20 Film Komedi India yang Kocak dan Sangat Menghibur

Ditulis oleh Suci Maharani R

Film Bollywood atau film yang diproduksi oleh negara India memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Dengan aktor dan aktris yang memukau, alur cerita, dialog, dan soundtrack dari film yang unik membuat orang tertarik untuk menonton film India.

Untuk Anda yang sedang mencari film bergenre komedi dari India, berikut Bacaterus berikan 20 rekomendasinya. Selamat menonton.

1. Badhaai Do

film-komedi-india_Badhaai-Do_

Meski mengusung tema yang sensitif, nyatanya Badhaai Do (2022) tetap bisa membuat para penontonnya tertawa. Semua ini karena alur dan akting yang luar biasa dari Rajkummar Rao, Bhumi Pednekar, Sheeba Chaddha dan Chum Darang.

Mengisahkan pernikahan kontrak, film ini sukses bikin ngakak saat Shardul dan Sumi kucing-kucingan menyembunyikan orientasi seks mereka. Shardul yang dikenal sebagai seorang polisi gagah, tidak bisa mengakui bahwa dirinya seorang gay.

Begitu pula dengan Sumi, guru olahraga ini tidak bisa jujur bahwa dirinya seorang lesbian. Demi menghentikan tuntutan orang tua mereka, keduanya sepakat untuk menikah secara kontrak. Tapi tuntutan lain datang, ketika keluarga mereka meminta keduanya untuk segera memiliki anak.

2. Bhool Bhulaiyaa 2

film komedi india_Bhool Bhulaiyaa 2_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Comedy, Horror
  • Produksi: T-Series Films, Cine1 Studios
  • Sutradara: Anees Bazmee
  • Pemeran: Tabu, Kartik Aaryan, Kiara Advani

Meski sempat mendapatkan protes dari fans, akhirnya Bhool Bhulaiyaa 2 (2022) berhasil tayang di seluruh dunia. Film yang kini dibintangi oleh Tabu, Kartik Aaryan dan Kiara Advani ini akan memberikan kisah hantu Manjulika versi baru.

Tidak hanya lebih dramatis, berbagai scene komedinya juga tidak pernah gagal membuat para penonton tertawa, lho. Kisahnya sendiri bermula ketika rencana Reet berpura-pura mati, malah membawa seluruh keluarga Bhawanigarh kembali ke mansion lama mereka.

Semua orang percaya bahwa ada hantu Manjulika yang sangat berbahaya, yang dikurung di salah satu kamar. Ruhaan yang mengaku-ngaku sebagai paranormal akhirnya mengetahui rahasia mengenai siapa hantu Manjulika yang sesungguhnya.

3. Bachchan Pandey

film komedi india_Bachchan Pandey_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Comedy, Action
  • Produksi: Nadiadwala Grandson Entertainment
  • Sutradara: Farhad Samji
  • Pemeran: Akshay Kumar, Kriti Sanon, Jacqueline Fernandez, Arshad Warsi, Pankaj Tripathi

Bachchan Pandey (2022) adalah film yang kembali mempertemukan Akshay Kumar, Kriti Sanon dan Jacqueline Fernandez dalam satu frame. Disutradarai oleh Farhad Samji, ternyata kisahnya terinspirasi dari film asal Korea Selatan yang berjudul A Dirty Carnival (2006)

Film ini mengisahkan seorang gangster bernama Bachchan Pandey, yang dinilai cukup garang dan tidak kenal ampun. Hingga suatu hari, sosok Bachchan Pandey membuat seorang jurnalis bernama Myra ingin membuat film tentang sosok gangster tersebut.

Meski ada banyak sekali rintangan yang harus dihadapi, ternyata Myra tetap berusaha untuk bisa membuat biografi mengenai Bachchan Pandey.

4. Pagglait

film komedi india_Pagglait_

Lagi-lagi mengangkat soal isu sosial, Pagglait (2021) membungkus keresahan para wanita dalam kisah yang lucu dan unik. Film garapan Umesh Bist ini mengisahkan seorang janda muda yang tidak ingin terkukung dalam tradisi yang kolot dan membuatnya seakan tidak berdaya.


Memerankan karakter bernama Sandhya, Sanya Malhotra menunjukkan sisi wanita muda yang penuh keberanian dan impian. Wanita ini harus menjadi janda setelah suaminya ketahuan selingkuh dan meninggal dunia dalam kecelakaan.

Tak merasa kehilangan apapun, Sandhya berpikir untuk meneruskan hidupnya dengan belajar dan bekerja seperti wanita pada umumnya. Namun keputusannya ini hanya dianggap lelucon oleh keluarganya yang patriarkal. Alhasil Sandhya berusaha keras untuk memerdekakan hidupnya sendiri.

5. Ramprasad Ki Tehrvi

film komedi india_Ramprasad Ki Tehrvi_

Ramprasad Ki Tehrvi (2019) juga tidak kalah seru dan lucu untuk ditonton bareng keluarga. Film yang dibintangi oleh deretan selebriti muda dan berbakat India ini mengusung cerita unik.

Mengisahkan sebuah keluarga yang berkumpul selama 13 hari dalam upacara kematian ayah mereka. Sesuai dengan ajaran agama Hindu, seluruh anggota Ramprasad harus melakukan ritual bernama Tehrvi.

Namun dalam kehidupan sehari-hari mereka, ada berbagai perbedaan dari gaya hidup dan pemikiran anak-anak ini. Setiap anggota keluarga berusaha untuk menemukan jati diri masing-masing dan melawan segala insecure dalam diri mereka.

6. Roohi

film komedi india_Roohi_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Comedy, Horror
  • Produksi: Maddock Films, Jio Studios
  • Sutradara: Hardik Mehta
  • Pemeran: Rajkummar Rao, Varun Sharma, Janhvi Kapoor

Beralih ke film bergenre horor dan komedi, kali ini Rajkummar Rao dan Varun Sharma akan berhadapan dengan roh hantu yang merasuki Janhvi kapoor.

Berniat menculik seorang gadis untuk dijadikan pengantin bagi kliennya, Bhawara dan kattanni malah jatuh cinta pada sosok Roohi. Namun kisah cinta mereka terancam, pasalnya Roohi dirasuki oleh arwan Pichal Peri yang kerap membunuh para pengantin pria.

Roohi (2021) adalah film yang masuk dalam Dinesh Vijan's Horror-Comedy Universe. Sebelumnya, ada film berjudul Stree (2018) yang mengawali universe ini, lalu diikuti oleh Roohi (2021) dan di tahun 2022 Bhediya juga akan segera menyusul tayang di seluruh dunia.

7. Suraj Pe Mangal Bhari

film komedi india_Suraj Pe Mangal Bharl_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Comedy
  • Produksi: Zee Studios
  • Sutradara: Abhishek Sharma
  • Pemeran: Manoj Bajpayee, Diljit Dosanjh, Fatima Sana Shaikh

Film garapan Abhishek Sharma ini bisa dikatakan sangat meriah, karena dibintangi oleh banyak aktor dan aktris dari berbagai generasi, mulai dari Manoj Bajpayee, Diljit Dosanjh hingga aktris cantik Fatima Sana Shaikh.

Adapun film ini mengisahkan Suraj Singh tahun 1995, yang berusaha keras untuk menemukan istri yang bisa menerimanya. Dikenal sebagai bad boy, orang tuanya harus bekerja keras untuk mencarikan jodoh bagi sang putra. Suraj kerap ditolak karena mereka mengetahui bahwa ia adalah pria yang bermasalah.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram