10 Film Terbaik yang Pernah Dibintangi oleh Kim So Jin

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Memulai karir di bidang akting dengan bermain dalam sebuah film independent di tahun 2004, Kim So Jin perlahan menjajaki tangga kesuksesan. Bertahun-tahun aktif dalam film-film pendek, aktris kelahiran 1979 ini juga mulai tampil di film berdurasi lebih panjang. Penampilannya yang meyakinkan memberinya apresiasi dari berbagai penghargaan bergengsi.

Kim So Jin pernah meraih Best Supporting Actress berkat perannya di The King (2017) pada tiga penghargaan bergengsi sekaligus. Antara lain dari Baeksang Arts Awards, Blue Dragon Film Awards dan Grand Bell Awards.

Sebagian besar film Kim So Jin nyatanya punya cerita-cerita menarik dan dibintangi para pelakon kelas A. Ingin tahu apa saja film yang pernah ikut dia mainkan?

Baca juga: Inilah 10 Film Terbaik Han Ye Ri dengan Akting Memukau

*Tabel ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik judul film untuk info selengkapnya

1. I Can Speak

I Can Speak
Tahun Rilis 2015
Genre , ,
Sutradara
Pemeran Na Moon Hee Lee Je-Hoon

Film Kim So Jin berjudul I Can Speak (2017) berbicara banyak tentang tekad yang kuat, tentang usaha pantang menyerah menyuarakan ketidakadilan dan penderitaan yang dilakukan seorang nenek bernama Na Ok Bun. Dia adalah seorang wanita paruh baya yang terkenal kerap mengajukan keluhan warga pada petugas-petugas di kantor pelayanan.

Saking seringnya datang dan mengajukan complaint, dia dijuluki Nenek Goblin. Pegawai di sana sebisa mungkin berusaha menghindarinya dan melimpahkan keluhan Ok Bun pada PNS baru bernama Park Min Jae.

Hubungan keduanya kerap tak akur, hingga kemudian Ok Bun mendengar Min Jae fasih berbahasa Inggris. Ok Bun yang ketus berubah karena ingin diajari bahasa Inggris oleh pemuda tersebut.

Min Jae menolak, tapi hatinya melembut melihat kegigihan Ok Bun serta kebaikan hatinya. Min Jae pun mulai mengajari Ok Bun bahasa Inggris hingga kemampuannya meningkat.

Min Jae akhirnya mengetahui alasan Ok Bun ingin menguasai bahasa tersebut. Di film ini Kim So Jin berperan sebagai jaksa penuntut Keum Joo yang membantu Ok Bun.

2. My Palpitating Life

My Palpitating Life

My Palpitating Life atau My Brilliant Life (2014) adalah film Kim So Jin yang dibintangi oleh Song Hye Kyo dan Gang Dong Won. Film ini dibuat berdasarkan novel terbitan tahun 2011 yang ditulis oleh Kim Ae Ran.

Semua konflik mengharukan dalam My Brilliant Life (2014) dimulai dari kehamilan Mi Ra saat dirinya masih berusia 17 tahun. Dae Soo sebagai pasangan, memutuskan kabur dari rumah dan mengurus keluarga kecilnya.

Selang beberapa bulan kemudian, buah hati mereka lahir ke dunia dan diberi nama Ah Reum. Namun, Ah Reum didiagnosis mengalami kelainan genetic yang sangat langka bernama progeria. Kondisi ini membuatnya menua secara lebih cepat.

Menginjak usia ke 17 tahun, Mi Ra dan Dae Soo bersiap menghadapi kenyataan bahwa putranya mungkin tidak akan bisa berulang tahun ke 18.

3. The Terror Live

The Terror Live

Sebuah film bertema disaster dan teror, The Terror Live (2013), menjadi film Kim So Jin berikutnya yang sayang dilewatkan. Walau berperan sebagai karakter pendukung, plot film ini akan memberimu hiburan yang menegangkan. Hari itu, Yoon Young Hwa, mantan pembawa berita top yang sekarang menjadi pembawa acar di radio mendapat telepon aneh.

Si penelepon misterius mengancam akan meledakkan Jembatan Mapo, jembatan utama yang melewati Sungai Han dan menghubungkan dua distrik penting di Korea. Yoon mulai tegang ketika si penelepon mulai meledakkan Jembatan Mapo.

Kim So Jin berperan sebagai reporter bernama Lee Ji Soo yang melaporkan peristiwa ledakan di Jembatan Mapo secara langsung.

4. Escape from Mogadishu

Escape From Mogadishu

Escape From Mogadishu (2021) adalah film Kim So Jin yang mendapatkan banyak penghargaan dan nominasi dari acara bergengsi. Film ini dibuat berdasarkan peristiwa nyata berlatarkan Perang Saudara di Somalia dan upaya Korea Utara dan Selatan untuk diterima sebagai anggota PBB di akhir tahun 1980-an.

Di tengah trik dan intrik persaingan untuk mendapat tempat di PBB, dua Korea harus bekerjasama untuk dapat keluar dari sana dengan selamat.

Han Sin Seong sebagai dubes untuk Korea Selatan berperang dingin dengan Rim Yong Su yang menjabat sebagai dubes untuk Korea Utara. Keadaan berubah ketika mereka terjebak dalam perang yang mengancam keselamatan.

Han dan Rim sama-sama harus menurunkan ego negaranya masing-masing demi menyelamatkan diri dan orang-orang yang mereka bawa. Perjuangan untuk bebas dari Somalia dan kembali ke Korea juga turut dialami oleh istri Han, Kim Myung Hee yang diperankan oleh Kim So Jin.

5. Emergency Declaration

Emergency Declaration

Dalam film Kim So Jin berjudul Emergency Declaration (2022) kamu akan melihatnya berperan sebagai sosok kepala pramugari yang bisa diandalkan. Dalam kondisi genting karena teror mengerikan di atas pesawat, Hee Jin menjadi orang yang bisa diandalkan, baik oleh penumpang, pilot dan kru yang ada di darat.

Cerita dimulai ketika Jae Hyuk dan putrinya, Soo Min, hendak pergi ke Hawaii menggunakan pesawat Sky Korea KI501. Sebelum naik ke pesawat, Soo Min berpapasan dengan pria mencurigakan bernama Jin Seok. Rupanya Jin Seok naik pesawat yang sama dan membuat Jae Hyuk semakin khawatir. Firasat Jae Hyuk benar karena pemuda itu memang berbahaya. 

6. The Man Standing Next

The Man Standing Next

Film Kim So Jin berikutnya merupakan salah satu film terlaris Korea Selatan yang dibintangi nama-nama besar seperti Lee Sung Min, Lee Byung Hun, dan Kwak Do Won.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram