Bacaterus / Film Korea / 20 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

20 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain terkenal karena drama, budaya dan musiknya, Korea Selatan juga memiliki deretan film yang tak kalah berkualitas dengan film-film dari Hollywood. Tak melulu soal drama percintaan, film dari Korea juga banyak mengusung tema lain yang seru untuk ditonton.

Jika kamu penasaran, inilah  beberapa film terbaik sepanjang masa dari Korea Selatan yang paling populer dan paling banyak direkomendasikan. Yuk, langsung simak ulasannya berikut!

1. Parasite

Parasite

* sumber: www.empireonline.com

  • Rilis: 2019
  • Genre: Comedy, Drama, Thriller
  • Produksi: Barunson E&A
  • Sutradara: Bong Joon-ho
  • Pemeran: Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik, Park So-dam, Lee Jung-eun, Jang Hye-jin

“Parasite” menjadi film Korea pertama yang berhasil memborong sejumlah piala Oscar. Bahkan, film garapan sutradara Bong Joon-ho ini berhasil meraih penghargaan paling bergengsi di Oscar, yakni untuk kategori Best Picture.

Sinopsis film ini berfokus pada keluarga Kim Ki-taek (Song Kang-ho) yang terdiri dari sang ayah, ibu, dan dua orang anak. Keluarga pengangguran ini memiliki masa depan yang suram dan tinggal di sebuah rumah kumuh yang sebenarnya tak layak huni.

Suatu saat, Ki-woo (Choi Woo-shik) yang merupakan anak tertua di keluarga itu mendapat tawaran dari temannya untuk menjadi guru les privat di sebuah rumah keluarga kaya. Keluarga Ki-taek sedikit memperoleh secercah harapan tatkala Ki-woo bisa mendapatkan penghasilan tetap.

Selanjutnya, ketika Ki-woo sudah berhasil masuk dan diterima di keluarga kaya tersebut, ia mulai berusaha ‘memasukkan’ anggota keluarganya yang lain agar bisa memiliki koneksi terhadap keluarga kaya itu.

Film plot twist yang satu ini akan memberikan jalan cerita dan ending yang sangat tak terduga. So, bagi kamu yang belum menonton film Korea terbaik ini sebaiknya segera menonton agar tak ketinggalan terlalu lama.

2. Miracle in Cell No. 7

Miracle in Cell No. 7 (2013)

  • Rilis: 2013
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: Fineworks/CL Entertainment
  • Sutradara: Lee Hwan-kyung
  • Pemeran: Ryu Seung-ryong, Kal So-won, Park Shin-hye

Miracle in Cell No.7 adalah film drama komedi Korea yang dirillis tahun 2013 dengan Ryu Seung Ryong dan Park Shin Hye sebagai pemeran utamanya. Film ini cukup menguras air mata, menampilkan chemistry yang sangat tulus antara seorang ayah yang memiliki penyakit mental dan anak perempuannya.

Cerita bermula dari Young Gu, seorang ayah yang dituduh melakukan kekerasan, pelecehan, dan pembunuhan terhadap seorang anak dari komisaris polisi. Polisi memanfaatkan keadaannya yang menderita disabilitas untuk mengakui segala tuduhan tersebut.

Young Gu kemudian ditempatkan dalam sel nomor 7, sel yang dijaga paling ketat di antara semua sel dalam penjara. Sel ini berisi berbagai kriminal berbahaya, namun mereka bekerjasama membantu Young Gu untuk bertemu putri kecilnya dengan cara “menyelundupkannya” ke dalam sel mereka.

Film ini memperlihatkan bentuk cinta yang tulus tanpa memandang status atau keadaan apapun. Kekuatan cinta seorang anak kepada ayahnya dan sebaliknya membuat apapun menjadi mungkin untuk dilakukan dan dijalani bersama.

3. The Handmaiden

The Handmaiden (2016)

  • Rilis: 2016
  • Genre: Drama, Romance, Thriller
  • Produksi: Moho Film, Yong Film
  • Sutradara: Park Chan-wook
  • Pemeran: Kim Min-hee, Kim Tae-ri, Ha Jung-woo, Cho Jin-woong

The Handmaiden merupakan film bergenre thriller erotis karya Park Chan Wook, dengan aktris Kim Min Hee dan Kim Tae Ri sebagai pemeran utamanya. Film ini terinspirasi dari sebuah novel berjudul Fingersmith karya Sarah Water.

Berlatar era Korea saat berada dibawah kendali Jepang, film ini berkisah tentang seorang wanita Korea bernama Sok Hee, yang dipekerjakan di rumah milik seorang ahli waris perempuan dari Jepang bernama Lady Hideko.

Diam-diam Sok Hee terlibat dalam rencana jahat untuk menipu Hideko, namun seiring berjalannya waktu Sok Hee berubah fikiran dan berbalik membantu Hideko menjauh dari orang-orang yang ingin berbuat jahat kepadanya.

Film ini memenangkan beberapa penghargaan seperti British Academy Film Awards ke-71 kategori Best Film Not in The English Language dan masuk nominasi penghargaan tertinggi dalam festival film Cannes tahun 2016.

4. Old Boy

Old Boy (2003)

  • Rilis: 2003
  • Genre: Action, Drama, Mystery
  • Produksi: Show East
  • Sutradara: Park Chan-wook
  • Pemeran: Choi Min-sik, Yoo Ji-tae, Kang Hye-jung

Old Boy, film yang diadaptasi dari komik Jepang dengan judul sama karya Garon Tsuchiya dan diilustrasikan oleh Nobuaki Minegishi. Film ini dibintangi oleh Choi Min Sik dan Yoo Ji Tae. Old Boy berkisah tentang Oh Dae Su yang dikurung dalam sebuah sel yang menyerupai kamar hotel selama 15 tahun.

Setelah ia dibebaskan, Oh Dae Su mengetahui bahwa dirinya masih terjebak dalam jaringan konspirasi. Ia hanya punya sedikit waktu untuk mencari tahu siapa penculiknya dan apa motif dibalik penculikannya tersebut. Dalam pencariannya untuk membalaskan dendamnya, Oh Dae Su jatuh cinta pada seorang chef muda yang menarik.

Film ini menerima penghargaan Grand Prix dalam Festival Film Cannes dan sering dipublikasikan sebagai salah satu film dalam daftar film terbaik di tahun 2000-an.

5. A Moment to Remember

A Moment to Remember

* sumber: inikpop.com

  • Rilis: 2004
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Sidus Pictures, CJ Entertainment
  • Sutradara: John H. Lee (Lee Jae-han)
  • Pemeran: Jung Woo-sung, Son Ye-jin, Baek Jong-hak, Lee Seon-jin

Film Korea terbaik selanjutnya adalah The Moment to Remember yang diadaptasi dari drama serial Jepang berjudul Pure Soul. Film yang dibintangi oleh Son Ye Jin dan Jung Woo Sung ini sukses di Korea dengan menjadi film ke-5 dengan pendapatan tertinggi di tahun 2004.

Film yang juga menjadi Box Office di negara Jepang ini mengisahkan cerita cinta Su Jin dan Chul Soo yang mengalami ujian saat Su Jin divonis menderita penyakit Alzheimer. Karena tak ingin menyakiti suaminya Chul Soo, akhirnya Su Jin pergi dari rumah dengan meninggalkan sepucuk surat.

Surat ini berisi ungkapan hati dan permintaan Sujin untuk tidak mencarinya lagi. Namun, Chul Soo berusaha mencarinya hingga akhirnya ia menemukan Su Jin berdasarkan alamat surat yang ia terima. Saat mereka bertemu, Su Jin tidak mengingatnya. Chul Soo terus berjuang agar mereka tetap bisa bersama selamanya.

6. Memories of Murder

Memories of Murder (2003)

  • Rilis: 2003
  • Genre: Action, Crime, Drama
  • Produksi: Sidus Pictures, CJ Entertainment
  • Sutradara: Bong Joon-ho
  • Pemeran: Song Kang-ho, Kim Sang-kyung, Kim Roi-ha, Park Hae-il, Byun Hee-bong

Film drama kriminal ini merupakan garapan sutradara terkenal Bong Joon Ho, yang berdasarkan pada kisah nyata seorang pembunuh berantai pertama di Korea Selatan di tahun 1986 sampai 1991. Film bermula dari dua orang detektif yang menangani sebuah kasus di sebuah desa terpencil di tahun 1986.

Kasus tersebut berawal dari dua orang wanita muda yang dilecehkan dan ditemukan terbunuh di sebuah ladang. Kedua detektif yang pada awalnya bersitegang karena memiliki cara kerja yang berbeda, pada akhirnya bekerjasama untuk menemukan si pembunuh.

Hal-hal aneh mereka temukan saat mendalami kasus ini. Si pembunuh selalu memangsa korban yang merupakan seorang wanita berbaju merah yang berjalan sendiri di malam hari ketika turun hujan. Selain itu, ada satu lagu tertentu yang diputar saat ia melakukan aksinya.

Film ini disebut sebagai film misteri terbaik dari Korea Selatan. Selain karena teknik pengambilan gambar yang memukau serta adegan demi adegan yang dimainkan secara apik oleh para aktor yang terlibat, film ini juga mengandung pelajaran penting tentang kehidupan.

7. Sunny

Sunny (2011)

  • Rilis: 2011
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: Toilet Pictures, Aloha Pictures
  • Sutradara: Kang Hyeong-cheol
  • Pemeran: Shim Eun-kyung, Kang So-ra, Yoo Ho-jeong, Jin Hee-kyung

Sunny merupakan film drama komedi karya sutradara Kang Hyeong Cheol yang dirilis tahun 2011. Film ini dibintangi oleh Kang Sora, Min Hyorin, ShimEun Kyung, Park Jin Joo, dan lainnya. Sunny mengambil 2 latar waktu yakni masa sekarang dan masa SMA dari para karakter yang terlibat.

Di masa sekarang, para karakter ini merupakan wanita setengah baya. Na Mi adalah salah satu yang telah sukses dan berkeluarga. Di sisi lain, Choon Hwa yang merupakan salah satu dari keenam sahabatnya sedang terbaring di rumah sakit.

Untuk terakhir kalinya, Choon Hwa meminta Na mi untuk mempertemukannya dengan sahabat-sahabatnya di masa SMA yang tergabung dengan nama Sunny. Karena kesibukan Na Mi, akhirnya ia memperkerjakan seorang detektif untuk mencari anggota Sunny yang lain.

Film ini membawa kita pada nostalgia masa SMA yang ceria dan penuh semangat. Dengan segala cerita dari sedih, haru, senang, semua kisah kita lalui bersama orang-orang yang kita sayangi seperti para sahabat yang selalu bersedia menemani.

8. The Man From Nowhere

The Man From Nowhere (2010)

  • Rilis: 2010
  • Genre: Action, Drama, Thriller
  • Produksi: Cinema Service, Opus Pictures, United Pictures
  • Sutradara: Lee Jeong-beom
  • Pemeran: Won Bin, Kim Sae-ron, Kim Hee-won, Kim Sung-oh, Kim Tae-hoon

The Man from Nowhere (Ajeossi) adalah film laga Korea yang dibintangi Won Bin. Film karya sutradara Lee Jeong Beom ini merupakan film Korea dengan pendapatan tertinggi di tahun 2010. Selain di Korea Selatan, The Man From Nowhere juga dirilis di Amerika dan Kanada.

Film ini berkisah tentang seorang penjaga toko gadai, Cha Tae Sik (Won Bin) yang pendiam, namun memiliki masa lalu yang penuh kekerasan. Satu-satunya teman yang ia miliki adalah seorang anak perempuan bernama So Mi, yang tinggal tak jauh dari rumahnya.

Suatu saat So Mi diculik oleh sekelompok penjahat yang terusik karena ulah ibunya yang mencuri sepaket besar heroin. Tae Sik kemudian mulai melacak keberadaan So Mi dan berjuang mati-matian untuk menyelamatkannya dari para penculik tersebut.

Selain menampilkan aksi laga yang mengesankan, film ini juga memperlihatkan beberapa adegan yang menyentuh. The Man from Nowhere menandai penampilan terakhir dari Won Bin di layar lebar sejak tahun 2010.

9. Train to Busan

Train to Busan (2016)

  • Rilis: 2016
  • Genre: Action, Horror, Thriller
  • Produksi: Next Entertainment World, RedPeter Film
  • Sutradara: Yeon Sang-ho
  • Pemeran: Gong Yoo, Ma Dong-seok, Jung Yu-mi, Kim Su-an, Kim Eui-sung, Choi Woo-shik, Ahn So-hee

Bagi para pecinta film zombie, Korea Selatan menyuguhkan film Train to Busan yang dibintangi Gong Yoo, Jung Yu Mi, dan Ma Dong Seok dengan sangat apik. Train to Busan adalah film Korea pertama yang memecahkan rekor penonton terbanyak di tahun 2016 yaitu sebanyak lebih dari 10 juta penonton.

Film ini paling banyak mengambil adegan di dalam sebuah kereta, dengan berbagai kekacauan yang ditimbulkan oleh para zombie yang menyerang para penumpang kereta tersebut. Seok Woo (Gong Yoo) yang berusaha menyelematkan anaknya Su An, juga melakukan usaha penyelamatan pada penumpang lain.

Termasuk dalam daftar penumpang yakni Sang Hwa dengan istrinya yang sedang hamil, tim baseball sekolah menengah yang telah usai bertanding, seorang manajer yang kaya dan egois, dan seorang pria miskin yang mengalami trauma.

Walaupun kita cenderung akan mengetahui cerita apa yang akan terjadi selanjutnya, namun tetap saja film ini sangat menegangkan ketika ditonton.

10. Spellbound

Spellbound

* sumber: www.koreanfilm.or.kr

  • Rilis: 2011
  • Genre: Comedy, Horror, Romance
  • Produksi: CJ Entertainment
  • Sutradara: Hwang In-ho
  • Pemeran: Son Ye-jin, Lee Min-ki, Park Chul-min, Kim Hyun-sook

Mengusung genre komedi-horor, “Spellbound” menawarkan cerita yang sebenarnya tidak biasa. Yeo-ri (Son Ye-jin) merupakan gadis indigo yang bisa melihat makhluk halus sejak usianya masih sangat kecil. Tanpa terduga Yeo-ri dipertemukan dengan Jo-goo (Lee Min-ki), seorang pesulap. Jo-goo tertarik dengan Yeo-ri yang saat itu menjadi penontonnya. Di saat semua penonton tertawat, Yeo-ri hanya diam tanpa ekspresi.

Usai pertunjukan, Jo-goo mengikuti Yeo-ri dan meminta gadis itu untuk berkolaborasi dengan dirinya. Jo-goo berencana membawakan pertunjukan sulap bertema horor dan meminta Yeo-ri untuk menjadi hantunya.

Rencana Jo-goo sukses. Semua penonton merasa ketakutan dengan pertunjukan yang dibawakan Jo-goo, tapi mereka sangat antusias dan menikmati ketakutan tersebut.

Seperti biasa, selesai pertunjukan Jo-goo selalu mengajak timnya untuk makan bersama. Namun Yeo-ri tak pernah bersedia ikut dan memilih untuk pulang lebih dulu. Lama kelamaan Jo-goo yang curiga akhirnya menemukan jawaban dari sifat aneh Yeo-ri itu.

11. My Sassy Girl

My Sassy Girl

* sumber: www.imdb.com

  • Rilis: 2001
  • Genre: Comedy, Drama, Romance
  • Produksi: ShinCine Communications, IM Pictures
  • Sutradara: Kwak Jae-yong
  • Pemeran: Jun Ji-hyun, Cha Tae-hyun, Kim In-moon, Song Ok-sook

Pertemuan tak sengaja antara Gyeon-woo (Cha Tae-hyun) dan seorang gadis mabuk yang tak diketahui namanya (Jun Ji-hyun) terjadi di stasiun kereta. Maksud hati ingin menolong, gadis mabuk tersebut membuat ulah yang memalukan. Namun dari kejadian tersebut Gyeon-woo menjadi dekat dengan gadis aneh itu.

Perjalanan kisah cinta mereka berdua nampak kocak lantaran gadis itu sangat egois dan selalu memaksa Gyeon-woo menuruti keinginannya. Anehnya, Gyeon-woo selalu sukarela dan merasa enjoy mengikuti kemauan kekasihnya yang terkadang tak masuk akal itu. Apakah ini yang disebut cinta tak bersyarat?

12. A Werewolf Boy

A Werewolf Boy

* sumber: www.moriareviews.com

  • Rilis: 2012
  • Genre: Fantasy, Romance
  • Produksi: Bidangil Pictures
  • Sutradara: Jo Sung-hee
  • Pemeran: Song Joong-ki, Park Bo-young, Lee Young-lan, Jang Young-nam, Yoo Yeon-seok

Soon-yi (Park Bo-young) memiliki penyakit paru-paru dan harus pindah ke rumah yang lokasinya di sebuah desa agar dirinya bisa menghirup udara yang lebih segar. Namun, Soon-yi menemukan sebuah hal aneh di rumah tua yang ditinggalinya. Gadis ini bertemu dengan seorang anak laki-laki yang terkunci di dalam gudang. Anak laki-laki ini pendiam dan memiliki perilaku yang tidak biasa seperti layaknya anak seusianya.

Dengan kesabaran, Soon-yi memberi makan anak tersebut dan mengajarkannya cara berpakaian, berbicara, dan melakukan kebiasaan manusia lainnya. Anak laki-laki tersebut akhirnya jatuh cinta pada Soon-yi, satu-satunya manusia yang dirasa memberi kasih sayang tulus kepadanya.

Pada suatu waktu anak laki-laki ini mengeluarkan insting hewannya karena kondisi yang terdesak. Kejadian itu membuat penduduk desa panik dan ingin menghakimi anak tersebut. Demi menyelamatkan anak laki-laki itu, Soon-yi meninggalkannya dan berjanji untuk kembali lagi suatu saat nanti.

13. The Tower

The Tower

* sumber: www.tribunnewswiki.com

  • Rilis: 2012
  • Genre: Action, Drama
  • Produksi: The Tower Pictures
  • Sutradara: Kim Ji-hoon
  • Pemeran: Sol Kyung-gu, Kim Sang-kyung, Son Ye-jin

Sebuah gedung pencakar langit megah di Seoul tengah mempersiapkan perayaan natal. Seluruh staf di dalam gedung nampak sibuk dengan tugasnya masing-masing. Namun pada saat persiapakn terjadi kebakaran kecil di dapur restoran. Kebakaran itu seharusnya bisa diatasi dengan mudah, tapi sistem penyiraman air di gedung itu sedang rusak.

Jo (Cha In-pyo) adalah pemilik gedung yang tak terlalu menganggap penting peringatan tentang kerusakan sistem penyiraman air. Perayaan natal tetap dilanjutkan hingga kebakaran mulai menjalar ke mana-mana.

Di tengah pesta, ada sebuah helikopter yang sengaja disewa untuk menyemprotkan hujan salju di gedung agar perayaan natalnya semakin meriah. Sayangnya, kondisi yang menyenangkan tersebut berubah menjadi mencekam tatkala helikopter itu kehilangan kontrol dan menabrak gedung.

14. Pandora

Pandora

  • Rilis: 2016
  • Genre: Action, Drama
  • Produksi: CAC Entertainment
  • Sutradara: Park Jung-woo
  • Pemeran: Kim Nam-gil, Kim Young-ae, Kim Ju-hyeon, Jung Jin-young

Kang Jae-hyuk (Kim Nam-gil) bekerja sebagai mekanik di pembangkit listrik tenaga nuklir. Jae-hyuk tinggal bersama sang ibu, kakak ipar, dan keponakannya. Ayah dan kakak laki-laki Jae-hyuk meninggal pasca mengalami kecelakaan di pembangkit listrik tempatnya bekerja.

Meskipun ayah dan kakak laki-lakinya meninggal di tempat bekerjanya, Jae-hyuk tetap menjalani hari-hari seperti biasa dan berusaha menjadi tulang punggung bagi keluarganya. Akan tetapi, nasib buruk seakan tak bosan menghampiri hidup Jae-hyuk. Terjadi gempa di kota tempat tinggalnya dan memicu ledakan pada pembangkit listrik itu. Bencana radiasi hebat mengancam diri Jae-hyuk, orang-orang yang dicintainya, dan seluruh masyarakat di sekitarnya.

15. Along With the Gods: The Two Worlds

Along with the Gods The Two Worlds

  • Rilis: 2017
  • Genre: Action, Drama, Fantasy
  • Produksi: Realies Pictures, Dexter Studios
  • Sutradara: Kim Yong-hwa
  • Pemeran: Ha Jung-woo, Cha Tae-hyun, Ju Ji-hoon, Kim Hyang-gi

“Along With the Gods: The Two Worlds” menghadirkan sebuah cerita epik yang mungkin tak pernah ada di film-film Korea lain. Film ini mengajak para penontonnya untuk ikut dalam perjalanan menuju akhirat.

Tokoh utama dalam film ini adalang Ja-hong (Cha Tae-hyun), seorang petugas pemadam kebakaran yang meninggal saat menjalankan tugasnya. Arwah Ja-hong dianggap sebagai salah satu arwah sempurna karena kebaikan yang ia perbuat di masa hidupnya. Walaupun begitu Ja-hong tetap harus menjalani 7 sidang selama 49 hari untuk menentukan tempat di mana ia harus menghabiskan keabadian.

Bersama dengan malaikat pencabut nyawa dan pembela, Ja-hong memulai perjalanan panjangnya menuju akhirat. Akankah Ja-hong berhasil melewati seluruh persidangan dan menjadi arwah yang sempurna?

16. Be With You

Be With You

* sumber: www.tribunnewswiki.com

  • Rilis: 2018
  • Genre: Drama, Fantasy, Romance
  • Produksi: Movie Rock
  • Sutradara: Lee Jang-hoon
  • Pemeran: So Ji-sub, Son Ye-jin, Kim Ji-hwan, Ko Chang-seok

Woo-jin (So Ji-sub) harus menjadi orang tua tunggal bagi putra semata wayangnya, Ji-ho (Kim Ji-hwan), setelah istrinya meninggal. Meskipun merasakan kesedihan yang mendalam, Woo-jin tetap harus terlihat tegar dan ceria karena putra kecilnya itu masih belum memahami konsep kematian yang sebenarnya.

Di suatu hari, Ji-ho mengatakan bahwa ia bertemu dengan ibunya saat hujan turun. Awalnya Woo-jin berusaha memaklumi Ji-ho yang masih anak-anak. Ia tetap mencari cara dan waktu yang tepat untuk menjelaskan kepada Ji-ho jika ibunya sudah meninggal dunia.

Kesabaran Woo-jin diuji tatkala Ji-ho berlari ke stasiun saat hujan lebat. Bocah itu percaya bahwa ibunya akan datang. Akan tetapi, sampai hujan berhenti pun tak ada tanda-tanda bahwa ibu Ji-ho akan datang. Woo-jin menggendong putranya itu pulang ke rumah.

Di tengah perjalanan pulang mereka bertemu dengan sosok mengejutkan yang mirip Soo-ah (Son Ye-jin), istri Woo-jin dan ibu Ji-hoo. Wanita itu tampak duduk terkulai dan tidak mengenali Woo-jin maupun Ji-ho. Lantas, siapakah sosok wanita yang mirip Soo-ah ini? Akankah ayah dan anak ini kembali menemukan kebahagiaan mereka yang telah hilang?

17. Ashfall

Ashfall

* sumber: www.ussfeed.com

  • Rilis: 2019
  • Genre: Action, Drama, Thriller
  • Produksi: Dexter Studios, CJ E&M
  • Sutradara: Lee Hae-jun, Kim Byung-seo
  • Pemeran: Lee Byung-hun, Ha Jung-woo, Ma Dong-seok, Bae Suzy, Jeon Hye-jin

Selama ini Korea Selatan dan Korea Utara selalu berseberangan. Namun pada saat Baekdu – gunung tertinggi di Korea – meletus dan menyemburkan abu ke atmosfer, mau tak mau kedua negara tersebut harus saling bekerjasama demi menyelamatkan masyarakatnya.

Jo In-chang (Ha Jung-woo), pakar peledak di Korea Selatan akhirnya harus bekerjasama dengan Ri Joon-pyeong (Lee Byung-hyun) yang merupakan pejabat khusus di Korea Utara. Mereka berdua juga melibatkan Kang Bong-rae (Ma Dong-seok), pakar geologi handal, untuk menyelamatkan Korea dari kepunahan.

“Ashfall” berhasil menjadi satu dari sekian film Korea dengan jumlah penonton terbanyak di tahun 2019. Film disaster ini juga memiliki daya tarik di sejumlah cast-nya yang memang terdiri dari aktor dan aktris kelas A di negeri ginseng.

18. Extreme Job

Extreme Job

* sumber: www.screendaily.com

  • Rilis: 2019
  • Genre: Action, Comedy, Crime
  • Produksi: About Film, Haegrim Pictures
  • Sutradara: Lee Byeong-heon
  • Pemeran: Ryu Seung-ryong, Lee Hanee, Jin Seon-kyu, Lee Dong-hwi, Gong Myung

Kamu pasti sudah sering mendengar kisah intel atau agen rahasia yang menyamar untuk mendapatkan informasi, kan? Bahkan, tak jarang agen rahasia yang menyamar menjadi pedagang makanan atau menjalani profesi biasa yang tidak mencolok. Nah, film “Extreme Job” ini mencoba mengangkat tema tersebut dalam balutan genre aksi dan komedi.

Lima orang detektif di bagian narkoba sedang menjalankan misi untuk mengungkap sindikat perdagangan obat-obatan terlarang itu. Untuk memuluskan usahanya, mereka mendirikan restoran ayam goreng sebagai kedok agar lebih leluasa mengintai targetnya. Namun siapa sangka restoran ayam goreng milik kelima detektif itu menjadi ramai dan populer. Tentu saja situasi ini di luar dari rencana mereka.

19. Exit

Exit

* sumber: letterboxd.com

  • Rilis: 2019
  • Genre: Action, Comedy
  • Produksi: Filmmaker R & K
  • Sutradara: Lee Sang-geun
  • Pemeran: Jo Jung-suk, Im Yoon-ah, Go Doo-shim, Park In-hwan, Kim Ji-young

Industri perfilman Korea nampaknya hobi membuat film-film bertema bencana alias disaster. Selain “Ashfall” dan “Pandora”, ada juga “Exit”. Berbeda dengan dua film disaster yang kami sebutkan, “Exit” dibumbui dengan unsur komedi sehingga tidak terlalu menegangkan.

Sinopsis film ini bermula dari Yong-nam (Jo Jung-suk) yang dikenal sebagai pemanjat tebing terbaik di perguruan tingginya, tapi ia tidak mendapat keberuntungan pasca kelulusan. Yong-nam menjadi pemuda pengangguran yang hanya menggantungkan hidupnya kepada orang tua.

Ketika mendekati perayaan ulang tahun ibunya yang ke-70, Yong-nam bermaksud membuatkan acara di sebuah restoran tempat Eui-joo (Im Yoon-ah), gadis pujaannya bekerja. Belum sempat mengadakan pesta, bencana melanda Seoul. Dengan bantuan Eui-joo, Yong-nam akhirnya menggunakan kemampuan memanjat tebingnya untuk menyelamatkan banyak orang.

20. The Closet

The Closet

* sumber: www.themoviebeat.com

  • Rilis: 2020
  • Genre: Horror, Mystery
  • Produksi: Moonlight Film, Perfect Storm Film
  • Sutradara: Kim Kwang-bin
  • Pemeran: Ha Jung-woo, Kim Nam-gil, Heo Yool, Shin Hyun-bin

Pasca kematian istrinya, Sang-won (Ha Jung-woo) hidup berdua dengan putri semata wayangnya, Yi-na (Heo Yool). Sayangnya, hubungan antara ayah dan anak ini sangat canggung. Sang-won juga tidak mengerti cara mendekati putrinya.

Selang beberapa waktu setelah kematian ibunya, Yi-na yang tadinya pendiam dan muram mendadak menjadi ceria. Yi-na memberitahu ayahnya bahwa kini ia memiliki seorang teman. Sejak pengakuan Yi-na itu, Sang-won merasakan suatu hal yang janggal. Ia bahkan sering mendengar suara-suara aneh dari kamar mandi Yi-na.

Kecurigaan Sang-won terbukti saat putrinya itu hilang. Di saat yang bersamaan muncul seorang pria misterius bernama Kyung-hoon (Kim Nam-gil). Pria ini seolah mengetahui misteri di balik hilangnya Yi-na. Kyung-hoon membantu Sang-won mencari Yi-na yang diduga ‘disembunyikan’ oleh makhluk halus.

Itulah beberapa rekomendasi film terbaik dari Korea sepanjang masa. Mulai dari drama percintaan, laga, thriller, hingga komedi, semuanya sangat seru untuk ditonton. Meskipun beberapa film termasuk film lawas, namun film-film dalam daftar tersebut masih layak menjadi tontonan hingga saat ini.

Selain film di atas, sebenarnya masih banyak film lain dengan kualitas terbaik dari Korea Selatan. Nah, manakah film yang mungkin menjadi favorit kamu? Atau film Korea apa yang menurut kamu masuk dalam daftar film terbaik?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *