bacaterus web banner retina

7 Rekomendasi Film yang Mirip dengan Film Gangubai Kathiawadi

Gangubai Kathiawadi (2022) menjadi salah satu film penting, karena memiliki pesan dan nilai-nilai kehidupan yang sering dilupakan. Sosok Gangubai juga menjadi satu-satunya orang yang membela hak para pekerja prostitusi dan anak-anak yang terlahir di lingkungan tersebut.

Perjuangannya ini memang patut diapresiasi. Tapi, selain film ini ternyata ada banyak film yang menyentil isu kebebasan atau hal tabu.

Sebut saja Pagglait (2021) yang mengangkat kisah mengenai seorang janda yang ingin bebas dari pandangan negatif keluarga dan masyarakat. Begitu pula dengan film The Danish Girls (2015) yang mengisahkan pergulatan hati seorang transgender pertama di dunia.

Film-film ini mungkin mengangkat isu yang normal di kalangan masyarakat, tapi mereka kerap mendapatkan diskriminasi.

Kali ini Bacaterus akan membagikan beberapa rekomendasi film yang memiliki premis yang mirip dengan Gangubai Kathiawadi (2022). Mau tahu ada film apa saja? Kamu bisa membaca informasi lebih lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Sinopsis & Review Gangubai Kathiawadi, Kisah Wanita Tuna Susila

1. Haseena Parkar

Haseena Parkar
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Biographical, Crime
  • Sutradara: Apoorva Lakhia
  • Pemeran: Shraddha Kapoor, Siddhanth Kapoor, Ankur Bhatia, Rajesh Tailang
  • Produksi: Swiss Entertainment

Masih dari Bollywood, setelah menonton Gangubai Kathiawadi (2022) kamu wajib menonton film karya Apoorva Lakhia. Haseena Parkar (2017) adalah film biografi yang juga mengisahkan sosok wanita berpengaruh di Mumbai.

Namun sosok ini adalah sosok yang kontroversial, karena ia dituduh melakukan banyak kejahatan yang sangat panjang.

Film ini mengisahkan kehidupan Haseena Parkar (2017) yang terlahir dari keluarga miskin. Meski ayahnya seorang polisi, sang kakak justru terlibat dalam banyak bisnis kotor.

Haseena harus menderita karena keluarganya menjadi sasaran balas dendam dari orang-orang yang diganggu sang kakak. Namun wanita ini tidak tinggal diam, ia melakukan aksi balas dendam dengan cara yang licik agar ia tidak dicurigai.

2. Pagglait

Pagglait

Masih dari India, kamu juga bisa menonton Pagglait (2021) yang tayang di Netflix. Film garapan Umesh Bist ini memang menyentil mengenai pandangan masyarakat mengenai “janda”.

Di India sendiri, sosok seorang janda sering menjadi korban diskriminasi dan tidak bisa hidup dengan bebas. Umesh Bist menyentil isu ini dalam sebuah film komedi yang dibintangi oleh Sanya Malhotra.

Pagglait (2021) mengisahkan Sandhya, yang menjadi janda pasca sang suami meninggal dunia lima bulan setelah menikah.

Tak ingin hidup dalam kekangan, Sandhya berusaha untuk menjalani hidup yang selalu ia dambakan. Ia memilih kabur dan berusaha menjalani hidup dengan mengejar cita-cita dan bekerja seperti wanita lainnya.

3. Mom

Mom

Mom (2017) menjadi salah satu film yang paling membekas bagi masyarakat India. Pasalnya, film ini menjadi karya terakhir dari Sridevi sebelum ia meninggal dunia di tahun 2018.

Film garapan Ravi Udyawar ini memang bikin hati penontonnya sedih, melihat perjuangan seorang ibu tiri. Di film ini Sridevi memerankan karakter ibu tiri yang begitu menyayangi putri sambungnya.

Filmnya mengisahkan perjuangan Devki untuk memberikan keadilan bagi putrinya yang menjadi korban pemerkosaan. Meski Aarya begitu membencinya, sebagai ibu Devki tidak mau berdiam diri melihat para penjahat tersebut lolos dari jeratan hukum.

Devki bermain di belakang polisi dan mulai mencelakai satu persatu orang yang sudah merusak hidup putrinya, meski ia tahu nyawanya menjadi taruhannya.

4. Toilet: Ek Prem Katha

Toilet: Ek Prem Katha
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Comedy, Drama
  • Sutradara: Shree Narayan Singh
  • Pemeran: Akshay Kumar, Bhumi Pednekar
  • Produksi: Viacom 18 Motion Pictures, KriArj Entertainment, Friday Filmworks, Plan C Studios, Cape of Good Films LLP

Film satu ini mungkin agak nyeleneh, apalagi Toilet: Ek Prem Katha memang bergenre komedi. Namun kisah yang ada dalam film ini terjadi di dunia nyata, ketika pernikahan terancam karena masalah toilet.

Film yang dibintangi oleh Akshay Kumar dan Bhumi Pednekar ini mengangkat isu mengenai kepercayaan masyarakat mengenai sanitasi yang dianggap haram.

Kisahnya bermula ketika Jaya memilih pulang ke rumahnya, karena di rumah suaminya tidak terdapat toilet. Hal ini mungkin terdengar menggelikan, tapi Jaya muak dengan kebiasaan wanita membuang hajat di ladang di pagi buta.

Tak ingin rumah tangganya hancur, Keshav berusaha membuat toilet pertama di desanya, meski mendapatkan pertentangan dari masyarakat sekitar.

5. The Help

The Help

Beralih ke film Amerika, kamu bisa menonton film berjudul The Help yang dibintangi oleh Emma Stone dan Viola Davis. Film garapan sutradara Tate Taylor ini diadaptasi dari buku berjudul sama, karya penulis Kathryn Stockett.

Filmnya memiliki premis yang unik, mengungkap diskriminasi yang dirasakan oleh wanita Afrika-Amerika yang bekerja di rumah sosialita Amerika.

Aibileen Clark bekerja sebagai asisten rumah tangga di rumah Hilly Holbrook, namun ia sudah sangat geram dengan perlakuan buruk mereka.

Berbagai diskriminasi dan rasis kerap dirasakannya, hal inilah yang membuat Aibleen dan Minny menceritakan kisah ini kepada Eugenia Phelan. Ketika kisahnya diterbitkan, buku ini berhasil mempermalukan Hilly dan teman-teman sosialitanya.

6. The Danish Girl

The Danish Girl

The Danish Girl (2015) menunjukkan perjuangan dan pergulatan hati seorang transgender pertama di dunia. Film yang diadaptasi dari novel berjudul yang sama karya David Ebershoff ini memang sangat menarik untuk ditonton.

Pasalnya, film ini menunjukkan berbagai kesulitan dan pilihan sulit yang dialami oleh Einar Wegener untuk menjadi Lili Elbe.

Meski sudah memiliki istri, Einer tidak bisa membohongi dirinya bahwa ia nyaman berdandan sebagai wanita. Meski sulit, Einer akhirnya bisa memberikan pengertian kepada sang istri bahwa ia mencintai seorang pria dan ingin menjadi wanita seutuhnya.

Demi membuat sang suami bahagia dan lepas dari depresi, Gerda mendukung suaminya untuk melakukan operasi kelamin yang sangat beresiko.

7. Precious

Precious
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Lee Daniels
  • Pemeran: Gabourey Sidibe, Mo'Nique, Paula Patton, Mariah Carey, Sherri Shepherd, Lenny Kravitz
  • Produksi: Lee Daniels Entertainment, Smokewood Entertainment, Harpo Films, 34th Street Films

Film terakhir yang mirip dengan Gangubai Kathiawadi (2022) adalah Precious (2009), yang mengisahkan hidup seorang gadis muda.

Kisah yang diangkat dari novel populer berjudul Push, karya Sapphire ini memperlihatkan kehidupan seorang anak yang dieksploitasi keluarganya.

Precious yang masih berusia 16 tahun adalah korban dari pelecehan seksual dan kekerasan dari orang tuanya sendiri. Gadis mengalami trauma, bahkan kini Precious kembali mengandung anak karena terus diperkosa oleh sang ayah.

Untungnya ia berhasil diselamatkan oleh Ms. Weiss dan sang guru Ms. Blu Rain untuk mendapatkan hak hidup dan terbebas dari keluarganya.

Inilah beberapa rekomendasi film yang memiliki premis atau mengangkat isu tabu seperti film Gangubai Kathiawadi (2022). Film-film di atas tidak hanya berbicara soal hak hidup wanita, tetapi hak bagi semua orang untuk mendapatkan hidup yang layak.

Selain itu, kebanyak film-film tadi masuk dalam jajaran film terbaik yang berhasil mendapatkan banyak penghargaan bergengsi.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram