Sama-Sama Adaptasi Manga, Inilah 8 Film yang Mirip Fullmetal Alchemist

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Fullmetal Alchemist merupakan film live-action yang diadaptasi dari seri manga dengan judul yang sama karya Hiromu Arakawa. Film ini merupakan sebuah film trilogi yang terdiri dari Fullmetal Alchemist (2017), Fullmetal Alchemist Final Revenge Scar dan Fullmetal Alchemist Final The Last Transmutation.

Sama seperti seri manga dan animenya, film ini memiliki genre action, adventure, fantasy dan supernatural. Filmnya sendiri mengikuti kisah Elric bersaudara; Ed dan Al, yang berpetualang untuk mengembalikan tubuh asli mereka.

Kali ini Bacaterus akan merekomendasikan delapan film yang memiliki kemiripan dengan film Fullmetal Alchemist. Kemiripannya dilihat mulai dari segi alur cerita, karkater, nuansa dan genre.

1. Attack on Titan

film mirip fullmetal alchemist_ Attack on Titan_

Film ini menceritakan tentang kisah peradaban manusia yang hampir punah karena raksasa atau kyojin. Sebagian umat manusia masih bertahan hidup dibalik dinding raksasa yang melindungi mereka.

Hingga suatu ketika, setelah 100 tahun, akhirnya dinding raksasa itu kembali ditembus oleh kyojin. Kemudian dimulailah perjuangan para manusia yang berjuang melawan kyojin.

Film ini memiliki kemiripan dari segi unsur politik dengan Fullmetal Alchemist, dimana para pemerintah ingin menguasai dunia. Namun, ada sebagian orang dari pemerintahan yang menentang hingga akhirnya terjadi pemberontakan demi menyelamatkan umat manusia. 

Kedua film ini juga sama-sama diadaptasi dari manga dan memiliki tema yang hampir mirip, yaitu adegan aksi, petualangan dan juga fantasi.

2. Ajin: Demi-Human

film mirip fullmetal alchemist_Ajin Demi-Human_

Jika film Fullmetal Alchemist menceritakan tentang batu filsuf untuk mencapai keabadian, film ini pun sama-sama menceritakan tentang manusia abadi yang disebut dengan Ajin.

Kedua film ini sama-sama membahas mengenai pertarungan antara manusia super yang baik dan yang jahat. Keduanya juga sama-sama diadaptasi dari manga yang terkenal.

Film yang dibintangi oleh Sato Takeru ini menceritakan tentang Kei Nagai yang suatu ketika menjadi seorng Ajin. Pada saat itu, Ajin menjadi sebuah ancaman untuk umat manusia, sehingga diburu oleh pemerintahan. Dan kini, Kei pun menjadi salah satu buronan yang sangat dicari oleh pemerintah.

3. Tokyo Ghoul

film mirip fullmetal alchemist_Tokyo Ghoul_

Tokyo Ghoul dengan Fullmetal Alchemist menceritakan tentang manusia super yang memiliki kekuatan hebat. Sosok homunculus di Fullmetal Alchemist dan ghoul di film ini sama-sama terlihat seperti manusia, tapi memiliki rupa monster ketika berubah.

Film Tokyo Ghoul dan Fullmetal Alchemist juga sama-sama merupakan film live-action yang diadaptasi dari manga.

Filmnya mengikuti kisah seorang mahasiswa bernama Ken Kaneki. Suatu ketika, Kaneki yang terluka dilahap oleh seorang ghoul. Namun, Kaneki berhasil selamat ketika rangka baja jatuh menimpa Rize, ghoul yang menyerangnya. 

Kaneki terluka cukup parah, tapi di rumah sakit, Kaneki menerima transplantasi organ dari Rize. Dan setelah itu, Kaneki pun berubah menjadi manusia setengah ghoul

4. Inuyashiki

film mirip fullmetal alchemist_Inuyashiki_

Film ini mengikuti kisah seorang pria paruh baya bernama Inuyashiki Ichiro. Ia tidak memiliki teman dan keluarganya pun tak peduli padanya.

Pada suatu malam, sebuah ledakan misterius terjadi dan membuat tubuhnya berubah menjadi tubuh mekanis yang sangat kuat. Meski begitu, ia masih memiliki sisi manusia dan menjadi sosok ‘pahlawan’ dan memerangi kejahatan.

Tubuh mekanis yang kini dimiliki oleh Inuyashiki mengingatkan saya pada sosok Alphones atau Al dalam film Fullmetal Alchemist. Keduanya sama-sama memiliki kekuatan super yang misterius. Meskipun agak sedikit berbeda, tapi kedua film tersebut sama-sama diadaptasi dari seri manga.

5. Bleach

film mirip fullmetal alchemist_Bleach_

Meski agak berbeda dengan Fullmetal Alchemist, tapi Bleach merupakan film live-action adaptasi manga. Karakter utama di film ini dan Fullmetal Alchemist juga sama-sama harus berjuang untuk mencapai tingkatan kemampuan yang hebat. Mereka pun berjuang untuk menghentikan kejahatan. 

Bedanya, Ichigo di film ini berusaha melindungi manusia dari serangan hollow. Sementara Edwardmencoba melindungi jiwa manusia yang hendak dicuri oleh homunculus

Diceritakan bahwa Ichigo merupakan seorang siswa SMA yang bisa melihat hantu. Hingga suatu ketika ia bertemu dengan Kuchiki Rukia yang membuat hidupnya mulai berubah. Ichigo pun menjadi sosok dewa kematian untuk melawan Hollow, sebuah roh jahat yang memangsa manusia.

6. Gantz

film mirip fullmetal alchemist_Gantz_

Film selanjutnya yang mirip dengan Fullmetal Alchemist adalah Gantz. Gantz juga diadaptasi dari seri manga dengan judul yang sama.

Bola hitam besar dalam film ini dikenal dengan GANTZ, mengingatkan saya dengan Pintu Kebenaran yang ada dalam film  Fullmetal Alchemist. Keduanya sama-sama menceritakan tentang suatu kemampuan yang bisa menghidupkan kembali seseorang.

Film ini mengikuti kisah seorang mahasiswa bernama Kurono Kei dan Kato Masaru. Suatu ketika, Kei dan teman masa kecilnya itu membantu seorang pria yang jatuh dari peron kereta bawah tanah.

Mereka lompat ke peron kereta itu untuk menyelamatkan pria yang mabuk. Tapi, kereta sudah semakin mendekat dan keduanya yakin kalau mereka akan meninggal.

Namun, saat tersadar, Kei dan Masaru berada di sebuah ruangan aneh yang mana di tengah ruangan tersebut terdapat bola hitam raksasa misterius. Bola hitam tersebut dikenal dengan GANTZ, yang menugaskan orang-orang di sana untuk memusnahkan alien dalam waktu tertentu.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram