Bacaterus / Film Barat / 10 Film “Mind Blowing” yang Tak Bisa Ditebak Jalan Ceritanya

10 Film “Mind Blowing” yang Tak Bisa Ditebak Jalan Ceritanya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pernahkah kamu menonton sebuah film yang jalan cerita dan alurnya benar-benar diluar nalar dan tidak kamu pikirkan sebelumnya? Orang-orang biasa menyebut film-film tipe ini dengan film yang “mind-blowing”, karena si pembuat film mampu membawa sebuah cerita ke akhir yang tidak terduga. Film semacam ini juga membuat kamu ikut berpikir keras selama menonton.

Film-film dengan cerita seperti ini biasanya juga tidak cukup untuk kamu tonton sekali saja. Beberapa orang bahkan rela menonton satu film berulang kali untuk memahami detail-detail di setiap ceritanya dan memahami teka-teki yang sering terselip di beberapa bagian film. Jika kamu termasuk orang yang menyukai film-film “cerdas” semacam ini, berikut 10 film paling mind blowing yang wajib kamu tonton.

1. Shutter Island (2010)

Shutter Island

Shutter Island merupakan sebuah film bergenre drama thriller arahan sutradara Martin Scorsese. Film ini dibintangi oleh aktor kawakan Leonardo DiCaprio dan Mark Rufallo. Shutter Island bercerita mengenai seorang detektif yang mencoba mengungkap kasus menghilangnya seorang tahanan rumah sakit jiwa di sebuah pulau terpencil bernama Shutter Island.

Sepanjang cerita kamu akan menemukan potongan-potongan teka-teki mengenai kasus hilangnya pasien rumah sakit jiwa tersebut. Dan di akhir cerita, terungkaplah misteri tersebut melalui sebuah fakta yang tentunya tidak akan kamu sangka sebelumnya. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 8,1.

2. Inception (2010)

Inception

Film mind blowing selanjutnya masih dibintangi oleh Leonardo DiCaprio. Film berjudul Inception yang rilis pada tahun 2010 ini merupakan salah satu karya dari sutradara Christopher Nolan. Dengan genre science fiction, Inception bercerita mengenai orang-orang yang bisa memanipulasi mimpi seseorang dengan cara masuk kedalam mimpi tersebut.

Film ini juga memiliki alur yang cukup rumit sehingga perlu ditonton berulang kali agar kamu bisa memahami teka-teki yang terselip di bagian-bagian scene film tersebut. Bahkan, ending dari film ini juga terkesan masih menjadi teka-teki dan memberikan spekulasi yang berbeda-beda bagi setiap orang. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 8,8.

3. The Prestige (2006)

The Prestige

Christopher Nolan memang dikenal sebagai sutradara yang sering membuat film dengan jalan cerita yang tidak bisa ditebak. Di tahun 2006, ia juga menyutradarai sebuah film bergenre thriller berjudul The Prestige. Film yang mengangkat tema mengenai dunia sulap ini dibintangi oleh Hugh Jackman dan Christian Bale.

Film ini bercerita mengenai dua orang pesulap yang pada awalnya bersahabat namun mereka kemudian saling bersaing dan mencoba mengungkap trik sulap masing-masing. Seperti film-film Nolan lainnya, film ini memiliki alur non linear sehingga kamu harus benar-benar fokus menontonnya. Di situs IMDb, film ini memiliki rating sebesar 8,5.

4. Identity (2003)

Identity

Film bergenre  psikologi thriller ini merupakan sebuah film yang diadaptasi dari novel And Then There Were None karya Agatha Christie. Identity disutradarai oleh  James Mangold dan dibintangi oleh John Cusack, Ray Liotta,  Alfred Molina, serta sederet aktor dan aktris lainnya. Film ini memiliki alur yang cukup kompleks dengan setting waktu dan lokasi di satu tempat.

Film Identity mengisahkan mengenai sepuluh orang yang saling tidak mengenal berkumpul di sebuah motel karena kejadian hujan badai yang terjadi didaerah tersebut. Salah satu dari mereka adalah seorang polisi yang membawa terdakwa kasus pembunuhan. Semenjak tahanan tersebut kabur, mereka satu-persatu mulai ditemukan terbunuh.

Menonton film ini membuat kamu juga akan ikut menebak-nebak siapa pelaku pembunuhan sesungguhnya. Di akhir cerita teka-teki ini akan terungkap dengan hal yang tidak akan kamu duga. Di situs IMDb, film ini memiliki rating 7,3.

5. Triangle (2009)

Triangle

Film Triangle merupakan sebuah film produksi Inggris-Australia yang disutradarai oleh Christopher Smith dan dibintangi Melissa George dan Liam Hemsworth. Film bergenre psikologi thriller ini akan membuat kamu kebingungan menentukan mana aksi dan mana reaksi karena cerita film ini memperlihatkan pola waktu yang berputar.

6. Interstellar (2014)

Interstellar

Di tahun 2014, Christopher Nolan kembali membuat film dengan jalan cerita yang cukup mind blowing berjudul Interstellar. Film ini mengangkat genre science fiction dan dibintangi oleh Matthew McConaughey dan Anne Hathaway. Film ini berkisah mengenai para ilmuwan yang mendapatkan misi untuk menjelajah luar angkasa dan mencari planet baru untuk manusia.

Meskipun mengangkat tema luar angkasa, film ini berbeda dengan film-film bertema sejenis. Tidak ada kisah mengenai alien dan mahluk-mahluk semacamnya. Namun jalan ceritanya akan membuat kamu terpukau. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 8,6.

7. Life of Pi (2012)

Life of Pi

Life of Pi merupakan sebuah film karya sutradara Ang Lee yang rilis pada tahun 2012. Film ini Film ini diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Yann Martel. Film dengan genre drama petualangan ini berhasil meraih banyak nominasi di ajang Academy Award dan BAFTA Award tahun 2013.

Film Life of Pi berkisah mengenai Pi Patel, yang mengalami badai besar saat pelayarannya bersama binatang-binatang buasnya menuju Amerika. Cerita film mengambil sudut pandang Pi Patel, dimana dia menceritakan dua versi yang berbeda yang akan membuat kamu kebingungan dengan cerita sebenarnya. DI situs IMDb, film ini memiliki rating 7,9.

8. The Others (2001)

The Others

Dari genre horror, The Others menjadi salah satu film yang jalan dan akhir ceritanya akan membuat kamu kaget karena plot twistnya yang sangat mind blowing. Film ini merupakan film produksi Spanyol yang disutradarai oleh  Alejandro Amenabar dan dibintangi oleh aktris Nicole Kidman.

Film The Others memiliki setting waktu di era tahun 1940 di sebuah rumah besar yang dimiliki oleh seorang wanita single parent beserta dua anaknya. Mereka selalu merasa diteror oleh sosok hantu terlebih saat tiga orang pembantu misterius datang ke rumah mereka. Di situs IMDb, film ini memiliki rating 7,6.

9. Predestination (2014)

Predestination

Predestination merupakan film bergenre science fiction  yang mengangkat tema seputar perjalanan waktu. Film ini dibintangi oleh Ethan Hawke dan disutradarai oleh Michael dan Peter Spierig.

Film ini mengisahkan tentang seorang agen yang mempunyai misi untuk menangkap seorang penjahat yang selalu berhasil lolos. Misi ini kemudian berubah menjadi misi pencarian jati diri si agen tersebut. Ketika filmnya berakhir, kamu akan kebingungan untuk menentukan mana awal dan akhir cerita. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 7,5.

10. The Usual Suspect (1995)

The Usual Suspect

Film The Usual Suspect sudah rilis sejak tahun 1995 dan menjadi salah satu film legendaris dengan jalan cerita yang sangat mind blowing. Film ini disutradarai oleh Bryan Singer dan dibintangi oleh Stephen Baldwin, Gabriel Byrne, dan aktor-aktor lainnya.

Film bergenre neo noir ini berkisah mengenai lima orang kriminal yang berkumpul untuk membentuk sebuah tim dan mengerjakan proyek dari sosok misterius Keyzer Soze. Teka-teki mengenai siapa sebenarnya Keyzer Soze ini menjadi teka-teki yang baru bisa kamu pecahkan di akhir cerita. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 8,5.

Itulah 10 film dengan jalan cerita yang sangat mind blowing dan tidak akan bisa kamu tebak akhir ceritanya. Adakah diantara sepuluh film tadi yang menjadi favorit kamu? Atau kamu punya rekomendasi film lain dengan jalan cerita yang tidak kalah mind blowing? Ceritakan mengenai film  dengan cerita yang mind blowing versi kamu di kolom komentar ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *