Bacaterus / Film Korea / 8 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

8 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain terkenal karena drama, budaya dan musiknya, Korea Selatan juga memiliki deretan film yang tak kalah berkualitas dengan film-film dari Hollywood. Tak melulu soal drama percintaan, film dari Korea juga banyak mengusung tema lain yang seru untuk ditonton.

Jika kamu penasaran, inilah  beberapa film terbaik sepanjang masa dari Korea Selatan yang paling populer dan paling banyak direkomendasikan. Yuk, langsung simak ulasannya berikut!

1. Miracle in Cell No. 7 (2013)

Miracle in Cell No. 7 (2013)

Miracle in Cell No.7 adalah film drama komedi Korea yang dirillis tahun 2013 dengan Ryu Seung Ryong dan Park Shin Hye sebagai pemeran utamanya. Film ini cukup menguras air mata, menampilkan chemistry yang sangat tulus antara seorang ayah yang memiliki penyakit mental dan anak perempuannya.

Cerita bermula dari Young Gu, seorang ayah yang dituduh melakukan kekerasan, pelecehan, dan pembunuhan terhadap seorang anak dari komisaris polisi. Polisi memanfaatkan keadaannya yang menderita disabilitas untuk mengakui segala tuduhan tersebut.

Young Gu kemudian ditempatkan dalam sel nomor 7, sel yang dijaga paling ketat di antara semua sel dalam penjara. Sel ini berisi berbagai kriminal berbahaya, namun mereka bekerjasama membantu Young Gu untuk bertemu putri kecilnya dengan cara “menyelundupkannya” ke dalam sel mereka.

Film ini memperlihatkan bentuk cinta yang tulus tanpa memandang status atau keadaan apapun. Kekuatan cinta seorang anak kepada ayahnya dan sebaliknya membuat apapun menjadi mungkin untuk dilakukan dan dijalani bersama.

2. The Handmaiden (2016)

The Handmaiden (2016)

The Handmaiden merupakan film bergenre thriller erotis karya Park Chan Wook, dengan aktris Kim Min Hee dan Kim Tae Ri sebagai pemeran utamanya. Film ini terinspirasi dari sebuah novel berjudul Fingersmith karya Sarah Water.

Berlatar era Korea saat berada dibawah kendali Jepang, film ini berkisah tentang seorang wanita Korea bernama Sok Hee, yang dipekerjakan di rumah milik seorang ahli waris perempuan dari Jepang bernama Lady Hideko.

Diam-diam Sok Hee terlibat dalam rencana jahat untuk menipu Hideko, namun seiring berjalannya waktu Sok Hee berubah fikiran dan berbalik membantu Hideko menjauh dari orang-orang yang ingin berbuat jahat kepadanya.

Film ini memenangkan beberapa penghargaan seperti British Academy Film Awards ke-71 kategori Best Film Not in The English Language dan masuk nominasi penghargaan tertinggi dalam festival film Cannes tahun 2016.

3. Old Boy (2003)

Old Boy (2003)

Old Boy, film yang diadatasi dari komik Jepang dengan judul sama karya Garon Tsuchiya dan diilustrasikan oleh Nobuaki Minegishi. Film ini dibintangi oleh Choi Min Sik dan Yoo Ji Tae. Old Boy berkisah tentang Oh Dae Su yang dikurung dalam sebuah sel yang menyerupai kamar hotel selama 15 tahun.

Setelah ia dibebaskan, Oh Dae Su mengetahui bahwa dirinya masih terjebak dalam jaringan konspirasi. Ia hanya punya sedikit waktu untuk mencari tahu siapa penculiknya dan apa motif dibalik penculikannya tersebut. Dalam pencariannya untuk membalaskan dendamnya, Oh Dae Su jatuh cinta pada seorang chef muda yang menarik.

Film ini menerima penghargaan Grand Prix dalam Festival Film Cannes dan sering dipublikasikan sebagai salah satu film dalam daftar film terbaik di tahun 2000-an.

4. The Moment to Remember (2004)

The Moment to Remember (2004)

Film Korea terbaik selanjutnya adalah The Moment to Remember yang diadaptasi dari drama serial Jepang berjudul Pure Soul. Film yang dibintangi oleh Son Ye jin dan Jung Woo Sung ini sukses di Korea dengan menjadi film ke-5 dengan pendapatan tertinggi di tahun 2004.

Film yang juga menjadi Box Office di negara Jepang ini mengisahkan cerita cinta Su Jin dan Chul Soo yang mengalami ujian saat Su Jin divonis menderita penyakit Alzheimer. Karena tak ingin menyakiti suaminya Chul Soo, akhirnya Su Jin pergi dari rumah dengan meninggalkan sepucuk surat.

Surat ini berisi ungkapan hati dan permintaan Sujin untuk tidak mencarinya lagi. Namun, Chul Soo berusaha mencarinya hingga akhirnya ia menemukan Su Jin berdasarkan alamat surat yang ia terima. Saat mereka bertemu, Su Jin tidak mengingatnya. Chul Soo terus berjuang agar mereka tetap bisa bersama selamanya.

5. Memories of Murder (2003)

Memories of Murder (2003)

Film drama kriminal ini merupakan garapan sutradara terkenal Bong Joon Ho, yang berdasarkan pada kisah nyata seorang pembunuh berantai pertama di Korea Selatan di tahun 1986 sampai 1991. Film bermula dari dua orang detektif yang menangani sebuah kasus di sebuah desa terpencil di tahun 1986.

Kasus tersebut berawal dari dua orang wanita muda yang dilecehkan dan ditemukan terbunuh di sebuah ladang. Kedua detektif yang pada awalnya bersitegang karena memiliki cara kerja yang berbeda, pada akhirnya bekerjasama untuk menemukan si pembunuh.

Hal-hal aneh mereka temukan saat mendalami kasus ini. Si pembunuh selalu memangsa korban yang merupakan seorang wanita berbaju merah yang berjalan sendiri di malam hari ketika turun hujan. Selain itu, ada satu lagu tertentu yang diputar saat ia melakukan aksinya.

Film ini disebut sebagai film misteri terbaik dari Korea Selatan. Selain karena teknik pengambilan gambar yang memukau serta adegan demi adegan yang dimainkan secara apik oleh para aktor yang terlibat, film ini juga mengandung pelajaran penting tentang kehidupan.

6. Sunny (2011)

Sunny (2011)

Sunny merupakan film drama komedi karya sutradara Kang Hyeong Cheol yang dirilis tahun 2011. Film ini dibintangi oleh Kang Sora, Min Hyorin, ShimEun Kyung, Park Jin Joo, dan lainnya. Sunny mengambil 2 latar waktu yakni masa sekarang dan masa SMA dari para karakter yang terlibat.

Di masa sekarang, para karakter ini merupakan wanita setengah baya. Na Mi adalah salah satu yang telah sukses dan berkeluarga. Di sisi lain, Choon Hwa yang merupakan salah satu dari keenam sahabatnya sedang terbaring di rumah sakit.

Untuk terakhir kalinya, Choon Hwa meminta Na mi untuk mempertemukannya dengan sahabat-sahabatnya di masa SMA yang tergabung dengan nama Sunny. Karena kesibukan Na Mi, akhirnya ia memperkerjakan seorang detektif untuk mencari anggota Sunny yang lain.

Film ini membawa kita pada nostalgia masa SMA yang ceria dan penuh semangat. Dengan segala cerita dari sedih, haru, senang, semua kisah kita lalui bersama orang-orang yang kita sayangi seperti para sahabat yang selalu bersedia menemani.

7. The Man From Nowhere (2010)

The Man From Nowhere (2010)

The Man from Nowhere (Ajeossi) adalah film laga Korea yang dibintangi Won Bin. Film karya sutradara Lee Jeong Beom ini merupakan film Korea dengan pendapatan tertinggi di tahun 2010. Selain di Korea Selatan, The Man From Nowhere juga dirilis di Amerika dan Kanada.

Film ini berkisah tentang seorang penjaga toko gadai, Cha Tae Sik (Won Bin) yang pendiam, namun memiliki masa lalu yang penuh kekerasan. Satu-satunya teman yang ia miliki adalah seorang anak perempuan bernama So Mi, yang tinggal tak jauh dari rumahnya.

Suatu saat So Mi diculik oleh sekelompok penjahat yang terusik karena ulah ibunya yang mencuri sepaket besar heroin. Tae Sik kemudian mulai melacak keberadaan So Mi dan berjuang mati-matian untuk menyelamatkannya dari para penculik tersebut.

Selain menamplilkan aksi laga yang mengesankan, film ini juga memperlihatkan beberapa adegan yang menyentuh. The Man from Nowhere menandai penampilan terakhir dari Won Bin di layar lebar sejak tahun 2010.

8. Train to Busan (2016)

Train to Busan (2016)

Bagi para pecinta film zombie, Korea Selatan menyuguhkan film Train to Busan yang dibintangi Gong Yoo, Jung Yu Mi, dan Ma Dong Seok dengan sangat apik. Train to Busan adalah film Korea pertama yang memecahkan rekor penonton terbanyak di tahun 2016 yaitu sebanyak lebih dari 10 juta penonton.

Film ini paling banyak mengambil adegan di dalam sebuah kereta, dengan berbagai kekacauan yang ditimbulkan oleh para zombie yang menyerang para penumpang kereta tersebut. Seok Woo (Gong Yoo) yang berusaha menyelematkan anaknya Su An, juga melakukan usaha penyelamatan pada penumpang lain.

Termasuk dalam daftar penumpang yakni Sang Hwa dengan istrinya yang sedang hamil, tim baseball sekolah menengah yang telah usai bertanding, seorang manajer yang kaya dan egois, dan seorang pria miskin yang mengalami trauma.

Walaupun kita cenderung akan mengetahui cerita apa yang akan terjadi selanjutnya, namun tetap saja film ini sangat menegangkan ketika ditonton.

Itulah beberapa rekomendasi film terbaik dari Korea sepanjang masa. Mulai dari drama percintaan, laga, thriller, hingga komedi, semuanya sangat seru untuk ditonton. Meskipun beberapa film termasuk film lawas, namun film-film dalam daftar tersebut masih layak menjadi tontonan hingga saat ini.

Selain film di atas, sebenarnya masih banyak film lain dengan kualitas terbaik dari Korea Selatan. Nah, manakah film yang mungkin menjadi favorit kamu? Atau film Korea apa yang menurut kamu masuk dalam daftar film terbaik?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *