Bacaterus / Film India / 10 Film Komedi India yang Kocak dan Sangat Menghibur

10 Film Komedi India yang Kocak dan Sangat Menghibur

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Film Bollywood atau film yang diproduksi oleh negara India memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Dengan aktor dan aktris yang memukau, alur cerita, dialog, dan soundtrack dari film yang unik  membuat orang tertarik untuk menonton film India. Untuk Anda yang sedang mencari film bergenre komedi dari India, berikut Bacaterus berikan 10 rekomendasinya. Selamat menonton.

1. Hera Pheri (2000)

Hera Pheri

Hera Pheri merupakan film komedi dari India yang dirilis tahun 2000. Film yang mengambil set di Kota Mumbai ini disutradarai oleh Priyadharsan, seorang yang telah menggarap kurang lebih sekitar 80 film dalam tiga dekade. Aktor yang membintangi film ini antara lain Akshay Kumar, Paresh Rawal, dan Sunil Shetty.

Cerita berawal dari Shyam yang diperankan oleh Sunil Shetty, seorang pengangguran yang datang ke Mumbai untuk mencari pekerjaan dan tempat tinggal. Kemudian dia sampai di suatu rumah milik seorang pria sederhana yang dengan apik diperankan oleh Paresh Rawal. Namun, di rumah tersebut juga ada orang lain yang tinggal bernama Raju.

Banyak momen lucu yang tercipta karena kepolosan dan kesederhanaan dari karakter yang terlibat. Dari penampilan awalnya kita akan mengira film ini adalah film serius. Namun, ternyata film ini cukup mengocok perut para penontonnya.

2. Phas Gaye Re Obama (2010)

Phas Gaye Re Obama

Phas Gaye Re Obama dirilis pada tanggal 3 desember 2010. Film ini berlatar belakang resesi global atau krisis keuangan global yang berawal dari negara adidaya, Amerika. Film ini dibintangi oleh Rajat Kapoor, Neha Dhupia, Sanjay Mishra, Manu Rishi, dan Amole Gupte sebagai pemeran utamanya.

Awal kisah berasal dari seorang pengusaha Om Shastri (Rajat Kapoor) yang terdampak krisis global dan mengalami kebangkrutan. Ia datang ke India untuk menjual harta benda yang ia miliki demi melunasi hutangnya. Kisah berlanjut hingga pengusaha tersebut diculik sekelompok preman yang mengira ia adalah orang yang kaya raya.

Cerita yang terjadi selanjutnya dikemas sangat menarik dan tak terduga. Film yang di garap oleh Subhash Kapoor ini mendapat tanggapan positif baik dari para pecinta film, maupun dari kritikus film. Banyak orang setuju bahwa film ini menyuguhkan smart comedy.

3. Tere Bin Laden (2010)

Tere Bin Laden

Tere Bin Laden dirilis tahun 2010, disutradarai oleh Abishek Sharma. Bercerita tentang seorang reporter muda yang ambisius bernama Ali. Ia bekerja di sebuah stasiun tv berita lokal di Karachi, Pakistan. Ali sangat ingin pindah ke Amerika dan bekerja di stasiun TV di sana.

Namun banyak peristiwa tak terduga yang terjadi dalam perjalanannya. Hal ini mendorongnya untuk meminta seseorang yang menurutnya mirip Osama Bin Laden yang diperankan oleh Pradhuman Singh Mall, untuk terlibat dalam sebuah video demi keuntungannya sendiri. Naskah yang apik dimainkan oleh aktor-aktor berbakat membuat film ini layak disaksikan bersama keluarga saat bersantai di akhir pekan.

4. Chillar Party (2011)

Chillar Party

Chillar Party bercerita tentang sekelompok anak yang polos dan penuh semangat dalam menjalani kehidupan, di tengah hiruk pikuk dunia politik yang terjadi di sebuah koloni yang bernama Chandan Nagar.

Walaupun dibintangi oleh aktor anak-anak, film ini juga layak di tonton orang dewasa. Film yang disutradarai oleh Nitesh Tiwari and Vikas Bahl ini menyuguhkan jalan cerita sederhana, namun mengajarkan banyak hal tentang kehidupan. Film ini wajib masuk playlist untuk ditonton bersama keluarga.

5. Barfi! (2012)

Barfi

Barfi! adalah film Bollywood bergenre drama komedi, dibintangi oleh Ranbir Kapoor, Priyanka Chopra, dan Ileana D’Cruz sebagai pemeran utamanya. Berkisah tentang hubungan seorang pria bernama Murphy “Barfi” Johnson (Ranbin Kapoor) yang tidak bisa berbicara dan tuli dengan dua orang wanita, Shruti dan Jhilmil.

Mengambil set di tahun 1970-an, film ini sukses menampilkan kisah cinta yang manis dan sederhana. Film ini mendapat respon baik dari para pecinta film. Terbukti dengan banyaknya penghargaan dan nominasi yang diraih. Film ini masuk nominasi Academy Awards ke-85 kategori Best Foreign Language Film.

6. OMG: Oh My God! (2012)

OMG Oh My God

OMG: Oh My God! merupakan film India yang dirilis tahun 2012, dan merupakan remake dari film Australia tahun 2011 berjudul The Man Who Sued God. Film yang dibintangi oleh Akshay Kumar dan Paresh Rawal ini menuai banyak kontroversi karena menyinggung hal yang sensitif dan tak tersentuh yaitu konsep ketuhanan.

Secara garis besar film yang disutradarai oleh Umesh Shukla ini bercerita tentang seorang penjaga toko yang menuntut tuhan ke pengadilan karena tokonya merupakan satu satunya tempat yang hancur karena terjadinya gempa.

Terlepas dari kontroversi yang ditimbulkannya, film ini bisa menjadi tontonan layak karena menyuguhkan pesan moral yang baik. Bahwa tuhan tidak berada di suatu tempat atau di suatu benda, melainkan Tuhan ada di dalam hati manusia.

7. PK (2014)

PK

PK adalah film garapan tahun 2014 yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani. PK atau dalam Bahasa India disebut piakar yang berarti “agak mabuk”, dibintangi oleh Aamir Khan, Anushka Sharma, dan Sanjay Dutt sebagai pemeran utamanya.

Bercerita tentang alien di bumi yang kehilangan sebuah alat yang menjadi satu-satunya penghubung dengan kendaraan luar angkasa yang ia miliki. Dalam pencariannya, alien ini memiliki banyak pertanyaan yang berada diluar nalar. Sifatnya yang polos dan seperti anak kecil membuat satu negara memikirkan kembali tentang pengaruh dan dampak yang ditimbulkan suatu agama dalam kehidupan masyarakat.

8. Piku (2015)

Piku

Piku adalah sebuah film drama komedi yang dirilis tahun 2015 dan disutradarai oleh Shoojit Sircar. Film ini menyuguhkan komedi yang unik tentang hubungan antara seorang ayah dan anak perempuannya dengan segala keanehannya yang membuat semua orang menggila.

Dibintangi  oleh Depiika Padukone, Irfaan Khan dan Amithabh Bachan, film ini sukses menampilkan chemistry yang terlihat nyata dan natural antar pemain yang terlibat di dalamnya. Film ini mengajarkan kita bagaimana seharusnya seorang anak bersikap kepada ayahnya, bagaimanapun sifat dan keadaan ayahnya.

9. Badhaai Ho (2018)

Badhaai Ho

Badhaai Ho yang dirilis tahun 2018 merupakan film karya sutradara Amit Sharma. Secara garis besar film ini bercerita tentang sepasang suami istri yang sudah tidak muda lagi. Kemudian sang istri mengalami kehamilan yang membuat anak-anak lainnnya yang sudah dewasa merasa kecewa. Selain itu keluarga mereka juga menjadi cemoohan semua orang.

Film yang dibintangi oleh Ayushmann Khurrana, Neena Gupta, Gajraj Rao, Surekha Sikri, dan Sanya Malhotra ini menerima berbagai tanggapan positif dari penontonnya. Terbukti film ini berada di peringkat ke-9 sebagai film berpendapatan paling tinggi di India pada tahun 2018.

10. De De Pyaar De (2019)

De De Pyaar De

Film De De Pyaar De merupakan film komedi romantis garapan sutradara Akiv Ali. Film yang dirilis pada tanggal 17 Mei 2019 ini dibintangi oleh Ajay Devgn, Tabu dan Rakul Preet Singh. Film ini banyak mendapat pujian karena akting dari para pemeran utamanya. Di sisi lain paham misogini (kebencian terhadap wanita) yang ditampilkan film ini mengundang kritik dari berbagai pihak.

Film ini bercerita tentang seorang pria berusia 50-an yang telah bercerai yang jatuh cinta kepada seorang wanita yang berusia 26 tahun. Sang pria diperankan oleh Ajay Devgn, menghadapi penolakan dan sikap tidak setuju dari keluarganya termasuk mantan istrinya.

Nah itu dia beberapa film komedi India yang tak boleh terlewatkan untuk di tonton. Film-film tersebut cocok sebagai mood booster saat Anda mengalami rasa bosan atau penat karena aktivitas. Apabila ada film komedi lain yang ingin Anda rekomendasikan silahkan bagikan di kolom komentar ya. Simak juga artikel film India yang inspiratif ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *