Inilah 10 Film yang Memiliki Kemiripan dengan Prey (2022)

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Kehadiran film Prey telah membangkitkan kembali gairah kita untuk terus menyaksikan suguhan terbaru dari kisah bangsa alien pemburu yang sadis ini.

Film ini memiliki elemen action yang banyak mengumbar darah, kehidupan suku Indian, dan pertarungan yang tidak seimbang antara sang pemburu dan target buruannya.

Predator sendiri sebelumnya telah memiliki 4 film dalam franchise-nya dan 2 film crossover dengan Alien. Lalu ada beberapa film lain juga yang memiliki elemen-elemen serupa yang ada di dalam film Prey. Berikut ini kami sajikan film-film tersebut.

1. Predator (1987)

Predator (1987)

Predator adalah film sci-fi action yang membuka jalan panjang namun berliku bagi franchise-nya. Dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger, film ini menjadi salah satu film action terbaik di era 1980an.

Di film arahan John McTiernan ini, Arnold Schwarzenegger berperan sebagai komandan pasukan militer yang ditugaskan untuk menyelamatkan sandera dari kelompok pemberontak.

Namun di dalam hutan, mereka ternyata tidak hanya menghadapi serangan dari pemberontak saja, melainkan juga sebuah makhluk dari bangsa alien yang memburu siapa saja yang membawa senjata dan dianggap ancaman.

Predator melakukan perburuan untuk mengumpulkan trofi baginya dari para korbannya. Kesuksesan film ini tidak hanya dilanjutkan oleh beberapa film setelahnya, melainkan merambah hingga ke media lain, seperti novel, buku komik, video game dan mainan.

2. Predator 2 (1990)

Predator 2 (1990)

Setelah 10 tahun berlalu, Predator berburu di kota Los Angeles yang sedang berkecamuk karena pertikaian antara dua kartel narkoba. Letnan Harrigan yang menangani kasus ini dibantu oleh tim khusus pimpinan Peter Keyes.

Banyaknya kematian dengan cara sadis pada anggota kedua kartel ini, Harrigan mengusutnya dan harus berhadapan dengan Predator beserta kelompoknya.

Tanpa Arnold Schwarzenegger, film Predator 2 hadir dengan kualitas yang tidak sebaik film pertamanya, meski para kritikus masih memuji performa Danny Glover. Namun seiring berjalannya waktu, film ini kemudian menyandang status cult classic ketika film-film sekuelnya hadir.

3. Alien vs. Predator (2004)

Alien vs. Predator (2004)

Sekelompok ilmuwan mendatangi sebuah daerah di Antartika karena mendapat informasi adanya piramida di bawah tanah. Berhasil masuk, mereka menyaksikan bahwa bangsa Predator telah lama menjadikan bumi tempat berburu dan mempengaruhi kebudayaan umat manusia.

Predator beternak Alien di piramida tersebut untuk dijadikan target buruan setiap 100 tahun sekali. Alien vs. Predator memiliki ide yang cemerlang dengan mempertemukan bangsa Alien dengan bangsa Predator dan menjadikan bumi tempat pertarungan mereka.

Meski memiliki premis yang menarik dan memasukkan dua bangsa alien ini sebagai sebuah mitologi dalam kebudayaan manusia, namun hasil akhirnya masih jauh dari memuaskan. Semua terlalu klise, baik jalan cerita dan adegan action-nya.

4. Aliens vs. Predator: Requiem

Aliens vs. Predator: Requiem

Predator senior dikirim ke bumi untuk menyelidiki jatuhnya pesawat rekan mereka. Dia langsung memburu sekelompok alien yang menjadi penyebabnya.

Korban mulai berjatuhan yang membuat pihak militer turun tangan menanganinya. Karena tidak mampu menanggulanginya, militer memutuskan untuk menjatuhkan bom nuklir ke kota itu.

Melanjutkan sebuah film yang menuai kritikan dengan konsep murahan dan visualisasi yang buruk, membuat film Aliens vs. Predator: Requiem membuat dua franchise legendaris ini tercoreng namanya.

Hadir dengan kualitas gambar yang gelap dan efek visual yang tidak jelas, kemudian ditambah jalan cerita yang tidak mengikat dan performa akting yang buruk semakin menenggelamkan kualitas film ini.

5. Predators (2010)

Predators (2010)

Sekelompok orang yang saling tidak mengenal menjadi target buruan Predator di sebuah planet asing. Meski memiliki keahlian dalam persenjataan, mereka tetap harus berpikir cerdas dan cerdas dalam menghadapi serangan demi serangan dari sekelompok Predator yang memburu mereka untuk dijadikan trofi.

Predators membawa cerita perburuan ini ke planet lain yang membuatnya seolah terpisah dari alur cerita utama franchise-nya.

Namun dengan naskah yang lumayan bagus, korelasi dengan film Predator ditampilkan dengan baik, sehingga membuat film ini tetap berada pada jalurnya. Dengan adegan aksi yang tertata rapi, film ini cukup meyakinkan sebagai pembangkit franchise Predator.

6. The Predator (2018)

The Predator (2018)

Dalam sebuah misi, anggota pasukan Ranger berhasil mengalahkan Predator yang kemudian dibawa oleh pemerintah untuk diteliti di laboratorium.

Saat Predator terbangun, korban pun mulai berjatuhan hingga datang Predator lain yang lebih kuat. Predator ini pun menculik anak dari ilmuwan yang membuat mereka melakukan pengejaran sebelum semua menjadi terlambat.

Meski memiliki deretan pemeran yang tampil dalam performa bagus dan adegan action yang cukup seru, The Predator cukup mengecewakan karena tidak mampu memaksimalkan potensi yang ada. Jalan cerita yang dibuat rumit dan absurd, menjadi titik terlemah film ini.

7. The Revenant

The Revenant

Film drama petualangan ini mengambil kisahnya dari perjuangan hidup Hugh Glass di alam liar setelah ditinggalkan oleh kelompok pedagang yang dibawanya.

Dia terluka parah karena serangan beruang dan berusaha untuk terus hidup menghadapi musim dingin yang tak bersahabat, hingga kembali ke desanya. Konflik pun terjadi antara dirinya dan salah satu rekannya yang berusaha membunuhnya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram