bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik Meriam Bellina, Aktris yang Awet Muda

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 19 Juni 2021

Mau orang dari generasi manapun juga pasti tahu dengan aktris yang nampak awet muda ini. Meriam Bellina memiliki nama asli Eliza Maria Bellina Bamboe. Beliau lahir di Kota Bandung, Jawa Barat, pada 10 April 1965 lalu. Walaupun sudah berkepala lima, Meriam Bellina masih terlihat sangat cantik dan energik.

Tahukah kamu, Meriam Bellina merupakan aktris termuda ke-2 sepanjang sejarah perfilman Indonesia yang berhasil memboyong Piala Citra? Meriam memenangkan kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik tahun 1984 untuk film Cinta di Balik Noda.

Meriam berusia 19 tahun pada saat itu. Sedangkan pemenang Pemeran Utama Wanita Terbaik termuda yang pertama adalah Christine Hakim pada tahun 1974. Tentu itu prestasi yang sangat membanggakan, terlebih dunia perfilman zaman dulu belum terlalu berkembang seperti sekarang.

Meriam Bellina pada awal karirnya lebih banyak bermain sebagai tokoh utama wanita yang baik dan lugu. Sedangkan untuk proyeknya yang sekarang lebih sering berkarakter 'Sunda bule', karena memang beliau itu keturunan Belanda-Sunda, jadi menjiwai banget pastinya. Bacaterus mau mengajak kamu nonton 10 film Meriam Bellina yang paling seru. berikut daftarnya.

1. Get Married 1-5

  • Tahun rilis: 2007-2015
  • Genre: Komedi, Romansa, Drama
  • Produksi: Kharisma StarVision Plus
  • Sutradara: Hanung Bramantyo
  • Pemeran: Nirina Zubir, Ringgo Agus Rahman, Aming, Deddy Mahendra Desta, Richard Kevin, Meriam Bellina

Film Get Married merupakan franchise yang sangat besar. Diawali pada tahun 2007, film ini sampai pada angsuran ke-5 alias total ada lima film yang masih saling berhubungan. Semua film Get Married diperankan oleh Nirina Zubir sebagai Mae, Richard Kevin sebagai Rendy, Ringgo Agus Rahman sebagai Beni, Aming sebagai Eman, dan Deddy Mahendra (Desta) sebagai Guntoro.

Sedangkan pasangan paling ngehits di film-film komedi, yaitu Meriam Bellina dan Jaja Mihardja berperan sebagai Ibu dan Bapak Mardi, orang tuanya Mae. Ya, Get Married merupakan film komedi-drama yang sangat seru. Cerita awalnya dimulai dengan persahabatan antara Mae, Eman, Beni, dan Guntoro. Mae merupakan satu-satunya perempuan di antara geng tersebut.

Suatu hari, orang tua Mae ingin anaknya yang tomboy itu menikah. Mereka pun mencarikan jodoh untuk Mae namun ternyata tak ada yang nyangkut di hati gadis 'galak' itu. Namun, Mae bertemu dengan Rendy, seorang pemuda tampan dan kaya raya.

Mae jatuh cinta pada pandangan pertama, lalu, bagaimana dengan Rendy? Sepanjang film ke satu sampai lima, Meriam Bellina tetap berperan sebagai ibu Mae.

2. Benyamin Biang Kerok 1-2

  • Tahun rilis: 2018 & 2020
  • Genre: Komedi, Aksi, Drama
  • Produksi: Falcon Pictures
  • Sutradara: Hanung Bramantyo
  • Pemeran: Reza Rahadian, Delia Husein, Rano Karno, Meriam Bellina, Adjis Doaibu, Aci Resti, Nurul Qomar

Karakter Benyamin Biang Kerok masih hidup hingga kini di benak masyarakat Indonesia walau pemeran aslinya, Benyamin Sueb, telah tiada. Film pertama Benyamin Biang Kerok ditayangkan pada tahun 1972. Kini, si biang kerok kesayangan kita bisa ditonton kembali.

Pada film yang dirilis pada tahun 2018 dan 2020 ini, biang keroknya adalah Reza Rahadian yang berperan sebagai Pengki. Lalu, ada Delia Husein sebagai Aida, Rano Karno sebagai Sabeni atau Babeh, dan Meriam Bellina sebagai Nyak Mami.

Pada film yang pertama, Pengki melakukan aksi yaitu mengungkapkan bisnis kasino ilegal. Kalau film yang ke-2, ceritanya berbeda lagi. Pengki punya sebuah misi baru, yaitu mencari harta karun.

Karena anaknya menghilang entah ke mana, Nyak Mami pun pergi ke dukun. Bukan cuma Pengki, Babeh alias suami Nyak Mami pun ikut menghilang.

Barulah diketahui kalau Pengki sedang mencari harta karun peninggalan presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. H. Soekarno. Ada legenda kalau Soekarno katanya memiliki simpanan emas dalam jumlah fantastis.

Katanya, jumlah harta karun Soekarno bisa saja menyelesaikan masalah hutang negara. Apakah Pengki bisa menemukan harta karun itu lebih dulu daripada para penjahat?

3. Bajaj Bajuri The Movie

10 Film Terbaik Meriam Bellina, Aktris yang Awet Muda 5
  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Drama, Komedi
  • Produksi: Kharisma Starvision Plus
  • Sutradara: Fajar Nugros
  • Pemeran: Ricky Harun, Eriska Rein, Meriam Bellina, Muhadkly Acho, Dimas Gabra, Mcdanny, Nova Eliza, Rebecca Soejati Reijman

Siapa yang kangen nonton sitkom Bajaj Bajuri di televisi? Karakter Bajuri, Oneng, dan Emak begitu ikonik sehingga sulit dilupakan. Mungkin itulah yang menjadikan sitkom ini diangkat ke layar lebar.

Di sini, Bajuri diperankan oleh Ricky Harun, Oneng diperankan oleh Eriska Rein, dan Emak diperankan oleh Meriam Bellina tentunya. Memang, Meriam cocok banget memerankan karakter emak-emak yang lucu.

Film dimulai ketika Bajuri memiliki problem tentang tanah warisan ayahnya. Bajuri juga tidak sengaja membuat empang di pemancingan meledak.

Bajuri dan temannya, Ucup, dianggap sebagai teroris karena membawa tas berisi bom saat sedang mengambil uang di bank. Seakan belum cukup, Emak (Meriam Bellina) memperkeruh suasana dengan menuduh Bajuri selingkuh dan mau menikah lagi.

4. Jagoan Instan

  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Aksi, Komedi
  • Produksi: Starvision Plus
  • Sutradara: Fajar Bustomi
  • Pemeran: Kemal Palevi, Kevin Julio, Anisa Rahma, Dede Yusuf, Meriam Bellina, Alexa Key, Jovial da Lopez, Andovi da Lopez

Tidak cukup banyak film Indonesia yang berbau action. Film Jagoan Instan ini adalah salah satunya, tapi genre aksinya dicampur dengan komedi. Mungkin hal itu sudah bisa bisa ditebak dari poster dan daftar para pemainnya. Film ini sudah pakai CGI alias Computer Generated Imagery yang menurut saya sudah bagus buat ukuran film dalam negeri.

Ceritanya ada mantan jagoan dalam negeri yang bernama Om Gun (Dede Yusuf). Dengan serum jagoan, Om Gun berniat merekrut keponakannya yang bernama Bumi (Kemal Palevi). Pada awalnya Bumi menolak, tapi karena pacarnya diculik orang jahat, ia pun ingin menjadi jagoan. Setelah disuntik serum, Bumi memang jadi punya kekuatan khusus.

Bumi menggunakan kekuatan barunya untuk memata-matai anggota DPR, menyelamatkan Mbah penunggu gunung dari erupsi, hingga mengambil kembali satu ember penuh uang dari rumah koruptor dan membagikannya pada warga. Tentu saja Bumi akan berhadapan dengan musuh utamanya yaitu orang yang merebut kekasihnya dulu, Romeo (Kevin Julio).

Romeo ternyata merupakan anak dari Ratu Gelondongan (Meriam Bellina). Ia merupakan pemimpin perhimpunan pembalak hutan di Indonesia. Penjahat juga ada pimpinannya ternyata, ya? Romeo menawarkan transaksi untuk menukar Pertiwi, pacar Bumi, asalkan Bumi mau memberikan serum jagoan kepadanya.

5. Janin

10 Film Terbaik Meriam Bellina, Aktris yang Awet Muda 9Sumber: medium.com/
  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Horor
  • Produksi: PAW Pictures
  • Sutradara: Ook Budiono
  • Pemeran: Jill Gladys, Reuben Elishama, Meriam Bellina, Arnold Leonard, Babe Cabiita, Rhesa Putri, Richelle Georgette Skornicki, Regina Rengganis, Dayu Wijanto

Pernah membayangkan Meriam Bellina bermain di film horor? Tak perlu berangan-angan lagi, karena kamu bisa menonton aksi beliau berakting dengan latar cerita seram di film Janin (2020). Cerita dimulai ketika pasangan Randu (Reuben Elishama) dan Dinar (Jill Gladys) sedang berbahagia. Pasalnya, Dinar tengah hamil dan sudah memasuki trimester kedua.

Akan tetapi, kebahagiaan pasangan itu agak terganggu ketika ada tetangga baru yang pindah ke dekat kediaman mereka. Tetangga baru itu adalah Sukma (Meriam Bellina).

Entah kenapa semenjak kehadiran Sukma di perumahan mereka, sering terjadi keanehan yang menjurus ke mistis. Hal itu membuat Dinar merasa takut. Bagaimana tidak? Dinar melihat sosok setan perempuan yang ingin mengambil janinnya!

6. Love and Edelweiss

  • Tahun rilis: 2010
  • Genre: Drama, Psikologi, Thriller
  • Produksi: Putra Pictures
  • Sutradara: Anto Tanjung
  • Pemeran: Mentari, Mike Muliadro, Meriam Bellina, Aldo Bamar, Ira Wibowo, Donny Kesuma, Sonny Tulung

Love and Edelweiss adalah film ber-genre drama dan kerasan dalam rumah tangga. Film ini mungkin terlalu deep dan bisa men-trigger anxiety kamu sebagai penonton karena ceritanya begitu nyata. Mungkin ketika mendengar kata KDRT kamu akan langsung terbayang korbannya pasti pihak perempuan. Tapi, di film ini, Ryo (Mike Lucock) adalah korbannya.

Ryo merupakan anak lelaki dari ayah dan ibunya. Pemeran ayah Ryo adalah Sonny Tulung dan pemeran ibu Ryo tak lain dan tak bukan adalah Meriam Bellina. Tidak hanya KDRT dari orang tua kandungnya, Ryo juga pernah mengalami pelecehan seksual ketika masih kecil.

Lebih parahnya lagi, hal tersebut dilakukan oleh orang terdekat Ryo yang mengidap pedofilia. Rentetan kejadian tak mengenakkan tersebut mendorong Ryo menjadi seorang psikopat.

7. Jembatan Pensil

10 Film Terbaik Meriam Bellina, Aktris yang Awet Muda 13
  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Drama, Pendidikan
  • Produksi: Grahandhika Visual
  • Sutradara: Hasto Broto
  • Pemeran: Meriam Bellina, Kevin Julio, Alisia Rininta, Andi Bersama, Agung Saga, Deden Bagaskara, Roy Turaekhan, Didi Mulya, Azka Marzuqi

Film yang satu ini cocok banget untuk ditonton ulang setiap hari besar seperti Hari Anak dan Hari Pendidikan Nasional. Jika film dalam negeri kebanyakan ber-genre romantis, horor, dan komedi, Jembatan Pensil adalah film keluarga yang berbau pendidikan.

Film ini menceritakan perjuangan anak-anak SD di Towea, Muna, Sulawesi Tenggara. Murid-murid di SD Towea kedatangan guru baru yang bernama Aida (Alisia Rininta). Guru Aida merupakan anak dari pasangan Pak Guru (Andi Bersama) dan Ibu Farida (Meriam Bellina).

8. EL

10 Film Terbaik Meriam Bellina, Aktris yang Awet Muda 15
  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Drama, Psikologi
  • Produksi: MVP Pictures
  • Sutradara: Findo Purwono HW
  • Pemeran: Aurelie Moeremans, Achmad Megantara, Meriam Bellina, Dimaz Andrean, Brigitta Cynthia, Verdi Solaiman

Ini mungkin terlihat seperti film drama remaja romantis pada umumnya. Hal yang membuat film ini berbeda adalah, Dafychi, sang karakter utama dalam film ini, memiliki dua kepribadian. Alter ego-nya bernama Dafyna.

Selama hidupnya, Dafychi merasa bosan karena hari-harinya begitu monoton. Sampai ketika ia bertemu Mario Adipati, seorang pengusaha muda yang berhati dingin. Di sini, Meriam Bellina berperan sebagai Mama Abahay.

9. Si Kabayan dan Gadis Kota

10 Film Terbaik Meriam Bellina, Aktris yang Awet Muda 17
  • Tahun rilis: 1989
  • Genre: Komedi
  • Produksi: Kharisma Jabar Film
  • Sutradara: Eddy D. Iskandar
  • Pemeran: Didi Petet, Paramitha Rusady, Meriam Bellina, Rachmat Hidayat, Rudy Djamil, Nurul Arifin, Kang Ibing
  • Film yang Berhubungan: Si Kabayan Saba Kota (1989)

Siapa pun pasti tahu karakter Kabayan. Pemain aslinya adalah Didi Petet, dan Iteung dimainkan oleh Paramitha Rusady. Lalu, Meriam Bellina berperan sebagai Inge, seorang gadis cantik anak kuliahan yang datang ke kampungnya Kabayan. Film ini adalah sequel alias kelanjutan dari film Si Kabayan Saba Kota yang masih dirilis pada tahun yang sama sebenarnya.

Ceritanya, Inge (Meriam Bellina) datang ke desa untuk bahan skripsinya. Lurah desa tersebut menyuruh Kabayan (Didi Petet) untuk menemani Inge. Kang Ibing melihat Kabayan dan Inge berduaan lalu melaporkan hal itu ke Iteung, istri Kabayan.

Iteung yang terbakar cemburu kabur ke kota, akan tetapi, ia malah jatuh ke tangan germo. Apakah Kabayan bisa bertemu lagi dengan Iteung?

10. Cinta di Balik Noda

10 Film Terbaik Meriam Bellina, Aktris yang Awet Muda 19Sumber: twitter.com/film_indonesia
  • Tahun rilis: 1984
  • Genre: Drama
  • Produksi: Virgo Putra Films
  • Sutradara: Bobby Sandy
  • Pemeran: Meriam Bellina, Maya Rumantir, Sandro Tobing, Abubakar Syah, Asrul Zulmi, Tari Sutiono, Fatimah Maria

Film yang mengangkat nama Meriam Bellina sebagai aktris ini berjudul Cinta di Balik Noda. Menceritakan tentang tiga sahabat, yaitu Rafli (Sandro Tobing), Atika (Meriam Bellina), dan Saskia (Maya Rumantir). Mereka datang dari daerah dan sama-sama sedang berjuang mengembangkan karir musik mereka di ibukota.

Setelah bertemu seorang produser, musik mereka semakin dikenal publik. Akan tetapi, di balik kesuksesan dan persahabatan itu, ada cinta segitiga di tengah mereka. Rafli dan Saskia menjalin cinta, padahal Atika juga menyukai Rafli. Setelah mengetahui hubungan kedua sahabatnya, Atika pun hengkang dari grup dan memilih untuk solo.

Itulah daftar 10 film terbaik yang dimainkan oleh Meriam Bellina. Tentunya masih banyak proyek lainnya dari beliau, belum terhitung sinetronnya. Karya Meriam Bellina yang mana yang menurut kamu paling seru?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram