bacaterus web banner retina

7 Film Layar Lebar Terbaik yang Dibintangi oleh Kim Hye-Eun

Kim Hye-eun merupakan seorang aktris asal Korea Selatan yang lahir di Kota Busan tanggal 1 Maret 1973. Sebelum terjun ke dunia seni peran, Hye-eun mengawali karirnya sebagai pembawa acara untuk stasiun TV MBC pada tahun 1997. Setelah 8 tahun bekerja di dunia jurnalistik, ia memutuskan mengundurkan diri dari MBC di tahun 2004.

Aktris berusia 48 tahun ini memulai debutnya di dunia akting lewat drama Nonstop 3 (2002) sebagai seorang pembawa berita khusus ramalan cuaca. Namanya kemudian mulai semakin terkenal karena langsung membintangi banyak judul drama, termasuk yang paling populer adalah Itaewon Class sebagai direktur eksekutif Jangga Group bernama Kang Min-jung.

Dalam dunia perfilman, Hye-eun terhitung sudah terlibat dalam 7 produksi film layar lebar sejak tahun 2005 hingga 2017 lalu. Nah, penasaran kan film apa saja yang dibintangi oleh aktris yang satu ini?  Berikut adalah daftarnya.

1. Heaven's Soldiers

heaven's soldier_
  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Action comedy
  • Produksi: Sidus
  • Sutradara: Min Joon-ki
  • Pemeran utama: Park Joong-hoon, Kim Seung-woo, Hwang Jung-min, Gong Hyo-jin

Film ini bercerita tentang perseteruan antara Korea Utara dan Korea Selatan. Pihak Utara, yang diwakili oleh Mayor Kang Min-gil (Kim Seung-Woo), memulai rencana liciknya dengan menculik ilmuwan dari Selatan, Kim Su-yeon (Gong Hyo-jin), untuk membantu menyelesaikan senjata pemusnah massal yang mereka buat. 

Mayor Park Jung-woo (Hwang Jung-min) dari pihak Selatan lalu berusaha membebaskan Su-yeon di atas perahu yang juga dinaiki oleh Min-gil. Namun, sebelum rencananya itu berhasil, sebuah komet misterius tiba-tiba muncul di atas langit, dan menghantam Bumi.  Peristiwa itu kemudian menimbulkan dimensi waktu, dimana mereka harus terbawa ke tahun 1572 di tengah-tengah peperangan Korea di era Joseon.

Dalam film Heaven's Soldiers sendiri, Kim Hye-eun tidak tampil sebagai pemeran utamanya, maupun karakter pendukung. Sebagai debutnya di layar lebar, Hye-eun hanya tampil menjadi seorang perempuan tanpa nama yang berprofesi sebagai pembawa berita saja. Meski begitu, membintangi film ini setidaknya adalah langkah yang baik untuk Hye-eun karena bisa bermain di film-film selanjutnya.

2. Nameless Gangster: Rules of The Time

nameless gangster_
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Crime, gangster
  • Produksi: Palette Pictures, dan Showbox
  • Sutradara: Yoon Jong-bin
  • Pemeran utama: Choi Min-sik, dan Ha Jung-woo

Selepas berada dalam film Heaven's Soldiers dengan karakter yang terbilang biasa saja, Kim Hye-eun akhirnya juga mendapatkan peran yang lebih berarti di film ini. Dalam Nameless Gangster: Rules of The Time, Hye-eun memerankan karakter Nona Yeo, seorang wanita dewasa yang menjalankan sebuah rumah hiburan malam di Korea Selatan pada periode pertengahan 1980-an.

Diceritakan jika Choi Ik-hyun (Choi Min-sik) adalah seorang pegawai bea cukai di pelabuhan Busan. Ia bersama teman-temannya menerima suap, dan menemukan 10 kilogram heroin di gudang. Ia kemudian mendekati bos gangster, Choi Hyung-bae (Ha Jung-woo), untuk menjual barang terebut ke Yakuza Jepang.

Ik-hyun, dan Hyung-bae kemudian membentuk hubungan persaudaraan yang sangat dekat. Ik-hyun meninggalkan pekerjaannya, dan menjadi seorang pengusaha. Keduanya lalu bersiap untuk menguasai dunia kriminal bawah tanah di Busan, dan bahkan Korea Selatan.

3. Man in Love

man in love_
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Romance drama
  • Produksi: Sanai Pictures
  • Sutradara: Han Dong-Wook
  • Pemeran utama: Hwang Jung-min, dan Han Hye-jin

Han Tae-il (Hwang Jung-min) merupakan seorang preman yang tinggal di wilayah Gunsan. Setiap harinya, ia berkeliling di lingkungannya untuk menagih hutang, dan memeras para pemilik toko sebagai uang perlindungan yang harus dibayar kepada kelompok geng tempat dia bekerja. Tae-il sendiri sekarang berusia 42 tahun dan tidak pernah merasakan jatuh cinta.

Saat ini, ia menumpang tinggal di rumah saudaranya, Young-il (Kwak Do-won), beserta istrinya, Mi-young (Kim Hye-eun), dan putri mereka, Song-ji (Kang Min-ah). Suatu hari, saat ia melakukan rutinitas pekerjaannya, Tae-il bertemu dengan Joo Ho-jung (Han Hye-jin), seorang pegawai bank yang merawat ayahnya yang dililit hutang, dan sakit parah.

Selepas pertemuan pertamanya itu, Tae-il menawarkan kepada Ho-jung bahwa ia bakal membebaskannya dari hutang, asalkan mau berkencan dengannya. Ho-jung awalnya menolak, namun dia tidak punya cara lain untuk melunasi beban hutangnya, dan menerima tawaran tersebut. Keduanya mulai berkencan dengan canggung, dan seiring waktu kehidupan mereka mulai berbeda, serta hal tragis pun terungkap.

4. Pandora

pandora_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Disaster
  • Produksi: CAC Entertainment
  • Sutradara: Park Jung-woo
  • Pemeran utama: Park Jung-woo, Kim Joo-Hyun, dan Jung Jin-Young

Pandora adalah sebuah film yang mengangkat tema bencana, dan cukup populer di Korea Selatan. Film ini meraih banyak nominasi di ajang penghargaan 54th Grand Bell Awards, termasuk untuk kategori Best Film, Best Cinematography, dan Best Director.        

Dalam Pandora, Kim Hye-Eun memerankan karakter First lady, sosok istri dari Presiden Korea Selatan, yang diperankan oleh aktor Kim Myung-Min. Sementara itu, karakter utama film ini dibintangi oleh Kim Nam-gil sebagai Kang Jae-hyeok, ia adalah seorang mekanik yang bekerja di sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Film ini mengisahkan gempa bumi melanda kota tempat tinggal Jae-hyeok, dan hal tersebut menyebabkan PLTN tempatnya bekerja meledak. Situasi menjadi kacau, diluar kendali, dan membuat Korea berada dalam kepanikan. Jae-hyeok, dan rekan kerjanya kembali ke PLTN untuk menyelamatkan pekerja yang masih bertahan hidup, dan juga berusaha mencegah bencana nuklir supaya tidak semakin parah.

5. My Little Brother

my little brother_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama
  • Produksi: iFilm, Chung Woo Film, 26 Company, dan Daydream Entertainment
  • Sutradara: Ma Dae-yoon
  • Pemeran utama: Lee Yo-won, Jung Man-sik, Esom, dan Jung Joon-won

Diceritakan jika tiga bersaudara yang bernama Oh Sung-ho (Jung Man-sik), Oh Soo-kyung (Lee Yo-won), dan Oh Joo-mi (Esom) hidup saling terpisah. Sung-ho sendiri merupakan kakak tertua mereka, dan telah menikah dengan seorang perempuan bernama Soon-im (Kim Hye-eun).

Adik bungsu mereka, Joo-mi, bekerja serabutan di berbagai macam tempat, sedangkan adik tengah, Soo-kyung, mendapatkan pekerjaan yang baik sebagai seorang reporter di salah satu stasiun televisi Korea Selatan. Saat ayah mereka meninggal dunia, ketiganya bertemu kembali di acara upacara kematian sang ayah.

Ketiganya terkejut ketika melihat ada seorang anak kecil yang menangis saat upacara kematian ayah mereka. Sung-ho, dan yang lainnya terkejut karena anak kecil yang bernama Oh-nak (Jung Joon-won) itu adalah adik bungsu mereka. Kemunculan Oh-nak ke dalam kehidupan mereka kemudian mampu menumbuhkan kembali ikatan kekeluargaan yang telah lama hilang

6. The Mayor

the mayor_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Political drama
  • Produksi: Palette Pictures
  • Sutradara: Park In-je
  • Pemeran utama: Choi Min-sik, Kwak Do-won, Shim Eun-kyung, Moon So-ri, dan Ra Mi-ran

Film The Major diperankan oleh aktor Choi Min-sik sebagai seorang Walikota Seoul bernama Byeon Jong-gu. Ia berencana mencalonkan kembali menjadi walikota untuk masa jabatan yang ketiga kalinya. Namun di sisi lain juga, ia berusaha maju untuk menjadi presiden di pemilu yang akan datang. Jong-gu kemudian menggunakan segala cara untuk menang di pemilu, dan menyembunyikan segala rahasia tergelapnya.

Sementara itu, sosok Yang Jin-joo, yang diperankan oleh Ra Mi-ran, muncul sebagai calon walikota baru sekaligus lawan politik paling kuat bagi Jong-gu. Lalu, Kim Hye-eun sendiri berperan sebagai moderator debat politik yang memandu mereka dalam menyampaikan gagasan-gagasan politik masing-masing.

7. The Sheriff in Town

the sheriff in town_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Crime comedy
  • Produksi: Sanai Pictures, dan Moonlight Film
  • Sutradara: Kim Hyung-ju
  • Pemeran utama: Lee Sung-min, Cho Jin-woong, dan Kim Sung-kyun

Dae-ho (Lee Sung-min) adalah seorang mantan polisi, yang terpaksa berhenti dari pekerjaannya karena gagal dalam sebuah misi besar. Lima tahun kemudian, Dae-ho sekarang tengah menjalankan sebuah rumah makan sederhana bersama istrinya, Mi-seon (Kim Hye-eun), di kota kelahirannya yang berada di Gijang.

Di sisi lain, Jong-jin (Cho Jin-woong) merupakan seorang pengusaha sukses yang berusaha melebarkan usahanya di daerah tempat Dae-ho. Akan tetapi, aktivitas bisnis Jong-jin terlihat sangat mencurigakan, dan membuat sisi investigasi Dae-ho sebagai seorang polisi muncul kembali. Ia kemudian meminta bantuan kakak iparnya, Duk-man (Kim Sung-kyun) untuk bersama-sama menyelidiki usaha milik Jong-jin.

Nah, itulah 7 film yang pernah dibintangi oleh Kim Hye-eun selama dirinya berkecimpung di dalam dunia seni peran. Hye-eun sendiri lebih banyak terlibat dalam produksi drama serial daripada terjun berakting di layar lebar.

Dalam dunia film, Hye-eun tidak pernah mendapatkan karakter utama, dan lebih banyak terlihat sebagai karakter pendukung. Meskipun begitu, langkahnya untuk mencoba bermain film layar lebar patut diancungi jempol, dan berani keluar dari zona nyamannya sebagai pemain drama serial yang cukup tenar.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram