bacaterus web banner retina

Inilah 10 Film yang Ceritanya Mirip dengan Squid Game

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 26 Oktober 2021

Kesuksesan Squid Game (2021) tidak bisa lagi dipungkiri. Prestasi terbaru dari serial Korea Selatan garapan sutradara Hwang Dong Hyuk ini adalah ia menjadi serial televisi pertama di dunia yang ditonton oleh 111 juta penonton selama 17 hari saja.

Film dengan tema survival game seperti ini bukan hal baru di industri perfilman. Beberapa serial juga dibuat mengusung tema itu. Nah, jika kamu begitu tertarik dan jadi bersemangat menonton film-film atau serial sejenis Squid Game (2021), beberapa pilihan serial atau film mirip Squid Game (2021) berikut ini bisa jadi pilihan. Mari simak bersama yuk! Siapa tahu salah satunya jadi favorit baru.

1. Alice In Borderland (2020)

1. Alice In Borderland (2020)

Serial Alice in Borderland (2020) kembali ramai dibicarakan mengikuti kesuksesan Squid Game (2021). Dua serial yang mengusung tema survival games tersebut terus dibandingkan. Serial yang dibuat berdasarkan sebuah manga karya Haro Aso ini bercerita mengenai tiga orang sahabat yang tiba-tiba seperti berada di dimensi lain begitu keluar dari toilet karena bersembunyi dari kejaran aparat keamanan.

Ryohei Arisu, Chota Segawa, Daikichi Karube mendadak berada dalam satu permainan yang membingungkan sekaligus membahayakan karena mereka di-plot bertaruh nyawa jika tak mampu menyelesaikannya. Setiap tingkat kesulitan dan jenis permainan ditentukan berdasarkan kartu remi yang mereka terima. Tanpa petunjuk jelas, mereka hanya terus berusaha lolos dari setiap permainan untuk bertahan hidup.

2. Battle Royale (2000)

Battle Royale

Bicara serial atau film mirip Squid Game (2021) tanpa memasukkan Battle Royale (2000) ke dalam daftar adalah sebuah kekeliruan. Film yang diadaptasi berdasarkan novel karya Koushun Takami ini menjadi fenomena pada masa penayangannya. Ia kontroversial sekaligus dianggap memelopori film atau serial sejenis.

Battle Royale (2000) bercerita tentang nasib sial yang dialami siswa-siswa sekolah sebab ‘dipilih’ untuk mengikuti satu program gila bernama Battle Royale. Dalam program tersebut para siswa hanya punya dua pilihan: dibunuh atau membunuh. Mereka diculik lalu ditempatkan di sebuah pulau terpencil. Pada setiap leher terdapat kalung yang bisa meledak jika mereka coba melarikan diri. Pada akhirnya hanya ada satu pemenang yang bertahan hidup.

3. 3 % (2016 – 2020)

3 %

Terbang jauh ke Brazil, mereka juga punya serial tak kalah menegangkan dan satu tipe dengan Squid Game (2021). Tayangan yang sudah berjalan sebanyak 4 musim tersebut berjudul 3 %. Serial ini merupakan Netflix original series berbahasa Portugis pertama. Ia yang bisa dinikmati sejak 2016 hingga 2020 dengan total 33 episode.

Secara garis besar 3% (2016) bercerita tentang persaingan anak-anak muda berusia sekitar 20 tahun, yang berasal dari kelas ekonomi bawah untuk mempertahankan hidupnya guna keluar dari kemiskinan dan bergabung bersama masyarakat elit. Permainan yang harus dilakukan tentu saja tidak mudah karena semuanya menantang maut. Mereka harus bersaing ketat karena hanya 3% dari jumlah keseluruhan peserta yang dinyatakan berhasil. 

4. The Hunger Games (2012)

The Hunger Games

The Hunger Games (2012) sama-sama bercerita tentang persaingan antara hidup dan mati untuk memenangkan sebuah permainan. Film yang dibintangi Jennifer Lawrence ini bercerita tentang pertarungan yang harus dimainkan anak-anak muda, lelaki dan wanita berusia 12 hingga 18 tahun. Pertarungan di Hunger Games tersebut baru dinyatakan selesai jika hanya tersisa satu orang yang selamat.

Semua hal yang tak manusiawi itu adalah buntut dari pemberontakan Bangsa Panem yang gagal, sehingga setiap distrik di sana dipaksa mengirim dua perwakilannya untuk bertarung. Jennifer Lawrence sebagai Katniss Everdeen bersedia menggantikan adik perempuannya untuk mengikuti pertarungan tersebut. Bisakah Katniss bertahan?

5. Ready or Not (2019)

Ready or Not

Ready or Not (2019) sempat booming pada masanya karena ia punya cerita yang segar dan menggabungkan beberapa genre sekaligus, antara lain horror, thriller dan dark comedy. Dibintangi Samara Weaving film berdurasi 95 menit ini bercerita tentang tradisi aneh dan membahayakan yang dimiliki sebuah keluarga kaya raya saat salah satu anggota keluarga mereka menikah.

Grace tak pernah tahu pernikahannya dengan salah satu anggota keluarga Le Domas yang kaya raya, justru membawanya pada keadaan yang super menegangkan. Selepas resepsi pernikahan, sebagai suami, Alex mengatakan pada Grace bahwa mereka harus mengikuti sebuah permainan sebagai bagian dari tradisi keluarga. Siapa sangka permainan yang dimaksud adalah perjuangan antara hidup atau mati.

6. 13 Beloved (2006)

13 Beloved

13 Beloved atau 13: Game of Death (2006) merupakan film Thailand yang tak kalah menghibur sekaligus menegangkan. Ia bercerita tentang keputusasaan seorang pria bernama Chit yang kewalahan menghadapi masalah hidupnya. Keadaan semakin kacau kala Chit harus dipecat dari pekerjaan. Dalam keadaan serba putus asa, Chit mendapat telepon misterius.

Seseorang di balik telepon tersebut mengajaknya bermain. Chit harus menyelesaikan 13 jenis tugas aneh dan berbahaya untuk mendapatkan hadiah uang cukup besar. Tugas yang pertama adalah membunuh seekor lalat. Tugas kedua dan selanjutnya adalah menelan lalat, membuat tiga orang anak menangis, memukul pengemis dan mengambil uangnya, makan sepiring kotoran, serta yang terakhir, membunuh ayahnya yang kasar. Bisakah Chit melakukannya?

7. The Hunt (2020)

The Hunt

Film mirip Squid Game (2021) selanjutnya berjudul The Hunt (2020). Menurut sutradara film ini dibuat sebagai bentuk sindiran atau penggambaran satir dari kehidupan politik di Amerika yang terpecah dan saling bersaing kemudian menggunakan apa pun untuk mengalahkan lawan.

Mengintip ceritanya, The Hunt (2020) berkisah tentang penculikan 11 orang dewasa untuk diikutsertakan dalam sebuah konspirasi bernama Manorgate. Dalam keadaan bingung karena terbangun di sebuah ladang terbuka yang luas dan dalam keadaan mulut tersumpal kain, lima orang di antara mereka tiba-tiba dibunuh oleh lawan yang tidak terlihat. Apa yang sebenarnya terjadi? Permainan apa yang disiapkan untuk mereka?

8. As the Gods Will (2014)

As the Gods Will

As the Gods Will (2014) jadi salah satu film yang ikut ramai dibahas bersama dengan naiknya pamor Squid Game (2021). Pasalnya salah satu permainan dalam Squid Game (2021), Green Light/Red Light dinilai plagiat dari permainan Daruma ga Koronda pada film ini.

As the Gods Will (2014) sendiri bercerita mengenai kehidupan seorang siswa SMA, Shun Takahata, yang merasa bosan dengan rutinitasnya. Pada suatu hari, tanpa penjelasan yang masuk akal, Shun dan tawan-tawan sekelas mengalami kejadian aneh dan paling buruk di sekolah.

Mereka terjebak dalam sebuah permainan mematikan bersama boneka Daruma yang menyeramkan. Shun dan yang lain harus berjalan ke arah boneka tersebut tapi saat si boneka membalik badan, semua harus berhenti. Jika ada yang bergerak, kepala mereka akan meledak.

9. Kaiji: The Ultimate Gambler (2009)

Kaiji: The Ultimate Gambler
Tahun Rilis 2009
Genre , ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Tatsuya Fujiwara Yūki Amami Teruyuki Kagawa Ken Mitsuishi

Kaiji Ito adalah pria biasa yang kerap coba peruntungan lewat perjudian. Sayangnya dia tak pernah mujur. Kepenatannya bertambah kala seorang penagih hutang mendatanginya. Rupanya nama Kaiji dijaminkan pada rentenir tersebut oleh temannya. Kaiji jelas tak sanggup membayar hutang itu kemudian si rentenir menawarinya untuk naik kapal bernama Espoir. Di sana, Kaiji bisa mendapatkan uang yang dapat melunasi hutang-hutang itu dalam semalam.

Malam hari Kaiji memutuskan menerima tawaran si rentenir dan pergi ke kapal tersebut. Di sana rupanya sudah terdapat banyak orang, yang sama-sama terhimpit, siap bersaing. Masing-masing diberi modal pinjaman 3 juta dengan bunga 1 juta/menit. Dari sana Kaiji dibawa dan dipekerjakan di bawah tanah dengan keadaan yang tidak manusiawi. Satu-satunya cara untuk lepas dari sana adalah mengikuti permainan Jembatan Kebebasan.

10. Escape Room (2019)

Escape Room

Film mirip Squid Game (2021) selanjutnya karena sama-sama menyuguhkan ketegangan yang dihasilkan dari menyelesaikan permainan demi permainan adalah Escape Room (2019). Film ini mengisahkan perjuangan enam orang dengan latar belakang berbeda yang diundang untuk memecahkan sebuah teka-teki dengan hadiah cukup besar.

Permainan yang diduga akan menyenangkan ternyata membahayakan nyawa mereka. Dalam sebuah kotak mereka berjuang bertahan hidup dengan memecahkan teka-teki. Hal yang menarik dari film ini adalah setiap orang yang terlibat punya trauma atau pengalaman tersendiri selamat dari sebuah bencana atau kecelakaan, dan di sana, mereka kembali dihadapkan pada rasa trauma tersebut. Siapa yang bertahan paling lama pada permainan ini?

Itulah serial atau film mirip Squid Game (2021) yang bisa ditonton jika kamu masih ‘belum kenyang’ dengan ketegangan yang disuguhkan Gi Hun, Sang Woo dan kawan-kawan. Masing-masing film tersebut punya khas dan daya tarik yang berbeda-beda, tapi menawarkan ketegangan dan keanehan atau hal tak masuk akal yang cenderung sejenis. Bagaimana? Tertarik nonton yang mana dulu, nih?!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram