Bacaterus / Film Korea / Suka Nonton? 10 Film Kriminal Korea Ini Jangan Dilewatkan!

Suka Nonton? 10 Film Kriminal Korea Ini Jangan Dilewatkan!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Satu hal yang bikin nonton film jadi menyenangkan adalah kita mendapatkan gambaran cerita dari sesuatu yang mungkin nggak akan pernah kita lihat di kehidupan sehari-hari. Contohnya film kriminal, kita akan diberikan cerita lengkap dari kedua sisinya. Sensasinya jelas berbeda dibanding membaca koran berita kriminal.

Nggak jauh beda dengan drama, film kriminal juga seringkali memberikan cerita yang mendalam. Kita diajak untuk menyelami pikiran dan perasaan para pelaku kriminal, para penegak hukum, dan orang lain yang terlibat. Itulah sisi menariknya, nggak jarang juga ada sisi positif yang bisa kita petik. Suka nonton? 10 film kriminal Korea ini jangan sampai dilewatkan!

1. The Chaser [2008]

The Chaser [2008]

Film kriminal Korea yang satu ini menampilkan Kim Yoon Seok yang berperan sebagai  Joong Ho. Dia adalah mantan detektif yang beralih profesi menjadi germo. Dia mengira gadis-gadisnya yang menghilang cuma sebatas melarikan diri dari dunia gelap itu. Namun, pada akhirnya Joong Ho menyadari kalau ada yang aneh dari kejadian itu.

Jiwa detektifnya kembali dan dia melakukan penyelidikan akan kasus itu. Kecurigaannya pengarah pada satu nomor telepon pelanggan yang digunakan untuk memesan gadis-gadisnya yang menghilang. Joong hendak memburu pemilik nomor telepon itu, Yeong Min. Perburuan dimulai dengan Joong Ho mengutus Mi Jin untuk memenuhi panggilan Yeong Min.

2. The Man From Nowhere [2010]

The Man From Nowhere [2010]

Kehadiran Won Bin dalam sebuah film selalu ditunggu-tunggu pada penggemarnya. Di film ini dia memerankan karakter Tae Sik, seorang pemilik rumah gadai yang pendiam dan tertutup. Dia cuma punya satu teman, yakni seorang anak kecil yang tinggal di dekat rumahnya. Suatu hari, anak itu diculik.

Demi menyelamatkan anak itu, Tae Sik mendatangi para penculik sendirian. Mereka ternyata mafia yang biasa menjual organ tubuh manusia. Tae Sik menghadapi mereka sendirian dan dia terlalu tangguh untuk seorang pemilik rumah gadai. Mereka jadi bertanya, siapakah Tae Sik sebenarnya? Ternyata ada cerita rumit di balik diamnya sosok Tae Sik.

3. Fabricated City [2017]

Fabricated City [2017]

Keunikan film kriminal yang satu ini terletak pada alur ceritanya yang sulit ditebak. Kasus yang diangkat bukan kasus yang umum terjadi. Apa yang terjadi kalau ketika bangun tidur kamu dinyatakan sebagai tersangka pembunuhan dengan bukti-bukti yang kuat? Hal itu menimpa Kwon Yoo, yang diperankan oleh Ji Chang Wook.

Kwon Yoo cuma seorang mantan atlet Tae Kwon Do yang kemudian menjadi gamer tanpa tujuan hidup. Tiba-tiba, dia menjadi tersangka pembunuhan dengan bukti-bukti yang kuat. Dibantu rekannya yang sesama gamer, Kwon Yoo harus membuktikan kalau dia nggak bersalah.

 4. The Negotiation [2018]

The Negotiation [2018]

Kalau biasanya film kriminal itu diwarnai oleh aksi-aksi berdarah, film ini menyajikan warna yang berbeda. Seperti judulnya, yang mendominasi film ini adalah proses negosiasi antara aparat dengan penjahat.Menampilkan Hyun Bin sebagai karakter jahat bernama Min Taegu. Kasus yang diangkat adalah ketika Min Taegu menyandera dua warga Korea di bangkok.

Ha Chae Yoon, yang diperankan Son Ye Jin, adalah seorang negosiator dari kepolisian Korea yang diutus untuk bernegosiasi dengan Min Taegu. Alur ceritanya halus tapi menegangkan dengan kejutan yang disiapkan di akhir cerita. Kalau ingin tahu bagaimana negosiasi itu berlangsung, ayo cari waktu luang buat nonton.

5. The Prison [2017]

The Prison [2017]

Senada dengan judulnya, film ini bercerita banyak tentang kehidupan di balik penjara. Cerita bergerak melalui tokoh sentral Jun Ik Kyo, yang diperan oleh Han Sun Kyu. Dia bukan tahanan biasa, dia adalah seorang pimpinan kelompok kriminal keji yang bahkan masih bisa mengendalikan aksi kriminalnya dari dalam tahanan.

Dia bertemu dengan Song Yoo Gun, seorang polisi yang masuk penjara. Dia termasuk orang yang bengal dan sering menyerang tahanan lain. Suatu hari, dia direkrut oleh Jun Ik Kyo untuk bergabung. Song Yoo Gun masuk sebagai mata-mata kepolisian untuk mengusut Jun In Kyo sampai ke akarnya. Mampukah dia melakukannya?

6. Extreme Job [2019]

Extreme Job [2019]

Film kriminal nggak semua sadis nan menegangkan kok, film kriminal yang satu ini salah satunya. Film ini mengandung komedi yang sangat kental bahkan sejak awal, tapi elemen aksinya juga nggak dikesampingkan. Ini tentang satu divisi di kepolisian yang sering diremehkan rekan sejawat mereka. Kali ini, kasus yang sedang mereka tangani adalah peredaran narkoba.

Demi mengusut kasus peredaran narkoba, tim yang dipimpin Kaptern Ko ini menyamar sebagai penjual ayam goreng. Ternyata, ayam goreng mereka malah laku keras. Konsentrasi mereka mulai terpecah antara bertugas sebagai polisi atau sebagai penjual ayam goreng. Apa yang mereka lakukan kemudian? Tonton keseruannya di waktu luang kamu, ya!

7. The Con Artist [2014]

The Con Artist [2014]

Kita sepakat kalau pencurian itu tindahakan yang jahat. Namun, kita juga sepakat kalau para pencuri itu kadang punya cara-cara yang jenius untuk menipu target mereka. Itulah yang akan kita dapatkan kalau menonton ini. Menampilkan Kim Woo Bin yang berperan sebagai Jin Hyuk, seorang penipu ulung.

Jin Hyuk bekerja sama dengan Koo In dan Jong Bae untuk membobol brankas berisi uang senilai $ 150 juta dalam waktu 40 menit. Melalui aksi ini, Jin Hyuk ingin membalas dendam pada orang kaya yang membunuh orang terdekat Jin Hyuk di masa lalu. Kita akan dibuat takjub melihat bagaimana Jin Hyuk mengeksekusi rencananya ini.

8. New World [2013]

New World [2013]

Goldmoon adalah perusahaan sekaligus sindikat mafia terbesar di Korea. Suatu hari, pemimpi mereka wafat dan secara otomatis kekuasaan akan berpindah kepada salah satu dari dua anaknya; Lee Jung Chung atau Lee Joong Gu. Perebutan kursi kepemimpinan ini dimanfaatkan oleh Kang, pemimpin polisi.

Jung Chung bersahabat akrab dengan Ja Sung, anggota Goldmoon yang bahkan sudah dianggapnya sebagai saudara. Di balik itu, Ja Sung sebenarnya polisi yang sudah lama ditugaskan untuk menyamar menjadi anggota Goldmoon. Kang yang mulai bergerak meminta Ja Sung untuk memanfaatkan kedekatannya dengan Jung Chung. Pertanyaannya, apakah Ja Sung akan patuh?

9. The Swindlers [2017]

The Swindlers [2017]

Kasus yang diangkat di film kriminal Korea yang satu ini adalah penipuan. Bukan penipuan sembarangan, tapi penipuan besar yang melibatkan orang-orang besar. Menariknya, napas utama cerita di film ini adalah tentang bagaimana para korban penipuan itu membalas dendam. Hyun Bin tampil sebagai karakter utama, Ji Sung.

Ji Sung adalah penipu cerdas yang mampu menipu seorang penipu. Targetnya adalah Jang Doo Chil, pelaku penipuan skala besar yang diberitakan sudah meninggal. Ji Sung merekrut tim yang terdiri dari korban-korban Jang Doo Chil untuk membalas dendam. Percayalah, kamu akan dibuat terkejut di akhir cerita. Ini film kriminal yang seru dan sayang untuk dilewatkan.

10. Master [2016]

Master [2016]

Kamu mungkin pernah mendengar cerita tentang skandal penipuan besar yang merugikan banyak orang secara materi. Film ini mengangkat cerita tentang skandal investasi One Network yang menjanjikan keuntungan besar untuk siapa saja yang bergabung. Namun ternyata, semuanya cuma tipu daya orang-orang jahat belaka.

Gang Dong Won tampil sebagai Kim Jae Myung, seorang polisi yang berambisi mengungkap kasus itu dan mengembalikan kerugian para korban. Dia sempat diberhentikan karena Presiden Jin, tersangka utama, dekat dengan orang-orang kuat. Jae Myung nggak berhenti, dia bekerja bersama timnya secara diam-diam.

 Film-film di atas menyajikan cerita yang berbeda-beda meski masih mengangkat satu teman besar yang sama. Kamu tinggal memilih yang sesuai dengan selera pribadi kamu. Setiap orang pasti punya selera yang berbeda-beda. Kalau ada film kriminal Korea yang belum diulas di atas, kamu bisa ikut menambahkan, loh! Ada kolom komentar yang disediakan untuk berbagi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *