7 Film Indonesia yang Mirip dengan Ngeri-Ngeri Sedap (2022)

Ditulis oleh Suci Maharani R

Ngeri-Ngeri Sedap memang berhasil mengejutkan banyak pecinta film Indonesia. Film komedi-keluarga karya Bene Dion Rajagukguk ini tidak hanya membuat penonton tertawa. Tapi, ia juga bikin penonton menangis haru melihat masalah dalam keluarga Pak Domu, Mak Domu dan empat anak mereka.

Masalah dalam keluarga ini memang sangat relate dan dekat dengan kehidupan banyak orang. Tak hanya itu, keindahan budaya dan adat istiadat masyarakat di Sumatera Utara pun diperlihatkan dengan sangat baik.

Berbicara soal film keluarga yang mengharukan, sebenarnya masih ada beberapa film serupa yang bisa kamu tonton. Sebut saja Cek Toko Sebelah, yang diakui oleh Bene Dion Rajagukguk sebagai inspirasi utamanya untuk membuat film Ngeri-Ngeri Sedap.

Selain itu, sebenarnya ada beberapa rekomendasi film lainnya yang mirip dengan Ngeri-Ngeri Sedap. Mau tahu ada film apa saja? Biar nggak penasaran lagi, kamu bisa mencari tahu daftarnya berikut ini.

1. Cek Toko Sebelah

film mirip ngeri ngeri sedap_Cek Toko Sebelah_

Cek Toko Sebelah tentu saja harus berada di posisi paling atas dalam list ini. Film garapan Ernest Prakasa ini adalah inspirasi utama sutradara Bene Dion Rajagukguk untuk membuat Ngeri-Ngeri Sedap.

Adapun filmnya mengisahkan soal sebuah keluarga Tionghoa yang berpusat pada Koh Afuk. Ia memiliki dua putra bernama Erwin dan Yohan yang berselisih karena warisan toko miliknya.

Erwin sendiri merelakan kehidupannya di Singapura hanya untuk menjaga toko milik sang ayah. Tapi hal ini membuat Yohan kesal, karena ia merasa tidak dianggap dan diremehkan oleh keluarganya sendiri.

Cek Toko Sebelah dibintangi oleh Chew Kin Wah, Ernest Prakasa dan Dion Wiyoko. Pesan mengenai kerukunan dalam keluarga yang sangat kuat diperlihatkan dalam film box office ini.

2. Losmen Bu Broto

film mirip ngeri ngeri sedap_Losmen Bu Broto_

Beralih ke cerita sebuah keluarga di Yogyakarta, Losmen Bu Broto adalah film keluarga lainnya yang wajib banget kamu tonton. Mirip dengan Ngeri-Ngeri Sedap, film garapan Ifa Isfansyah dan Eddie Cahyono ini juga menyelipkan budaya keluarga lokal di Yogyakarta.

Mathias Muchus, Maudy Koesnaedi, Maudy Ayunda, Baskara Mahendra dan Putri Marino didapuk jadi pemeran utamanya. Adapun film ini mengisahkan keluarga Pak Broto dan Bu Broto yang mengelola sebuah Losmen di Yogyakarta.

Meski terlihat seperti keluarga yang rukun, ternyata ada banyak permasalah pribadi yang disembunyikan oleh keluarga ini. Hingga masalah pribadi ini menimbulkan sebuah skandal besar yang menguji kerukunan dan kepercayaan dalam keluarga Broto.

3. Naga Naga Naga

film mirip ngeri ngeri sedap_Naga Naga Naga_
Tahun Rilis 2022
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Deddy Mizwar Tora Sudiro Beby Tsabina Wulan Guritno

Beralih ke film selanjutnya, kali ini kita akan membahas mengenai Naga Naga Naga. Film Garapan Deddy Mizwar ini mengisahkan Naga dengan putra dan cucunya.

Mesti tidak membicarakan soal adat, tapi logat Batak yang digunakan terasa khas banget. Selain itu, premis ceritanya memang mirip dengan premis yang ada di film Ngeri-Ngeri Sedap.

Tidak disambut baik oleh menantunya, Naga dianggap sebagai sumber yang membuat sang cucu Monita jadi anak yang badung. Padahal, Monita tidak lebih dari anak yang memiliki rasa kepedulian yang tinggi pada sesama.

Hal inilah yang membuat sang putra, Bonaga, merasa dilemma. Dia harus berada ditengah-tengah masalah dan keinginan dari ayah, anak dan istrinya.

4. Sabtu Bersama Bapak

film mirip ngeri ngeri sedap_Sabtu Bersama Bapak_

Film keluarga yang mengharukan lainnya dan harus banget kamu tonton adalah Sabtu Bersama Bapak. Film garapan Monty Tiwa ini diadaptasi dari novel populer berjudul sama karya Adhitya Mulya.

Sementara itu, Abimana Aryasatya, Ira Wibowo, Deva Mahenra, Arifin Putra, Acha Septriasa dan Sheila Dara Aisha yang didapuk sebagai pemeran utamanya. Premis film ini mengisahkan mengenai Satya dan Cakra, dua putra dari Itje yang selalu berkumpul setiap hari sabtu.

Mereka selalu mendengarkan pesan-pesan kehidupan dari mendiang ayah mereka, Gunawan sebelum pria itu meninggal dunia. Namun pesan-pesan ini malah membuat masalah, terutama dalam pembentukan pribadi Satya dan Cakra.

Mengikuti pesan sang ayah, Satya menjadi sosok pria yang sangat kaku pada pemikirannya dan memiliki jarak dengan sang istri. Sementara Cakra, pria ini terlalu fokus untuk mengejar karirnya hingga lupa untuk mencari pasangan hidup.

Ditambah lagi, ada rahasia besar yang selama ini ditutup-tutupi oleh ibu mereka yang membuat Satya dan Cakra sangat sedih.

5. Keluarga Cemara 2

film mirip ngeri ngeri sedap_Keluarga Cemara 2_

Keluarga Cemara 2 juga harus banget masuk dalam list film mirip Ngeri-Ngeri Sedap. Ia masih mengisahkan tentang perjuangan Abah dan Emak untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan baru mereka di kampung.

Kali ini, Ismail Basbeth yang didapuk sebagai sutradaranya. Sementara Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Adhisty Zara dan Widuri Putri kembali dipilih sebagai pemeran utamanya.

Kali ini Emak dan Abah akan dihadapkan dengan masa-masa pertumbuhan ketiga putri mereka yang terasa mengagetkan.

Euis yang sudah beranjak remaja, mulai mengenai cinta dan meminta privasi. Sementara Ara, si anak tengah ini merasa tersisihkan dari keluarganya. Karena Abah sibuk bekerja, sementara Emak sibuk mengurusi putri bungsu mereka yang masih balita.

6. Susah Sinyal

film mirip ngeri ngeri sedap_Susah Sinyal_

Susah Sinyal adalah film yang disutradarai oleh Ernest Prakasa. Film satu ini mengisahkan mengenai hubungan buruk antara seorang ibu tunggal dengan putri semata wayangnya. Film ini dibintangi oleh Adinia Wirasti, Aurora Ribero dan Refal Hady sebagai pemeran utamanya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram