Bacaterus / Film Komedi / 10 Film Komedi Romantis Terbaik Sepanjang Masa

10 Film Komedi Romantis Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Film romantic comedy, atau yang biasa disingkat menjadi rom-com, selalu menghadirkan minat kita untuk menontonnya. Tidak hanya bagi penikmat film romantis saja, tetapi juga mayoritas moviegoers semua. Mengapa bisa begitu?

Hal ini dikarenakan cerita-cerita yang diangkat oleh film dengan genre ini dekat dengan kehidupan sehari-hari yang biasa juga terjadi pada hidup kita. Dibalut dengan selera humor yang ringan tetapi lucu, akan mengundang tawa penonton, jika tidak minimal kita akan tersenyum karenanya.

Selain cerita yang menarik, chemistry aktor-aktrisnya, humor yang cukup baik dan iringan lagu-lagu manis sebagai soundtrack-nya adalah elemen-elemen penting untuk film berjenis ini. Dari deretan film komedi romantis yang selalu hadir di setiap tahunnya, kami pilihkan sepuluh yang terbaik di antaranya.

1. When Harry Met Sally… [1989]

film komedi romantis terbaik When Harry Met Sally

Can Men and Women ever just be friends?” Pertanyaan itu yang ingin coba dijawab lewat film ini. Pertemuan mereka yang tidak diduga membuat mereka menjalin pertemanan selama sekitar 12 tahun. Mereka tidak selalu bersama, bahkan dalam rentang waktu itu mereka memiliki pasangan masing-masing.

Tetapi cinta tidak bisa berbohong. Akhirnya setelah sekian lama, mereka bisa menjalin cinta di atas pondasi pertemanan. Naskah yang ditulis oleh Nora Ephron berdasarkan obrolannya dengan sutradara Rob Reiner dan Billy Crystal ini sangat natural dan bisa terjadi pada siapa saja.

Filmnya pun dibesut dengan apik oleh Rob Reiner dan memiliki chemistry yang baik pada Billy Crystal dan Meg Ryan. Film ini menjadi populer diseluruh dunia dan dianggap sebagai tolok ukur film-film rom-com era modern. Bahkan saking populernya, lokasi pertemuan mereka sampai saat ini masih diabadikan oleh pemilik restoran Katz’s Delicatessen seperti pada foto yang bisa dilihat di bawah ini.

2. As Good as It Gets [1997]

As Good as It Gets

Film yang diperankan oleh Jack Nicholson dan Helen Hunt ini memiliki cerita cinta yang unik. Nicholson yang berperan sebagai seorang dengan sifat obsessive-compulsive menjadi jatuh hati kepada seorang waitress sebuah café di mana dia selalu sarapan di sana dengan menu yang sama setiap harinya.

Uniknya, dia selalu membawa sendok dan garpu sendiri. Hatinya yang keras dan pemikiran rasisnya semakin hari semakin melunak ketika dia mulai mengenal kehidupan Hunt yang seorang diri mengasuh anaknya yang menderita penyakit asma akut.

Meski beberapa kali menyangkal akan perasaannya, tetapi cinta tidak bisa berbohong. Atas saran temannya, dia pun memberanikan diri membuang egonya untuk menyatakan cinta. Karena akting memukau dari kedua pasangan ini, Jack Nicholson dan Helen Hunt dinobatkan sebagai Best Actor dan Best Actress dari Academy Awards.

3. There’s Something About Mary [1998]

There’s Something About Mary

Film romantis yang sarat dengan komedi yang cenderung jorok ini memang sangat lucu. Cinta yang tertunda selama 13 tahun timbul kembali ketika mereka bertemu. Tetapi tidak mudah bagi Ben Stiller untuk dekat dengan Cameron Diaz, apalagi untuk mendapatkan hatinya.

Setiap yang bertemu dengan Mary, peran Diaz di film komedi romantis ini, pasti langsung jatuh cinta. Lewat berbagai rintangan, halangan, cobaan dan kesialan, pada akhirnya Stiller berhasil mendapatkan cinta dari sang pujaan hati.

Film ini disutradarai oleh Farrelly bersaudara yang sedang berada di puncak kesuksesan berkat film Dumb and Dumber. Komedi yang disuguhkan tidak jauh dari yang ditampilkan oleh Jim Carrey dan Jeff Daniels yaitu menjadikan orang-orang yang menderita kekurangan sebagai bahan olok-olokan.

4. Notting Hill [1999]

Notting Hill

Jika sobat semua ingin nonton film romantic-comedy yang lengkap semua unsur atau elemennya, Notting Hill adalah jawabannya. Naskah yang kuat dan menarik, chemistry yang padu antara Hugh Grant dan Julia Roberts, komedi yang cukup menggelitik dan lagu-lagu manis sebagai penghias film termaktub semuanya disini.

Film ini sukses secara komersial dan kualitas meski tidak banyak mendapat penghargaan dari berbagai festival film. Alur ceritanya sebenarnya standar dari pertemuan tak terduga hingga ending yang sudah bisa diprediksi. Tetapi yang membuat berbeda adalah dialog-dialog yang dibangun dari adegan demi adegan yang disusun dengan rapih sehingga membuat setiap adegan tersebut begitu memorable.

5. Love Actually [2003]

Love Actually

Richard Curtis adalah penulis naskah film-film romantic terkenal, seperti Four Weddings and a Funeral, Notting Hill dan Bridget Jones’s Diary yang semuanya sukses besar. Maka tidak heran jika film yang disutradarainya sendiri ini menyuguhkan 10 cerita cinta dalam berbagai aspek dan beragam karakter.

Semua ceritanya ditampilkan secara seimbang dan masing-masing memiliki kekuatan dan keunikan tersendiri yang mampu menghibur dan menyentuh perasaan kita sebagai penonton. Diperankan oleh aktor-aktris senior maupun pendatang baru asal Inggris yang semuanya tampil dengan performa apik yang membuat jalan cerita mengalir begitu saja dan nikmat untuk disimak hingga akhir.

6. Juno [2007]

Juno

Seorang remaja harus menghadapi situasi dimana dia mengandung anak di luar rencananya. Mungkin hal ini terdengar biasa di era modern karena bebasnya pergaulan masa kini. Tetapi film tentang kehamilan ini mengangkat sisi humanisme lewat nuansa komedi yang cukup menggelitik, romantisme yang cukup baik ditampilkan oleh Ellen Page dan Michael Cera, dan kisah drama yang cukup dalam.

Juno adalah salah satu film independent tersukses yang kemudian dirilis secara luas di Amerika dan meraih pendapatan yang berlipat-lipat serta penghargaan dari beberapa festival film dunia. Salah satunya adalah Best Original Screenplay dari Academy Awards.

Pada saat itu, Jason Reitman disebut-sebut sebagai calon sutradara masa depan yang saat ini sudah mulai menunjukkan kapasitasnya sesuai dengan prediksi para kritikus film.

7. Definitely, Maybe [2008]

Definitely, Maybe

Seorang ayah harus menjawab pertanyaan putrinya yang berusia 11 tahun yang penasaran dengan sosok ibu kandungnya. Sang ayah, yang diperankan Ryan Reynolds, akhirnya menceritakan tiga sosok wanita dalam hidupnya kepada putrinya, yang diperankan dengan sangat menggemaskan oleh Abigail Breslin.

Ketiga wanita yang diperankan oleh Elizabeth Banks, Rachel Weisz dan Isla Fisher memiliki keterikatan asmara yang kuat kepada Reynolds yang membuat Breslin semakin penasaran untuk menebak siapakah sosok ibu kandungnya.

Seperti perasaan yang dialami sang putri, begitupun kita sebagai penonton, akan digiring untuk penasaran dan menebak dalam hati siapakah ibu kandung yang diceritakan sang ayah. Kalau sobat-sobat semua terlewat dan belum sempat menonton film ini, siap-siap dibikin penasaran oleh jalan ceritanya.

8. (500) Days of Summer [2009]

(500) Days of Summer

Cerita cinta di film ini pasti pernah dialami oleh mayoritas pria manapun, dimana sang pria merasa dia mencintai dan dicintai seakan telah menemukan “the one”, sebaliknya sang wanita tidak percaya akan cinta dan juga tidak mencintai sang pria.

Tetapi mereka dekat dan saling mengisi dalam hidupnya ketika mereka bersama. Chemistry Joseph Gordon-Levitt dan Zooey Deschanel sangat baik dan natural, sehingga membuat film dengan alur cerita yang acak-acakan ini dengan mudah bisa diikuti dan dipahami.

Film romantis ini adalah salah satu film independent tersukses dimana pendapatannya hampir sepuluh kali biaya produksinya dan juga berhasil meraih banyak penghargaan di beberapa festival film dunia, salah satunya adalah Sundance Film Festival.

9. The Artist [2011]

the artist

Film bisu dan tidak berwarna di era millennium? Mungkin terdengar aneh. Tetapi justru film ini dianggap sebagai tribute untuk dunia perfilman. Diproduksi di Prancis, film yang diarahkan oleh Michel Hazanavicius ini menampilkan chemistry yang nyaris sempurna dari pasangan pemerannya, Jean Dujardin dan Berenice Bejo.

Tanpa sepatah kata pun dialog yang terucap, otomatis ekspresi dan mimik muka mereka menjadi penting dalam menginterpretasikan jalan cerita. Untungnya, mereka berdua termasuk seluruh cast di film ini tampil dengan performa terbaik sehingga kita tidak kesulitan untuk memahami perasaan dan jalan cerita yang disuguhkan di layar.

Kisah cinta yang berawal dari rasa kagum yang awalnya kalah oleh keegoisan, berakhir dengan happy ending bagi semua. Karena tampilan yang unik dan performa apik dari seluruh insan yang terlibat di film ini, membuat The Artist banyak mendulang penghargaan di berbagai ajang festival film, termasuk meraih Best Picture di Academy Awards.

10. Silver Linings Playbook [2012]

Silver Linings Playbook

Jika biasanya kita disuguhkan dengan kisah romantis dengan pasangan yang kehidupannya nyaris sempurna, maka di film yang satu ini justru pasangan yang ditampilkan masing-masingnya memiliki permasalahan dengan kejiwaannya.

Bukan berarti mereka gila atau sakit jiwa, tetapi ada sedikit gangguan karena trauma atau masalah yang belum ditemukan solusinya. Bradley Cooper yang tampil dengan bipolar disorder berhasil menemukan obatnya lewat karakter yang dibawakan oleh Jennifer Lawrence yang juga bersikap aneh karena trauma yang dialaminya.

Di sini keduanya mampu menampilkan chemistry yang sangat natural yang dibagun dari adegan demi adegan yang sangat menarik. Perlu dicatat, Lawrence tampil sangat cantik dan menarik di film ini, sehingga wajar saja dia berhasil meraih Best Actress dari Academy Awards mengalahkan para seniornya yang masuk sebagai nominator.

Nah itulah 10 film komedi romantis terbaik sepanjang masa yang wajib untuk Anda tonton. Dari daftar di atas, film manakah yang paling Anda sukai? Atau adakah ceritanya yang mirip dengan kisah cinta Anda? Silahkan ceritakan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

3 Responses

  1. Ada yang kurang kayaknya
    Sleepless in Seattle
    Film Romantis komedi terbaik pula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *