bacaterus web banner retina

Inilah 10 Film yang Mirip dengan KKN di Desa Penari (2022)

KKN Di Desa Penari (2022) memang menjadi salah satu perbincangan di kalangan masyarakat. Tidak hanya karena filmnya yang terasa nyata, tapi karena isu mengenai kisah aslinya.

Meski masih menjadi perdebatan, banyak orang yang percaya bahwa kisah tersebut memang nyata. Sebenarnya ada banyak film horor Indonesia yang berasal dari mitos atau kisah nyata yang berkembang di masyarakat.

Salah satu kisah yang sempat membuat banyak orang bergidik ngeri yaitu kisah pastur berkepala Buntung di TPU Jeruk Purut. Ada juga kisah mengerikan ketika sekumpulan kru pembuat film terjebak di alam gaib dalam film Keramat (2009).

Selain itu, masih banyak lagi film yang berdasarkan kisah nyata yang salah satunya diangkat dari novel buatan Risa Saraswati.

Lalu, film horor apa saja yang memiliki konsep sama dengan KKN Di Desa Penari (2022)? Untuk mendapatkan Informasi lebih lengkapnya, kamu bisa membacanya di bawah ini.

1. Keramat

Keramat_

Keramat (2009) menjadi salah satu film yang wajib untuk kamu tonton, jika ingin merasakan unsur horor yang lebih kuat dan menakutkan.

Jika KKN Di Desa Penari (2022) membuat para mahasiswa mendatangi desa lelembut, maka di film ini kamu benar-benar akan melihat alam gaib yang sesungguhnya.

Para tim produksi film berjudul “Menari di Atas Angin” berangkat ke Bantul untuk melakukan proses pra-shooting. Namun kegiatan ini berubah menjadi mistis, ketika Migi tiba-tiba mengalami kesurupan dan hilang begitu saja.

Untuk membawa pulang Migi, seluruh anggota tim produksi harus masuk ke alam gaib yang dipenuhi dengan berbagai sosok menyeramkan dan berbahaya.

2. Danur Trilogi

Danur Trilogi

Diangkat dari kisah nyata, Danur Trilogi (2017-2019) menjadi salah satu film yang paling direkomendasikan. Seluruh ceritanya didasarkan pada kisah yang pernah dialami oleh Risa Saraswati, sebagai gadis indigo.

Terdiri dari tiga film, kamu bisa merasakan petualangan seru juga menyeramkan Risa bersama dengan kawan-kawan kasat matanya.

Filmnya mengisahkan awal mula bagaimana Risa Saraswati mulai merasakan, bahwa ia memiliki keistimewaan sebagai anak indigo.

Ia mulai berkenalan dengan banyak hantu anak-anak Belanda, salah satunya adalah Hans, Hendrick, Peter, William dan Jensen.

Kisah hidup Risa bersama dengan sahabat hantunya terus berlanjut, bahkan mereka dihadapkan dengan hal-hal menakutkan yang tidak terbayangkan.

3. Asih

Asih

Masih diangkat dari kisah nyata yang ditulis oleh Risa Saraswati, Asih (2018-2020) terdiri dari dua film yang mengisahkan satu sosok hantu.

Asih adalah sosok hantu perempuan yang hidupnya sangat malang, karena menjadi buangan masyarakat. Hantu Asih meneror masyarakat, karena ia ingin mendapatkan anak untuk menggantikan anaknya yang telah ia bunuh.

Asih diceritakan sebagai seorang gadis cantik bernama Kasih, ia merantau ke kota tapi memiliki nasib yang sial dan menyedihkan.

Asih yang baru saja mengenal cinta malah dikhianati oleh seorang pria, gadis ini ditinggalkan dalam keadaan mengandung. Seluruh penduduk desa mengucilkannya, hingga Asih memutuskan untuk membunuh anaknya sendiri lalu bunuh diri.

4. Jelangkung

Jelangkung

Mana nih pembaca Bacaterus yang lahir di tahun 90-an? Mitos dan berbagai cerita mistis mengenai Jelangkung, pasti sudah bukan hal yang aneh lagi. Tapi bagi kamu yang belum mengetahui hal ini, film Jelangkung (2001) bisa membuat kamu bergidik ngeri.

Film besutan Rizal Mantovani dan Jose Poernomo ini berhasil mendapatkan kesuksesan, karena dirasa sangat original dan menegangkan.

Kisahnya bermula ketika empat sekawan dari Jakarta penasaran untuk bisa bertemu dengan makhluk halus. Mereka mendatangi tempat-tempat berhantu, hingga mereka pergi ke desa Angkerbatu dan melakukan sebuah ritual.

“Jelangkung” adalah ritual kuno yang memakai boneka tradisional untuk memanggil arwah, tapi mereka tidak tahu bahwa hal ini bisa mengakibatkan hal yang fatal.

5. Pocong The Origin

Pocong The Origin

Berbicara soal film menakutkan dan berasal dari mitos yang berkembang di masyarakat, maka film satu ini tidak boleh sampai dilewatkan. Pocong The Origin (2019), menjadi salah satu film horor indonesia yang sangat menegangkan untuk ditonton.


Film ini mengisahkan seorang terpidana mati yang memiliki ilmu hitam, yang membuatnya tidak bisa mati. Saat putrinya datang ke lapas, Ananta akhirnya bisa dieksekusi tapi pria ini berpesan ingin dikuburkan di kampung halaman.

Ternyata wasiat ini memiliki misteri yang membuat Sasthi dan seorang sipir mengalami gangguan gaib selama mengantar jenazah Ananta ke kampung.

6. Hantu Jeruk Purut

Hantu Jeruk Purut
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Horror, Drama
  • Sutradara: Koya Pagayo
  • Pemeran: Angie, Sheila Marcia, Samuel Zylgwyn, Valia Rahma, Renny Umari, Yulia Widyastuti, Ferry Irawan
  • Produksi: Indika Entertainment

Film satu ini memiliki kemiripan dengan film KKN Di Desa Penari (2022), yaitu berasal dari kisah nyata. Bagi kamu yang tinggal di sekitar TPU Jeruk Purut, pasti sudah tidak asing lagi dengan kisah hantu seorang pastur tanpa kepala.

Sosok ini kerap meneror masyarakat yang melintas ke sekitar TPU, bahkan kisahnya sempat ramai banget diperbincangkan di masyarakat.

Adapun Hantu Jeruk Purut (2006) mengisahkan Anna Karenina, seorang penulis yang sedang membuat novel mengenai variasi kisah horor.

Ia menulis mengenai kisah Hantu Jeruk Purut, ia kerap didatangi oleh sosok pastur kepala buntung tersebut hingga tewas.

Novel ini akhirnya diteruskan oleh Airin, yang juga mendapatkan berbagai teror dari penunggu TPU Jeruk Purut tersebut.  

7. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan

Film satu ini juga tidak kalah viral banget dikalangan para pencinta film horor Indonesia, karena benar-benar menakutkan. Bahkan banyak orang yang berkata, Pengabdi Setan (2017) menjadi salah satu film horor terbaik Indonesia sepanjang masa.

Adapun filmnya mengisahkan kehidupan Rini dan keluarganya yang mengalami banyak hal aneh pasca meninggalnya ibu mereka.

Rini dan ketiga adik laki-lakinya kerap didatangi oleh sosok seorang wanita yang mirip sekali dengan ibu mereka. Hingga mereka mengetahui, ternyata ibu Mawarni pernah melakukan perjanjian hitam dengan setan

8. Ratu Ilmu Hitam

Ratu Ilmu Hitam

Satu lagi film horor Indonesia yang viral dan berhasil mendapatkan banyak sekali penghargaan bergengsi. Inilah Ratu Ilmu Hitam (2019), yang diadaptasi dari film dengan judul yang sama karya sutradara Imam Tantowi tahun 1981.

Dibintangi oleh para aktor dan aktris berbakat Indonesia, kamu akan merasakan kengerian dengan berbagai jumpscare yang mengagetkan.

Kisahnya bermula Hanif dan kawan-kawannya kembali mengunjungi panti asuhan karena Pak Bandi kini sedang sakit.

Namun mereka tidak sadar, bahwa kunjungan ini bisa menjadi akhir hidup mereka beserta keluarga masing-masing. Pasalnya berbagai teror menakutkan terus mengganggu mereka, bahkan nyawa mereka harus menjadi taruhannya.

9. Alas Pati: Hutan Mati

Alas Pati: Hutan
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Horror, Drama
  • Sutradara: Jose Poernomo
  • Pemeran: Nikita Willy, Jeff Smith, Stefhanie Zamora, Roy Sungkono, Naomi Paulinda, Maura Inry Gabrielle, Aurelie Moeremans
  • Produksi: MD Pictures, Dee Company, Pichouse Films

Memiliki vibes yang mirip dengan KKN Di Desa Penari (2022), Alas Pati: Hutan Mati (2018) bisa bikin bulu kudukmu berdiri.

Pengambilan gambarnya lebih banyak dilakukan dalam hutan, kali ini Nikita Willy akan menghadapi banyak kejadian gaib di hutan bernama Alas Pati.

Kisahnya bermula ketika lima sahabat dari Fakultas Ekonomi ingin membuat sebuah vlog mengenai hutan mati di Alas Pati.

Dari berbagai rumor yang mereka dengar, hitam ini adalah tempat tinggal dan peristirahatan bagi arwah gentayangan.

Awalnya mereka terlihat enjoy menikmati alam sekitar, hingga sebuah tragedi membawa mereka pada sosok mayat misterius. Hingga salah satu teman mereka tewas mengenaskan dan hantunya terus saja meneror anak-anak lainnya.  

10. Pocong 2

Pocong 2
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Horror, Drama
  • Sutradara: Rudi Soedjarwo
  • Pemeran: Revalina S. Temat, Ringgo Agus Rahman, Risty Tagor, Dwi Sasono
  • Produksi: SinemArt

Film satu ini tidak hanya menyeramkan, tapi bisa membuat penontonnya takut berada di ruangan saat sendirian. Sebenarnya Pocong 2 (2006) ini sempat dilarang tayang oleh LSF, karena dianggap memiliki resiko tinggi dan berbahaya bagi para pembuatnya.

Pasalnya, film ini mengambil aspek kerusuhan Mei 1998 dan berbagai adegan kekerasan yang brutal. Adapun film ini mengisahkan kehidupan Maya dan adiknya Andin, yang tinggal disebuah apartemen misterius.

Adik-kakak ini mulai merasakan hal-hal yang aneh, salah satunya penampakan pocong yang kerap meneror mereka.

Hingga mereka menyadari, bahwa apartemen yang mereka tinggali tidak pernah ada dan Maya selama ini tinggal di dalam hutan.

Meski didominasi oleh banyak film lawas, bukan berarti kualitas filmnya tidak sehebat KKN Di Desa Penari (2022). Justru film-film di atas akan memberikan rasa ngeri yang luar biasa, apalagi saat kamu melihat sosok hantunya yang menakutkan.

Jadi, apakah kamu tertantang untuk menonton film lainnya? Ayo bagikan jawabannya di kolom komentar di bawah ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram