bacaterus web banner retina

10 Film Mirip My Name (2021), Film tentang Balas Dendam

Film action atau thriller identik dengan pemeran utama pria. Cerita pembalasan dendam yang brutal dan berdarah-darah, tak banyak dilakoni karakter wanita.

Di antara yang sedikit itu, My Name (2021) drama Korea original Netflix terbaru, muncul mencuri perhatian. Bercerita tentang anak gadis yang menuntut balas atas kematian ayahnya, serial berjumlah 8 episode tersebut suguhkan adegan laga yang emosional.

Karakter wanita yang badass di My Name (2021) diperankan dengan meyakinkan oleh Han So Hee. Dia berhasil keluar dari kesan yang selama ini melekat. Jika kamu menyukai tontonan-tontonan yang memperlihatkan perjuangan wanita tangguh yang menuntut balas atas sakit hati dan kehilangan, film mirip My Name (2021) berikut ini bisa jadi pilihan selanjutnya. Langsung cek saja yuk!

Baca juga: Fakta Menarik dari Drama Korea My Name

1. Kill Bill Vol. 1 (2003)

Kill Bill Vol.1 & 2

Bicara film mirip My Name (2021) hampir mustahil ngga kepikiran sama film garapan sutradara Quentin Tarantino ini. Kemiripan premis yaitu menuntut balas dendam atas kematian orang tersayang, adegan laga yang brutal hingga karakter wanita yang sama-sama tangguh dan badasss dimiliki keduanya.

Kill Bill, baik film yang pertama atau kedua bercerita tentang seorang wanita yang menuntut balas atas kematian calon suami dan bayi yang dikandungnya.

Setelah penyerangan brutal yang menewaskan orang-orang terdekat saat pemberkatan pernikahan, Beatrix Kiddo tak bisa tinggal diam. Sadar dari koma dia pun mulai menghabisi para pelaku yang ternyata mantan satu gengnya, Deadly Viper Assassination Squad.

2. The Nightingale (2018)

The Nightingale

Lahir dari tangan sutradara The Babadook (2014), The Nightingale (2018) tidak kalah ‘seram’ karena ia cukup meneror psikis, terutama bagi penonton yang punya pengalaman traumatis terhadap penyiksaan atau kebrutalan. Ditambah setting waktu yang terjadi di tahun 1825, film ini terasa sekali mencekam.

Ia bercerita tentang seorang wanita bernama Clare, seorang narapidana yang dibuang ke pulau terpencil bersama suami dan buah hati yang masih bayi. Hidupnya sangat berat karena nasibnya dipermainkan oleh Letnan Hawkins. Clare diperkosa, suami dan bayinya dibunuh. Perlakuan biadab yang dia terima menjadi bara yang menguatkan langkahnya untuk membalas dendam.

3. Lady Vengeance (2005)

Sympathy For Lady Vengeance

Jangan main-main dengan dendam dan wanita, sama seperti kepada Ji Woo di My Name (2021) dan Lee Geum Ja di film ini. Ketika wanita sudah dikuasai dendam, tidak ada lemah dalam kamusnya. Banyak cara dilakukan, banyak taktik akan dipikirkan. Digarap oleh sutradara Park Chan Wook, film ini bercerita tentang seorang wanita, bekas narapidana bernama Lee Geum Ja.

Dia dihukum atas dakwaan penculikan dan pembunuhan seorang anak berusia 6 tahun. Selama di penjara Geum Ja memperlihatkan perilaku yang sangat baik.

Dia bersikap seperti malaikat yang berhasil menarik simpati banyak orang termasuk teman-teman di tahanan. Belakangan diketahui bahwa sikap baiknya itu adalah siasat mendapatkan dukungan untuk balas dendam yang akan dia lakukan terhadap penculik dan pembunuh sebenarnya.

4. The Villainess (2017)

The Villainess

Film mirip My Name (2021) selanjutnya berjudul The Villainess (2017) arahan sutradarai Jung Byung Gi. Byung Gi juga bertindak sebagai penulis ditemani Jung Byeong Sik. Sang sutradara mengakui bahwa pembuatan film ini sebab dia terinspirasi oleh salah satu film Eropa rilisan 1990 berjudul La Gemme Nikita (1990).

Diceritakan bahwa setelah melihat pembunuhan ayahnya yang kejam, Sook Hee bertekad untuk melampiaskan dendamnya. Gayung bersambut ketika seorang agen pemerintah bernama Kwon Sook merekrutnya untuk dilatih menjadi pembunuh bayaran sekaligus penyamar ulung.

Selesai menjalankan pekerjaan sebagai pembunuh bayaran, Sook Hee memutuskan kembali ke kehidupannya yang biasa dan tinggal bersama putrinya menggunakan identitas palsu. Namun, setelah semua rasanya berjalan baik, Sook Hee menemukan masa lalunya serta pembunuh sang ayah.

5. Missing You (2016)

 Missing You

Hee Joo berulang tahun yang ke 7 ketika ayahnya dibunuh saat sedang menangani kasus pembunuhan berantai. Sang pembunuh, Ki Bum, akhirnya berhasil ditangkap tapi hakim menyatakan dia bersalah hanya untuk satu pembunuhan.

Ki Bum dijatuhi hukuman 15 tahun sebelum akhirnya bebas. Sejak ayahnya meninggal Hee Joo dibiayai oleh rekan ayahnya, Detektif Dae Young, yang saat itu sama-sama menangani kasus Ki Bum.

Selama itu pula Hee Joo coba mencari tahu motif pembunuhan ayahnya karena dia yakin Ki Bum hanya sebatas kambing hitam yang dimanfaatkan pelaku sebenarnya. Dia menunggu untuk membalas dendam tapi sebuah kasus pembunuhan dengan motif sama, kembali terjadi. Bersama Dae Young, Hee Joo coba menangkapnya.

6. The Brave One (2007)

The Brave One

Hidup Erica Bain tampak sempurna. Dia bersiap menyambut hari spesialnya dengan kekasih, David Kirmani sebelum satu peristiwa tragis menghancurkan hidupnya.

Erica dan David yang sedang menikmati sore di taman dirampok serta dianiaya oleh sekelompok berandal. David tewas dalam insiden itu sedangkan Erica membutuhkan waktu panjang untuk sembuh dari luka dan trauma.

Erica tak berani keluar rumah apalagi berjalan seorang diri. Namun dirinya berubah sejak menyadari bahwa hukum sangat lemah dan lamban.

Pada akhirnya, entah dari mana Erica dapat keberanian untuk mencari keadilan, bagi dirinya atau korban-korban kejahatan lain. Erica berubah jadi sosok misterius yang menjadi ancaman baru bagi para penjahat. Menuntut balas mengubahnya jadi seorang yang berani.

7. Peppermint (2018)

Peppermint

Film mirip My Name (2021) selanjutnya berjudul Peppermint (2018) yang diperankan oleh Jennifer Garner. Disutradarai oleh Pierre Morel yang sebelumnya mengarahkan film Taken (2008), Peppermint (2018) mengisahkan kehidupan seorang Riley North yang harus kehilangan suaminya, Chris, serta putrinya yang berusia 10 tahun bernama Carly.

Semua bermula dari penolakan Chris terhadap tawaran kerja dari Diego untuk merampok sindikat narkoba. Diego yang sakit hati dengan penolakan tersebut mengirim anak buah untuk menghabisinya. Diego berhasil dengan tujuannya tapi dia tidak menyadari bahaya yang mengancam; sebuah kekuatan dendam yang mengintai nyawanya.

8. The Five (2013)

The Five

Kehilangan orang tersayang lagi-lagi dapat menggerakkan seseorang di luar batas kemampuannya. Sedih, sangat marah dan ingin balas dendam jadi perasaan yang mendominasi.

Sama halnya seperti yang dirasakan Eun A; seorang istri yang kehilangan suami dan putrinya karena ulah psikopat. Eun A tidak hanya harus merelakan suami dan putri cantiknya karena dia juga harus ikhlas habiskan hidup di atas kursi roda.

Dalam keadaan terbatas, Eun A masih ingin membalaskan dendamnya. Dia pun terpikir untuk mendonorkan organnya. Golongan darah Eun A yang langka menjadi magnet bagi mereka yang membutuhkan.

Menggunakan rencana itu, Eun A berhasil mengumpulkan 4 orang asing. Eun Ah bersedia memberi yang mereka butuhkan dengan syarat keempat orang itu harus membantunya mencari serta membalaskan dendam.

9. Kate (2021)

Kate

Berada di bawah arahan Cerdic Nicolas-Troyan, sutradara yang juga menggarap The Huntsman: Winter’s War (2016), Kate (2021) menyuguhkan cerita dengan adegan perkelahian yang tak kalah brutal dengan My Name (2021).

Sama-sama mengusung kekuatan wanita, dalam film ini kita diajak mengikuti hidup Kate, seorang pembunuh bayaran yang ingin pensiun dari dunia kejahatan.

Kate ingin menjalani kehidupan yang biasa-biasa saja tanpa ketegangan dan bahaya. Sayang, pada tugasnya yang terakhir Kate diracun. Dia punya waktu setidaknya 24 jam lagi. Tak ingin menunggu ajal dengan berdiam, Kate memaksakan diri mencari tahu siapa pelaku yang meracuninya. Dia pun berurusan dengan salah satu sindikat Yakuza yang terkenal.

10. I Spit on Your Grave (2010)

I Spit on Your Grave

Jennifer Hills butuh ketenangan untuk menyelesaikan novel pertamanya. Dia pun pindah ke kawasan yang sepi dan terpencil. Petaka menimpanya kala Jennifer pergi berbelanja ke sebuah swalayan di sana. Kedatangan orang baru tampaknya menarik perhatian para pemuda di sana.

Mereka yang biasa mengganggu Matthew, penjaga swalayan yang mengalami keterbelakangan mental, mulai mengganggu Jennifer. Tiga orang lelaki bejad tersebut memerkosa Jennifer, memaksa Matthew melakukan hal yang sama.

Mereka juga memerintah Matthew membunuh, tapi tak sampai hati penjaga swalayan itu pun membiarkan Jennifer pergi. Dari sana dendam Jennifer mulai berkobar di dadanya.

Itu dia sepuluh judul film yang bisa kamu pilih jika masih ingin nonton cerita sejenis My Name (2021). Pembalasan dendam yang dilakukan wanita-wanita tersakiti dan tersiksa jadi garis merah yang menghubungkan 10 film mirip My Name (2021) di atas. Lantas, apakah tertarik untuk memilih salah satunya? Mau nonton yang mana dulu kira-kira?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram