20 Film Korea Terbaik di Tahun 2022

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Film Korea terbaik di bawah ini memberimu pilihan yang beragam; entah dari segi cerita, genre dan pemainnya. Tahun ini ada banyak film Korea yang bisa kamu nikmati, baik di bioskop atau melalui beberapa layanan streaming online berbayar.

Di negerinya sendiri, film-film di bawah ini dapat sambutan luar biasa. Mereka merajai posisi pertama untuk penjualan tiket selama berminggu-minggu. Kamu yang butuh rekomendasi film Korea terbaik di tahun ini, berikut kami rekomendasikan beberapa pilihannya. Apa saja judul yang dimaksud? Ini dia informasinya untukmu!

1. Decision to Leave

Decision to Leave

Park Chan Wook kembali membuktikan kualitasnya sebagai sutradara kelas wahid dengan film terbarunya berjudul Decision to Leave (2022). Dibintangi Tang Wei dan Park Hae Il, film ini bahkan melaju sampai Cannes Film Festival 2022 dan mengantarkan Park Chan Wook menyabet gelar Best Director.

Decision to Leave (2022) sebuah film neo-noir romantic mystery yang mengisahkan hubungan terlarang antara seorang detektif beristri dengan wanita muda yang tengah diselidiki terkait kematian suaminya.

Hae Jun tinggal terpisah dengan istrinya karena sibuk menyelidiki kasus kematian seorang lelaki paruh baya yang kaya raya. Istri mendiang, Seo Rae, ikut diselidiki sebagai saksi.

Seo Rae tampaknya memberi kesan tersendiri bagi Hae Jun ketika keduanya bertemu untuk pertama kali di ruang interogasi.

Seiring dengan penyelidikan yang dia lakukan, Hae Jun mendapati dirinya terjebak pesona Seo Rae dan jatuh cinta, begitu pula sebaliknya. Walau terlarang Hae Jun tampak menikmati hubungannya dengan Seo Rae hingga sebuah kenyataan membuatnya bimbang.

2. 20th Century Girl

20th Century Girl

Pengalaman jatuh cinta pertama kali selalu memberikan kenangan indah bagi siapa pun, termasuk gadis cantik yang ceria bernama Na Bo Ra. Bo Ra bertemu cinta pertamanya di bangku sekolah.

Ketika itu dia berniat membantu sang sahabat, Yeon Du, yang naksir seorang pemuda. Yeon Du tidak tahu pasti nama pemuda itu, tetapi dari nametag yang tertera dia yakin namanya adalah Baek Hyun Jin.

Selagi Yeon Du berada di luar negeri untuk operasi jantung, Bo Ra menjalankan misi mencari tahu banyak hal tentang Hyun Jin guna melaporkannya. Selama mencari tahu tentang Hyun Jin itulah Bo Ra menjadi dekat dengan Poong Woon Ho. Dia merupakan satu-satunya teman Hyun Jin di sekolah.

Woon Ho dan Bo Ra kebetulan berada dalam klub atau organisasi yang sama sehingga keduanya kerap berinteraksi. Kedekatan mereka lama-lama mulai menumbuhkan perasaan spesial. Semua berjalan menyenangkan hingga kemudian Yeon Du kembali ke Korea dan sebuah kesalahpahaman terjadi di antara mereka.

3. Broker

Broker

Film Korea terbaik 2022 berikutnya, Broker (2022), sama-sama ‘lulusan’ Cannes Film Festival 2022. Film ini mengantarkan Song Kang Ho sebagai Best Actor pada penghargaan bergengsi tersebut. Selain Song Kang Ho, bintang-bintang lain yang terlibat antara lain Gang Dong Woon, Bae Doona, Lee Ji Eun dan Lee Joo Young.

Disutradarai oleh Hirokazu Kora-eda, Broker (2022) bercerita tentang Ha Sang Hyeon yang bekerja sebagai pemilik usaha laundry sekaligus sukarelawan di sebuah gereja.

Dalam menjalankan aktivitasnya Sang Hyeon dibantu oleh Hyung Dong Soo. Dua orang itu diam-diam menjalankan bisnis ilegal, yaitu menculik bayi-bayi yang disimpan di sebuah kotak di gereja untuk dijual secara ilegal di pasar adopsi.

Hari itu ibu muda dari bayi yang diambil Sang Hyeon dan Dong Soo datang kembali setelah menaruh bayinya. So Young bertemu dengan keduanya dan bergabung untuk menemui calon orangtua asuh dari bayinya. Selama perjalanan mereka tidak sadar tengah diintai oleh dua detektif.

4. The Roundup

The Roundup

Sebagai film Korea berpenghasilan tertinggi di tahun 2022, The Roundup (2022) juga suguhkan cerita berkualitas. Karya sutradara Lee Sang Yong ini merupakan sequel dari film The Outlaws (2017) yang sama-sama sukses saat penayangannya.

Dikawal oleh Ma Dong Seok dan Son Sukku, The Roundup (2022) akan membawamu pada cerita tentang perburuan pembunuh berdarah dingin. Empat tahun setelah operasi penyisiran di Garibong-dong, detektif Ma Seok Do dan kapten Jeon Il Man ditugaskan pergi ke Vietnam guna mengekstradisi Yoo Jong Hoon.

Sesampainya di Vietnam, deketif Ma langsung menginterogasi Jong Hoon yang menyerahkan diri. Menurutnya dia menyerahkan diri karena takut dibunuh oleh Lee Jong Du. Dua petugas kepolisian itu segera mencari Jong Du dan terkejut karena menemukan orang itu sudah tewas.

Kematiannya terkait dengan Kang Hae Sang; seorang pembunuh kejam yang menculik dan membunuh orang-orang Korea dan turis dengan imbalan uang. Dapatkah detektif Ma dan kapten Jeon menangkap Kang Hae Sang?

5. 6/45

6/45

Butuh hiburan yang bisa membuatmu tertawa terpingkal-pingkal sampai pipi dan perutmu sakit? Film Korea komedi berjudul 6/45 (2022) dijamin gak akan mengecewakan.

Park Gyu Tae sebagai sutradara berhasil meramu ide cerita yang sensitif antara Korea Utara dan Korea Selatan menjadi satu tontonan yang konyol dan menghibur.

6/45 (2022) bercerita tentang nasib apes Park Chun Woo, tentara Korea Selatan yang bertugas di perbatasan karena kehilangan lotre bernilai 5 Miliar Won.

Lotre tersebut terbawa angin dan terbang sampai ke Korea Utara dan mendarat di tangan seorang tentara militer bernama Ri Young Ho. Untuk mendapatkan lotre tersebut kembali, Chun Woo harus melalui banyak hal.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram