagai Chris Gardner tokoh utama di film ini. Film ini diadaptasi dari buku yang berjudul sama karya Chris Gardner sendiri, jadi ini adalah film biografi.

Ceritanya tentang hidup Chris Gardner yang sedang ada di titik terendah. Berbagai masalah menghimpitnya, terutama masalah ekonomi. Chris berusaha bertahan demi anaknya karena istrinya memilih pergi meninggalkan mereka.

Satu hari, Chris bertemu seseorang yang membawa mobil mewah dan bertanya apa pekerjaannya. Orang itu bilang bahwa dia adalah pialang saham. Sejak saat itu Chris memutuskan untuk berkarir sebagai pialang saham. Prosesnya memperbaiki hidup diceritakan melalui film ini.

5. Forrest Gump [1994]

Forrest Gump [1994] (Copy)

Film motivasi yang satu ini adalah film yang kalau bisa kamu harus menontonnya apapun yang terjadi. Minimal sekali seumur hidup kamu harus menonton film ini. Percayalah, Forrest Gump adalah golongan film yang rugi banget kalau kamu lewatkan. Sekali nonton pasti akan membekas untuk waktu yang sangat lama bahkan seumur hidup kamu nggak akan pernah melupakan film ini.

Film ini bercerita tentang Forrest Gump yang dibesarkan oleh ibunya dengan penuh perjuangan karena dia berbeda. Dia cuma punya satu kemampuan yakni berlari dengan cepat. Kemampuan itu kemudian membawa Forrest Gump mengalami banyak cerita nggak terduga.

Dia masuk militer lalu dikirim ke Vietnam. Dia sangat berjasa di sana karena menyelamatkan banyak tentara sampai dia menerima medali penghormatan kongres. Perjalanan hidup Forrest yang sederhana dan lurus jadi luar biasa dan penuh makna. Terutama waktu dia memperjuangkan cinta masa kecilnya.

6. Semesta Mendukung [2011]

Semesta Mendukung [2011] (Copy)

Arief, seorang anak yang tinggal di Madura nggak cuma pandai sains tetapi juga menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Dia tinggal berdua dengan Ayahnya karena sang Ibu terpaksa bekerja jadi TKW di Singapura. Sepulang sekolah Arief bekerja di bengkel, dia ingin mengumpulkan uang untuk mencari ibunya.

Dia membuat Ibu Tari, guru sekolahnya, terkesan waktu membuat roket air untuk mengambil bola yang nyangkut di pohon. Atas dorongan Ibu Tari Arief ikut seleksi olimpiade sains yang akan diadakan di Singapura. Namun sebenarnya dia punya agenda tersembunyi yaitu menemukan Ibunya di sana.

Film ini mengajarkan kita tentang sains, keteguhan seorang anak dan kasih Ibu. Perjuangan Arief untuk ikut olimpiade dan bertemu ibunya benar-benar menginspirasi. Sayang banget kalau kamu sampai nggak pernah menonton film ini. Agak jarang film lokal yang mengangkat teman sains yang dipadukan dengan drama keluarga.

7. The Slumdog Millionaire [2008]

The Slumdog Millionaire [2008] (Copy)

Jamal adalah seorang kontestan kuis Who Wants To Be a Millionaire versi India. Jamal berhasil sampai ke pertanyaan terakhir tetapi polisi menuduhnya curang karena dia nggak terlihat seperti orang berpendidikan.

Sebelum lanjut, dia diinterogasi dan di sana dia bilang kalau setiap pertanyaan yang diajukan punya hubungan dan apa yang telah dialaminya selama ini. Itulah yang jadi inti cerita, bagaimana Jamal bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar padahal dia bukan orang yang berpendidikan.

8. Whiplash [2014]

Whiplash [2014] (Copy)

Whiplash adalah tentang Andrew, mahasiswa jurusan musik yang bercita-cita jadi drummer sekelas Buddy Rich. Dia dipertemukan dengan konduktor terkenal yang perfeksionis,  Terence Fletcher. Dia melihat Andrew berlatih sendiri lalu mengajaknya jadi pemain drum cadangan. Andrew harus berhadapan dengan karakter Fletcher yang hebat tetapi ketat dan kasar. Dia menolak meyerah, bahkan waktu dia mengalami kecelakaan sebelum pentas.

9. The Man Who Knew Infinity [2016]

The Man Who Knew Infinity [2016] (Copy)

Film ini tentang Srinivasa Ramanujan, seorang jenius yang hidup miskin di India. Dia berhasil masuk ke Cambridge selama perang dunia I. Di sana dia menjadi pelopor teori matematika atas bimbingan Professor Hardy. Satu lagi, film yang berkisah tentang sains yang tentu saja dipadukan dengan drama keluarga. Unik dan sayang jika dilewatkan.

10. Theory of Everything [2014]

Theory of Everything [2014] (Copy)

Kayaknya agak mustahil kalau kamu nggak kenal Stephen Hawking. Salah satunya mansuia paling jenius di bumi ini. Film ini menceritakan tentang beliau. Penyakit yang dideritanya nggak menghalangi kejeniusannya. Film ini berkisah banyak soal Stephen Hawking, kehidupan kuliahnya, cintanya, dan perjuangannya. Sulit buat nggak termotivasi setelah menonton film ini.

10 film motivasi terbaik yang sudah dibahas di atas bisa jadi adalah film-film yang mengubah hidupmu. Kalau kamu belum menonton, nggak ada salahnya meluangkan waktu untuk menonton. Kalau kamu sudah menonton, kamu boleh menceritakan film tersebut dengan bahasamu sendiri di kolom komentar.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar