Inilah 8 Rekomendasi Film yang Mirip Noktah Merah Perkawinan

Ditulis oleh Suci Maharani R

Noktah Merah Perkawinan (2022) menjadi salah satu film Indonesia yang wajib banget ditonton oleh para pasangan. Mau tahu alasannya? Karena film garapan Sabrina Rochelle Kalangie ini mengangkat berbagai isu dan permasalahan dalam rumah tangga. Mulai dari isu simpel, seperti saling tidak peduli, hingga campur tangan orang tua dan orang ketiga.

Film ini menunjukkan bahwa mudah untuk mengakhiri pernikahan, namun sulit untuk menjaga dan mempertahankan pernikahan. Ngobrolin soal rumah tangga, selain Noktah Merah Perkawinan (2022) sebenarnya ada beberapa film Indonesia yang memiliki tema serupa.

Buat kamu yang makin penasaran dengan film-film bertema pernikahan, sepertinya wajib menonton film yang ada di list ini. Pasalnya, film-film ini juga mengisahkan sulitnya mempertahankan rumah tangga dengan berbagai isu dan masalah yang beragam. Cek informasi filmnya di bawah ini.

Baca juga: 6 Hal yang Bikin Noktah Merah Perkawinan Wajib Ditonton oleh Pasangan

*Tabel ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik judul film untuk info selengkapnya

1. Twivortiare

Twivortiare

Kalau Noktah Merah Perkawinan (2022) diadaptasi dari sinetron jadul, makan Twivortiare (2019) diadaptasi dari novel populer Ika Natassa. Film ini diproduksi oleh MD Entertainment dan disutradarai oleh Benni Setiawan.

Reza Rahadian dan Raihaanun bakalana didapuk sebagai pemeran utamanya dan berhadapan dengan permasalahan rumah tangga toxic. Beno dan Alex memutuskan untuk rujuk dan berusaha untuk memperbaiki segalanya dari awal.

Keduanya sempat bercerai, karena sama-sama tidak kuat menjalani toxic relationship. Namun cinta dalam hati keduanya masih belum padam. Pada akhirnya, Beno dan Alex memutuskan untuk rujuk dan membangun rumah tangga dengan pondasi kedewasaan.

Sayangnya, belum lama kembali Beno dan Alex harus berhadapan lagi dengan masalah masalah yang sama. Alex merasa muak ketika Beno hanya fokus pada pekerjaannya.

Di sisi lain Beno merasa kesal karena Alex tetap tidak mau mendengarkan sarannya. Berhadapan dengan sikap egois dan ingin menang sendiri, benarkan cinta itu tidak cukup untuk mempertahankan rumah tangga?

2. Critical Eleven

fakta critical eleven_Kesulitan Berlapis Bagi Pemeran Utamanya_

Critical Eleven (2017) menjadi film lainnya yang diadaptasi dari novel karya Ika Natassa. Kali ini Reza Rahadian akan beradu akting dengan Adinia Wirasti.

Sementara Monty Tiwa didapuk sebagai sutradara dari film produksi Starvision Plus dan Legacy Pictures ini. Kali ini masalah rumah tangga yang dihadapi oleh pasangan Ale dan Anya bukan soal orang ketiga, seperti di Noktah Merah Perkawinan (2022).

Justru, pasangan ini harus menghadapi krisis rumah tangga pasca mereka kehilangan anak pertama. Awalnya Anya dan Ale adalah pasangan yang romantis.

Tapi semenjak anak mereka Aidan meninggal dalam kandungan, Ale dan Anya terlelap dalam kesedihan. Ale terpuruk dalam rasa sedih, meninggalkan Anya dalam kesendirian. Cinta yang awalnya membahagiakan, terasa menyesakkan bagi keduanya.

3. Ayat-Ayat Cinta

ayat ayat cinta_

Ayat-Ayat Cinta (2008) menjadi salah satu film Indonesia yang mirip dengan Noktah Merah Perkawinan (2022). Film garapan Hanung Bramantyo ini memang tidak membicarakan soal perselingkuhan.

Namun film yang diadaptasi dari novel arya Habiburrahman El Shirazy ini mengisahkan ketabahan seorang istri menghadapi krisis dalam rumah tangganya.

Film ini dibintangi oleh Fedi Nuril, Rianti Cartwright dan Carissa Putri yang terlibat cinta segitiga. Saat suaminya Fahri mendekam dipenjara karena dituduh memperkosa.

Aisyah harus merelakan suaminya untuk menikahi Maria yang saat itu dalam keadaan koma. Pasalnya wanita ini tahu, hanya kesadaran Maria yang bisa membuat suaminya terbebas dari penjara.

4. Teman tapi Menikah 2

film komedi indonesia terbaik_Teman Tapi Menikah 2_

Teman tapi Menikah 2 (2020) juga menjadi salah satu film Indonesia soal rumah tangga yang tidak boleh kamu lewatkan. Mengadaptasi kisahnya dari rumah tangga pasangan Ditto Percussion & Ayudia Bing Slamet, filmnya memang inspiratif.

Di film keduanya, pasangan Ayu dan Ditto sebenarnya sedang menikmati masa-masa indah rumah tangga, hingga berita kehamilan mendatangi mereka.

Sama-sama belum siap untuk memiliki anak, rumah tangga Ayu dan Ditto hampir saja bubar. Ayu yang moody karena dipengaruhi oleh hormon, membuat Ditto merasa tidak nyaman.

Sementara bagi Ayu, kehamilannya ini membuat perasaannya tidak karuan. Dihadapkan dengan ego dan kurangnya pengertian, bagaimana cara Ayu dan Ditto mengatasinya?

5. Cinta Laki-Laki Biasa

cinta laki laki biasa_

Mertua terkadang jadi sumber masalah yang bikin rumah tangga jadi rumit. Hal inilah yang jadi sumber masalah utama dalam film Cinta Laki-laki Biasa (2016). Film garapan Guntur Soeharjanto ini mengadaptasi kisahnya dari novel karya Asma Nadia. Velove Vexia, Deva Mahenra, Nino Fernandez dan Ira Wibowo bakalan jadi pemeran utamanya lho.

Mengisahkan Nania yang nekat menikah dengan seorang pria sederhana bernama Rafli. Rumah tangga sangat bahagia, hingga Nania mengalami kecelakaan.

Sang ibu mertua membawa Nania yang hilang ingatan dan berniat menjodohkan putrinya dengan seorang dokter. Rafli berusaha keras membawa sang istri untuk pulang, namun keluarga Nania yang berpengaruh sulit untuk dilawannya.

6. Wedding Agreement

film mirip critical eleven_Wedding Agreement_

Kalau Wedding Agreement (2021) menjadi salah satu film rumah tangga yang alur ceritanya cukup dekat dengan Noktah Merah Perkawinan (2022).

Mengadaptasi kisahnya dari novel populer karya Mia Chuz, film garapan Archie Hekagery menunjukkan usaha seorang istri mempertahankan perkawinannya. Film ini dibintangi oleh Indah Permatasari, Refal Hady dan Aghniny Haque sebagai pemeran utamanya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram