bacaterus web banner retina

5 Film Terbaik Kim So Yeon dengan Peran yang Menantang

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 Juli 2021

Nama Kim So Yeon sudah bukanlah nama baru di dunia hiburan Korea. Namanya semakin berkibar berkat keterampilan aktingnya dalam drama korea The Penthouse. Pamornya sebagai aktris papan atas Korea kian meroket seiring popularnya drama bergenre kaluarga bernuansa thriller itu. Meskipun Kim So Yeon lebih dikenal aktris langganan drama, ia pernah terjun di layar lebar korea lho.

Beberapa judul film tercatat pernah dibintanginya. Nah, kali ini kami akan menelusuri rekam jejak So Yeon dari film-film yang telah dibintanginya. Penasaran? Kita langsung saja yuk simak deretan film yang telah dibintangi oleh Kim So Yeon, si tokoh antagonis dari The Penthouse.

1. Change (1997)

Change (1997)
  • Tahun Rilis: 1997
  • Genre: Drama, Romantic, School
  • Sutradara: Lee Jin Seok
  • Pemeran: Jeong Joon, Kim So Yeon

Seperti tajuk dari film Korea satu ini, Change merupakan sebuah film yang berisi kisah dua orang siswa yang bertukar tubuh. Kim So Yeon beradu akting dengan Jeong Joon.

Pada film ini, Kim So Yeon memerankan tokoh Go Eun Bi, siswi teladan dengan prestasi akademis yang cermerlang. Sementara itu, Jeong Joon adalah kebalikan dari Eun Bi.

Kang Dae Ho (Jeong Joo) adalah murid langganan peringkat akhir di sekolah. Semua strategi belajar tidak mempan pada diri anak ini. Ia kerap gagal untuk meningkatkan prestasi akademik di sekolah.

Namun, keanehan terjadi. Pada suatu hari hujan turun dengan sangat lebat disertai petir. Ketika mereka hendak pulang, tiba-tiba petir menyambar dan membuat mereka pingsan.

Saat mereka siuman, mereka menyadari bahwa jiwa mereka tertukar. Kejadian yang mengejutkan ini membuat mereka kehilangan kata-kata. Akhirnya diputuskanlah bahwa mereka harus berpura-pura hidup sesuai dengan tubuh yang ditempat oleh jiwanya dan harus tinggal di rumah masing-masing.

Di sinilah terjadi kekacauan. Meskipun Go Eun Bi tinggal di dalam tubuh Dae Ho, kebiasaan dan karakter asli Go Eun Bi tidak akan berubah. Jiwanya tetaplah Go Eun Bi, si murid teladan meskipun tubuhnya milik Kang Dae Ho. 

Begitu pun yang terjadi pada Kang Dae Ho yang terjebak dalam tubuh Eun Bi. Tak pelak anggota keluarganya menjadi aneh dengan kebiasaan Eun Bi dan Dae Ho yang baru. Perubahan pun terjadi, termasuk dalam kemampuan belajar.

Dae Ho mendadak menjadi siswa rajin dan pintar. Lalu, Eun Bi? Semuanya sudah bisa menebak, ‘kan? Keduanya harus mencari cara untuk mengembalikan tubuh masig-masing sebelum Eun Bi pindah ke luar negeri.

2. Gabi (2012)

Gabi (2012)
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Mistery, Drama, History
  • Produksi: Trophy Entertainment Ksure
  • Sutradara: Chang Yoon Hyeon
  • Pemeran: Joo Jin Mo, Kim So Yeon, Park Hee Soon, Yoon Seon

Film yang ditulis oleh Kim Eun Jeong (So I Married An Anti-Fan, My Unfamiliar Family, Sweet Stranger And Me, Hello Brother, Some Dan Madeleine) ini berlatar di abad ke-19. Saat itu Raja Gojong meninggalkan istana Gyeongbok dan tinggal di konsulat Rusia di Seoul untuk mencari perlindungan.

Kondisi Korea saat itu sedang dalam kekuasaan Jepang. Mereka telah membunuh istri Raja Gojong, Ratu Myeongseong. Oleh sebab itu raja harus pergi menyelamatkan diri.

Menyoal Gabi, film besutan sutradara Chan Yoon Hyeong ini disebut-sebut sebagai salah satu film terbaik Korea. Alur cerita mengisahkan tentang Tanya (Kim So Yeon), seorang barista yang menyajikan kopi Rusia. Ia sebetulnya adalah seorang anak dari penerjemah yang bekerja pada Raja Gojong.

Sepeninggalan ayahnya Tanya didampingi oleh Ilychi (Joo Jin Mo) yang selalu melindungi Tanya dan menuruti apa pun yang dikatakannya. Bahkan keduanya sempat berangan-angan untuk memiliki keluarga kecil sederhana.

Saat Raja Gojong tinggal di konsulat Rusia, ia jatuh cinta pada kopi, minuman yang belum popular di Korea saat itu. Saat itu, Tanya diberi tanggung jawab sebagai barista yang menyajikan kopi untuk Raja Gojong.

Awalnya sang raja menolak karena tahu siapa Tanya sebenarnya. Namun, karena kegigihannya, akhirya Raja Gojong luluh dan mau mencicipi kopi buatan Tanya.

Hubungan Tanya dan sang Raja yang awalnya tidak akrab menjadi lebih dekat. Sayangnya kedekatan hubungan mereka menempatkan Tanya pada posisi berbahaya. Lalu, bagaimana kelanjutan hubungan Tanya dan Ilychi yang mempunyai misi bersama? Mampukah mereka mewujudkannya?

3. Iris (2010)

Iris (2010)
  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Action Suspense, Mistery, Romantic
  • Produksi: Taewon entertainment
  • Sutradara: Yang Yoon ho
  • Pemeran: Lee Byeong Hoon, Kim Tae Hee, Jeong Joon Ho

Film Iris adalah sebuah film yang diambil dari gabungan episode drama Korea yang bertajuk sama, Iris. Meskipun berupan gabungn episode, namun Iris The Movie memiliki scene yang lebih spesifik dan alur yang tidak terduga.

Hal ini membuat ada penambahan dan perubahan cerita di dalam film yang dibintangi oleh aktor kawakan, Lee Byeong Hoon dan Kim Tae Hee. Dalam film ini, Kim So Yeon berperan sebagai Kim Seon Hwa, seorang agen rahasia Korea Utara yang mengejar Hyeon Joon (Lee Byeong Hoon).

Adapun mengenai film ini, Iris berkisah tentang dua orang sahabat, Lee Byeong Hoon dan Jeong Joon Ho yang direkrut oleh sebuah organisasi rahasia yang bertujuan untuk melindungi negara dari serangan negara lawan. Sejak perekrutan tersebut, hidup keduanya berubah.

Organisasi rahasia tersebut membentuk sebuah agensi intelijen, National security Service (NSS). Dua sahabat ini dilatih untuk menggunakan berbagai cara demi menjaga keamanan negara. Apapun yang terjadi keduanya harus berjuang menghindari pecahnya perang Korea lanjutan.

Meskipun keduanya bersahabat, namun mereka adalah rival dalam segala hal, termasuk bersaing mendapatkan Choi Seung Hee (Kim Tae Hee).  Hyeon Joon (Lee Byoeng Hoon) dan Jin Sa Woo (Jeong Joon Ho) tidak mengetahui kalau gadis yang mereka sukai adalah seorang agen NSS.

Heon Joon dan Sa Woo dikirim ke Rumania untuk menyelamatkan Seung Ryeong yang diburu oleh pembunuh bayaran. Tak diduga sebuah konspirasi terjadi di sana. Ini membuat Hyoen Joon ikut diburu oleh agen rahasia kejam, Kim Seon Hwa. 

4. Seven Swords (2005)

Seven Swords (2005)
  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Action, Drama, History
  • Produksi: Film workshop
  • Sutradara: Tsui Hark
  • Pemeran: Leon Lai, Donnie Yen, Charlie Yeung, Son Honglei, Kim So Yeon, Lu Yi

Seven Swords merupakan sebuah film yang diproduksi di Hong Kong. Film ini diadaptasi dari sebuah novel karya Liang Yusheng, meski hanya nama tokohnya saja yang diambil. Alur cerita dari film ini sangat berbeda dari alur di dalam novel.

Bagi Kim So Yeon, Seven Swords adalah film internasional pertamanya yang ia bintangi. Di dalam film ini aktris yang tengah mempersiapkan drama The Penthouse season III ini berperan sebagai Green Pearl, bangsawan Korea. Ia adalah tawanan klan Fire-Wind.

Cerita dimulai di tahun 1660-an pada saat dinasi Qing berkuasa. Untuk menjaga keutuhan wilayahnya, pemerintah mengeluarkan larangan bagi belajar bela diri bagi masyarakat. Hal ini dimanfaatkan oleh klan Fire-Wind untuk memusnahkan semua pendekar bela diri yang menjadi musuhnya.

Semua siswa bela diri di berbagai pelosok wilayah kekuasaan kerajaan ditangkap dan dibunuh. Salah satu kampung bela diri yang menjadi target utama klan Fire-wind adalah martial village di mana Green Pearl berasal. Ketika para pendekar Fire-Wind menyerang, Green Pearl ditangkap dan disandera.

5. Love Forecast

Love Forecast
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Drama, Romantic, Comedy
  • Produksi: Popcorn F&M
  • Sutradara: Park Jin Pyo
  • Pemeran: Lee Seung Gi, Moon Chae Won, Ryu Hwa Young, Park Eun Ji, Park Soo Yung, Jung Joon Young

Di tahun 2015 Kim So Yeon terlibat di dalam proyek film yang dibintangi Lee Seung Gi dan Moon Chae Won. Ia tampil sebagai mantan pacar Kang Joon Soo (Lee Seung Gi).

Love Forecast sendiri merupakan sebuah film yang berkisah mengenai dua sahabat yang sudah sangat akrab. Lee Seung Gi memerankan tokoh Kang Joon Soo, seorang guru yang berperasaan halus dan selalu serius dengan perasaan dan hubungan cintanya.

Namun, dikarenakan prinsipnya tersebut ia malah sering dicampakan oleh kekasihnya sebab dianggap membosankan dan terlalu baik. Sementara Moon Chae Won memainkan tokoh Hyun Woo, seorang reporter perkiraan cuaca di salah satu stasiun televisi.

Ia adalah gadis yang selalu terlihat kesan elegan dan terampil di depan kamera. Namun, tak banyak yang mengetahui karakter asli gadis cantik itu. Di belakang kamera Hyun woo adalah gadis yang blak-blakan dan tidak memperhatikan penampilan. Dalam hubungan percintaan pun, ia termasuk yang kurang beruntung.

Nah itulah ulasan singkat beberapa film yang telah dibintangi oleh aktris yang kini berusia 41 tahun. Menarik ya? Kim So Yeon dikenal sebagai aktris yang total dalam mendalami perannya. Ia bahkan memotong rambut panjanganya yang merupakan ciri khasnya demi perannya dalam Iris.

Tidak sabar melihat akting memukaunya di layar kaca? Nantikan penampilan akting memukau So Yeon di drama dan film-film selanjutnya, ya. 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram