Bacaterus / Film Korea / 10 Drama dan Film Korea Tentang Kerajaan Terbaik

10 Drama dan Film Korea Tentang Kerajaan Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Februari 2019

Korea adalah Negara yang sangat terkenal dunia entertainment-nya. Mulai dari musik sampai dengan filmnya yang memang sangat terkenal hingga ke negara-negara lain. Korea memang dikenal sering mengangkat cerita drama romantis, tetapi Negeri Ginseng ini juga sering membuat drama tentang kerajaan.

Tidak cuma film layar lebar saja, ada sejumlah serial TV Korea yang mengangkat tema kerajaan. Berikut ini Bacaterus akan mengulas tentang 10 serial TV dan film Korea tentang kerajaan yang populer sepanjang masa.

10 Drama dan Film Korea Tentang Kerajaan

1. Dae Jang Geum (Jewel in The Palace)

Dae Jang Geum Film Korea Tentang Kerajaan

Walaupun ada puluhan judul serial TV dan film Korea tentang kerajaan, film Jewel in The Palace atau yang dikenal dengan judul “Dae Jang Geum” menjadi salah satu serial TV bertema kerajaan yang paling banyak ditonton di zamannya. Bahkan, K-Drama ini juga pernah ditayangkan di Indonesia.

Jewel in The Palace mengisahkan tentang seorang gadis piatu bernama Dae Jang Geum yang tadinya hanya rakyat biasa. Gadis ini pandai memasak dan meramu obat sehingga dipercaya menjadi dokter kerajaan. Serial ini diangkat dari kisah nyata tentang Jang-geum, tabib wanita pertama di zaman Joseon.

2. Queen Seon Duk

Queen Seon Duk

Queen Seon Duk mengisahkan tentang wanita pertama yang menjadi penguasa di Dinasti Silla. Kisah ini berfokus pada Putri Deokman yang diasingkan keluar istana. Saat beranjak dewasa, sang putri harus kembali ke kerajaan untuk diangkat menjadi pemimpin. Tugas sang putri adalah menjaga kerajaannya dari Mi Sil, seorang wanita cantik yang berambisi untuk menguasai kerajaan.

Usaha Deokman dalam melawan musuhnya dipenuhi dengan intrik. Namun, jalan cerita serial TV ini tidak membosankan dan justru sangat seru untuk ditonton. Berhasilkah Deokman memperjuangkan dinastinya sendiri dan menjadi pemimpin yang dicintai oleh rakyatnya?

3. The Fortress

The Fortress

Salah satu film Korea tentang kerajaan dengan jumlah penonton yang cukup banyak adalah The Fortress. Bahkan, salah satu aktor terfavorit di Korea, Lee Byung-hun, turut bermain dalam film ini. Film ini mengambil setting pada tahun 1636, saat di mana Dinasti Qing menyerang Joseon.

Raja Injo dari Dinasti Joseon bersembunyi di benteng bernama “Namhansangseong” bersama sejumlah pengikutnya. Mereka terisolasi dari dunia luar.

Salah satu pengikut Raja Injo, Choi Myung-kil (Lee Byung-hun) memiliki tekad untuk melakukan negosiasi dengan Dinasti Qing. Sementara salah satu pengikut Raja Injo yang lain, Kim Sang-hun, tetap mengusulkan mereka untuk berjuang meskipun harus menimbulkan peperangan.

4. King and The Clown

King and The Clown

Pada tahun 2005, ada sebuah film Korea tentang kerajaan yang masuk dalam daftar film Korea paling laris sepanjang masa. Selama penayangannya di bioskop, film King and The Clown ini berhasil menjual 12,3 juta tiket. Film ini menggambarkan kejamnya rezim Raja Yeonsan.

Dua badut jalanan, Jang-saeng dan Gong-gil diadili di kerajaan karena sering mengolok-ngolok anggota istana kerajaan ketika menghibur. Mereka ditunjuk oleh kerajaan untuk menghibur raja, jika raja tidak tertawa maka mereka akan dieksekusi.

Setelah keduanya berhasil membuat sang raja tertawa, ternyata raja lebih menyukai Gong-gil sehingga hal tersebut membuat Jang-saeng cemburu. Kemudian, kesukaan raja terhadap Gong-gil membuat salah satu selir raja cemburu dan coba memfitnah Gong-gil.

Apakah Jang-saeng dan Gong-gil berhasil bebas dari kerajaan tersebut? Atau justru mereka menjadi korban kekejaman rezim Rajan Yeonsan?

5. Masquerade

Masquerade

Masquerade juga menjadi film yang tidak kalah populer dibandingkan dengan King and The Clown. Aktor Lee Byung-hun lagi-lagi ditunjuk untuk menjadi pemeran utama film Korea tentang kerajaan ini.

Dikisahkan bahwa Raja Gwanghae (Lee Byung-hun) sudah memimpin kerajaan selama 8 tahun dan merasa bahwa ada orang dalam istana yang ingin meracuninya. Akhirnya, sang raja memerintahkan dewannya untuk mencari orang yang mirip dengan dirinya.

Dewan yang diperintahkan datang dengan membawa Ha-sun, badut yang biasa melakukan pertunjukan cabul di hadapan bangsawan. Ha-sun sangat pandai meniru gerak-gerik dan cara bicara raja. Ha-sun pun ditunjuk untuk menggantikan peran raja.

Ketika sang raja yang sebenarnya sakit, Ha-sun melanjutkan tipu muslihatnya. Namun, tanpa ia sadari sifat asli Ha-sun keluar. Rakyat dan anggota kerajaan pun heran melihat raja yang lebih manusiawi dan emosinya lebih stabil. Ha-sun tidak menyadari bahwa pribadinya yang mulai terkuak itu membuat musuh dalam selimut mencari cara untuk menghancurkan dirinya dan sang raja.

6. Jumong

Jumong

Drama TV Korea tentang kerajaan yang cukup populer pada masanya adalah Jumong. Pada awalnya, Jumong hanya memiliki 60 episode saja. Namun, antusiasme penonton membuat episode drama ini ditambah menjadi 81 episode.

Jumong mengangkat cerita tentang pendiri Kerajaan Goguryeo. Meskipun fakta sejarah diadaptasi dari kisah Jumong yang sebenarnya, tetapi drama ini termasuk fiktif karena banyak elemen tambahan di dalamnya. Jumong termasuk dalam drama bertema kerajaan dalam genre laga, thriller, dan roman.

7. The Moon That Embraces The Sun

The Moon That Embraces The Sun

Selanjutnya, The Moon That Embraces The Sun masuk dalam daftar serial TV dan film Korea tentang kerajaan yang cukup populer. Serial ini merupakan drama kolosal fantasi yang diadaptasi dari novel Jung Eun-gwol dengan judul yang sama.

Sinopsis serial TV ini menceritakan tentang cinta terlarang yang terjadi di antara seorang raja Joseon, Raja Lee-hwon dan seorang dukun perempuan bernama Yeon-woo. Kisah cinta dari dua insan yang memiliki status sosial berbeda ini sangat terlarang pada zaman dulu. Drama kerajaan ini cukup seru, apalagi ditambahkan dengan sedikit konspirasi politik di dalamnya.

8. Dong Yi

Dong Yi

Yang satu ini adalah drama Korea tentang kerajaan yang pernah populer di tahun 2010, yaitu Dong Yi. Drama yang terdiri dari 60 episode ini memiliki jalan cerita menarik dan visualisasi sederhana tetapi tidak membosankan.

Sinopsis singkat dari drama ini menceritakan tentang Dong Yi, seorang pelayan yang mendapat kepercayaan dari sang ratu kerajaan. Kemudian, Dong Yi menjadi salah satu selir dan memiliki seorang putra. Putra yang dilahirkan oleh Dong Yi ini nantinya akan menjadi Raja Joseon yang ke-21.

9. Arang and the Magistrate

Arang and the Magistrate

Berbicara mengenai serial TV dan film Korea tentang kerajaan, kita tidak bisa melewatkan Arang and the Magistrate. Drama yang terdiri dari 20 episode ini mengisahkan tentang Arang, hantu seorang gadis yang diyakini tewas karena perbuatan keji orang di sekitarnya.

Ayah Arang yang masih hidup menganggap gadis itu lari dengan seorang laki-laki. Kemudian, Arang dibantu oleh seorang bangsawan yang memiliki indra keenam untuk mengungkap kasus kematiannya yang masih menjadi misteri.

10. Princess Hours

Princess Hours

Film korea bertema kerajaan tidak harus mengambil setting zaman dulu. Bahkan, film kerajaan dengan setting masa kini juga bisa menjadi populer, seperti Princess Hours. Drama kerajaan yang hanya memiliki 24 episode ini menceritakan tentang kerajaan yang berdiri dari tahun 1945 sekarang.

Kisah cinta perjodohan sampai konflik perebutan kekuasaan ada dalam film ini. Princess Hours tayang di MBC pada tahun 2006. Serial TV ini juga pernah ditayangkan di salah satu stasiun TV nasional di Indonesia tak berselang lama dengan waktu tayangnya di MBC.

10 serial TV dan film Korea tentang kerajaan di atas adalah yang terpopuler sepanjang masa. Bila Anda ingin menambahkan judul lainnya, silakan tulis judul yang Anda rekomendasikan di kolom komentar yang tersedia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *