Bacaterus / Film Jepang / 8 Film Live Action Jepang Terbaik yang Wajib Ditonton

8 Film Live Action Jepang Terbaik yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Desember 2018

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika banyak sekali anime dan manga Jepang yang diadaptasi kedalam film versi live action. Walau banyak sekali animasi dari berbagai negara yang mendapatkan adaptasi live action-nya, kali ini Bacaterus hanya membahas film live action terbaik dari negeri sakura.

Untuk Anda yang belum mengerti apa itu live action, frase ini berarti sebuah karya animasi yang dibuat kedalam bentuk non-animasi. Mengadaptasi karya animasi kedalam bentuk non animasi bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan karya yang memuaskan.

Walau banyak film live action yang dicap gagal mengadaptasi karya aslinya, ada beberapa film yang justru membuat penontonnya dengan cara yang berbeda dari versi aslinya. Berikut adalah beberapa film live action yang layak diacungi jempol.

8 Film Live Action Jepang Terbaik

1. Death Note (2006)

Death Note

* sumber: www.jagongsinopsis.com

Film ini merupakan versi live action yang diadaptasi dari sebuah manga karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Film yang bergenre supernatural thriller ini dirilis pada tahun 2006 dan disutradarai oleh Shūsuke Kaneko.

Film keduanya pun dirilis pada tahun yang sama dengan judul Death Note: The Last name. Dengan rating 7.6 dari imdb, film kedua ini mendapatkan nilai yang sedikit lebih rendah dari film pertamanya yang mendapat rating 7.8.

Film ini bercerita tentang seorang pemuda yang mencoba untuk merubah dunia menjadi negeri utopia yang bebas dari kejahatan. Dengan bantuan sebuah buku ajaib, dia melakukan pembunuhan terhadap para kriminal dan orang orang yang dia anggap tidak pantas untuk hidup.

Yagami, sang tokoh utama, harus berurusan dengan detektif internasional, “L”, yang mencium kejanggalan dari kematian orang orang. Pertarungan antara kedua sosok cerdas ini memberikan sebuah tontonan yang sayang untuk dilewatkan. Death Note merupakan salah satu film Jepang terbaik yang pernah ada. Temukan juga film-film terbaik lainnya dari negeri sakura di artikel film Jepang terbaik.

2. Rurouni Kenshin (2012 & 2014)

Rurouni Kenshin

* sumber: tamankosong.wordpress.com

Film ini mengikuti jalan cerita yang mirip dengan versi manga dan animenya. Jalan cerita yang disajikan pun membuatnya mendapat rating 7.6 dari imdb untuk film pertamanya dan 7.7 untuk film yang kedua.

Film pertamanya menceritakan awal perjalanan sang pembunuh setelah berhenti dari pekerjaannya. Dengan ciri khas pedang bermata terbalik, Kenshin memulai kehidupan barunya bersama Kaori, pemilik dojo yang terlibat masalah dengan kelompok pengedar opium, Kanryuu.

Dalam film kedua, Kenshin Himura harus berhadapan dengan Makoto Shishio yang mencoba menggulingkan pemerintahan Meiji. Takdir negara pun tergantung pada Kenshin yang telah bersumpah untuk tidak membunuh lagi dengan pedangnya.

3. 20th Century Boys (2008)

20th Century Boys

* sumber: asianwiki.com

Manga yang dirilis dari tahun 1960 – 1970an ini mendapatkan adaptasi 3 film yang disutradarai oleh Yukihiko Tsutsumi. Versi live action ini dirilis pada tahun 2008 dan 2009. Versi berbahasa Inggrisnya pun dirilis dari tahun 2009 hingga 2012 oleh Viz Media.

20th Century Boys bercerita tentang sekelompok anak muda yang membangun sebuah markas rahasia agar mereka dapat membaca manga kesukaan mereka dengan tenang. Mereka pun berimajinasi tentang diri mereka yang akan menyelamatkan dunia dan membuat sebuah buku ramalan.

20 tahun kemudian, Kenji, sang karakter utama, mendapati bahwa musibah yang terjadi di dunia sesuai dengan isi buku ramalan yang dibuatnya dulu bersama teman temannya. Dia pun harus berhadapan dengan karakter antagonis, Friend, yang ingin menghancurkan dunia.

Pertarungan ini terus berjalan hingga Kanna, keponakan Kenji, beranjak dewasa dan melanjutkan perjuangan Kenji. Jalan cerita yang disampaikan dalam trilogi ini pun maju mundur untuk menghubungkan kisah saat ini dan kenangan di masa muda karakter utama.

Film pertama dari trilogi ini meraih urutan kedua dalam box office dengan pendapatannya yang mencapai $5.78 juta.  Film kedua meraih urutan pertama box office dengan pendapatan $6,96 juta. Film ketiganya juga meraih kesuksesan yang sama seperti film kedua dengan pendapatan sebesar $22,89 juta di minggu kedua penayangannya.

4. Gantz (2011)

Gantz

* sumber: www.geekadelphia.com

Gantz adalah sebuah seri live action Jepang yang diadaptasi dari manga karya Hiroya Oku. Film ini memiliki 2 sekuel berjudul Gatz dan Gantz: Perfect Answer, dan satu acara TV yang berjudul Another Gantz.

Film ini menceritakan orang orang yang mati dan dihidupkan kembali dalam sebuah ruangan. Di sini, orang-orang ini harus menerima misi yang diperintahkan sebuah bola hitam bernama Gantz.

Setiap misi yang berhasil diselesaikan akan memberikan poin pada orang orang tersebut. Jika ada yang mencapai 100 poin, dia dapat meminta untuk dihidupkan kembali atau menghidupkan anggota lainnya yang mati saat menjalankan misi.

Secara keseluruhan, film ini menawarkan jalan cerita yang menarik karena karakter-karakternya harus berhadapan dengan makhluk-makhluk aneh. Namun karena banyak adegan yang sadis dan penuh darah, mungkin sebaiknya tidak ditonton bersama anak-anak.

5. Dororo (2007)

Dororo

* sumber: www.thoughtco.com

Film ini dibuat berdasarkan manga Karya Osamu Tezuka di tahun 1960an. Film ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Hyakkimaru yang memburu iblis yang telah mengambil 48 bagian tubuhnya saat dia kecil.

Dalam petualangannya, Hyakkimaru ditemani oleh seorang gadis pencuri yang diberinya nama Dororo. Di tengah petualangannya, Hyakkimaru bertemu dengan sang ayah yang menjual tubuhnya kepada Iblis, dia juga harus berhadapan dengan saudara kandungnya yang mati di tangannya.

Secara keseluruhan, film ini memiliki jalan cerita yang cukup menarik untuk dinikmati. Sebuah konflik dalam keluarga yang melibatkan sihir dan iblis tentunya memberikan cerita yang berbeda.

6. Assassination Classroom (2015)

Assassination Classroom

* sumber: www.gwigwi.com

Diambil dari nama manga dan anime yang sama, film ini mengisahkan tentang sebuah kelas yang dibimbing oleh seorang guru alien bernama Koro Sensei.

Di kelas ini para siswa bukan hanya diajarkan pendidikan yang normal tapi mereka dilatih untuk membunuh gurunya. Pada akhirnya para siswa harus bisa membunuh gurunya dalam waktu satu tahun.

Film ini terdiri dari dua sekuel dan menawarkan cerita tentang hubungan emosional antara seorang guru dan murid muridnya. Film ini pertama dirilis pada tahun 2015, sedangkan sekuelnya dirilis pada tahun 2016.

7. Fullmetal Alchemist (2017)

Fullmetal Alchemist

* sumber: 100wordanime.blog

Film ini diangkat dari manga terlaris yang terjual hingga 70 juta kopi diseluruh dunia pada tahun 2005. Versi animenya pun terpilih sebagai serial TV terpopuler di jepang. Tidak aneh jika banyak yang mengharapkan versi live action dari Fullmetal Alchemist.

Berlatar di dunia fantasi, film ini mengisahkan dua bersaudara yang berpetualang untuk menemukan batu bertuah yang dapat mengembalikan tubuh adiknya.

8. Inuyashiki (2018)

Inuyashiki

* sumber: otakumode.com

Film ini adalah salah satu film live action yang dirilis di bulan April 2018. Film dengan tema fiksi ilmiah menceritakan dua sosok manusia yang terbunuh saat makhluk asing mendatangi bumi. Untuk menutupinya, alien mengganti tubuh keduanya dengan mesin yang sangat canggih.

Inuyashiki, sang kakek tua menyadari bahwa tubuhnya telah berubah dan bermaksud menggunakan kekuatan barunya untuk kebaikan. Sebaliknya, Shisigami, sang pemuda, justru menggunakan kekuatannya untuk menyakiti dan membunuh orang orang tak bersalah.

Film live action mana yang kalian sukai dari daftar di atas? Jika kalian memiliki film live action favorit yang belum ada dalam daftar di atas, silahkan berbagi dalam kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar