Ditulis oleh - Diperbaharui 6 September 2018

Drama seri Korea memang sangat digandrungi di Indonesia. Bahkan, sejumlah sinetron tanah air juga menjiplak beberapa cerita dari Drama Korea. Namun, selain drama, ternyata film layar lebar dari Negeri Ginseng ini juga mendapat tempat di hati para penggemar di Indonesia, lho. Sebagai contoh, Train To Busan diklaim sebagai salah satu film horror Korea terbaik sepanjang masa.

Film Korea terkenal dengan genrenya yang kebanyakan romantis. Namun, ada juga film romantis Korea yang dibumbui dengan komedi di dalamnya. Seperti 10 film komedi romantis Korea terbaik yang akan dibahas Bacaterus berikut ini.

10 Film Komedi Romantis Korea Terbaik

1. Dancing Queen [2012]

Dancing Queen Film Komedi Romantis Korea Terbaik

Film komedi romantis Korea terbaik yang pertama adalah Dancing Queen. Dirilis pada tahun 2012, film drama-komedi ini menawarkan alur cerita yang tak biasa.

Ini adalah kisah tentang Jung-hwa, wanita yang pernah memiliki mimpi menjadi penyanyi ketika muda. Namun, Jung-hwa harus mengesampingkan mimpinya karena harus menikah dengan Jung-min. Suatu ketika, Jung-min menyelamatkan seseorang dan aksi heroiknya ini menjadi sorotan nasional. Popularitas ini dimanfaatkan Jung-min untuk mencalonkan diri sebagai walikota Seoul.

Di sisi lain, Jung-hwa malah mengikuti kompetisi penyanyi K-Pop untuk mewujudkan mimpinya. Apakah keduanya bisa sama-sama meraih impian? Atau justru tindakan Jung-hwa mengacaukan rencana Jung-min untuk terjun ke dunia politik?

2. 200 Pounds Beauty [2006]

200 Pounds Beauty

Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari film 200 Pounds Beauty ini, salah satunya agar kita lebih percaya diri dengan penampilan kita. 200 Pounds Beauty adalah kisah seorang gadis gemuk bernama Kang Hanna yang bekerja sebagai operator telepon seks.

Karena Hanna memiliki suara yang indah, ia memutuskan menjadi penyanyi lipsync untuk Ammy, seorang gadis cantik yang sebetulnya tidak bisa menyanyi. Hanna jatuh cinta pada Sang-jun, manager Ammy.

Ia memutuskan untuk menurunkan berat badannya demi menarik hati Sang-jun. Berhasilkah Hanna menurunkan berat badan? Jika berhasil menurunkan berat badan, apakah Sang-jun akan membalas cintanya? Temukan jawabannya di 200 Pounds Beauty.

3. My Sassy Girl [2001]

My Sassy Girl

Meskipun film ini dirilis pada tahun 2001, tetapi film My Sassy Girl ini tetap menjadi film yang menyenangkan untuk ditonton.

Sinopsis ini bermula dari Gyeon-woo, seorang mahasiswa jurusan teknik yang secara tidak sengaja bertemu dengan gadis mabuk di kereta. Sebelum pingsan, gadis tersebut sempat memanggil Gyeon-woo dengan panggilan “sayang” sehingga seluruh penumpang kereta mengira bahwa gadis itu adalah kekasih Gyeon-woo.

Dengan terpaksa, Gyeon-woo membawa gadis itu ke motel karena para penumpang kereta menyuruh ia bertanggung jawab. Dari pertemuan yang konyol itu, Gyeon-woo dan gadis tersebut menjadi sepasang kekasih.

Sepanjang film, kita akan disuguhkan dengan adegan romantis dan konyol. Pasalnya, si gadis digambarkan memiliki sifat egois yang selalu memaksa Gyeon-woo menuruti semua keinginannya.

4. Penny Pinchers [2011]

Penny Pinchers

Sebuah film komedi romantis Korea terbaik yang satu ini datang dari aktor yang juga memiliki banyak fans, yaitu Song Joong-ki. Suami Song Hye-kyo ini beradu peran dengan Han Ye-seul dalam sebuah film drama-komedi berjudul Penny Pinchers.

Dikisahkan bahwa ada seorang pria pengangguran yang terancam diusir dari apartemennya karena tidak bisa membayar sewa. Kemudian, seorang wanita yang terkenal super hemat dan pandai menyimpan uang, Hong-sil menawarkan bantuan dana pada pria bernama Ji-woong itu. Namun, tentu saja uang itu tidak gratis karena Ji-woong harus menuruti apapun perintah Hong-sil.

5. Too Beautiful To Lie [2004]

Too Beautiful To Lie

Hampir sebagian besar film komedi romantis Korea didominasi dengan kisah cinta yang unik dan tak terduga. Hal tersebut juga dialami oleh tokoh utama dalam Too Beautiful To Lie, yakni Ju Yeong-ju dan Kang Dong-won.

Meskipun wanita, Yeoung-ju adalah seorang kriminal. Sampai suatu ketika ia berada di dalam penjara, tetapi kemudian ia mendapat izin keluar untuk menghadiri pesta ulang tahun adiknya. Saat dalam perjalanan di kereta, Yeong-ju bertemu dengan Dong-won, pria yang hendak tunangan. Sayangnya, cincin yang sudah disiapkan Dong-won dicuri orang.

Yeong-ju pun coba menolong Dong-won, tapi justru tasnya yang berisi hadiah untuk sang adik tertinggal di kereta. Selanjutnya, banyak kejadian konyol dan menarik yang mewarnai kisah dua orang yang nantinya akan jatuh cinta satu sama lain ini.

6. My Little Bride [2004]

My Little Bride

Sinopsis My Little Bride diawali dengan kisah remaja bernama Bo-eun yang usianya baru 16 tahun. Selama ini, hal yang dipikirkan oleh Bo-eun adalah nilai dan anggota tim bisbol di sekolahnya, Jung-woo.

Suatu ketika, Kakek Bo-eun meminta gadis tersebut untuk menikah dengan Sang-min karena dulu Kakek Bo-eun pernah berjanji pada Kakek Sang-min untuk saling menjodohkan cucunya. Bo-eun dan Sang-min terpaut usia yang cukup jauh.

Setelah menikah, Bo-eun tetap berpura-pura bahwa ia tidak pernah menikah saat di depannya. Ia pun mulai menjalin hubungan dengan Jung-woo. Pada awalnya, Bo-eun sangat menikmati peran ganda tersebut. Namun, hal tersebut menjadi seperti bencana kala Sang-min menjadi guru di sekolahnya.

7. He Was Cool [2004]

He Was Cool

Tahun 2004 nampaknya menjadi masa kejayaan bagi film-film Korea. Di daftar film komedi romantis Korea terbaik ini sudah ada beberapa judul film yang dirilis pada tahun 2004. He Was Cool adalah salah satunya. Film ini menceritakan tentang Ye-won, seorang siswi SMA yang baik hati dan Eun-sung, siswa yang terkenal kasar di sekolah. Suatu hari, Eun-sun dan Ye-won tidak sengaja berciuman.

Eun-sung langsung mengancam Ye-won untuk menikahinya dengan alasan dia belum pernah dicium cewek sebelumnya. Pada awalnya, perjalanan kisah mereka berdua tampak tidak masuk akal. Namun, lama kelamaan Ye-won mulai menyukai Eun-sung.

8. Spellbound [2011]

Spellbound

Bagaimana rasanya kalau lagi asyik-asyik pacaran justru diganggu oleh hantu? Spellbound adalah film komedi romantis dengan sedikit unsur horror di dalamnya.

Sinopsis film ini mengisahkan tentang seorang pesulap jalanan, Jo-goo, yang jatuh cinta pada gadis indigo yang bisa melihat hantu, Yeo-ri. Setelah mengalami berbagai kejadian konyol dan lucu, keduanya akhirnya sama-sama jatuh cinta.

Namun, hubungan mereka terus menerus diganggu oleh mahluk tak kasat mata. Mampukah Jo-goo bertahan dengan Yeo-ri yang sering bertingkah misterius dan berinteraksi dengan mahluk halus?

9. 100 Days with Mr. Arrogant [2004]

100 Days with Mr. Arrogant

Kisah cinta antara pemuda kaya dengan gadis miskin mungkin sudah sangat klise. Namun, tetap saja kisah cinta sejenis itu selalu menjadi tontonan yang menarik. 100 Days with Mr. Arrogant adalah film komedi romantis Korea terbaik.

Ha-yeong yang sedang patah hati tidak sengaja bertemu dengan cowok kaya tapi playboy, Hyung-joon. Pertemuan keduanya terjadi tidak mengenakkan karena Ha-yeon tidak sengaja menendang kaleng yang terlempar ke kepala Hyung-joon sehingga ia kehilangan kendali dan mobilnya menabrak dinding.

Karena tidak mampu mengganti kerugian, Ha-yeong pasrah ketika harus menjadi pembantu cowok arogan seperti Hyung-joon selama 100 hari.

10. My Girlfriend Is An Agent [2009]

My Girlfriend Is An Agent

Ada drama romantisnya, ada komedi, tapi ada juga unsur laga dalam film “My Girlfriend Is An Agent” ini. Film yang tayang pada tahun 2009 ini menceritakan Soo-ji, seorang agen rahasia yang hampir pensiun. Tugas terakhir Soo-ji adalah menghentikan kelompok teroris asal Rusia yang akan membeli nuklir pada ilmuwan Korea yang korup.

Untuk tugas terakhir ini, Soo-ji dipasangkan dengan agen baru bernama Jae-joon. Keduanya jatuh cinta dan menikmati kebohongan yang menutupi hubungan mereka. Bahkan, mereka hampir pernah saling membunuh untuk menutupi rahasia cinta mereka.

10 film komedi romantis Korea terbaik ini hanya sebagian saja. Masih ada puluhan judul film komedi-romantis lainnya yang patut untuk Anda tonton. Punya judul film Korea bergenre drama-komedi favorit? Tulis judul filmnya di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .