Bacaterus / Film Romantis Indonesia / 10 Film Komedi Romantis Indonesia yang Sangat Menghibur

10 Film Komedi Romantis Indonesia yang Sangat Menghibur

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2019

Genre film romantis mungkin terasa membosankan bagi sebagian orang. Alhasil, banyak sutradara kreatif yang membubuhkan unsur komedi di dalamnya sehingga menjadi genre film komedi romantis. Terbukti bahwa film komedi romantis lebih bisa disaksikan oleh penggemar genre film mana pun.

Industri film nasional diramaikan oleh sejumlah film komedi romantis. Film-film yang membuat kita senyum-senyum sendiri tersebut juga memiliki adegan yang dapat membuat baper. Ingin tahu film komedi romantis Indonesia yang direkomendasikan oleh Bacaterus? Yuk, langsung simak daftarnya berikut ini, ya!

1. Eiffel I’m in Love [2003]

“Ketika benci jadi cinta…” Itulah gambaran yang tepat untuk dua tokoh utama dalam film Eiffel I’m in Love. Film ini mungkin terkesan jadul, tapi drama romantis nan kocak yang dihadirkan oleh pasangan Tita (Shandy Aulia) dan Adit (Samuel Rizal) tetap mampu membuat penonton mesem-mesem sendiri sekaligus baper.

Tita dan Adit adalah dua insan yang selalu bertengkar sejak pertemuan pertama mereka. Meskipun orang tua mereka bersahabat dan berniat membuat perjodohan antara keduanya, tapi toh mereka selalu beradu mulut. Di balik sifat jutek Adit, ternyata diam-diam ia memendam rasa kepada Tita yang ternyata juga sudah memiliki kekasih.

Sepanjang film, penonton akan disuguhkan dengan pertengkaran Adit dan Tita yang kocak, mereka yang kadang-kadang saling cemburu, dan pemandangan Paris yang menakjubkan. Eiffel I’m in Love juga sudah memiliki sekuel yang rilis pada tahun 2018 lalu.

2. Love for Sale [2018]

Love for Sale

Dalam film yang disutradarai Andi Bachtiar ini, kemampuan akting Gading Marten menuai pujian. Bahkan, Gading memperoleh penghargaan Piala Citra Aktor Terbaik lewat film yang juga diproduseri oleh Angga Dwimas Sasongko dan Chicco Jerikho ini.

Love for Sale menceritakan tentang sosok Richard (Gading Marten) yang memiliki usaha percetakan dan sudah terlalu lama hidup sendiri. Kehidupan Richard berubah drastis ketika ia mencoba aplikasi pencari jodoh. Lewat aplikasi tersebut, Richard bertemu dengan Arini (Della Dartyan), wanita yang mulanya hanya ‘dikontrak’ untuk menemaninya ke kondangan, lalu menjadi wanita spesial di kehidupan Richard.

Richard jatuh cinta dan Arini pun tampak menyambut cinta Richard. Namun, apakah hubungan keduanya berakhir manis seperti harapan Richard?

3. Single [2005]

Single

Kalau membicarakan seputar film Raditya Dika siapapun pasti tahu bahwa stand-up comedian yang satu ini selalu membubuhkan unsur komedi dalam setiap filmnya. Kali ini, kita membicarakan tentang “Single”, salah satu film bergenre komedi romantis yang sangat menghibur.

Sinopsis film ini menceritakan tentang Ebi (Raditya Dika), pemuda pengangguran yang selalu ditolak wanita. Ebi bersahabat dengan Wawan (Panji Pragiwaksono) dan Victor (Babe Cabita). Tentu saja persahabatan tersebut diisi dengan tingkah-tingkah konyol mereka dalam usaha mencarikan Ebi kekasih.

Pertemuan Ebi dengan gadis cantik bernama Angel (Annisa Rawles) sontak membangkitkan kembali semangat Ebi untuk memperoleh kekasih. Usaha Ebi dalam mendapatkan Angel tidak selalu mulus. Namun, dari sini lah Ebi memahami bahwa ada hal yang lebih penting dari sekadar melepas status ‘single’-nya.

4. Milly & Mamet [2018]

Milly & Mamet

* sumber: beritagar.id

Tayang di bioskop pada akhir tahun 2018, Milly & Mamet adalah film yang menceritakan kehidupan dua tokoh yang sebenarnya ada dalam film “Ada Apa dengan Cinta”. Namun, film ini mengusung genre komedi romantis yang mengocok perut. Terlebih film ini disutradarai oleh Ernest Prakasa yang notabene sering membuat film-film bergenre komedi.

Milly (Sissy Priscillia), sahabat Cinta di AADC, menikah dengan Mamet (Dennis Adhiswara). Milly memutuskan untuk resign dari pekerjaan sebagai bankir untuk mengurus anaknya. Sementara Mamet bekerja menjadi chef di pabrik milik Ayah Milly.

Suatu hari, Mamet bertemu dengan kawan lamanya yang cantik, Alexandra (Julie Estelle). Alexandra menawarkan mimpi yang pernah dibangun bersama Mamet dulu. Akankah Mamet menerima tawaran Alexandra? Bagaimana Milly beradaptasi sebagai full time mom? Temukan jawabannya di film Milly & Mamet.

5. Get Married [2007]

Get Married

Walaupun sudah belasan tahun berlalu, film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini tetap menarik untuk ditonton, lho. Genre film ini sebenarnya adalah komedi, tapi karena ada kisah percintaannya yang berakhir bahagia, maka “Get Married” bisa dikategorikan sebagai film komedi romantis.

Dalam film ini penonton diajak menyelami kehidupan Mae (Nirina Zubir), gadis tomboy pengangguran yang bergaul dengan tiga orang sahabatnya, Beni (Ringgo Agus), Guntoro (Desta), dan Eman (Aming). Sehari-hari Mae tidak pernah merawat diri sehingga timbul kekhawatiran orang tua Mae (Jaja Mihardja dan Meriam Bellina) karena putrinya tersebut tak kunjung menikah.

Meskipun sudah berkali-kali dijodohkan, pria-pria tersebut ditolak oleh Mae dan diberi “pelajaran” oleh ketiga sahabat Mae tersebut. Sampai suatu hari Mae bertemu dengan pangeran kaya dan tampan, Rendy (Richard Kevin) yang juga menaruh perasaan pada Mae.

6. Kapan Kawin? [2015]

Kapan Kawin

* sumber: cinetariz.blogspot.com

Punya karir yang sukses tidak membuat Dinda (Adinia Wirasti) merasa tenang dan bahagia. Justru di usianya yang memasuki 30 tahun, Dinda selalu dikejar “deadline” dari orang tuanya mengharapkan ia segera menikah. Akhirnya, Dinda menyewa Satrio (Reza Rahadian), seniman idealis, untuk pura-pura menjadi pacarnya.

Permasalahan muncul ketika Dinda memperkenalkan Satrio kepada kedua orang tuanya. Orang tua Dinda justru berharap Satrio segera melamar Dinda. Namun, dari peristiwa ini Dinda justru berhasil menemukan cinta sejatinya.

7. Shy Shy Cat [2016]

Shy Shy Cat

Film komedi romantis selanjutnya dibintangi oleh Nirina Zubir dan sederet aktris dan aktor ternama di Indonesia. Dikisahkan Mira (Nirina Zubir) diminta pulang ke kampung halaman oleh ayahnya (Budi Dalton) karena akan dijodohkan. Mira berusaha menolak karena ia tahu bahwa akan dijodohkan dengan Otoy yang dianggapnya menyebalkan.

Dengan bantuan dua sahabatnya, Jessy (Acha Septriasa) dan Umi (Tika Bravani), Mira bermaksud menggagalkan perjodohan ini. Namun, persahabatan mereka justru diuji ketika mengetahui penampilan Otoy (Fedi Nuril) yang sekarang.

8. Sweet 20 [2017]

Sweet 20

Diadaptasi dari film Korea yang berjudul “Miss Granny”, Sweet 20 menceritakan tentang perjalanan Fatmawati (Niniek L. Karim), nenek berusia 70 tahun yang seketika kembali ke tubuh dan wajahnya di usia 20 tahun setelah berfoto di studio foto misterius.

Fatmawati memutuskan untuk memulai kehidupan baru dan mengganti namanya menjadi Mieke. Tak disangka-sangka, tingkah laku dan cara bicaranya yang kuno justru membuat pria-pria di sekitarnya terpikat. Ada tiga pria yang jatuh hati pada sosok Mieke, yakni Alan (Morgan Oey) seorang produser musik, Juna (Kevin Julio) cucunya sendiri, dan Hamzah (Slamet Rahardjo) yang mencintainya sejak masih muda dulu.

9. From London to Bali [2017]

From London to Bali

Dibintangi oleh Ricky Harun dan Nikita Willy, “From Bali to London” merupakan film drama kompleks yang ada unsur komedinya sehingga tidak terasa membosankan. Kamu akan diajak mendalami karakter Lukman (Ricky Harun), pemuda yang ingin menyusul kekasihnya, Dewi (Jessica Mila), di London.

Sayangnya, di London Mila justru mendua dengan Sean (Max Palmer) dan Lukman pun mengetahui hal tersebut. Di saat dirinya patah hati, ia justru bertemu dengan Putu (Nikita Willy), gadis Bali yang cantik dan berhasil mengalihkan dunia Lukman.

Kelucuan justru terjadi ketika penonton diajak menyaksikan tingkah laku konyol sahabat Lukman, Bambang (Fico Fachriza) dan Sodikin (Muhadkly Acho). Belum lagi Lukman juga harus berurusan dengan mantan bosnya yang tak kalah konyol, Koboi (Gary Iskak).

10. Koala Kumal [2016]

Koala Kumal

Film dari Raditya Dika memang selalu menarik untuk ditonton. Koala Kumal adalah film komedi romantis lainnya yang disutradarai sekaligus dibintangi oleh suami Anissa Aziza tersebut.

Sinopsis Koala Kumal berawal dari Dika (Raditya Dika) yang batal menikah karena Andrea (Acha Septriasa), pacarnya, justru selingkuh dengan pria lain bernama James (Nino Fernandez). Ibu Dika ingin menjodohkannya dengan wanita pilihannya. Kehadiran Trisna (Sheryl Sheinafia) lah yang justru menyelamatkan Dika dari perjodohan yang tidak ia inginkan itu.

Setelah bersahabat, Trisna ingin membantu Dika menyelesaikan novel yang ia tulis. Trisna langsung mengetahui bahwa alasan Dika kesulitan menyelesaikan novelnya adalah karena Dika masih patah hati. Akhirnya, Trisna mendorong Dika untuk mengobati patah hati tersebut dengan membalas dendam pada Andrea.

10 judul film komedi romantis ini bisa menjadi “teman” yang asyik untuk mengisi waktu senggangmu! Yuk, rekomendasikan judul-judul film komedi romantis lainnya di kolom komentar yang tersedia.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar