20 Film Komedi Romantis Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Film romantic comedy, atau yang biasa disingkat menjadi rom-com, selalu menghadirkan minat kita untuk menontonnya. Tidak hanya bagi penikmat film romantis saja, tetapi juga mayoritas moviegoers semua. Mengapa bisa begitu?

Hal ini dikarenakan cerita-cerita yang diangkat oleh film dengan genre ini dekat dengan kehidupan sehari-hari yang biasa juga terjadi pada hidup kita. Dibalut dengan selera humor yang ringan tetapi lucu, akan mengundang tawa penonton, jika tidak minimal kita akan tersenyum karenanya.

Selain cerita yang menarik, chemistry aktor-aktrisnya, humor yang cukup baik dan iringan lagu-lagu manis sebagai soundtrack-nya adalah elemen-elemen penting untuk film berjenis ini. Dari deretan film komedi romantis yang selalu hadir di setiap tahunnya, kami pilihkan lima belas yang terbaik di antaranya.

1. Annie Hall [1977]

Annie Hall
*
  • Tahun Rilis: 1977
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: Jack Rollins & Charles H. Joffe Productions, Rollins-Joffe Productions
  • Sutradara: Woody Allen
  • Pemeran: Woody Allen, Diane Keaton, Tony Roberts

“Annie Hall” sangat pantas dinobatkan sebagai film komedi romantis terbaik sepanjang masa. Film yang mendapat 3 piala Oscar ini benar-benar menyajikan sebuah hiburan yang bisa membuat penontonnya baper, tapi kadang-kadang juga tertawa melihat beberapa scene komedi di dalamnya.

Alvy Singer (Woody Allen) adalah seorang stand-up comedian yang sedang mengenang hubungannya dengan Annie Hall (Diane Keaton) yang harus kandas. Alvy adalah sosok pria canggung yang menganggap hanya ada dua jenis manusia di dunia, yaitu terrible dan miserable. Ia juga paranoid dengan hubungan cinta karena pernikahannya dua kali mengalami kegagalan.

Dengan Annie, Alvy merasakan sesuatu yang berbeda. Hubungan mereka menyenangkan dan bisa mengisi satu sama lain. Namun seiring berjalannya waktu hubungan mereka menemui kendala. Mereka sadar hubungan tersebut tidak berjalan dengan baik, tapi keduanya juga masih berat melepas satu sama lain. Apalagi Alby juga merasa bahwa Annie adalah wanita terbaik yang pernah ia jumpai.

2. Groundhog Day [1993]

Groundhog Day
*
  • Tahun Rilis: 1993
  • Genre: Comedy, Fantasy, Romance
  • Produksi: Columbia Pictures
  • Sutradara: Harold Ramis
  • Pemeran: Bill Murray, Andie MacDowell, Chris Elliott

Seorang jurnalis angkuh bernama Phil (Bill Murray) ditugaskan untuk meliput perayaan Groundhod Day di Punxsutawney. Phil berangkat bersama krunya, Larry (Chris Elliott) dan Rita (Andie MacDowell). Usai meliput perayaan tersebut, Phil dkk. tidak bisa kembali ke Pittsburgh akibat badai salju. Akhirnya, mereka memutuskan untuk bermalam di sebuah penginapan.

Pagi harinya, Phil terbangun di hotel tempat ia meliput acara Groundhog Day. Kejadian yang sama pun terulang terus menerus di hari-hari berikutnya. Phil selalu terbangun dengan rutinitas yang sama, di hotel yang sama, dan waktu yang sama (tepat perayaan Groundhog Day berlangsung).

Phil akhirnya mengakali kehidupannya sendiri karena ia sudah mengetahui esok hari dirinya pasti mengulang aktivitas yang sama. Namun situasi seperti ini lama kelamaan membuat Phil depresi hingga bunuh diri. Berbagai cara sudah ia coba untuk bisa kembali ke waktu normal. Akan tetapi, satu-satunya cara untuk keluar dari jebakan waktu yang berulang ini adalah memperbaiki perangainya yang buruk.

3. The Artist [2011]

The Artist
*
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: La Petite Reine, ARP Sélection, Studio 37, La Classe Américaine, France 3 Cinema, U Film, Jouror Productions, JD Prod
  • Sutradara: Michel Hazanavicius
  • Pemeran: Jean Dujardin, Bérénice Bejo, Uggie, John Goodman

Film bisu dan tidak berwarna di era millennium? Mungkin terdengar aneh. Tetapi justru film ini dianggap sebagai tribute untuk dunia perfilman. Diproduksi di Prancis, film yang diarahkan oleh Michel Hazanavicius ini menampilkan chemistry yang nyaris sempurna dari pasangan pemerannya, Jean Dujardin dan Berenice Bejo.

Tanpa sepatah kata pun dialog yang terucap, otomatis ekspresi dan mimik muka mereka menjadi penting dalam menginterpretasikan jalan cerita. Untungnya, mereka berdua termasuk seluruh cast di film ini tampil dengan performa terbaik sehingga kita tidak kesulitan untuk memahami perasaan dan jalan cerita yang disuguhkan di layar.

Kisah cinta yang berawal dari rasa kagum yang awalnya kalah oleh keegoisan, berakhir dengan happy ending bagi semua. Karena tampilan yang unik dan performa apik dari seluruh insan yang terlibat di film ini, membuat The Artist banyak mendulang penghargaan di berbagai ajang festival film, termasuk meraih Best Picture di Academy Awards.

4. Silver Linings Playbook [2012]

silver linings playbook film komedi romantis terbiak
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre:  Romantic Comedy-Drama
  • Produksi: The Weinstein Company
  • Sutradara: David O. Russell
  • Pemeran: Bradley Cooper, Jennifer Lawrence, Robert De Niro

Sinopsis & Review Silver Linings Playbook

Jika biasanya kita disuguhkan dengan kisah romantis dengan pasangan yang kehidupannya nyaris sempurna, maka di film yang satu ini justru pasangan yang ditampilkan masing-masingnya memiliki permasalahan dengan kejiwaannya.

Bukan berarti mereka gila atau sakit jiwa, tetapi ada sedikit gangguan karena trauma atau masalah yang belum ditemukan solusinya. Bradley Cooper yang tampil dengan bipolar disorder berhasil menemukan obatnya lewat karakter yang dibawakan oleh Jennifer Lawrence yang juga bersikap aneh karena trauma yang dialaminya.

Di sini keduanya mampu menampilkan chemistry yang sangat natural yang dibagun dari adegan demi adegan yang sangat menarik. Perlu dicatat, Lawrence tampil sangat cantik dan menarik di film ini, sehingga wajar saja dia berhasil meraih Best Actress dari Academy Awards mengalahkan para seniornya yang masuk sebagai nominator.

5. (500) Days of Summer [2009]

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Romantic Comedy-Drama
  • Produksi: Dune Entertainment
  • Sutradara: Marc Webb
  • Pemeran: Joseph Gordon-Levitt, Zooey Deschanel

Cerita cinta di film ini pasti pernah dialami oleh mayoritas pria manapun, dimana sang pria merasa dia mencintai dan dicintai seakan telah menemukan “the one”, sebaliknya sang wanita tidak percaya akan cinta dan juga tidak mencintai sang pria.

Tetapi mereka dekat dan saling mengisi dalam hidupnya ketika mereka bersama. Chemistry Joseph Gordon-Levitt dan Zooey Deschanel sangat baik dan natural, sehingga membuat film dengan alur cerita yang acak-acakan ini dengan mudah bisa diikuti dan dipahami.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram