bacaterus web banner retina

10 Film Mandarin Terbaik di Tahun 2022

Film mandarin memang bukan hal yang asing lagi, pasalnya film-film ini memiliki tempat khusus di hati penonton Indonesia. Film yang disuguhkan juga tidak pernah mengecewakan, karena berhasil membuat penonton merasa rileks sampai merasa tegang. Tak heran jika banyak penonton Indonesia mencari-cari film mandarin terbaik untuk mereka saksikan.

Penasaran film apa saja yang masuk dalam daftar film mandarin terbaik di tahun ini? Jawabannya bisa kamu dapatkan di bawah ini.

1. Nice View

film mandarin terbaik_Nice View_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Life, Drama, Family
  • Produksi: Shanghai Tao Piao Piao Movie & TV Culture, Shenzhen Media Film & Television
  • Sutradara: Wen Mu Ye
  • Pemain: Jackson Yee, Ha Lin, Eric Wang, Zhang Yu, Tian Yu

Nice View (2022) menjadi film yang paling dinantikan oleh para penggemar Jackson Yee. Bahkan, sang sutradara sangat memuji penampilan Jackson Yee karena akting dan penjiwaan yang sangat totalitas. Film yang disutradarai oleh Wen Mu Ye ini diproduseri oleh Ning Hao, yang terkenal dengan berbagai karya populernya di industri hiburan Cina.

Film ini mengisahkan Jing Hao yang berusia 20 tahun datang ke Shenzhen bersama dengan adik perempuannya. Hidup mereka mungkin sulit, tapi kakak dan adik ini memiliki hubungan yang sangat baik dan hangat. Namun, Jin Hao berada dalam tekanan antara uang dan waktu untuk menyelamatkan adiknya. Bisakah ia mencari jalan keluar dari semua masalah ini?

2. Sniper

film mandarin terbaik_Sniper_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: War, Drama
  • Produksi: Enlight Media
  • Sutradara: Zhang Yimou, Zhang Mo
  • Pemeran: Chen Yongsheng, Zhang Yu, Zhang Yi

Disutradarai oleh Zhang Yimou dan Zhang Mo, Sniper (2022) adalah kisah hidup seorang penembak jitu Cina saat berada di medan perang. Film ini bisa dikatakan sebagai penghormatan kepada para tentara dan pahlawan kemerdekaan Cina. Makanya film ini dirilis pada tanggal 1 Februari 2022 yang bertepatan dengan hari peringatan PLA Day.

Filmnya sendiri mengisahkan seorang penembak jitu bernama Zhang Taofang saat mengikuti perang. Pria berusia 22 tahun ini berhasil masuk ke dalam pasukan tentara muda dan memecahkan rekor. Dalam Perang Korea yang dihadapinya, Zhang Taofang dilaporkan telah melukai setidaknya 214 tentara Amerika dengan mengabiskan 435 tembakan dalam 32 hari.

3. Too Cool to Kill

film mandarin terbaik_Too Cool to Kill_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Action, Comedy
  • Produksi: New Classics Media, Slinky Town Pictures
  • Sutradara: Wenxiong Xing
  • Pemeran: Ma Li, Wei Xiang

Film satu ini diadaptasi dari film karya Koki Mitani yang berjudul The Magic Hour (2008). Too Cool to Kill (2022) adalah sebuah film bergenre komedi dan aksi yang membuat penontonnya tertawa sekaligus tegang. Dibintangi oleh nama-nama terkenal seperti Ma Li dan Wei Xiang, film ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tontonan santai di akhir pekan.

Film ini mengisahkan seorang aktor amatir bernama Wei Chenggong yang berusaha mengejar impiannya menjadi pemeran utama. Suatu hari, ia mendapatkan undangan dari aktris terkenal bernama Milan untuk memerankan karakter utama bernama Killer Karl. Namun, ternyata pembuatan film ini menimbulkan banyak masalah bagi Wei. Pasalnya, ada konspirasi berbahaya di dalamnya.

4. Only Fools Rush In

film mandarin terbaik_Only Fools Rush In_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: -
  • Sutradara: Han Han
  • Pemeran: Liu Haoran, Liu Haocun, Shen Teng, Yin Zheng

Only Fools Rush In (2022) adalah film bergenre komedi yang disutradarai oleh Han Han di awal tahun 2022. Film yang dibintangi oleh Liu Haoran, Liu Haocun, Shen Teng dan Yin Zheng ini mengisahkan kehidupan sekelompok anak muda. Mereka secara bertahap bisa memahami apa arti cinta, persahabatan, bersamaan hingga perpisahan.

Kisahnya bermula ketika Wu Ren Yao akhirnya dipertemukan lagi dengan sang ayah yang bernama Wu Ren Tang. Dari sini juga ia bertemu dengan kakak beradik bernama Zhou Hua Xang dan Zhou Hua Ode yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Ada banyak kejadian yang membuat mereka saling bersinggungan, tapi sampai kapan hal ini akan berlanjut?

5. Battle of Lake Changjin 2

film mandarin terbaik_Battle of Lake Changjin 2_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: War, Drama
  • Produksi: Bona Film Group Limited, August First Film Studio, Huaxia Film Distribution, China Film Co., Ltd., Shanghai Film Group, Alibaba Pictures, Dengfeng International Culture Media
  • Sutradara: Chen Kaige, Tsui Hark, Dante Lam
  • Pemeran: Wu Jing, Jackson Yee, Duan Yihong, Zhang Hanyu

Kembali bermain dalam film action, penampilan Jackson Yee dalam Battle of Lake Changjin 2 (2022) memang wajib dinantikan. Bahkan dalam berbagai situs seperti Douban dan Maoyan, film ini mendapatkan rating diatas 7.5/10. Meski begitu, ada juga beberapa orang yang berkomenta kalau filmnya terlalu jingoistik dan kurang rasa nasionalisme.

Film ini mengambil latar Perang Korea, saat para pasukan Cina harus melawan pasukin Amerika Serikat di tahun 1950-1953. Perang yang berlangsung di Danau Changjin ini membuat para tentara relawan Rakyat Tiongkok untuk membuat pasukan Amerika mundur.

Mereka ditugaskan untuk menjaga Water Gate Bridge yang membuat banyak tentara harus meregang nyawa demi mempertahankan negara.

6. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings_

Film yang baru saja dirilis pada bulan September 2021 ini memang menjadi salah satu film yang hits. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021) diangkat berdasarkan novel Marvel Comics yang menampilkan dengan karakter Sang Chi.

Superhero kelahiran provinsi Honan ini diketahui sebagai master Kung Fu, karena sejak kecil sudah dilatih martial art oleh ayahnya. Film ini menitik beratkan pada kisah Sang Chi, superhero yang sedang mencari jati dirinya.

Ada banyak hal yang terungkap mengenai dirinya di tempat yang tidak pernah ia lihat sebelumnya. Sang Chi harus menghadapi masa lalu yang ia pikir telah ditinggalkannya sejak lama. Semua ini terjadi sejak ia masuk dalam jaringan organisasi misterius yang diberi nama Ten Rings.

7. Hi, Mom

Hi, Mom_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Family, Comedy
  • Produksi: Beijing Jingxi Culture & Tourism Co., Ltd, Shanghai Ruyi Film & TV Production, Ltd, Tianjin Maoyan Weiying Culture Media, Beijing Jingcai Time Culture Media, New Classic Media, Big Bowl Entertainment, Alibaba Pictures
  • Sutradara: Jia Ling
  • Pemeran: Jia Ling, Shen Teng, Chen He, Zhang Xiaofei

Hi, Mom (2021) merupakan film terlaris di Cina, makannya film komedi yang diluncurkan pada tahun baru imlek ini wajib di tonton. Film ini menceritakan Jia Xiaoling pasca kepergian sang ibu karena kecelakaan mobil di tahun 2001.


Tiba-tiba saja wanita ini kembali ke tahun 1981, dimana ibunya masih sangat muda. Jia Xiaoling berusaha mengabulkan semua keinginan ibunya, karena ia merasa belum jadi anak yang baik.

Jia Xiaoling menjodohkan ibunya dengan seorang manajer pabrik agar mendapatkan kehidupan yang lebih layak di masa depan. Hi, Mom (2021) dinobatkan menjadi film non-Inggris terlaris kedua sepanjang masa di Cina dan film tersukses karya sutradara wanita. Film ini mendapatkan rating cukup tinggi yaitu 7.2 di IMDb dan banyak menerima ulasan positif.

8. Detective Chinatown 3

Detective Chinatown 3_

Detective Chinatown memang sangat seru untuk diikuti, akhirnya sekuel ketiganya dirilis tahun 2021. Sejak perilisannya, sekuel ketiganya berhasil menggebrak box office Tiongkok dengan berbagai rekor. Mulai dari film non-Amerika dengan rating tertinggi, film terlaris ketiga di tahun 2021 hingga film non-Inggris terlaris keempat sepanjang masa.

Kali ini Tang Ren dan Qin Feng diundang ke Tokyo untuk menyelidiki kasus pembunuhan Sang Don yang misterius. Ada banyak keanehan di kasus ini, hingga mereka menemukan keterkaitan putri Sang Don dalam pembunuhan ini.

Tak hanya itu, para detektif dari seluruh Asia dihadapkan dengan kelompok Q, segerombol orang dengan IQ tinggi yang ingin menghancurkan world establish system.

9. My Love

My Love_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Romantic Comedy
  • Produksi: Youth Enlight, Dream Chaser Pictures
  • Sutradara: Han Tian
  • Pemeran: Greg Hsu, Zhang Ruonan, Ding Guansen, Yan Zidong, Guo Cheng, Wang Shasha

Film satu ini merupakan remake dari film Korea Selatan yang berjudul On Your Wedding Day (2018). Di Tiongkok sendiri, My Love (2021) masuk dalam jajaran box office laris di genre romcom.

Film ini semakin menarik karena dibintangi oleh Greg Hsu yang dipasangkan dengan Zhang Rounan yang sangat manis. Premis film ini mengisahkan cinta pasangan utamanya yang berlangsung selama 15 tahun.

Di masa sekolah menengah, Zhou Xiaoqi adalah seorang siswa yang sangat berbakat di olahraga renang. Suatu hari Zhou Xiaoqi jatuh cinta pada pandangan pertama setelah melihat murid pindahan yaitu You Yongci.

Belum sempat mengungkapkan perasaannya mereka harus berpisah, Zhou Xiaoqi menyimpan perasaan ini rapat-rapat hingga 15 tahun lamanya.

10. The Yin Yang Master

The Yin Yang Master_

Film fantasi yang diadaptasi dari game NetEase Onmyōji, yaitu kisahnya juga didasarkan pada novel seri, Onmyōji karya penulis Baku Yumemakura. Film ini dirilis secara resmi pada Tahun Baru Imlek 2021 dan didistribusikan oleh Netflix secara internasional.

Premis film ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu sebuah misi untuk mengalahkan Raja Iblis. Kisahnya dimulai ketika Onmyoji bernama Qing Ming menjadi buronan setelah dituduh membunuh seniornya, Cimu.

Untungnya Ming merupakan makhluk setengah iblis dan manusia, jadi ia bisa hidup di mana saja tapi ia kembali terseret kasus perampokan upeti Kekaisaran. Di sisi lain Ming menyiapkan pasukannya karena berita Raja Iblis akan menyerang umat manusia makin santer terdengar, apakah ia bisa bertahan?

Dari daftar film di atas, kira-kira film mana saja yang sudah kamu tonton atau akan ditonton? Film-film di atas merupakan jajaran film yang tidak hanya sukses secara box office, tapi populer. Selamat menonton!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram