Rekomendasi 10 Film yang Mirip dengan Film Old (2021)

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Liburan adalah waktu untuk bersantai bersama orang-orang terdekat di tempat yang indah dan menenangkan.

Oleh karena itu, banyak orang rela merogoh kocek yang dalam agar bisa healing dengan maksimal. Tapi mereka tidak menyadari ada petaka menanti di depan.

Film Old karya M. Night Shyamalan memiliki premis seperti ini. Menghadirkan fenomena misterius yang membuat usia pengunjung pantai menua dengan cepat, film ini menampilkan ketegangan karena diburu oleh waktu.

Ternyata banyak juga film-film yang memiliki premis seperti film Old. Berikut kami pilihkan rekomendasi 10 film terbaiknya di bawah ini.

1. Get Out

Get Out
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Horror, Thriller, Mystery
  • Produksi: Blumhouse Productions, QC Entertainment, Monkeypaw Productions
  • Sutradara: Jordan Peele
  • Pemeran: Daniel Kaluuya, Allison Williams, Bradley Whitford

Seorang fotografer muda diundang untuk mengunjungi keluarga kekasihnya saat akhir pekan. Dikenalkan dengan seluruh anggota keluarga, kegelisahan Chris mulai membara ketika melihat gelagat aneh dari mereka.

Saat Chris tersadar dari pingsan, dia mulai menyadari ada rahasia keji dalam keluarga kekasihnya itu, dan dia harus mencari cara untuk melepaskan diri.

Salah satu film horror terbaik sepanjang masa ini memiliki premis yang lumayan mirip dengan film Old, yaitu menghadiri undangan untuk berlibur. Tapi skala film ini lebih kecil dan terasa intim sehingga kesan mencekamnya seolah-olah erat mengikat.

2. The Cabin in the Woods

The Cabin in the Woods

Lima mahasiswa berlibur di sebuah kabin untuk mengisi waktu akhir pekan mereka. Mulai menemukan beberapa hal yang janggal di dalam kabin, mereka diserang oleh sekelompok zombie.

Ternyata semua yang terjadi di kabin dan daerah sekitarnya diatur oleh sebuah organisasi rahasia yang telah melakukan hal serupa di beberapa negara lain sebelumnya.

Mungkin kita mengira bahwa kesan misteri di film ini terasa dangkal karena pelaku perusak liburan sudah diketahui sejak awal film.

Tapi bukan berarti film ini tidak memiliki twist yang mencengangkan, justru kita akan dibuat tidak percaya dengan akhir film yang diluar prediksi kita.

Kesamaan dengan film Old adalah suasana liburan yang menjadi petaka, dan ada pihak lain yang menjadikan mereka sebagai eksperimen.

3. Midsommar

Midsommar

Demi menghilangkan trauma dan kesenjangan hubungan antara mereka, Dani dan Christian memenuhi undangan seorang teman untuk menghadiri festival di pedalaman Swedia.

Awalnya sebagai ajang untuk menenangkan diri, justru mereka menemui banyak hal janggal dari perkumpulan sekte yang membuat mereka terjebak dalam situasi mencekam.

Serupa dengan film Old, karakter utama di film ini pergi berlibur untuk menenangkan hati dari kegundahan akibat masalah pelik yang menerpa. Suasana liburan justru menjadi jebakan yang membuat mereka sulit untuk mencari jalan keluar.

4. The Mist

The Mist
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Horror, Thriller, Sci-Fi
  • Produksi: Darkwoods Productions
  • Sutradara: Frank Darabont
  • Pemeran: Thomas Jane, Marcia Gay Harden, Laurie Holden

Sebuah badai yang aneh membuat sebuah kota kecil diselimuti oleh kabut. Sebagian besar warga memilih berlindung di sebuah supermarket.

Mereka diteror oleh makhluk yang bersembunyi di balik kabut dan memangsa setiap orang yang ada di jalanan. Mereka harus mencari jalan keluar dari situasi ini demi keselamatan diri mereka sendiri.

Dianggap sebagai salah satu film dengan ending paling menghancurkan perasaan dalam sejarah film horror, adaptasi novel Stephen King ini menghadirkan kisah misteri dalam kadar yang pekat.

Memiliki kesamaan dengan film Old dari sisi fenomena misterius yang mencekam, tokoh utama film ini juga sedang berlibur bersama keluarganya di kota kecil yang tenang ini.

5. The Ritual

The Ritual
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Horror, Thriller, Mystery
  • Produksi: The Imaginarium, Entertainment One
  • Sutradara: David Bruckner
  • Pemeran: Rafe Spall, Arsher Ali, Robert James-Collier, Sam Troughton

Empat sahabat melakukan hiking ke Kungsleden, pegunungan di utara Swedia. Mereka bermaksud menuntaskan janji sahabat mereka yang tewas 6 bulan sebelumnya saat merencanakan perjalanan ini.

Tapi ternyata, mereka menemui fenomena aneh yang membuat mereka seperti dihantui oleh kesalahan di masa lalu. Ada sekte penyembah makhluk mitologi di balik ini semua.

Film produksi Inggris ini sudah menghembuskan nuansa mencekam sejak awal film. Visualisasi antara imajinasi dan realita ditampilkan sangat apik, membuat kita terasa hanyut ke dalam ketakutan mereka.

Memang empat tokoh utamanya sedang berlibur, tapi mereka menjalaninya dalam suasana duka. Fenomena yang dihadirkan cukup menyeramkan, terutama ketika adegan kemunculan makhluk mitologi.

6. A Perfect Getaway

A Perfect Getaway
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama, Thriller, Mystery
  • Produksi: Rogue Pictures, Relativity Media, QED International
  • Sutradara: David Twohy
  • Pemeran: Timothy Olyphant, Milla Jovovich, Kiele Sanchez, Steve Zahn

Dua pasang suami istri menelusuri keindahan alam Hawaii untuk mengisi waktu liburan mereka. Tersebar kabar bahwa ada dua orang pembunuh yang berkeliaran di daerah itu yang membuat suasana menjadi tegang. Tidak disangka, ternyata pembunuhnya ada diantara mereka sendiri.

Film thriller ini memiliki jalan cerita yang cerdas dan twist yang tidak terduga. Kita sampai dibuat tercengang begitu menyadari siapa pembunuh sebenarnya yang berkeliaran di pulau tersebut.

Sama seperti film Old, sekelompok orang memilih berlibur ke daerah yang masih alami dan menemukan situasi menegangkan yang mengancam nyawa.

7. Escape Room

Escape Room

Sekelompok orang yang tidak saling mengenal mengikuti sebuah permainan yang menuntut keberanian dan kecerdasan mereka. Ragam permainan yang harus dilewati sangat berbahaya dan beberapa dari mereka harus meregang nyawa karenanya.

Bermaksud mencari hiburan dengan mengikuti permainan, malah jadi kena mental. Film psychological horror ini memang akan menguras kemampuan berpikir dan kesabaran para karakternya.

Kesamaan dengan film Old adalah para karakternya diburu oleh waktu yang semakin mengancam keselamatan mereka.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram