bacaterus web banner retina

20 Film Korea Terbaru yang Lagi Hits di Tahun 2022

Korea tidak hanya unggul di sektor drama. Film layar lebar Korea mulai mencuri perhatian dunia, salah satunya “Parasite”. Film ber-genre komedi satir yang disutradarai Bong Joon-ho ini menjadi film Korea pertama yang menyabet 4 penghargaan Oscar, yakni Best Picture, Best Director, Best Original Screenplay, dan Best International Feature Film.

Tak hanya “Parasite”, ada sejumlah judul film non-drama Korea lainnya yang mendapat apresiasi dan tanggapan positif dari penonton dunia. Sebut saja “Train to Busan”, “Miracle in Cell No. 7”, dan dua film “Along with the Gods”. Film-film ini menjadi pembuktian bahwa kualitas film layar lebar Korea semakin baik dan tak kalah populer dari drama serinya.

Nah, pada artikel ini Bacaterus akan mengulas judul-judul film Korea terbaru yang lagi hits. Film-film ini terbilang fresh karena baru dirilis. Yuk, cari tahu informasi lengkapnya di sini!

1. The Policeman Lineage (2022)

The Policeman Lineage

Policeman Lineage (2021) disutradarai oleh Lee Kyo Man dan merupakan hasil adaptasi dari sebuah novel berjudul Blood of The Policeman karya Joh Sasaki. Dibintangi nama-nama besar seperti Cho Jin Woong (The Handmaiden), Choi Woo Shik (Parasite) dan Park Hee Soon (1987: When The Day Comes), film ini mengisahkan dua orang anggota kepolisian yang memiliki cara berbeda untuk menangani sebuah kasus.

Park Gang Yoon yang lebih senior dan menjabat sebagai kepala tim investigasi terkenal sebagai penyidik yang andal. Sebagian besar kasus yang ditanganinya berhasil dipecahkan. Tentu saja karena Park Gang Yoon hanya berorientasi pada hasil dan tidak peduli sekalipun menggunakan cara ilegal untuk mengungkap kejahatan.

Sementara itu Choi Min Jae, anggota polisi yang lebih junior memiliki prinsip dalam melakukan tugas-tugasnya. Choi bergabung dengan tim Park Gang Yoon karena ditugaskan memantau pergerakan seniornya yang diduga melakukan korupsi. Choi juga butuh mendapatkan dokumen rahasia yang memuat informasi mendiang ayahnya.

2. Special Delivery (2022)

Special Delivery

Selain Choi Woo Shik, pemain Parasite (2020) lainnya yang tawarkan film baru di tahun 2022 adalah Park So Dam. Dalam film berjudul Special Delivery (2022), So Dam beradu akting dengan Song Sae Byeok dan aktor senior Kim Eui Sung. Saat ini filmnya menduduki peringkat ke empat di bioskop-bioskop Korea.

Special Delivery (2022) bercerita tentang seorang pengantar barang bernama Eun Ha, yang tak pernah gagal mengantarkan apa pun. Hingga suatu hari Eun Ha mendapat tugas mengantarkan seorang anak lelaki bernama Seo Won. Seo Won bukan anak kecil biasa karena dia memegang hal penting yang diincar banyak orang. Bisakah Eun Ha menjaga ‘paket’ yang dipercayakan padanya?

3. Kingmaker (2022)

Kingmaker
  • Tahun Rilis: Januari 2022
  • Genre: Political Drama Film
  • Produksi: Seed Film
  • Sutradara: Byun Sung Hyun
  • Pemeran: Sol Kyung Gu, Lee Sun Kyun, Yoo Jae Myung, Jo Woo Jin

Tayang di akhir Januari 2022, Kingmaker (2022) menduduki posisi tiga untuk sementara di bioskop-bioskop Korea Selatan. Memasang Sol Kyung Gu dan Lee Sun Kyun, film ini mengisahkan perjalanan seorang politikus yang punya mimpi mengubah dunia dengan bantuan ahli strategi kampanye yang hebat di belakangnya.

Sebagai seorang dengan mimpi besar, Kim Woon Bum tentu tidak bisa sendiri. Beruntung ada Chang Dae, ahli strategis kampanye, yang membantunya. Chang Dae menggunakan metode kampanye propaganda yang agresif sehingga Kim Woon Bum menjelma jadi kandidat terkuat dari partai oposisi. Namun, hubungan baik keduanya berubah menjadi penuh konflik. Saat itulah Chang Dae mendapat tawaran lain dari partai yang tengah berkuasa.

4. The Pirates: The Last Royal Treasure (2022)

The Pirates: The Last Royal Treasure
  • Tahun Rilis: Januari 2022
  • Genre: Period Adventure Film, Comedy
  • Produksi: ANEW, Oscar 10 Studio
  • Sutradara: Kim Jeong Hoon
  • Pemeran: Kang Ha Neul, Han Hyo Hoo, Lee Kwang Soo, Kwon Sang Woo

The Pirates: The Last Royal Treasure (2022) merupakan spiritual sequel dari The Pirates (2014). Tayang di biskop Korea pada 26 Januari lalu, film ini sudah mencetak angka yang cukup tinggi. Untuk sementara ia bahkan menduduki puncak box office. Ceritanya sendiri berputar pada petualangan bajak laut dan mantan bandit dalam mencari harta karun peninggalan keluarga Kerajaan Goryeo.

Woo Moo Chi dan tangan kanannya, Kang Seob, adalah mantan pemimpin sekelompok bandit. Kini, dia tinggal di kapal baju laut pimpinan Hae Rang. Dibantu beberapa anak buah Hae Rang, mereka melawang Bu Heung Soo untuk mendapatkan harta karun yang berharga.

5. Love and Leashes (2022)

Love and Leashes
  • Tahun Rilis: Februari 2022
  • Genre: Romantic Comedy
  • Produksi: Seed Film
  • Sutradara: Park Hyun Jin
  • Pemeran: Seohyun, Lee Jun Young, Seo Hyun Woo, Kim Han Na

Diadaptasi dari webtoon berjudul Moral Sense karya Gyeowool, film Korea terbaru tahun 2022 selanjutnya berjudul Love and Leashes (2022). Film ini dibintangi oleh Seohyun dan Lee Jun Young. Ia bercerita tentang seorang wanita pekerja bernama Jung Ji Woo yang tertarik pada rekannya, Jung Ji Hoo. Ji Woo belum mengatakan perasaannya sampai suatu hari dia menerima sebuah paket.

Paket tersebut sebenarnya milik Ji Hoo tetapi tertukar karena nama keduanya cukup mirip. Ji Woo menemukan sebuah tali yang biasa dipakaikan pada anjing dalam paketnya. Ji Hoo yang mengetahui paketnya tertukar segera mendatangi Ji Woo dan menjelaskan kalau tali itu untuk kebutuhan S&M fetish-nya. Segera setelah peristiwa itu keduanya terlibat hubungan yang cukup panas.  

6. The Roundup (2022)

The Roundup
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Crime, Action
  • Produksi: B.A Entertainment, Hong Film
  • Sutradara: Lee Sang Yong
  • Pemeran: Ma Dong Seok, Son Sukku, Choi Gwi Hwa, Park Ji Hwan

The Roundup atau The Outlaws 2 (2022) merupakan sequel dari film hits The Outlaws (2017). Ia jadi salah satu film yang ditunggu-tunggu di paruh pertama 2022, terutama jika kamu suka dengan genre crime action.  Film yang memasang Ma Dong Seok dan Son Sukku sebagai tokoh utamanya ini bercerita tentang seorang perjuangan seorang ‘monster’ detektif dalam menangkap seorang pelaku kejahatan.


Setelah empat tahun lalu berhasil memusnahkan Garibong-dong, Ma Seok Do, detektif andal harus pergi ke satu negara untuk mengekstradisi seorang tersangka. Namun, sesampainya di sana, dia malah menemukan kasus pembunuhan lain. Dia juga mendengar pembunuhan kejam terhadap turis yang sudah terjadi selama beberapa tahun. Bersama timnya yang kuat Ma Seok Do harus bersiap menghadapi kasus yang berat.

7. Confidential Assignment 2 (2022)

Confidential Assignment 2
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Action
  • Produksi: JK Film
  • Sutradara: Lee Suk Hoon
  • Pemeran: Hyun Bin, Yoo Hae Jin, Im Yoon Ah, Daniel Henney

Masih merupakan film sequel dari salah satu film hits di tahun 2017, Confidential Assignment 2: The International (2022) sama-sama ditunggu-tunggu penggemarnya. Namun, karena proses produksinya sendiri baru akan dimulai pada Februari 2022, kamu masih harus menunggunya.

Sama seperti film sebelumnya, Confidental Assignment 2: The International (2022) kembali memasang Hyun Bin dan Yoo Hae Jin. Pada film pertama ia bercerita tentang detektif Korea Utara bernama Rim Chul Ryung dan detektif Korea Selatan bernama Kang Jin Tae yang bekerjasama menangkap penjahat. Di seri lanjutannya ini Rim Chul Ryung dikabarkan kembali ke Selatan untuk mengejar salah satu organisasi kriminal yang rahasia dan brutal.

8. The Point Men / Bargaining (2022)

The Point Men / Bargaining
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Action, Crime, Drama
  • Produksi: Watermelon Pictures Co.
  • Sutradara: Yim Soon Rye
  • Pemeran: Hwang Jung Min, Hyun Bin, Kang Ki Young, Kwon Hyuk

The Point Men (2022) sudah memulai proses syutingnya sejak Maret 2020 dan menyelesaikannya pada September 2020, sementara untuk perilisan ia dijadwalkan tayang di bioskop pada paruh kedua 2022. Jelas ini menjadi salah satu film yang wajib dinantikan mengingat para pemain dan cerita yang ditawarkan. The Point Men (2022) dibuat berdasarkan kisah nyata yang terjadi pada 2007 lalu.

Hwang Jung Min sebagai diplomat Korea Selatan dikirim ke Afghanistan guna membebaskan sekelompok turis Korea Selatan yang disandera kelompok ekstermis Taliban. Sayangnya, diplomat yang terkenal mahir tersebut gagal dan harus bekerjasama dengan Hyun Bin yang berperan sebagai agen khusus yang ahli dari Timur Tengah.

9. Bogota: City of the Lost (2022)

Bogota: City of the Lost
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Action, Crime, Thriller
  • Produksi: Megabox Plus M
  • Sutradara: Kim Sung Jae
  • Pemeran: Song Joong Ki, Lee Hee Joon, Ryu Seung Beom, Jo Hyun Chul

Setelah dua tahun yang panjang, Bogota: City of the Lost (2022) akhirnya selesai syuting pada Oktober 2021 lalu. Film yang mempertemukan Song Joong Ki dan Lee Hee Joon ini tak kalah bikin penasaran, apalagi ceritanya sendiri cukup menarik karena menampilkan latar waktu di tahun 1990-an.

Ber-genre thriller crime ia bercerita tentang perjuangan sekelompok orang untuk bertahan hidup di Bogota. Guk Hee yang diperankan Song Joong Ki tiba di Bogota saat usianya baru menginjak 19 tahun. Dia berbisnis untuk bertahan hidup dan tinggal di pasar tradisional di Bogota. Guk Hee bertemu dengan Soo Young, yang datang ke Colombia sebagai pekerja di sebuah perusahaan besar.

10. Alien (2022)

Alien
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Sci-Fi, Action, Fantasy
  • Produksi: CJ Entertainment (Distributor)
  • Sutradara: Choi Dong Hoon
  • Pemeran: Ryu Jun Yeol, Kim Tae Ri, So Ji Sub, Kim Woo Bin

Siapa yang sudah tidak sabar melihat kembali penampilan Kim Woo Bin setelah lima tahun istirahat dari dunia akting? Kerinduanmu akan terobati di tahun ini karena kekasih Sim Min Ah itu sudah menyelesaikan syuting film terbarunya berjudul Alien (2022) pada April 2021 lalu.

Dibintangi Ryu Jun Yeol, So Ji Sub dan Kim Tae Ri dan Kim Woo Bin, Alien (2022) bercerita tentang seorang pemuda yang hidup di masa kini yang bersinggungan dengan alien, yang bolak-balik dari generasi ke generasi. Disebutkan bahwa selama Dinasti Goryeo, penganut Tao mencoba mengambil pedang misterius. Sebuah pintu waktu akan terbuka dan menghubungkan zaman di akhir Dinasti Goryeo dengan zaman modern.

11. Hansan: Rise of the Dragon (2022)

Hansan: Rise of the Dragon
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Action, Historical Drama, War Film
  • Produksi: Lotte Cultureworks (Distributor)
  • Sutradara: Kim Han Min
  • Pemeran: Park Hae Il, Byun Yo Han, Ok Taec Yeon, Kim Sung Gyu

Film Korea terbaru 2022 selanjutnya yang layak dinantikan berjudul Hansan: Rise of The Dragon (2022) karya sutradara Kim Han Min. Film ini merupakan seri kedua dari trilogy Admiral Yi Sun Shin, sekaligus rangkaian dari film Roaring Currents yang tayang 2014 lalu. Hansan: Rise of The Dragon (2022) menyelesaikan proses syutingnya pada paruh kedua tahun 2020.

Ia dibintangi Park Hae Il, Byun Yo Han, Ok Taec Yeon dan Kim Sung Gyu. Ceritanya sendiri dibuat berdasarkan kisah nyata, pertempuran angkatan laut yang dikenal dengan nama Battle of Hansan Island pada 1592. Park Hae Il sebagai Laksamana Yi Sun Shin mencari pasukan angkatan laut Jepang yang menyerang mereka. Pertempuran besar pun terjadi di sekitar Pulau Hansan.

12. The Moon (2022)

The Moon
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Sci-Fi
  • Produksi: CJ Entertainment (Distributor)
  • Sutradara: Kim Yong Hwa
  • Pemeran: Do Kyung Soo, Sul Kyung Gu, Kim Hee Ae, Jo Han Chul

Memulai syuting pada Juni 2021, The Moon (2022) menyelesaikannya proses pengambilan gambar pada bulan Desember di tahun yang sama. Film ini disutradari oleh Kim Yong Hwa yang sebelumnya sukses dengan Along with The Gods: The Last 49 Days (2018) dan Ashfall (2019).

The Moon (2022) bercerita tentang Seon Woo, yang diperankan oleh Do Kyung Soo, sebagai anggota NASA yang terjebak di luar angkasa karena kecelakaan tidak terduga. Sul Kyung Gu dan Kim Hee Ae yang ada di Bumi, berusaha memulangkan Seon Woo dengan selamat. Mereka memegang kunci keberhasilan misi yang terasa sulit ini.

13. Boston 1947 (2022)

Boston 1947
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Sport Drama
  • Produksi: Lotte Cultureworks (Distributor)
  • Sutradara: Kang Je Gyu
  • Pemeran: Ha Jung Woo, Bae Sung Woo, Im Si Wan, Kim Sang Ho

Setelah The Closet (2020), Boston 1947 (2022) menjadi film terbaru Ha Jung Woo yang bisa kamu tunggu di tahun ini. Selain Ha Jung Woo, Im Si Wan, Kim Sang Ho serta Bae Sung Woo juga terlibat sebagai para pemain. Film ini tampaknya sekaligus menjadi comeback sutradara Kang Je Gyu pasca sukses dengan Salut D’Amour (2015).

Boston 1947 (2022) bercerita tentang perjuangan para atlet Korea yang ikut berpartisipasi dalam ajang kompetisi marathon dunia pertama setelah Perang Dunia Kedua di tahun 1947. Film ini menyoroti dua atlet marathon Korea yang untuk pertama kalinya pula tampil di panggung dunia.

14. Hunt (2022)

Hunt
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Action
  • Produksi: Megabox Plus M (Distributor)
  • Sutradara: Lee Jung Jae
  • Pemeran: Lee Jung Jae, Jung Woo Sung, Jeon Hye Jin, Go Yoon Jung

Ikut booming bersama serial Squid Game (2021), Lee Jung Jae mencoba debut penyutradaraannya pada film ini. Dia juga menjadi pemain utama bersama Jung Woo Sung dan Jeon Hye Jin. Hunt (2022) menyoroti aksi dua mata-mata dari Badan Keamanan Nasional, Park Pyeong Ho dan Kim Jung Do dalam mengintai direktur mata-mata Korea Utara yang dikirim ke Korea Selatan.

Saat menjalankan tugas yang berisiko, secara mengejutkan mereka menemukan fakta lain yang lebih besar. Fakta apa yang terungkap oleh dua mata-mata elit ini? Menurut pengakuan Lee Jung Jae selaku sutradara, pengerjaan naskah Hunt (2022) disempurnakan selama empat tahun. Menarik untuk ditunggu ya?!

15. Bigwang (2022)

Bigwang
  • Tahun Rilis: Juli2022
  • Genre: Drama, Family
  • Produksi: -
  • Sutradara: Lee Ji Won
  • Pemeran: Ryu Seung Ryong, Ha Ji Won, Kim Shi Ah, Park Myung Hoon

Setelah cukup banyak film berbau aksi, tahun 2022 juga siap diramaikan oleh film bertema keluarga karya sutradara Miss Baek (2018), Lee Ji Won. Berjudul Bigwang atau Potrait of Family (2022) film ini dibintangi oleh Ryu Seung Ryong dan Ha Ji Won yang berperan sebagai sepasang suami istri.

Keduanya merupakan selebriti yang hidup layaknya pasangan normal. Kehidupan rumah tangga mereka berubah banyak setelah kedatangan seorang gadis remaja bernama Dong Ju. Secara mengejutkan Dong Ju mengaku sebagai putri keduanya. Ryu Seung Ryong yang berperan sebagai Jung Goo, berusaha melindungi Dong Ju dari masalah-masalah yang datang.

16. Cicadas (2022)

Cicadas
  • Tahun Rilis: Februari2022
  • Genre: Drama, Family
  • Produksi: -
  • Sutradara: Lee Chung Ryoul
  • Pemeran: Sung Min Soo, Joo Bo Bi, Seo Yeon Woo, Heo Jin

Cicadas (2022) menjadi film Korea terbaru tahun 2022 yang tidak kalah menjanjikan. Ia disutradarai oleh Lee Chung Ryoul dan direncanakan rilis pada Februari 2022. Film ini sebelumnya pernah diketagorikan sebagai Korean Cinema Today di ajang Busan International Film Festival 2020.

Cicadas (2022) mengisahkan kehidupan seorang master drama pemakaman tradisional yang disebut Jindo Dasiraegi bernama Deok Bae. Suatu hari sang putri, Soo Nam, yang sudah bertahun-tahun pergi dari rumah kembali membawa hutang yang sangat banyak. Hubungan Soo Nam dengan ayahnya tak pernah baik semenjak ibunya meninggal dunia. Soo Nam kemudian menjadi pewaris atau pemilik aset budaya tak benda dari ayahnya.

17. Emergency Declaration (2022)

Emergency Declaration
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Disaster Action Film
  • Produksi: Wooju Film Co. Ltd, Showbox Co. Ltd
  • Sutradara: Han Jae Rim
  • Pemeran: Song Kang Ho, Lee Byung Hun, Jeon Do Yeon, Kim Nam Gil

Tayang lebih dulu di Cannes Film Festival pada Juli 2021 lalu, Emergency Declaration (2022) siap meramaikan persaingan film Korea terbaru tahun 2022. Sederet bintang papan atas mengisi cast-nya seperti Song Kang Ho, Lee Byung Hun, Jeon Do Yeon, Kim Nam Gil dampai Im Si Wan. Film ini bercerita tentang bencana yang terjadi di sebuah pesawat dengan tujuan Hawaii.

Detektif veteran bernama In Ho mendapatkan sebuah catatan dari seorang tentara yang berisi serangan teroris. Di tengah penerbangan seorang penumpang tiba-tiba meninggal tanpa sebab. Seluruh penumpang panik dan pesawat harus melakukan pendaratan darurat sebelum sampai tujuan.

18. Oksu: Station Ghost (2022)

Oksu: Station Ghost
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Mystery, Horror, Supernatural
  • Produksi: Smile Entertainment (Distributor)
  • Sutradara: Jeong Yong Ki
  • Pemeran: Kim Bo Ra, Kim Jae Hyun

Diadaptasi berdasarkan cerita webtoon karya Horang, Oksu Station Ghost (2022) disutradarai oleh Jeong Yong Ki. Ini menjadi film terbarunya setelah terakhir duduk di kursi sutradara pada 2012 saat mengarahkan Return of The Mafia (2012). Oksu Station Ghost (2022) menceritakan kejadian-kejadian tak masuk akal yang terjadi di Stasiun Oksu.

Choi Woo Won sebagai salah satu pegawai di sana memanggil temannya, Na Young, untuk sama-sama mencari tahu misteri yang terjadi di stasiun tersebut. Di tengah persiapan ujian sipilnya, Woo Won ingin mencari tahu rahasia di balik rentetan peristiwa bunuh diri di Stasiun Oksu.

19. Life is Beautiful (2022)

Life is Beautiful
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Musical Road Film
  • Produksi: The Lamp
  • Sutradara: Choi Gook Hee
  • Pemeran: Yum Jung Ah, Ryu Seung Ryong, Park Se Wan, Ong Seong Wu

Industri perfilman Korea Selatan gak hanya mahir membuat film-film berbau action, drama atau thriller karena mereka juga punya tawaran lain. Khusus di tahun 2022, film Life Is Beautiful (2022) adalah salah satu pilihan terbaik karena punya ‘senjata’ berbeda. Ia mengisahkan perjalanan Se Yeon menemukan cinta pertamanya karena tak punya waktu untuk hidup lebih lama.

Menariknya Se Yeon meminta bantuan sang suami, Jin Bong, untuk membantu menemukan pria tersebut. Satu-satunya informasi yang dimiliki Se Yeon hanya nama. Alhasil sepanjang perjalanan sepasang suami istri ini kerap bertengkar tentang banyak hal. Perjalanan mereka juga jadi sebuah momentum untuk mengingat masa-masa berharga yang dibagi berdua.

20. Hero (2022)

Hero
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: -
  • Produksi: CJ Entertainment (Distributor)
  • Sutradara: Yoon Je Kyun
  • Pemeran: Jung Sung Hwa, Kim Go Eun, Na Moon Hee, Jo Jae Yun

Rekomendasi film Korea terbaru 2022 selanjutnya berjudul Hero (2022). Ceritanya sendiri diadaptasi berdasarkan musical performance tahun 2009berjudul Youngwoong. Menariknya Jung Sun Hwa juga bermain dalam acara musikal tersebut, dan kini dia turut berpartisipasi dalam versi filmnya. Hero (2022) mengisahkan kehidupan seorang pejuang gerakan kemerdekaan Korea bernama An Jung Geun.

Di sisi lain, Seol Hee, mantan wanita istana untuk Ratu Myeongseong juga ikut bergabung dalam gerakan tersebut semenjak sang ratu tewas dibunuh Jepang. Seol Hee menjadi geisha dan mendapat bantuan dari Hirobumi Ito, Residen Jenderal Jepang di Korea. Sebagai pejuang kemerdekaan, An Jung Geun berencana membunuh Ito yang sedang dalam perjalanan bersama Seol Hee.

Catat dan tonton judul film Korea terbaru ini, ya! Daftar film ini dibuat berdasarkan antusiasme masyarakat terhadap film-film ini. Kalau kamu punya rekomendasi judul film Korea terbaru lainnya, silakan tulis judulnya di kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram