Bacaterus / Film Artis Hollywood / Inilah Deretan Film Lady Gaga Terbaik, Sang “Queen of Pop”

Inilah Deretan Film Lady Gaga Terbaik, Sang “Queen of Pop”

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Nama Lady Gaga kini telah menjadi ikon pop paling tenar dalam industri musik di seluruh dunia. Dirinya sudah banyak menghasilkan dereten single hits seperti Bad Romance, Telephone, Poker Face, Alejandro dan Shallow.

Selain terkenal sebagai seorang penyanyi dan penulis lagu, dirinya juga cukup provokatif karena kerap bereksperiman dengan karya-karyanya sehingga menimbulkan respon yang beragam.

Perempuan bernama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta ini memiliki segudang penghargaan musik mulai dari enam Grammy Awards, tiga Brit Awards, Songwriters Hall of Fame dan masih banyak lagi. Di tahun 2016, albumnya tercatat telah terjual sebanyak 27 juta keping di seluruh dunia. Momentum tersebut tentunya mengukuhkan dirinya sebagai Queen of Pop yang paling di puja seantero bumi.

Langkah karir perempuan berusia 34 tahun ini terus melaju dengan dirinya mencoba masuk ke dalam dunia akting. Ia kemudian bermain di serial televisi berjudul American Horror Story: Hotel pada tahun 2015 dan film layar lebar berjudul A Star is Born di tahun 2018. Gaga lalu meraih Golden Globe Award untuk kategori Best Actress atas perannya dalam serial TV tersebut.

Selain film A Star is Born, Lady Gaga pun pernah bermain dalam film yang lain meski hanya menjadi aktris pendukung saja. Nah, bagi yang penasaran dengan film-film yang pernah di perankan olehnya, Bacaterus di bawah ini akan memberikan daftar rekomendasinya untuk kalian. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. A Star Is Born

A Star Is Born

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Drama musikal
  • Rumah produksi: Metro-Goldwyn-Mayer, Live Nation Productions, Gerber Pictures, Peters Entertainment, dan Joint Effor
  • Sutradara: Bradley Cooper
  • Pemeran utama: Bradley Cooper dan Lady Gaga

Film ini ditayangkan secara perdana pada Festival Film Internasional Venice ke-75 ditanggal 31 Agustus 2018. Setelah masa penayangannya, A Star is Born kemudian meraup untung secara komersial dengan mendapatkan lebih dari 436 juta dollar di seluruh dunia. Para kritikus lalu memuji penampilan akting Bradley Cooper, Lady Gaga serta skenario, sinematografi dan musik yang dibuat dalam film ini.

Selain mendapatkan respon yang baik secara kritik, film ini juga banyak menerima nominasi dan penghargaan. Dalam ajang Academy Awards ke-91, A Star is Born meraih delapan nominasi yang diantaranya Best Picture, Best Actor (Bradley Cooper), Best Actress (Gaga) dan Best Supporting Actor (Sam Elliott).

Sementara itu, lagu Shallow yang dinyanyikan oleh Lady Gaga bersama Bradey Cooper meraih penghargaan Best Original Song dalam ajang tersebut. Film ini juga mendapatkan lima nominasi di Golden Globe Awards ke-76.

A Star is Born bercerita tentang seorang musisi country bernama Jackson Maine yang karirnya mulai redup. Ia lalu bertemu seorang penyanyi berbakat bernama Ally, dan memutuskan untuk membuatnya menjadi musisi terkenal. Keduanya saling jatuh cinta dan terlibat hubungan yang lebih mendalam. Saat karir Ally sedang menanjak, Jackson harus berhadapan dengan kondisi kesehatannya yang memburuk.

2. Gaga: Five Foot Two

Gaga Five Foot Two

  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Dokumenter
  • Rumah produksi: Live Nation Productions, Mermaid Films, dan Permanent Wave
  • Sutradara: Chris Moukarbel
  • Pemeran utama: Lady Gaga

Gaga: Five Foot Two adalah sebuah film dokumenter yang bercerita tentang proses pembuatan album kelima Lady Gaga yang bertajuk Joanne. Banyak momen-momen menarik yang menjadi isi dokumenter ini, semuanya disajikan secara terang-terangan mulai dari diskusi perseteruannya dengan Madonna serta perjuangannya dalam melawan rasa sakit akibat penyakit fibromyalgia.

Selain itu, disajikan juga pengalamannya saat bertemu dengan para penggemar, cuplikan penampilan spektakulernya di Super Bowl 2017 hingga membahas peran aktingnya dalam serial TV American Horror Story. Film ini disajikan lewat gaya cinema verite sehingga para penonton dapat mengenal sisi lain dari Lady Gaga yang jarang diketahui oleh publik.

Film ini sendiri memulai debut penayangannya dalam acara Toronto International Film Festival 2017, dan mulai didistribusikan oleh Netflix secara streaming pada tanggal pada 22 September 2017. Saat melakukan konser tur dunia untuk album kelimanya, Lady Gaga selalu menampilkan dokumenter ini sebelum acara konser dimulai.

3. Sin City: A Dame to Kill For

Sin City A Dame to Kill For

  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Action Crime
  • Rumah produksi: Dimension Film dan Miramax
  • Sutradara: Robert Rodriguez dan Frank Miller
  • Pemeran utama: Mickey Rourke, Jessica Alba, Rosario Dawson, Jaime King, Powers Boothe, Bruce Willis, dan Joseph Gordon-Levitt

Cerita dalam film ini diadaptasi dari sebuah novel grafis berjudul A Dame to Kill For karya Frank Miller. Filmnya sendiri terbagi ke dalam lima kisah yakni A Dame to Kill For, Just Another Saturday Night, The Long Bad Night, Nancy’s Last Dance, dan The Long Bad Night Part II.

Di sini, Lady Gaga tampil sebagai pemeran pendukung dengan berakting sebagai seorang pelayan restoran bernama Bertha. Ia muncul di episode The Long Bad Night Part II dan beradu akting dengan aktor Joseph Gordon-Levitt yang memerankan karakter bernama Johnny.

Diceritakan bahwa Johnny adalah seorang pemuda sombong yang tiba di Sin City untuk bermain judi. Ia kemudian terlibat dalam permainan poker bersama Senator Roark yang sangat kuat. Johnny berulang kali menang dalam pertandingan dan mengalahkan sang senator. Karena kemenangan tersebut, seorang polisi korup bernama Liebowitz memperingatkan kepadanya untuk segera melarikan diri dari Sin City.

Saat perjalanan pulang, Roark beserta anak buahnya menyerang Johnny dengan mematahkan jari-jari tangannya serta menembak kakiknya. Roark pun tak lupa untuk mengambil kembali uang yang telah didapatkan oleh Johnny dan menelantarkannya di jalanan.

Johnny ternyata masih selamat dan pergi ke sebuah restoran untuk meminta minuman. Ia lalu bertemu pelayan restoran bernama Bertha yang sangat kasihan kepadanya. Bertha kemudian memberikan uang satu dollar kepadanya. Dengan uang itu, Johnny pergi ke tempat judi untuk balas dendam kepada Senator Roark.

4. Machete Kills

Machete Kills

  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Action exploitation film
  • Rumah produksi: Quick Draw Productions dan Troublemaker Studios
  • Sutradara: Robert Rodriguez
  • Pemeran utama: Danny Trejo, Michelle Rodriguez, Sofía Vergara, Amber Heard, Lady Gaga, Antonio Banderas dan Mel Gibson

Machete Cortez dan Sartana Rivera berupaya menangkap gerombolan pedagang senjata yang memasok kartel obat bius ke Meksiko. Pemimpin kelompok tersebut lalu berhasil membunuh Sartana, sedangkan Machete ditangkap oleh seorang polisi korup bernama Doakes dan Clebourne. Namun, presiden Amerika Serikat, Rathcock turun tangan dan membawa Machete menuju ke Gedung Putih.

Setibanya di sana, presiden menawarkan kewarganegaraan Amerika Serikat kepada Machete jika dirinya berhasil membunuh seorang penjahat bernama Marcos Mendez. Presiden mengatakan bahwa Marcos akan menembakan rudal nuklir ke Washington DC jika tidak dilenyapkan. Maka dari itu, Machete pun setuju dan memulai misinya tersebut.

Namun, misinya itu tentu tidak berjalan mudah, banyak para gangster yang ingin sekali membunuhnya. Seorang pembunuh bayaran bernama El Camaleon (Lady Gaga) lalu muncul dihadapan Machete dengan tujuan untuk mengambil nyawanya. Meski ia berhasil melarikan diri, El Camaleon beserta para kriminal lainnya terus memburunya kemana pun dirinya pergi.

5. Lady Gaga Presents The Monster Ball Tour at Madison Square Garden

Lady Gaga Presents The Monster Ball Tour at Madison Square Garden

  • Tahun rilis: 2011
  • Genre: Dokumenter
  • Rumah produksi: Mermaid Films, HBO Entertainment, dan Media Blasters
  • Sutradara: Laurieann Gibson
  • Pemeran utama: Lady Gaga

Ini merupakan sebuah film dokumenter yang menampilkan konser Lady Gaga di Madison Square Garden New York. Selain berfokus di acara tersebut, dokumenter ini juga menyajikan konten-konten yang menarik seperti kegiatan Lady Gaga sebelum konser dan kisah yang terjadi di belakang panggung.

Ketika pertama kali rilis, film ini langsung ditonton oleh sekitar 1,2 juta orang di seluruh dunia. Film dokumenter berdurasi 2 jam ini lalu mendapatkan lima nominasi dalam ajang 63rd Primetime Emmy Awards dan memenangkan satu penghargaan untuk kategori Outstanding Picture Editing for a Special (Single or Multi-Camera).

Bagian awal dokumenter ini dibuka dengan sebuah pengantar lewat visual hitam putih, dan terlihat Lady Gaga sedang memesan secangkir kopi di sebuah kedai yang ada di New York. Di bagian tersebut, Gaga mengenang masa lalunya yang pernah menjadi penonton melihat para musisi konser Kini, ia telah menjadi seorang diva pop dunia dan akan tampil di atas panggung impian menghibur para penggemarnya.

Konten dalam dokumenter ini mendapat respon yang beragam, baik secara positif maupun negatif. Para kritikus memuji penampilan Lady Gaga yang luar biasa di atas panggung, namun mereka merasa bahwa apa yang ditampilkannya mirip dengan film dokumentasi milik Madonna berjudul Truth or Dare di tahun 1991.

Itulah beberapa film dari Lady Gaga yang bisa dimasukan ke dalam daftar tontonan kalian di rumah. Perempuan yang satu ini memiliki suara yang sangat bagus dan tentunya pandai dalam berakting. Langsung saja kalian simak film-filmnya, dan semoga dapat terhibur dengan daftar rekomendasi yang telah diberikan, ya. Selamat menonton!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *