10 Film Terbaik yang Diproduksi oleh Kyoto Animation

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Pertengahan tahun 2019 lalu, Studio Kyoto Animation ditimpa musibah kebakaran yang mengakibatkan 34 orang meninggal dan 35 orang mengalami luka-luka. Peristiwa ini disebut sebagai pembunuhan massal paling tragis di Jepang sejak dua puluh tahun terakhir.

Kabar terbakarnya studio KyoAni mengejutkan sekaligus mematahkan hati banyak penggemar dari berbagai negara karena turut menewaskan dua sutradara dan satu animator andal yang masih sangat muda dan berbakat.

Untuk mengenang karya-karya mereka, berikut kami pilihkan film Kyoto Animation terbaik yang pernah tayang. Simak ulasannya di bawah ini!

1. Violet Evergarden Movie

Violet-Evergarden-MovieSumber: anihevc.in

Violet Evergarden adalah auto memory doll service yang sudah menuliskan surat untuk banyak orang. Suatu hari dia menuliskan surat cinta putri raja, di lain hari dia mengubah lirik lagu opera baru atas permintaan seorang diva, dia juga pernah diminta menyelesaikan penulisan naskah panggung oleh seorang penulis drama terkenal.

Sayangnya setelah perang besar berakhir, pembangunan banyak dilakukan di mana-mana termasuk perbaikan dalam sistem komunikasi. Permintaan terhadap auto memory doll service pun menurun.

Di saat bersamaan, Violet diceritakan masih mengejar harapan terhadap pria yang mengatakan mencintainya. Apakah pria itu masih hidup setelah bertahun-tahun?

2. Free!  -The Final Stroke-  Zenpen

film kyoto animation_Free! The Final Stroke Zenpen_

Film dari studio Kyoto Animation yang selanjutnya adalah Free! -The Final Stroke- Zenpen. Film ini merupakan seri pertama dari dua seri film Free! The Final Stroke. Sempat mengalami penundaan, film ini akhirnya dirilis perdana pada tahun 2021.

Mengikuti seri animenya, film ini menceritakan tentang sekelompok anak laki-laki yang tergabung dalam sebuah klub renang. Adalah Haruka, dia akhirnya tiba di Sydney untuk mengikuti kompetisi yang diimpikannya, yakni kompetisi renang kelas dunia.

Saat ia melangkah di turnamen ini, Haru dihadapkan dengan teman-teman dan saingannya dari All Japan Invitational. Tak terkecuali juara dunia saat ini, Albert Vlandel. Untuk bisa menjadi juara dunia, Haru harus berkorban, hingga akhirnya dia bersitegang dengan teman baiknya sendiri.

3. A Silent Voice

A-Silent-VoiceSumber: aniblogskyy.blogspot.com
Tahun Rilis 2016
Genre
Sutradara
Pemeran Miyu Irino Saori Hayami

Film animasi yang diproduksi oleh Kyoto Animation ini bercerita tentang Ishida Shouya, seorang siswa sekolah menengah yang putus asa dan berniat bunuh diri sebab tidak bisa lepas dari image-nya sebagai tukang bully.

Semua bermula ketika seorang siswi baru bernama Shoko Nishimiya memberi tahu teman-teman sekelas bahwa dirinya tuli. Shoko yang mencoba berinteraksi, mendapat bully-an dari Shoya dan teman-teman.

Di sekolahnya yang baru, Shoya dikucilkan karena peristiwa itu. Di sana dia berteman dengan Tomohiro Nagatsuka yang sama-sama penyendiri.

Suatu hari, Shoya tanpa sengaja bertemu Shoko di pusat bahasa isyarat. Dia ingin menebus kesalahannya dengan menunjukkan pada Shoko bahwa dirinya belajar bahasa isyarat. Bisakah keduanya menjalin hubungan baik?

4. The Disappearance of Haruhi Suzumiya

The-Disappearance-of-Haruhi-Suzumiya

Film Kyoto Animation selanjutnya berjudul The Disappearance of Haruhi Suzumiya. Film ini bercerita tentang sekelompok Brigade SOS yang dipimpin oleh Haruhi Suzumiya. Mereka berencana mengadakan pesta untuk Natal tapi pada pagi hari tanggal 18 Desember.

Saat Kyon tiba di sekolah, dia mendapati Haruhi dan Itsuki Koizumi hilang. Keadaan tiba-tiba berubah dan hanya Kyon yang menyadarinya. Tidak ada siapa pun yang ingat dan tahu tentang Haruhi atau Brigade SOS.

Di tengah kebingungan, Kyon menemukan satu-satunya petunjuk, yaitu penanda yang ditinggalkan oleh Yuki (versi alien) sebelum semuanya berubah. Film animasi ini cocok bagi kamu yang suka dengan cerita mengenai time traveler.

5. Free! Road to The World – The Dream

Free-Road-to-The-World-–-The-DreamSumber: comicbook.com
  • Tanggal/Tahun Rilis: 5 Juli 2019
  • Genre: Animasi, Drama, Olahraga, Slice of Life, Sekolah
  • Studio: Kyoto Animation
  • Sutradara: Eisaku Kawanami
  • Pengisi Suara: Nobunaga Shimazaki, Tatsuhisa Suzuki, Tsubasa Yonaga, Mamoru Miyano

Free! Road to The World – The Dream merupakan sekuel atau lanjutan dari animasi berseri berjudul Free! Dive to the Future. Film Kyoto animasi ini sekaligus menjadi cerita penghubung untuk melanjutkan seri Free! Lainnya yang tayang pada 2021 nanti.

Free! Road to The World – The Dream bisa dikatakan juga merupakan kompilasi dari musim ketiga. Free! sendiri merupakan seri anime yang bercerita tentang dunia olahraga renang yang melibatkan Haruka Nanase, Nagisa Hazuki, Rin Matsuoka, Rei Ryugazaki dan Makoto Tachibana. Penasaran dengan jalan cerita Free! yang satu ini?

6. Free! The Final Stroke: Kouhen

film kyoto animation_Free! The Final Stroke Kouhen_
Tahun Rilis 2022
Genre
Sutradara
Pemeran Nobunaga Shimazaki
Review Baca di sini

Free! The Final Stroke: Kouhen, merupakan sekuel terakhir dari film Free!  -The Final Stroke-. Film ini melanjutkan perjuangan Haru setelah berusaha keras mengikuti turnamen renang dunia. 

Namun, kali ini Haru mengalami masalah dalam renang. Seolah dia kehilangan arah dan tujuannya untuk berenang. Dia merasa takut, apalagi bayang-bayang penyesalannya di masa lalu kerap muncul. Kini Haru tenggelam ke dalam kegelapan sendirian.

Dia tidak hanya bertarung melawan dirinya sendiri, tapi juga tengah berselisih dengan teman-temannya. Akankah kali ini Haru bisa melangkah maju dan menghadapi permasalahannya tersebut? Dan akankah Haru berhasil menjadi juara dunia?

7. K-On! Movie

K-On-MovieSumber: the123movies.eu
  • Tanggal/Tahun Rilis: 3 Desember 2011
  • Genre: Animasi, Sekolah, Remaja, Musik
  • Studio: Kyoto Animation
  • Sutradara: Naoko Yamada
  • Pengisi Suara: Aki Toyosaki, Yoko Hikasa, Satomi Sato, Minako Kotobuki

Memiliki sisa beberapa minggu lagi di sekolah, anggota sekaligus pendiri Light Music Club memutuskan untuk memanfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin. Mereka pun berencana pergi ke Hawaii, Dubai atau New York. Namun mereka akhirnya pergi ke London atas saran Ton Chan.

Para gadis, yaitu Yui Hirasawa, Tsumugi Kotobuki, Mio Akiyama, Azusa Nakano dan Ritsu Tainaka mengunjungi beberapa landmark terkenal di London. Mereka juga menyaksikan pertunjukan live music selama berada di sana.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram