6 Film Horor yang Mirip Pengabdi Setan 2: Communion (2022)

Ditulis oleh Suci Maharani R

Pengabdi Setan 2: Communion (2022) memang pantas disebut sebagai salah satu film horor terbaik di Indonesia. Film Garapan Joko Anwar ini telah membawa kembali suasana film horor klasik yang jarang banget dihadirkan dalam film horor Indonesia.

Tapi yang bikin penasaran para penonton, tentu saja premisnya yang membicarakan soal kultus sesat atau persekutuan manusia dengan iblis.

Berbicara soal kultus sesat atau persekutuan dengan iblis, sebenarnya ada beberapa film serupa yang bisa kamu tonton.

Sebut saja Ratu Ilmu Hitam (2019) yang juga diproduseri oleh Joko Anwar, film satu ini menyuguhkan berbagai kengerian dari persekutuan manusia dan iblis.

Sementara dari luar negeri, Hereditary (2018) memiliki ide cerita yang mirip dengan Pengabdi Setan 2: Communion (2022). 

Selain dua film yang disebutkan, sebenarnya masih ada beberapa rekomendasi film mirip Pengabdi Setan 2: Communion (2022) yang bisa kamu tonton. Mau tahu ada film apa saja? Biar nggak penasaran lagi, kamu bisa membaca informasi lengkapnya hanya di bawah ini. 

Baca juga: 10 Film Terbaik Joko Anwar yang Sukses Mencuri Perhatian

1. Ratu Ilmu Hitam 

Ratu Ilmu Hitam

Film pertama yang akan kita bahas, tentu saja Ratu Ilmu Hitam (2019). Film Garapan sutradara Kimo Stamboel ini tidak kalah menyeramkan dari Pengabdi Setan 2: Communion (2022).

Pasalnya, film ini juga mengisahkan persekutuan manusia dengan iblis. Bedanya, persekutuan yang dilakukan dalam film ini sebenarnya ditujukan untuk melakukan pembalasan dendam.

Kisahnya bermula ketika Hanif membawa istri dan ketiga anaknya untuk mengunjungi panti asuhan tempatnya dibesarkan.

Bersama dengan beberapa sahabat lamanya di panti, mereka berniat untuk mengunjungi Pak Bandi yang sedang sakit.

Namun Hanif tidak pernah menyangka, kunjungannya ke panti akan berakhir dengan kiriman santet yang membahayakan nyawa mereka.

2. Sekte 

Sekte 
  • Tahun Rilis: 2019  
  • Genre: Horror 
  • Produksi: Open Door Films, Silver Bullet Films 
  • Sutradara: William Chandra 
  • Pemeran: Asmara Abigail, Derby Romero, Rizky Nazar, Gesata Stella, Trisa Triandesa, Natalius Chendana 

Beralih ke film selanjutnya, pasti kebanyakan orang tidak mengenal film Indonesia berjudul Sekte (2019). Film horor yang dibintangi oleh Asmara Abigail dan Derby Romero ini jelas memiliki ide cerita yang sama dengan Pengabdi Setan 2: Communion (2022).

Adapun film Garapan sutradara William Chandara ini mengisahkan kehidupan seorang gadis muda Bernama Lia. 

Pasca kecelakaan yang terjadi kepadanya, Lia sempat mengalami hilang ingatan. Gadis ini tiba-tiba terbangun di sebuah rumah yang terisolasi dari dunia luar.

Ada banyak orang yang hidup disana dan semua orang terlihat sangat rukun. Namun semakin lama Lia tinggal disana, semakin banyak kejadian-kejadian aneh yang membanyanya pada sebuah sekte sesat yang berbahaya. 

3. Sebelum Iblis Menjemput 

Sebelum Iblis Menjemput 
  • Tahun Rilis: 2018 
  • Genre: Horror 
  • Produksi: Sky Media, Legacy Pictures 
  • Sutradara: Timo Tjahjanto 
  • Pemeran: Chelsea Islan, Pevita Pearce, Samo Rafael, Hadijah Shahab, Karina Suwandi, Ray Sahetapy 

Film satu ini tidak kalah terkenal dari beberapa film yang sudah kita bahas sebelumnya. Sebelum Iblis Menjemput (2018) adalah sebuah film yang disutradarai oleh Timo Tjahjanto.

Selain itu, film ini juga dibintangi oleh Chelsea Islan, Pevita Pearce, Samo Rafael hingga Ray Sahetapy. Lalu apa nih yang membuat film ini mirip dengan Pengabdi Setan 2: Communion (2022)? Jawabannya karena film ini juga mengisahkan perjanjian antara manusia dan iblis.

Bedanya, dalam film ini seorang kepala keluarga bersekutu dengan setan dengan tujuan untuk mendapatkan kekayaan. Namun demi menjaga kekayaan tersebut, ia harus menumbalkan orang-orang yang dicintainya. 

4. Kafir: Bersekutu dengan Setan 

Kafir: Bersekutu dengan Setan 
  • Tahun Rilis: 2018 
  • Genre: Horror 
  • Produksi: Starvision Plus, Indie Picture 
  • Sutradara: Azhar Kinoi Lubis 
  • Pemeran: Putri Ayudya, Sujiwo Tejo, Rangga Azof, Nadya Arina, Indah Permatasari, Teddy Syach 

Dilihat dari judulnya saja, sudah bisa dipastikan Kafir: Bersekutu Dengan Setan (2018) berbicara soal persekutuan manusia dengan iblis.

Film Garapan Azhar Kinoi Lubis ini memang tidak sepopuler Pengabdi Setan 2: Communion (20220). Tapi dari segi cerita, keduanya mengusung kisah yang mirip, serta dijamin akan membuat kamu merasa ketakutan. 

Adapun film yang dibintangi oleh Putri Ayudya dan Sujiwo Tejo ini mengisahkan sebuah keluarga yang hidupnya tiba-tiba dipenuhi kemalangan.

Berbagai teror menakutkan terus saja mengincar semua anggota keluarga secara bergiliran. Meminta bantuan dukun di kampungnya, akhirnya mereka tahu bahwa semua ini ada kaitannya dengan persekutuan orang tua mereka dengan iblis.  

5. Munafik 2 

Munafik 2 
  • Tahun Rilis: 2018 
  • Genre: Horror  
  • Produksi: Skop Productions 
  • Sutradara: Syamsul Yusof 
  • Pemeran: Syamsul Yusof, Maya Karin, Fizz Fairuz, Mawi, Fauzi Nawawi, Nasir Bilal Khan, Rahim Razali, Weni Panca 

Beralih ke film asal Negeri Jiran Malaysia, Munafik 2 (2018) memang tidak boleh dilewatkan dalam list ini. Film yang disutradarai oleh Syamsul Yusof ini dengan jelas mengisahkan soal sebuah sekter sesat yang menghasut masyarakat.

Premis ini memang tidak persis dengan Pengabdi Setan 2: Communion (2022), tapi secara keseluruhan kisahnya bikin bulu kuduk berdiri. 

Adapun Munafik 2 (2018) mengisahkan seorang ustadz muda Bernama Adam. Ia berusaha menolong Sakinah dan putrinya yang berada dalam jeratan Abu Jar.

Pria ini mengaku bahwa ia adalah nabi dan telah menghasut banyak orang untuk mengikuti ajaran sesatnya. Kerap dikirimi santet yang berbahaya, mampukan ustadz Adam mengalahkan kekejian dari nabi palsu Abu Jar?

6. Hereditary 

Hereditary

Film terakhir yang akan kita bahas berasal dari Amerika, inilah Hereditary (2018). Film Garapan Ari Aster ini sempat heboh banget dan bikin banyak orang ketakutan.

Pasalnya film ini mengisahkan sebuah keluarga yang menganut sekte sesat dan mewariskannya kepada cucu laki-lakinya. Dari premisnya saja, jelas Hereditary (2018) mirip dengan Pengabdi Setan 2: Communion (2022). 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram