Bacaterus / Film Korea / 10 Film Korea tentang Bencana yang Bisa Membuat Merinding

10 Film Korea tentang Bencana yang Bisa Membuat Merinding

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 November 2019

Sineas perfilman Korea memang cukup intens memberikan tontonan yang menarik. Selain tema cerita yang menarik, kualitas akting para pemainnya pun seolah menjadi pertimbangan yang matang untuk setiap karya yang dibuat. Bila kamu merasa bosan dengan film drama atau action. Kali ini Bacaterus telah rangkum 10 film Korea bertema bencana yang wajib kamu tonton. Berikut adalah daftarnya:

1. Haeundae

Haeundae (Copy)Haeundae adalah sebuah film bertema bencana yang dirilis tahun 2009. Film ini menjadi film paling sukses yang mengangkat tema bencana Korea. Menggandeng aktor-aktor kawakan seperti Ha Ji Won, Park Joong Hoon, Uhm Jung Hwan dan Sol Kyung Gu. Film ini telah mencuri perhatian para penonton.

Bemula ketika seorang geologis bernama Kim Hwi yang diperankan Park Joong Hoon menemukan sebuah kondisi yang dapat menimbulkan tsunami besar di wilayah Haeundae. Haeundae sendiri adalah sebuah kota yang memiliki pantai dan kerap menjadi tujuan wisatawan.

Kim Hwi pun segera memperingati bencana tersebut pada Badan Penanggulangan Bencana dan mantan istrinya Yoo Jin yang diperankan Umh Jung Hwa yang bekerja di sana. Hanya saja hal tersebut dianggap angin lalu.

Sementara di satu sisi, pemilik restoran di sisi pantai bernama Yeon Hee yang diperankan Ha Ji Won sedang memiliki masalah rumit dengan kekasihnya, Man Sik yang diperankan Sol Kyung Gu ketika tsunami menerjang Haeundae.

Berhasilkah para tokoh terlepas dari bencana air yang mengerikan tersebut? Film yang terinspirasi bencana tsunami tahun 2004 ini memang menjadi tontonan menarik yang menegangkan.

2. The Tower

The Tower (Copy)

The Tower dirilis tahun 2012. Film yang terinspirasi oleh film Hollywood tahun 1974 berjudul The Towering Inferno ini bercerita tentang tragedi kecelakaan helikopter yang menabrak sebuah gedung apartemen mewah bernama Sky Tower hingga menimbulkan kebakaran dahsyat.

Sang tokoh utama, Lee Dae Ho yang diperankan Kim Sang Kyung adalah seorang manajer apartemen. Ia harus mengurus acara natal di restoran apartemen ketika kebakaran itu terjadi. Ia kemudian berusaha menemukan anaknya dibantu oleh seorang petugas pemadam kebakaran bernama Young Kee yang diperankan Sul Jyung Gu.

Berhasilkah keduanya membantu korban yang terjebak di dalam gedung? Film Korea yang menggambarkan bencana dalam sebuah gedung pencakar langit ini memang seru dan wajib ditonton. Memiliki visual efek yang keren, penonton akan dibawa menyelami rasa pilu saat bencana terjadi.

3. The Tunnel

The Tunel (Copy)

The Tunnel merupakan sebuah film yang diangkat berdasarkan novel berjudul sama oleh penulis So Jae-won. Film yang dibintangi oleh Ha Jung-woo dan Baek Doona ini dirilis tahun 2016. Bercerita mengenai seorang ayah yang bernama Lee Jung-soo yang diperankan oleh Ha Jung woo ketika perjalanan pulang ke rumah untuk merayakan ulang tahun putrinya.

Pada saat mengemudi dan melewati sebuah terowongan, tiba-tiba saja terowongan tersebut runtuh. Lee Jung-soo pun terperangkap di dalam mobil yang tertimpa reruntuhan terowongan. Di tengah usaha penyelamatan. Lee Jung-soo harus bertahan hidup dengan ketersediaan dua botol air dan kue ulang tahun putrinya.

Berhasilkah Lee Jung woo diselamatkan dalam bencana mengerikan tersebut? Memiliki jalan cerita menarik. Film tentang perjuangan seorang ayah dan regu penyelamat ini memang dipenuhi rasa haru.

4. EXIT

EXIT (Copy)

Film EXIT yang dirilis pada bulan Agustus 2019 ini memang cukup dinantikan saat pemutarannya. Menampilkan idol sekaligus aktris cantik Im Yoona dari Girls Generation. Di dalam film yang menceritakan tentang bencana di Korea ini Yoona dipasangkan dengan aktor Jo Jung-suk.

Berkisah tentang Yong Nam yang diperankan Jo Jung Suk dan Eui Joo yang diperankan Yoona. Keduanya dipertemukan dalam sebuah klub panjat tebing. Memiliki latar kehidupan yang berbeda dimana Yong-nam adalah seorang pengangguran yang masih tinggal dengan orang tua. Sementara Eui-joo adalah seorang asisten manajer di sebuah restoran.

Bencana terjadi ketika Yong-nam mengadakan acara ulang tahun ibunya di restoran tempat Eui-joo bekerja. Saat itu gas beracun tengah menyebar di seluruh kota Seoul. Keduanya berusaha menyelamatkan diri dan keluarganya.

Di dalam film ini Yoona dan Jo Jung-suk menunjukkan staminanya yang kuat untuk sampai ke atas gedung. Berhasilkah usaha keduanya menyelamatkan diri? Film action yang dibalut dengan romansa dan tingkah lucu keduanya saat menyelamkan diri memang bisa membuat penonton betah untuk menonton film yang satu ini.

5. Pandora

Pandora (Copy)

Film Pandora merupakan sebuah film yang telah dirilis pada tahun 2016. Film tentang bencana ini telah berhasil mencuri rasa penasaran para pecinta film bertema bencana di seluruh dunia. Menggaet sejumlah aktor ternama seperti Kim Nam-gil, Jung Jin-yeong, Joo Jin-mo dan aktris senior Kim Young-ae sebagai pemain.

Film Pandora telah berhasil menjadi film sukses dengan review yang baik dari pemerhati film. Berkisah tentang Kang Jae-hyuk yang bekerja sebagai seorang mekanik di pembangkit listrik nuklir. Pyung-sub yang bekerja sebagai manager di tempat tersebut merasakan kekhawatiran terhadap kondisi tempatnya bekerja.

Meskipun Pyung-sub sudah memberitahukan hal tersebut pada pemerintah. Namun, laporannya tersebut tak mendapat respons yang baik. Hingga suatu hari, terjadi gempa yang menyebabkan sebuah ledakan besar yang menyebarkan radiasi berbahaya.

Film yang cukup mengharukan tentang para pekerja ini memang sayang untuk dilewatkan. Bagaimana nasib para pekerja dan keluarga karena bencana tersebut? Tonton sendiri filmnya.

6. Deranged

Deranged (Copy)

Dirilis tahun 2012, film Deranged berkisah tentang sebuah wabah mengerikan yang terjadi di Korea Selatan. Bermula ketika penemuan mayat mengenaskan yang mengapung di sungai Han. Semakin hari, penemuan mayat semakin meningkat.

Sementara itu, seorang pegawai farmasi bernama Jae Hyuk yang diperankan oleh Kim-Myung Min memiliki hubungan yang buruk dengan sang adik yang bekerja sebagai detektif bernama Jae-Pil.

Setelah penyelidikan, kematian tersebut ternyata diakibatkan oleh sejenis cacing parasit bernama Yeongasi yang telah bermutasi yang dapat mengontrol otak manusia yang berakhir dengan tindakan melompat ke Sungai Han.

Film tentang wabah yang disebabkan cacing ini memang membuat merinding. Konspirasi seperti apa yang terjadi dalam film? Biar tidak menambah penasaran. Kamu bisa tonton sendiri film yang satu ini.

7. The Flu

The Flu (Copy)

The Flu dirilis tahun 2013. Berkisah tentang virus yang menyebar di wilayah Bundang, Korea Selatan. Berawal dari penemuan mayat para imigran yang misterius saat hendak diselundupkan ke Korea. Salah seorang imigran yang diketahui kebal terhadap virus mematikan tersebut berhasil lolos dan melarikan diri.

Sedangkan penyelundup yang memeriksa para imigran dalam sebuah kontainer besar tanpa sadar berada dekat dengan virus mematikan tersebut. Hingga salah seorang dari mereka terinfeksi dan menyebarkannya dalam sebuah mini market, hingga virus tersebut mulai menyebar dan menginfeksi ribuan orang warga setiap waktu.

Sementara itu di sisi lain, seorang pemadam kebakaran bernama Kang Ji-koo yang diperankan Jang Hyuk baru saja menyelamatkan seorang dokter muda bernama Kim In-hae yang diperankan Soo-Ae. Pertemuan dengan diwarnai sedikit konflik tersebut ternyata berlanjut ketika putri dari Kim In Hae berada dalam situasi buruk di tengah virus mematikan tersebut.

Kang Ji Kok pun berusaha melindungi putri dari Kim In Hae. Berhasilkah ketiganya selamat dari serangan virus yang mematikan tersebut? Film yang cukup sukses ini menjadi film laris yang seru untuk ditonton bersama keluarga di akhir pekan.

8. The Terror Live

The Terror Live (Copy)

The Terror Live dirilis tahun 2013. Film ini bermula ketika seorang penyiar televisi bernama Yeong-hwa Yoon yang diperankan oleh Jung-woo Ha mendapat telepon dari seorang teroris yang akan meledakkan jembatan Mapo yang jaraknya tidak jauh dari kantor tempatnya bekerja.

Yeong Hwa yang pada saat tersebut sedang bekerja menghubungkan langsung pembicaraannya secara live. Setelah percakapan panjang sang teroris pun membuktikan ancamannya dengan menghancurkan jembatan tersebut.

Namun tidak hanya itu, teroris itu pun mengancam akan sebuah bencana yang lebih besar yang akan mengintainya. Bencana seperti apa sebenarnya yang akan coba teroris lakukan? Film yang berhasil memukau penonton dengan kualitas akting sang aktor tampan membuat film bencana yang disebabkan oleh teroris ini sayang untuk dilewatkan begitu saja.

9. Train to Busan

Train to Busan (Copy)

Film Train To Busan sempat menghebohkan dunia perfilman tahun 2016 silam. Bercerita tentang bencana yang disebabkan oleh virus zombie yang menyebar di Korea Selatan. Bercerita tentang perjalanan seorang ayah bernama Seok Woo yang diperankan oleh Gong Yoo dan anak perempuannya menuju kota Busan.

Dalam perjalanan terjadi sebuah kejadian buruk. Berawal dari seorang perempuan yang terifeksi hingga akhirnya menyebar dan membuat kekacauan di kerta selama perjalanan menuju Busan. Menampilkan aktor tampan yang sukses serial drama Goblin.

Film zombie asal Korea ini memang cukup sukses dan meledak di pasaran. Maka tak salah bisa film yang satu ini menjadi film yang wajib untuk ditonton.

10. The Host

The Host (Copy)

Film terakhir berjudul The Host yang dirilis tahun 2006, berkisah tentang makhluk misterius yang menjadi bencana bagi warga yang berada di sungai Han. Mahkluk yang bermutasi akibat cairan limbah kimia sebuah laboratorium perusahaan ini memang cukup mencekam.

Selain memiliki tubuh yang tidak biasa. Kehadiran mahkluk yang suka memangsa manusia ini memang bisa membuat nyali seseorang menciut. Menggandeng aktor terkenal Song Kang Ho, Bae Doona dan aktris muda Ah Sung ko.

Film yang  berhasil menampilkan teror mencekam serta luka karena kehilangan akibat kehadiran makhluk tersebut menambah seru film arahan sutradara yang juga populer berkat film Parasite tahun 2019, Bong Joon Ho.

Nah, itulah 10 film Korea tentang bencana yang berhasil Bacaterus rangkum. Nantikan informasi menarik lainnya yang akan Bacaterus bagi untuk kamu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *