10 Film Live Action Jepang Terbaik yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika banyak sekali anime dan manga Jepang yang diadaptasi kedalam film versi live action. Walau banyak sekali animasi dari berbagai negara yang mendapatkan adaptasi live action-nya, kali ini Bacaterus hanya membahas film live action terbaik dari negeri sakura.

Untuk Anda yang belum mengerti apa itu live action, frase ini berarti sebuah karya animasi yang dibuat kedalam bentuk non-animasi. Mengadaptasi karya animasi kedalam bentuk non animasi bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan karya yang memuaskan.

Walau banyak film live action yang dicap gagal mengadaptasi karya aslinya, ada beberapa film yang justru membuat penontonnya dengan cara yang berbeda dari versi aslinya. Berikut adalah beberapa film live action yang layak diacungi jempol.

1. Rookies: Graduation

film live action jepang_Rookies Graduation_

Rookies: Graduation merupakan film lanjutan dari drama Rookies yang tayang satu tahun 2007. Sama seperti dramanya, film ini juga merupakan adaptasi dari seri manga terkenal dengan judul yang sama karya Morita Masanori.

Film ini menceritakan tentang seorang guru bernama Koichi Kawato yang merupakan guru baru di SMA Futakotamagawa. Dia menjadi seorang pembimbing klub bisbol yang beranggotakan murid berandalan di sekolah. 

Koichi dengan tulus membimbing mereka untuk mengajaknya ke jalan yang lebih baik. Hingga akhirnya mereka bisa lulus SMA. Film ini merupakan salah satu film yang cukup mengharukan dan bagus untuk ditonton.

2. Little Forest: Summer & Autumn

film live action jepang_Little Forest Summer & Autumn_
Tahun Rilis 2014
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Ai Hashimoto

Little Forest: Summer & Autumn merupakan film yang diadaptasi dari seri manga karya Daisuke Igarashi. Filmnya menceritakan tentang seorang wanita yang tinggal di kota besar bernama Ichiko.

Setelah serangkaian peristiwa memilukan di kota besar, Ichiko memilih untuk pulang kampung ke daerah Tohoku. Ichiko kembali tinggal di rumah tua milik ibunya.

Ichiko merupakan seorang wanita yang mandiri. Dia mendapatkan energi dan bertahan hidup di alam dengan bertani dan makan makanan musim semi dan musim panas.

Suatu ketika, Ichiko menerima sebuah surat dari ibunya. Kemudian, Ichiko memutuskan untuk mencoba ke kota lagi untuk ‘berhasil’, sebelum akhirnya menjadi petani selama di Tohoku.

3. Little Forest: Winter & Spring

film live action jepang_Little Forest Winter & Spring_

Little Forest: Winter & Spring merupakan film sekuel dari film Little Forest: Summer & Autumn. Film ini kembali menceritakan kisah seorang wanita bernama Ichiko yang telah kembali ke kampung halamannya di Tohoku, di sebuah pedesaan Komori. 

Setelah kembali ke desanya, Ichiko kembali harus memanfaatkan bahan musiman lokal untuk ia makan sendiri. Ichiko kembali harus hidup mandiri dan menyiapkan segalanya sendiri. Pada film ini, Ichiko memperlihatkan sebuah gambaran hidup penuh keberkahan sekaligus kerasnya alam dan perubahan musim.

4. Ajin: Demi-Human

film live action jepang_Ajin Demi-Human_

Ajin: Demi-Human merupakan film live-action selanjutnya yang diadaptasi dari manga dengan judul yang sama. Istilah ‘Ajin’ dikenal setelah kemunculan sebuah makhluk abadi ketika perang di Afrika pada 17 tahun sebelumnya.

Lalu, suatu ketika seorang mahasiswa bernama Nagai Kei dari jurusan kedokteran Jepang, tewas dalam sebuah kecelakaan lalu lintas. Namun, pemerintah menggunakan Kei untuk dihidupkan kembali sebagai sebuah eksperimen yang tidak manusiawi.

Hingga suatu ketika ‘Ajin’ lain datang untuk menyelamatkan Kei dan mengubah kehidupan Kei selamanya.

5. Rurouni Kenshin: The Legend Ends

film live action jepang_Rurouni Kenshin The Legend Ends_

Review & Sinopsis Film Rurouni Kenshin: The Legend Ends

Film ini merupakan lanjutan dari film Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno. Pada film kali ini, Kenshin kembali harus berhadapan dengan Makoto Shishio, setelah dia kehilangan Kaoru di laut. Kini Shishio berlayar menggunakan kapal besinya untuk melanjutkan rencananya menjatuhkan pemerintahan meiji. 

Jepang kembali diliputi keadaan kacau, dengan berbagai ancaman yang diberikan oleh Shisio yang bahkan membawa Kaoru bersamanya. Untuk menghentikan perbuatan Shishio, Kenshin sengaja menemui guru dan tuannya untuk mempelajari teknik pedang terakhirnya.

6. Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno

Rurouni Kenshin
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Action, Drama, History
  • Sutradara: Keishi Ohtomo
  • Pemeran: Takeru Satoh, Emi Takei, Yû Aoi
  • Perusahaan Produksi: C&I Entertainment, IMJ Entertainment, RoC Works Co.

Review & Sinopsis Live Action Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno

Film ini mengikuti jalan cerita yang mirip dengan versi manga dan animenya. Jalan cerita yang disajikan pun membuatnya mendapat rating 7.6 dari imdb untuk film pertamanya dan 7.7 untuk film yang kedua.

Film pertamanya menceritakan awal perjalanan sang pembunuh setelah berhenti dari pekerjaannya. Dengan ciri khas pedang bermata terbalik, Kenshin memulai kehidupan barunya bersama Kaori, pemilik dojo yang terlibat masalah dengan kelompok pengedar opium, Kanryuu.

Dalam film kedua, Kenshin Himura harus berhadapan dengan Makoto Shishio yang mencoba menggulingkan pemerintahan Meiji. Takdir negara pun tergantung pada Kenshin yang telah bersumpah untuk tidak membunuh lagi dengan pedangnya.

7. Death Note

Death Note
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Crime, Drama, Fantasy
  • Sutradara: Shûsuke Kaneko
  • Pemeran: Tatsuya Fujiwara, Ken'ichi Matsuyama, Asaka Seto
  • Perusahaan Produksi: Nippon Television Network (NTV), Shueisha, Warner Bros.

Sinopsis & Review Death Note

Film ini merupakan versi live action yang diadaptasi dari sebuah manga karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Film yang bergenre supernatural thriller ini dirilis pada tahun 2006 dan disutradarai oleh Shūsuke Kaneko.

Film keduanya pun dirilis pada tahun yang sama dengan judul Death Note: The Last name. Dengan rating 7.6 dari imdb, film kedua ini mendapatkan nilai yang sedikit lebih rendah dari film pertamanya yang mendapat rating 7.8.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram