bacaterus web banner retina

15 Film Korea Paling Sedih dan Paling Menyayat Hati

Ditulis oleh Lady S - Diperbaharui 23 Juli 2021

Korea tak hanya terkenal dengan K-Pop dan makanan khasnya. Banyak film-film yang diproduksi negeri ginseng ini yang berhasil merebut hati para penikmat film.

Korea juga terkenal hebat dalam membuat film bergenre drama yang dapat menguras emosi penonton. Nah berikut ini merupakan kumpulan film Korea tersedih yang  paling mengharukan.

1. Miracle in Cell No 7

Miracle in Cell No. 7

  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: Fineworks/CL Entertainment
  • Sutradara: Hwan-kyung Lee
  • Pemeran: Seung-ryong Ryu, So Won Kal, Dal-su Oh

Film Miracle in Cell No 7 dibintangi oleh artis-artis Korea ternama seperti Park Shin Hye (pemain drama The Heirs dan Heartstring) dan Ryu Seung Ryong (pemain drama Personal Taste). Bercerita mengenai kisah pilu yang harus dialami oleh Ye Sung, anak perempuan berusia 6 tahun.

Ia memiliki seorang ayah bernama Lee Yong Gu yang mengalami keterbelakangan mental. Walaupun sang ayah tak sempurna seperti kebanyakan ayah lainnya, Ye Sung tak pernah bersedih. Ia selalu menjadi anak yang ceria. Hingga suatu ketika, sang ayah dituduh melakukan pembunuhan dan pemerkosaan terhadap anak di bawah umur.

Sang Ayah difitnah oleh kepala polisi yang tak terima anaknya meninggal dunia. Yong Gu kemudian harus menerima hukuman penjara yang tak seharusnya. Namun di dalam penjara, ia beruntung karena dipertemukan dengan orang-orang yang akhirnya menyayanginya dan bahkan membantunya untuk lepas dari jerat hukuman. Namun, bagaimana akhirnya? Apakah Yong Gu bisa terlepas dari jeratan hukum?

2. Always

Always

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Action, Drama, Romance
  • Produksi: HB Entertainment, 51K
  • Sutradara: Il-gon Song
  • Pemeran: Ji-seob So, Hyo-joo Han, Shin-il Kang

Berbicara mengenai film Korea tersedih, Anda pasti tidak akan melewatkan film Always. Pertemuan tidak sengaja yang terjadi antara Cheol-min, seorang mantan petinju yang bekerja sebagai petugas parkir, dengan Jung-hwa, seorang wanita cantik yang buta, membuat keduanya jadi dekat. Walaupun hubungan keduanya sempat renggang, tapi mereka jadi dekat kembali.

Satu hari Cheol-min mengetahui bahwa penyebab kebutaan Jung-hwa berhubungan dengan Cheol-min. Merasa bersalah, Cheol-min berusaha untuk mencari biaya operasi mata agar Jung-hwa dapat melihat kembali. Meskipun dengan demikian Cheol-min harus menjadi petinju ilegal di Thailand dan mengganti identitas dirinya.

Ketika kembali ke Korea, Cheol-min ditabrak dan ditusuk oleh musuhnya sehingga ia menjadi cacat. Sementara Jung-hwa yang sudah bisa melihat berusaha menemukan Cheol-min yang telah berganti identitas diri.

3. The Way Home

The Way Home

  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Drama
  • Produksi: Tube Pictures
  • Sutradara: Jeong-hyang Lee
  • Pemeran: Seung-ho Yoo, Eul-boon Kim, Hyo-hee Dong

Lupakan sejenak mengenai film percintaan yang sedih seputar kekasih. “The Way Home” adalah film yang mengangkat tentang kisah kasih sayang antara nenek dan cucu kecilnya. Dikisahkan bahwa Sang-woo, seorang anak laki-laki yang terbiasa tinggal di kota, harus pindah ke desa kecil untuk tinggal sementara bersama neneknya yang bisu. Sang nenek bisu, tapi masih memiliki kemampuan mendengar yang baik.

Selama tinggal bersama neneknya, Sang-woo tak henti-hentinya berulah dan menyusahkan sang nenek. Sifatnya yang manja dan kebiasaan hidup di kota yang maju membuat kenakalannya semakin menjadi-jadi. Bahkan, ia tak segan-segan menjahili sang nenek, seperti menjatuhkan guci (tempat poop) neneknya atu menyembunyikan tusuk konde yang biasa dipakai sang nenek.

Meskipun nakal dan menyusahkan, sang nenek tetap sabar dan berusaha membahagiakan Sang-woo. Ketika Sang-woo ingin makan ayam goreng seperti KFC, sang nenek yang tidak tahu apa itu KFC akhirnya membuatkannya ayam rebus. Sang-woo merasa marah dan kecewa sehingga tak mau memakan ayam buatan sang nenek.

Tiba saat di mana Ibu Sang-woo menjemputnya untuk kembali ke kota. Ia dengan berat hati meninggalkan sang nenek. Tinggal bersama sang nenek membuat Sang-woo yang nakal dan manja berubah menjadi lebih menghargai orang tua.

Sang-woo memberikan dua kartu pos kepada neneknya dengan tulisan “Aku merindukanmu” dan “Aku sakit”. Mengingat sang nenek tak bisa menulis, ia meminta neneknya untuk mengirim salah satu kartu pos tersebut untuk mengabari keadaannya. Sang-woo berjanji akan segera mengunjungi sang nenek ketika menerima salah satu kartu pos tersebut.

4. Hope

Hope

  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Drama
  • Produksi: Lotte Entertainment
  • Sutradara: Joon-ik Lee
  • Pemeran: Re Lee, Kyung-gu Sol, Ji-won Uhm

Satu lagi film Korea tersedih yang akan membuat Anda meneteskan air mata, yakni Hope. Film ini mengangkat fenomena pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. Dikisahkan bahwa So-won adalah seorang anak perempuan yang ayahnya, Dong-hoon, dan ibunya, Mi-hee, sangat sibuk dengan pekerjaan masing-masing.

Suatu pagi So-won terpaksa berangkat ke sekolah sendiri karena orang tuanya sibuk. Di tengah hujan ketika So-won sudah hampir sampai di sekolah ada seorang lelaki tua datang menghampirinya dan mengajak So-won pergi. Singkatnya, Dong-hoon menerima telpon yang mengabarkan bahwa anaknya berada di rumah sakit.

Ketika sampai di rumah sakit, Dong-hoon dan Mi-hee terpukul dengan kondisi So-won yang menjadi korban pelecehan seksual. Lukanya sangat parah sehingga usus besar dan usus halusnya harus dipotong sehingga gadis kecil itu harus menggunakan anus buatan seumur hidup.

Dong-hoon dan Mi-hee terus berjuang untuk menuntut keadilan agar pelaku pelecehan dihukum seberat-beratnya. Mereka berdua juga harus berusaha memulihkan trauma psikis yang dialami putrinya.

5. Wedding Dress

Wedding Dress

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Drama
  • Produksi: Road Pictures
  • Sutradara: Hyeong-jin Kwon
  • Pemeran: Yun-ah Song, Hyang-gi Kim, Myoung-guk Kim

Film yang dirilis pada tahun 2010 ini bercerita mengenai seorang wanita single parent bernama Seo Go Eun. Ia memiliki seorang anak perempuan bernama Jang So Ra. Go Eun bekerja sebagai desainer gaun pengantin yang cukup diperhitungkan oleh kliennya.

Walaupun sang anak terkesan judes pada ibunya, namun kehidupan mereka berdua cukup bahagia sampai akhirnya dokter memvonis Go Eun menderita penyakit mematikan. Sang ibu berusaha menutup-nutupi penyakitnya dari sang anak.

Namun So Ra, anaknya, yang sudah cukup besar mengetahui ada hal buruk yang tengah dialami ibunya, berusaha membuat ibunya kembali ceria. Film ini akan mengingatkan kita pada perjuangan ibu kandung terhadap anaknya dan mengajarkan kita untuk lebih menghargai orang yang kita sayang ketika dia masih hadir dalam hidup kita.

6. The Classic

The Classic

  • Tahun Rilis: 2003
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Egg Films
  • Sutradara: Jae-young Kwak
  • Pemeran: Ye-jin Son, In-Sung Jo, Seung-woo Cho

Tahun 2020 adalah tahun di mana nama Son Ye-jin kembali bersinar berkat drama yang dibintanginya “Crash Landing On You” sukses dan menjadi drama paling terkenal di awal tahun tersebut. Jika flashback ke tahun 2003, Son Ye-jin ternyata pernah membintangi film Korea yang sedih bersama aktor tampan Jo In-sung.

“The Classic” mengambil cerita dengan alur mundur. Seorang gadis bernama Ji-hae menemukan surat-surat lama dan diary sang ibu, Ju-hie. Ji-hae menemukan kisah cinta ibunya dengan seorang pria bernama Joon-ha. Sayangnya, kisah cinta tersebut kandas lantaran Ju-hie sudah dijodohkan dengan Tae-su. Tae-su sendiri pernah hampir bunuh diri agar kedua temannya – Ju-hie dan Joon-ha – bisa bersatu.

Merasa bersalah karena percobaan bunuh diri temannya, Joon-ha akhirnya bergabung bersama tentara untuk pergi ke Vietnam. Di sana, Joon-ha kehilangan penglihatannya saat berusaha mengambil kalung pemberian Ju-hie. Joon-ha yang buta berusaha menemui Ju-hie dengan menyembunyikan kebuataannya. Ia berbohong pada wanita tersebut bahwa dirinya telah menikah.

Patah hati karena pengakuan Joon-ha, akhirnya Ju-hie memutuskan untuk move on dan menikahi Tae-su. Joon-ha pun menikah dan memiliki seorang putra. Tanpa disangka-sangka, di masa kini putri Ju-hie – Ji-hae – jatuh cinta dengan pria bernama Sang-min yang merupakan putra dari Joon-ha.

7. Hello Ghost

Hello Ghost

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: Water in Tree Pictures, Next Entertainment World
  • Sutradara: Young-tak Kim
  • Pemeran: Tae-Hyun Cha, Ye-won Kang, Moon-su Lee

Anda pasti tak akan menyangka bahwa film Korea tersedih ini dapat membuat Anda tertawa terpingkal-pingkal hingga menangis sesenggukan. Film ini cukup istimewa dengan plot cerita yang tak terduga. Bercerita mengenai seorang pemuda bernama Sang Man yang sangat menjalani hidup dengan sangat memprihatinkan.

Ia hidup sendiri tanpa keluarga dan rekan. Pekerjaannya pun tak jelas. Ia merasa hidupnya tak berguna. Sampai akhirnya ia mencoba melakukan upaya bunuh diri berkali-kali.

Namun ada satu percobaan bunuh dirinya yang justru membuatnya diganggu oleh sekumpulan hantu yang terus mengikutinya. Hantu-hantu tersebut tak hanya mengikutinya, mereka bahkan membuat Sang Man semakin dilanda kesusahan karena ulah mereka.

Anda akan sangat terhibur melihat tingkah para hantu tersebut. Namun dibalik tingkah para hantu yang menyebalkan, ada hal yang tak disadari oleh Sang Man. Hantu-hantu tersebut tak semata-mata hadir begitu saja dalam hidupnya. Kira-kira apa tujuan para hantu mengikutinya?

8. A Werewolf Boy

A Werewolf Boy

  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Fantasy, Romance
  • Produksi: Bidangil Pictures
  • Sutradara: Sung-hee Jo
  • Pemeran: Joong-Ki Song, Bo-Young Park, Yeong-ran Lee

“A Werewolf Boy” adalah salah satu film terbaik yang dibintangi Song Joong-ki. Film ini mengisahkan tentang gadis bernama Soon-yi yang memiliki masalah kesehatan sehingga ia harus tinggal di rumah tua yang berada di desa. Soon-yi dan keluarganya menemukan seorang anak laki-laki aneh yang tak bisa bicara di gudang rumah tua tersebut.

Keluarga Soon-yi akhirnya merawat dan membersarkan anak laki-laki tersebut. Mereka juga memberinya nama Chul-soo. Soon-yi mengajarkan pengetahuan dasar untuk membuat Chul-soo berperilaku layaknya manusia.

Seiring berjalannya waktu, Soon-yi dan Chul-soo berteman dan saling memahami satu sama lain. Lambat laun tumbuh ketertarikan di antara keduanya. Namun, semua berubah menjadi buruk ketika identitas Chul-soo yang sebenarnya terungkap.

9. A Moment to Remember

A Moment to Remember

  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: CJ Entertainment, Sidus
  • Sutradara: John H. Lee
  • Pemeran: Woo-sung Jung, Ye-jin Son, Jong-hak Baek

Film ini berkisah tentang kehidupan seorang wanita biasa bernama Kim Su Jin. Ia menjalani hidupnya sebagai fashion designer dengan bahagia bersama kekasihnya. Namun kisah cintanya harus kandas di tengah jalan karena kekasihnya ternyata telah memiliki istri.

Ia kemudian bertemu dengan seorang lelaki bernama Choi Chul Soo, seorang pekerja konstruksi bangunan di tempat Ayahnya bekerja. Meskipun Chul Soo terkesan cuek dan urakan, Su jin akhirnya menikah dengannya. Mereka menjalani kehidupan pernikahan yang sangat bahagia.

Chul Soo juga berencana untuk membangun sendiri rumah impian mereka. Sampai akhirnya kabar buruk itu muncul. Su Jin menderita Alzheimer, penyakit yang pada umumnya menyerang orang lanjut usia. Namun keadaan ini harus diterima Su Jin.

Su Jin awalnya tak menyadari karena ia tak merasakan sakit apapun. Namun kebiasaannya mulai berubah. Ia mulai lupa jalan ke rumahnya sendiri, tak bisa mengenali orang baru di sekitarnya, termasuk melupakan Chul Soo. Ia malah terus-terus menyebut mantan-nya dan itu membuat Chul Soo sangat sedih.

10. Salut d’Amour

Salut d’Amour

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Big Picture
  • Sutradara: Je-kyu Kang
  • Pemeran: Geun-hyeong Park, Yuh-Jung Youn, Jin-woong Cho, Chanyeol EXO

Kisah cinta pasangan muda bukan sudah biasa. Namun, bagaimana jika kisah cinta pasangan yang keduanya sudah sama-sama menginjak usia senja? “Salut d’Armour” mengisahkan tentang seorang pria lanjut usia bernama Sung-chil yang punya sifat temperamental. Sung-chil hidup sendiri dan bekerja sebagai karyawan di sebuah supermarket.

Tetangga Sung-chil adalah seorang wanita lanjut usia bernama Geum-nim. Wanita ini selalu ceria dan memiliki sebuah toko bunga. Geum-nim juga tak ragu untuk mendekati Sung-chil. Meskipun awalnya Sung-chil bersikap acuh, lama kelamaan ia tertarik pada Geum-nim. Bahkan, ia merasa cemburu ketika Geum-nim dekat dengan pria lain.

Semua orang di sekitar mereka tampak mendukung hubungan Sung-chil dan Geum-nim, kecuali putri Geum-nim, Min-jung. Suatu ketika, Geum-nim harus dirawat di rumah sakit dan ia meminta Sung-chil datang. Di situ lah Sung-chil akhirnya mengetahui siapa Geum-nim sebenarnya.

Film ini memiliki ending yang tidak kamu sangka sebelumnya. Yang pasti, film yang menyajikan romansa pasangan lanjut usia ini begitu menyentuh hati dan sangat mengharukan.

11. Along with the Gods: The Two Worlds

Along with the Gods The Two Worlds

  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Action, Drama, Fantasy
  • Produksi: Realies Pictures, Dexter Studios
  • Sutradara: Yong-hwa Kim
  • Pemeran: Jung-woo Ha, Tae-Hyun Cha, Ji-Hoon Ju

Di saat industri film dan drama seri Korea membuat tontonan yang mengangkat romansa pasangan muda-mudi, Along with the Gods hadir dengan mengangkat kisah kehidupan setelah meninggal dunia. Film ini banyak mengajarkan kita untuk menghargai kehidupan dan berbuat kebaikan selama kita diberi kesempatan hidup.

Tokoh utama dalam film ini adalah Kim Ja-hong, seorang petugas pemadam kebakaran yang tewas saat menyelamatkan seorang anak di gedung yang terbakar. Ia dijemput oleh pengawal dari alam baka, Hewonmaek dan Dukchoon.

Mengingat Ja-hong adalah seorang yang baik di kehidupannya, ia menjadi suri teladan. Namun, Ja-hong tetap harus melewati 7 pengadilan di neraka, pengadilan pembunuhan, kemalasan, ketidakjujuran, ketidakadilan, pengkhianatan, kekerasan, dan ketidaksalehan.

Ja-hong harus lolos dari 7 pengadilan tersebut jika ia ingin reinkarnasi. Usaha Ja-hong untuk melewati 7 pengadilan itu dibantu oleh pengawal yang menjemputnya saat meninggal. Akan tetapi, usaha Ja-hong tak mudah karena adiknya, Kim Soo-hong, tewas saat menjalani wajib militer dan menjelma menjadi roh jahat yang mengacaukan pengadilannya.

12. Han Gong Ju

Han Gong Ju

  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Drama
  • Produksi: Vill Lee Film
  • Sutradara: Su-jin Lee
  • Pemeran: Woo-hee Chun, In-sun Jung, So-young Kim

Pelecehan yang sering dialami oleh kaum hawa merupakan masalah yang ada sejak jaman dulu hingga sekarang. Kasus inilah yang diangkat menjadi sebuah film Korea tersedih yang berjudul Han Gong Ju.

Plot film ini mengisahkan perjalanan hidup gadis SMA bernama Han Gong-ju. Gadis ini menjadi korban perkosaan oleh beberapa siswa SMA. Sahabat Gong-ju pun menjadi korban perkosaan dan memilih bunuh diri karena tak kuat menahan beban psikis.

Gong-ju berusaha tegar dan bersikap wajar, ia berjuang untuk mendapatkan keadilan. Namun, masalah datang ketika orang tua para pelaku pemerkosaan mengintimidasi Gong-ju untuk mencabut laporan. Bahkan, orang tua Gong-ju bukannya malah mendukung Gong-ju, tapi justru menerima uang dari orang tua para pelaku.

13. My Annoying Brother / Hyung

My Annoying Brother Hyung

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: Good Choice Cut Pictures
  • Sutradara: Soo-kyung Kwon
  • Pemeran: Chranny, Kyung-soo Do, Ek Harris

Kalau Anda suka dengan film berkisahkan keluarga, maka film ini bisa menjadi salah satu pilihan cerdas. Selain alur ceritanya yang menarik, Anda juga akan dibuat menangis haru akibat kisah antara dua bersaudara ini. Diceritakan, Doo-sik dan Doo-Young adalah kaka beradik. Sang kaka, Doo-Sik merupakan seorang narapidana karena kasus penipuan.

Sedangkan sang adik, Doo-Young, seorang atlet judo buta karena sebuah kecelakaan. Dengan kesempatan ini, Doo-Sik akhirnya mengajukan pembebasan bersyarat yang katanya ia ingin merawat sang adik. Tentu saja itu hanya alasan karena Doo-Sik awalnya sangat tidak peduli dengan sang adik dan Doo-Young pun memang kehilangan respect pada sang kaka semenjak Doo-Sik dipenjara.

Masalah demi masalah membuat mereka sering bertengkar, bahkan sampai sang adik putus asa dengan kondisinya. Lantas, bagaimana selanjutnya? Apakah Doo-Young masih bisa menjadi atlet Judo? Apakah sang kakak akan terus cuek pada sang adik?

14. Ode to My Father

Ode to My Father

  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Drama, War
  • Produksi: JK FILMS, The 6th Element
  • Sutradara: JK Youn
  • Pemeran: Jung-min Hwang, Yunjin Kim, Dal-su Oh

Ode to My Father akan membawa kita flashback ke jaman perang di Korea. Fokus cerita tertuju pada karakter Deok-soo, seorang anak laki-laki, yang harus berpisah dengan ayahnya untuk mengungsi ke rumah bibinya yang membuka usaha toko makanan impor. Sebelum berpisah, ayahnya meminta Deok-soo untuk menunggunya di toko itu karena sang ayah berjanji akan kembali.

Mulai dari sini, Deok-soo merantau ke negara-negara lain untuk menggantikan peran ayahnya menghidupi ibu dan adik-adiknya. Jerih payahnya membuahkan hasil, ia berhasil menghidupi ibu dan adik-adiknya, bahkan menikahi cinta pertamanya yang ia temui saat merantau di Jerman.

Namun, ia teringat dengan pesan terakhir ayahnya untuk menunggunya di toko bibinya. Ia tetap mempertahankan toko tersebut meskipun ia tahu ayahnya tidak akan pernah kembali.

15. Harmony

Harmony

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Drama
  • Produksi: CJ Entertainment, JK Film
  • Sutradara: Dae-gyu Kang
  • Pemeran: Yunjin Kim, Moon-hee Na, Ye-won Kang

Film Korea tersedih selanjutnya adalah Harmony. Film ini sungguh tak biasa karena mengambil latar belakang sebuah penjara wanita di Korea. Kehidupan di penjara yang begitu keras harus dialami wanita-wanita ini. Dengan latar belakang kriminal yang berbeda, mereka dikumpulkan dalam satu sel.

Kim Moon Ok, Ji Hwa Ja, Kang Yeon Sil, Kang Yu Mi, dan Jo Jye, lima wanita yang memiliki latar belakang serta permasalahan berbeda. Hingga suatu hari, Jo Hye melahirkan seorang anak dan ia pun harus berpisah dengan anaknya karena Jo Hye dilarang merawat anaknya di dalam penjara.

Selain itu para penghuni penjara ini juga harus mengalami perlakuan yang tak semestinya dari masyarakat umum meskipun mereka memiliki bakat bernyanyi yang luar biasa. Film ini akan membuka pikiran Anda mengenai kehidupan lain di dalam penjara. Wajib tonton!

Beberapa judul film di atas berhasil membuat penulis nangis bombay meskipun sudah berkali-kali di tonton. Bagi Anda pecinta film Korea, semua film tersebut wajib untuk ditonton. Jika Anda memiliki rekomendasi film Korea tersedih lainnya, silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar. Sebelum menonton film-nya, jangan lupa siapkan tissu ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram