bacaterus web banner retina

Daftar Film Korea Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Selain terkenal karena drama, budaya dan musiknya, Korea Selatan juga memiliki deretan film yang tak kalah berkualitas dengan film-film dari Hollywood. Tak melulu soal drama percintaan, film dari Korea juga banyak mengusung tema lain yang seru untuk ditonton.

Jika kamu penasaran, inilah  beberapa film terbaik sepanjang masa dari Korea Selatan yang paling populer dan paling banyak direkomendasikan. Yuk, langsung simak ulasannya berikut!

2020 - Sekarang

Korea tak hanya unggul di dramanya saja, tetapi semakin ke sini negara yang mendapat julukan ‘negeri ginseng’ ini juga membuktikan kualitas film-filmnya. Berikut adalah daftar film Korea terbaik dari tahun 2020.

1. Minari

Minari

“Minari” merupakan sebuah film yang mengisahkan tentang perjuangan keluarga Korea yang menjadi imigran di Amerika Serikat, tepatnya di Arkansas. Dengan setting tahun 1980-an, sebuah keluarga Korea hijrah ke Amerika Serikat dan bertani di sana. Keluarga tersebut terdiri dari Jacob (Steven Yeun), Monica Yi (Han Ye-ri), dan dua orang anaknya.

Impian keluarga kecil ini sebenarnya tidak muluk-muluk, mereka hanya ingin memperoleh kondisi hidup yang lebih baik di AS. Namun sebagai imigran Asia, mereka harus menghadapi perbedaan budaya dan stereotip masyarakat terhadap imigran.

2. The Man Standing Next

The Man Standing Next

Bagi kamu yang suka dengan film bertema politik dan konspirasi, “The Man Standing Next” adalah film yang kami rekomendasikan untukmu. Film ini juga dibintangi oleh aktor ternama nan senior, Lee Byung Hun.

Setting film ini adalah tahun 1970-an, di mana Presiden Park (Lee Sung Min) mengendalikan Badan Intelijen Korea (KCIA). Kondisi ini membuat Kim Gyu Pyeong (Lee Byung Hun), kepala KCIA, memiliki posisi tertinggi kedua dalam kepemimpinan Korea. Namun karena suatu hal, Gyu Pyeong membunuh Presiden Park.

40 hari sebelum pembunuhan terjadi, Park Yong Gak (Kwak Do Won) yang merupakan mantan kepala KCIA memberi kesaksian penting dalam persidangan di Amerika Serikat. Yong-gak mengetahui seluruh rahasia negara dan operasi militer Korea.

Yong Gak hendak bersaksi tentang hal-hal yang melawan Korea. Gyu-pyeong berusaha menyusun rencana agar Yong Gak tidak memberi kesaksian tersebut.

3. Voice of Silence

Voice of Silence

Di pagi hari, Tae In (Yoo Ah In) dan Chang Bok (Yoo Jae Myung) berprofesi sebagai pedagang telur di pasar.

Namun selepas bekerja menjual telur, mereka mengerjakan profesi lain, yakni sebagai cleaner atau pembersih TKP para mafia. Sehari-hari mereka membersihkan darah dan mengubur mayat korban dari mafia. Mereka harus memastikan bahwa TKP itu bersih sehingga tidak meninggalkan jejak.

Bayaran yang cukup besar membuat Tae In dan Chang Bok bertahan menjadi cleaner. Mereka juga tidak merasa bersalah karena merasa tidak berurusan langsung dalam menghabisi nyawa para korban.

Suatu ketika, pimpinan mafia meminta mereka menjalankan sebuah tugas, yakni menjaga seorang anak kecil sampai orang tuanya memberi tebusan. Tugas tersebut awalnya hanya satu hari saja, tapi karena pimpinan mafia itu terbunuh akhirnya Tae In dan Chang Bok harus tetap menjaga anak itu dan mencari cara untuk meminta tebusan dari orang tuanya.

4. Samjin Company English Class

Samjin Company English Class

Tiga orang wanita bekerja di Perusahaan Samjin. Mereka diberi kesempatan untuk mendapat jabatan yang lebih baik dengan sayu syarat, yakni mereka mendapat nilai minimal 600 poin pada tes TOEIC. Akhirnya, tiga orang tersebut sepakat untuk mendaftar khusus Bahasa Inggris.

Suatu hari, tiga karyawati ini sadar bahwa perusahaannya melakukan bisnis ilegal. Dengan berbekal kenekatan, mereka berusaha menyelidiki dan mengungkap bisnis ilegal perusahaannya itu.

5. Deliver Us From Evil

deliver us from evil_

Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang gila, termasuk di Korea Selatan, film arahan Hong Won Chan berhasil memikat kurang lebih 4 juta penonton. Oleh karena itu rasanya akan kurang lengkap jika tidak memasukkan "Deliver Us From Evil" ke dalam daftar film Korea terbaik sepanjang masa.

Selain karena pencapaian tersebut, film ini juga punya daya tarik karena dibintangi aktir-aktor top yang nggak pernah flop.


Kim In Nam, seorang pembunuh bayaran berniat pensiun setelah menyelesaikan pekerjaannya yang terakhir, yaitu membunuh mafia Jepang bernama Koraeda. Nahas tugas tersebut justru mengantarkannya pada dendam milik adik Koraeda bernama Ray.

Ray mengejar In Nam sampai ke Thailand karena lelaki itu harus menjemput putri semata wayangnya. Bisakah In Nam menyelamatkan diri sekaligus putrinya dari kejaran Ray?

6. The Book of Fish

the book of fish_

"The Book of Fish" menjadi film terbaik selanjutnya dari Korea Selatan yang wajib kamu masukkan dalam watch list. Dengan formula hitam putih, film yang dibintangi Sol Kyung Gu dan Byun Yo Han ini memenangkan penghargaan Grand Prize pada ajang Baeksang Arts Awards 2021.

Film ini juga memenangkan beberapa kategori di ajang Blue Dragon Film Awards ke 42, antara lain Best Screenplay dan Best Cinematography.

Para pemainnya, Sol Kyung Gu dan Byun Yo Han pun tidak luput dapat apresiasi bergengsi atas nama pribadi sebagai Best Actor.

"The Book of Fish" bercerita tentang Jeong Yak Jeon, cendekiawan di era Joseon yang diasingkan ke Pulau Heuksando pada 1801 selama masa Catholic Persecution di zaman Raja Sunjo.

Selama diasingkan dia menulis sebuah ensiklopedia tentang dunia ikan. Dia bertemu seorang nelayan muda yang paham tentang kelautan bernama Chang Dae. Keduanya lalu bertukar pengetahuan.

7.  Miracle: Letters to President

miracle letters to president_

"Miracle: Letters to President" dinominasikan ke dalam beberapa kategori di ajang Blue Dragon Film Awards 2021. Ia bercerita tentang seorang anak lelaki pintar dan berprestasi tinggal di sebuah desa tanpa akses transportasi memadai.

Untuk keluar dari desa, dia dan para tetangganya harus berjalan menyusuri rel kereta api, melewati tiga stasiun dan banyak lainnya. Oleh karena itu setiap perjalanan seperti bertaruh dengan maut. Hingga suatu ketika, peristiwa traumatis terjadi di hidupnya.

Anak kecil itu mulai menulis surat untuk presiden berisi permintaan agar desanya dibuatkan jalan, sehingga akses transportasi dapat lebih mudah.

Ratusan surat bahkan ribuan surat telah dikirim selama bertahun-tahun tetapi tidak ada hasil. Sampai suatu hari, suratnya ditanggapi. Dia lalu memprakarsasi pembangunan stasiun kecil, yang bisa dipakai transit kereta yang lewat agar warga tidak perlu jalan kaki terlampau jauh. 

8. Escape From Mogadishu

escape from mogadishu_

Bukan hanya dari segi pendapatan dari jumlah tiket yang terjual, "Escape From Mogadishu" adalah satu dari beberapa film Korea Selatan tahun 2021 terbaik yang mengumpulkan banyak sekali nominasi dan penghargaan.

Pada Blue Dragon Film Awards 2021 saja ia sudah dinominasikan ke dalam dua belas kategori dan memenangkan lima di antaranya, termasuk Best Film dan Best Director. Film ini juga sempat dipilih menjadi wakil Korea Selatan di ajang Academy Award untuk Best International Feature Film

"Escape From Mogadishu" menceritakan pengalaman mengerikan dua Duta Besar Korea Selatan dan Utara yang terjebak di Mogadishu saat Somali Civil War terjadi di akhir 1980-an.

Han Sin Seong dari Selatan dan Rim Yong Su dari Utara yang semula bersaing mendapatkan keanggotaan PBB harus saling bantu agar bisa keluar dengan selamat dari konflik tersebut. 

9. Hostage: Missing Celebrity

hostage - missing celebrity_

Sebagai film ketiga terlaris sepanjang tahun 2021 di Korea Selatan, "Hostage: Missing Celebrity" jadi salah satu tontonan terbaik yang bisa kamu nikmati.

Dibintangi Hwang Jung Min, film ini tidak perlu menambahkan banyak elemen agar memikat penonton. Hwang Jung Min bahkan berperan sebagai dirinya sendiri; seorang selebritas papan atas yang selalu berhasil menelurkan karya-karya terlaris. 

Sayangnya, Hwang Jung Min harus berurusan dengan beberapa penculik yang menginginkan uang tebusan dalam jumlah banyak.

Bersama satu korban penculikan lain, dia berusaha melepaskan diri dari kelompok mengerikan tersebut. Dalam film ini Park Sung Woong menjadi cameo dan tampil sebagai teman Hwang Jung Min yang berprofesi sebagai sesama artis. 

10. Sinkhole

sinkhole_

Sebagai film terlaris kedua sepanjang tahun 2021 di Korea Selatan, "Sinkhole" tawarkan cerita yang terhitung tidak biasa.

Memasang Cha Seung Won, Kim Sung Kyun dan Lee Kwang Soo, film bertema bencana ini dibumbui dengan komedi. Alhasil, ketegangan dan perasaan putus asa terjebak di lubang sedalam 500 meter bukan satu-satunya suguhan yang bisa kamu dapatkan dari film ini.

"Sinkhole" bercerita tentang nasib buruk yang menimpa Park Dong Won; seorang pekerja keras yang menabung selama 11 tahun untuk mendapatkan satu flat tempat tinggal di sebuah apartemen di Seoul.

Saat mengadakan pesta di rumah barunya, apartemen yang ditinggali Dong Won tiba-tiba amblas sampai 500 meter ke dalam tanah. Dong Won dan para tamu serta beberapa penghuni berjuang keluar dari lubang tersebut.

11. On the Line

on the line_

Film Korea terbaik sepanjang masa yang rilis tahun 2021 selanjutnya berjudul "On The Line". Berdasarkan data yang ada pada Korean Film Council, film ini berada di peringkat keempat terlaris dalam hal penjualan tiket sepanjang tahun 2021.

Para aktor yang ambil bagian di dalamnya adalah nama-nama besar seperti Byun Yo Han yang juga ikut main dalam "The Book of Fish" (2021), Kim Mu Yeol (Intruder-2020), dan Kim Hee Won (Pawn-2020).

"On The Line" mengisahkan kehidupan mantan detektif bernama Seo Joon yang menjadi korban kejahatan berupa voice phishing.

Seo Joon tidak sendiri karena rekan dan keluarganya juga turut jadi korban. Berbekal kemampuannya, Seo Joon melacak organisasi penipuan yang ternyata membawanya pada saluran call center di China. Bisakah Seo Joon mendapatkan uangnya kembali?

12. Hard Hit

hard hit_

Pagi yang cerah, Lee Seong Gyu, seorang manajer kantor cabang sebuah bank mengantar dua buah hatinya pergi ke sekolah sembari berangkat bekerja.

Kondisi yang tampak normal itu mendadak berubah mencekam ketika Seong Gyu menerima telepon misterius dari seorang pria. Dia mengatakan kalau mobil yang mereka tumpangi sudah terpasang bom di bawah tempat duduk masing-masing.

Bom akan meledak jika Seung Gyu atau putra-putrinya meninggalkan mobil. Seung Gyu tidak percaya begitu saja tetapi satu rekan kerjanya yang lain juga menerima ancaman serupa.

Sejurus kemudian, dia melihat mobil rekannya meledak di depan mata. Penelepon misterius itu meminta sejumlah uang dalam jumlah sangat besar karena ternyata sang istri meninggal dunia setelah investasi yang disarankan Seung Gyu gagal. 

13. Tomb of The River

tomb of the river_

Rilis bulan November 2021, "Tomb of The River" berhasil meraih pendapatan kotor sebesar 2,6 Juta dollar. Film yang disutradarai oleh Yoon Young Bin ini dibintangi beberapa nama besar, di antaranya Yu Oh Seong dan Jang Hyuk. Cerita filmnya berputar pada perebutan kekuasaan sebuah villa mewah yang berakhir dendam dan kematian.

Kim Gil Seok yang diperankan Yu Oh Seong dipercaya mengelola villa tersebut karena dinilai matang secara emosi.

Sementara itu, Jang Hyuk yang berperan sebagai Lee Min Seok adalah seorang penagih hutang yang tak segan membunuh orang. Dia serakah dan ambisius, sehingga menginginkan villa mewah tersebut dan membunuh bos dari Kim Gil Seok. Gil Seok yang terkenal tak pernah membunuh orang, datang untuk membalas dendam. 

14. Spiritwalker

spiritwalker_

"Spiritwalker" menjadi film Korea terbaik selanjutnya karena menurut data film ini menduduki peringkat ke 7 film Korea terlaris tahun 2021. Disutradarai Yoon Jae Geun yang sebelumnya hadir dengan karya berjudul "Heartbeat" (2011), film ini bercerita tentang seorang pria yang kehilangan ingatannya dan bangun dalam tubuh baru setiap 12 jam. 

Kondisi aneh ini terjadi ketika dia terbangun di tengah-tengah kecelakaan mobil, di tubuh seseorang yang tidak dikenalinya. Pria itu mulai menyadari kalau ruhnya terperangkap dalam tubuh yang berbeda-beda setiap 12 jam.

Dalam keadaan putus asa mencari tubuh dia sebenarnya, lelaki itu bertemu seorang wanita yang mengaku mengenalnya. Saat mulai menggali lebih jauh, sebuah organisasi rahasia mengejarnya. Sebelum terlambat dia harus menemukan jalan kembali ke tubuhnya sendiri.

15. Nothing Serious

nothing serious_

Setelah diramaikan oleh genre misteri atau thriller, kali ini pilihan film Korea terbaik tahun 2021 ber-genre romantis berjudul "Nothing Serious".

Dibintangi Son Sukku dan Jeong Jong Seo, film ini rilis pada November tahun lalu dan sudah ditonton oleh 600 ribu orang lebih. Berdurasi sekitar 94 menit, "Nothing Serious" bercerita tentang Woo Ri, seorang pemuda berusia 33 tahun, reporter pemula dan penulis kolom tentang seks, yang bercita-cita menjadi penulis novel.

Woo Ri merasa kesepian tapi juga tak pernah berhasil menjalin hubungan. Hingga kemudian dia bertemu dengan Ja Young, wanita lajang berusia 29 tahun yang pemberani tapi kurang beruntung karena kerap gagal dan terlilit hutang. Pertemuan mereka cukup unik karena keduanya dipertemukan di sebuah aplikasi kencan.  

16. Perhaps Love

perhaps love_

Dibintangi Ryu Seung Ryong, Oh Na Ra dan Kim Hee Won, film "Perhaps Love" merupakan karya pertama aktris Jo Eun Ji sebagai sutradara.

Untuk film debutan, hasil yang diperoleh terbilang memuaskan. Ia menduduki peringkat 10 sebagai film Korea terlaris di negaranya. "Perhaps Love" bercerita tentang seorang penulis buku terlaris bernama Hyun yang ternyata sedang berjibaku dengan writer’s block. 

Akibat masalah itu, Hyun belum menerbitkan buku dalam tujun tahun terakhir. Dia berusaha menulis tetapi terus merasa terhambat. Hyun punya hubungan baik dengan mantan istrinya. Putra mereka kini sudah berusia 19 tahun.

Hyun kini sudah menikah lagi dan memiliki seorang putri yang tinggal di luar negeri. Hyun merasa kesepian. Hyun kemudian memberikan kuliah di sebuah universitas dan tertarik dengan tulisan mahasiswanya. Hubungan mereka berkembang ke arah yang tidak diduga.

17. Mission Possible

mission possible_

Terinspirasi oleh Mission Impossible karya Bruce Geller, Kim Hyung Joo membuat sebuah film ber-genre action dengan bumbu komedi berjudul "Mission Possible".

Memasang Lee Sun Bin dan Kim Young Kwang film ini bercerita tentang seorang agen rahasia dari China bernama Yoo Da Hee yang dikirim ke Korea Selatan untuk menyelidiki penyelundupan senjata api ilegal. Tanpa pengalaman sebelumnya mata-mata tersebut hanya mengikuti instruksi dari atasan.

Yoo Da Hee seharusnya bertemu seseorang yang memang sudah ditugaskan membantunya, tapi malah terjebak bersama seorang detektif swasta bernama Woo Soo Han.

Namun, tanpa diduga sebelumnya, Soo Han ternyata bukan orang biasa. Keduanya lantas mulai menyelidiki penyelundupan senjata tersebut. Sayang, mereka tersandung peristiwa kematian saksi yang dibutuhkan.

18. Waiting for Rain

waiting for rain_

Salah satu film Korea terbaik ber-genre romance ini cukup unik karena dua pemeran utamanya tidak pernah berada dalam satu frame.

"Waiting for Rain" bercerita tentang kisah seorang pemuda bernama Young Ho yang tiba-tiba teringat cinta pertamanya saat sekolah dulu. Dia mengingat gadis itu dengan nama So Yeon. Young Ho kemudian mulai menulis surat untuk So Yeon.

Namun, surat yang dia tulis dibalas oleh So Hee karena ternyata So Yeon sedang sakit keras. So Hee berpura-pura menjadi So Yeon dalam surat balasan yang dia kirim untuk Young Ho.

Keduanya menemukan kenyamanan pada setiap surat yang dikirimkan. Hingga suatu hari Young Ho mengetahui kalau So Yeon sudah lama meninggal dunia. Dia tidak percaya karena sebelum itu mereka membuat janji bertemu pada 31 Desember. Dalam surat tersebut, So Yeon akan menemui Young Ho jika hujan turun. 

19. Seobok

seobok_

Dibintangi Gong Yoo dan Park Bo Gum, film "Seobok" bercerita tentang Seo Bok, cloning manusia pertama yang diinginkan banyak pihak karena tulang sumsumnya bisa untuk keabadian.

Guna menjaga Seo Bok, mantan pembunuh bayaran bernama Ki Hun ditugaskan melindunginya. Ki Hun terlibat dalam situasi berbahaya karena dia dan Seo Bok justru dijebak.

Ki Hun yang menderita kanker cenderung pasrah dengan hidupnya. Namun ketika bahaya mengancam, dia juga tak ingin mati begitu saja. Persahabatan mereka pun terjalin di tengah situasi berbahaya. Ki Hun dan Seo Bok akhirnya membuat satu pilihan yang tak bisa dihindari.

20. The Pirates: The Last Royal Treasure

the pirates_

Rilis pada 26 Januari 2022, film "The Pirates: The Last Royal Treasure" sudah berhasil menjual lebih dari 1 juta tiket pada 5 Februari 2022.

Dengan catatan yang memuaskan, film ini menjadi film Korea pertama terbitan tahun 2022 yang meraih angka fantastis. Disutradarai Kim Jeong Hoon, "The Pirates: The Last Royal Treasure" adalah sekuel dari "The Pirates" (2014).

Ia bercerita tentang perjalanan pencarian harta karun peninggalan Kerajaan Goryeon. Woo Moo Chi yang dulu pernah menjadi bajak laut, kini tinggal bersama tangan kanannya, Kang Seob.

Di sisi lain Hae Rang, pemimpin kapal bajak laut memiliki beberapa anak buah. Untuk mendapatkan harta karun, dua bajak laut itu harus menghadapi Bu Heung Soo. Bisakah keduanya memenangkan pertarungan? 

1 234
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram