Bacaterus / Film Artis Korea / 8 Film Terbaik Kim Go-Eun, Aktris Segudang Penghargaan

8 Film Terbaik Kim Go-Eun, Aktris Segudang Penghargaan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Drama Guardian: The Lonely and Great God atau yang lebih dikenal dengan sebutan “Goblin” membuat penggemar k-drama memusatkan perhatiannya pada sosok Ji Eun-tak, siswi SMA yang menjadi pasangan goblin. Bagaimana tidak, meskipun memiliki perbedaan usia cukup jauh, kemistri antara Kim Go-Eun dan Gong-Yoo tak bisa terbantahkan lagi.

Sebelum drama fenomenal ini muncul, Kim Go-Eun telah beberapa kali mengambil peran, baik dalam serial drama maupun film. Kali ini, Bacaterus telah merangkum daftar film terbaik yang pernah dibintangi oleh Kim Go-Eun. Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. A Muse (2012)

A Muse (2012)

Film A Muse atau dalam bahasa Korea diterjemahkan sebagai “Eungyo” merupakan film debut Kim Go-eun yang dirilis pada bulan April 2012. Film drama ini diadaptasi dari sebuah novel karya Park Bum-shin yang berjudul Eungyo.

A Muse menceritakan kisah seorang penyair berusia 70 tahun, Lee Jeok-yo yang jatuh cinta kepada seorang siswi bernama Eun-gyo. Bermula saat Jeok-yo melihat Eun-gyo yang tertidur di kursi depan teras rumahnya.

Sang penyair kemudian memberi Eun-gyo pekerjaan paruh waktu di rumahnya. Kehadiran Eun-gyo membuatnya merasa seperti seorang pria muda yang bahagia. Perasaan yang selama ini telah hilang kini muncul kembali, karena kehangatan dan ketulusan yang Eun-gyo berikan kepada Jeok-yo.

Saking terpesonanya, Jeok-yo menulis sebuah cerita pendek erotis yang menggambarkan imajinasinya bersama siswi tersebut. Namun, asistennya yang berusia 30-an merasa murka dan jijik dengan hubungan mereka. Ia memutuskan untuk mencuri apa yang menjadi milik Jeok-yo, termasuk cerita pendek yang kemudian ia terbitkan atas namanya sendiri.

2. Memories of The Swords (2015)

Memories of The Swords (2015)

Film ini mengisahkan tiga prajurit era kerajaan Goryeo yang memimpin aksi pemberontakan, Poong-cheon, Seol-rang, and Deok-gi. Saat keinginan mereka untuk merdeka hampir terpenuhi, Deok-gi menghianati mereka, dan menyebabkan kematian prajurit lain, Doong-cheon.

Seol-rang kemudian pergi membawa anak perempuan Doong-cheon yang bernama Hong-ee. Seraya berlalu, Deok-gi berteriak kepadanya bahwa kelak bukan hanya Deok-gi, namun Seol-rang juga akan mati di tangan Hong-ee.

18 tahun kemudian, Hong-ee yang telah dewasa berlatih menggunakan pedang untuk membalaskan dendam atas kematian ibunya. Sementara Deok-gi adalah orang yang paling kuat di negara itu. Tak lama setelahnya terjadi pertumpahan darah yang mengerikan.

3. Monster (2014)

Monster (2014)

Film Monster berpusat pada kehidupan Bok-soon, seorang wanita muda yang menjalankan sebuah kios kecil demi kelangsungan hidupnya beserta adik kecilnya. Bok-soon memiliki kekurangan dalam hal kecerdasan, namun bersifat ceria dan berani.

Kehidupan mereka berjalan damai, hingga suatu saat mereka berpapasan dengan seorang pembunuh berantai, Tae-soon. Tae-soon membunuh adik Bok-soon karena ia telah mengetahui kehidupan Tae-soon yang merupakan seorang pembunuh.

Dipenuhi dengan amarah, Bok-soon merencanakan aksi balas dendamnya dan bergabung bersama Nae-ri, seorang gadis kecil yang juga menjadi incaran Tae-soon. Siapa yang akhirnya bisa selamat setelah aksi balas dendam ini?

4. Coin Locker Girl (2015)

Coin Locker Girl (2015)

Coin Locker Room dibintangi Kim Go-Eun bersama Park Bo-gum dan Go Kyung-pyo. Bercerita tentang seorang bayi Il-young (Kim Go-eun) yang ditemukan oleh seorang pengemis dalam sebuah loker. Di usia 10 tahun, ia diculik oleh seorang detekif yang korup.

Il-young kemudian diberikan sebagai tebusan hutang kepada seorang rentenir yang dipanggil “Ibu”. Rentenir ini juga memiliki bisnis jual beli organ tubuh manusia di Chinatown, Korea.

Setelah dewasa, sang rentenir melihat bahwa Il-young tumbuh menjadi wanita tangguh dan kuat. Ibu kemudian mengurungkan niatnya untuk menjual Il-young. Sebagai gantinya, Il-young dijadikan sebagai penagih utang.

Suatu saat ia harus menagih hutang kepada seorang pria bernama Suk-hyun yang ayahnya memiliki hutang. Keterbukaan dan kebaikan Suk-hyun kemudian membuat Il-young jatuh hati. Ketika ayah Suk-hyun kabur, Il-young diberi tugas untuk membunuh anaknya, Suk-hyun.

Namun Il-young merasa bahwa ia tidak bisa melakukannya. Jalan yang ia pilih adalah melarikan diri dari satu-satunya keluarga yang pernah ia kenal.

5. The Advocate: The Missing Body (2015)

The Advocate: The Missing Body (2015)

Film bergenre thriller komedi ini dibintangi Kim Go-eun bersama Lee Sun-kyun. The Advocate: The Missing Body bercerita tentang seorang pengacara terkenal, Byeon yang berhasil memenangkan sebuah kasus besar yang melibatkan seorang pengusaha kaya.

Sekali lagi, pengusaha tersebut meminta bantuan sang pengacara untuk membantu supirnya yang dituduh menjadi pembunuh seorang siswi sekolah. Sulitnya, kasus ini hanya meninggalkan genangan darah di TKP, tanpa tubuh atau mayat dari korban.

Byeon kemudian berencana untuk menghadirkan saksi palsu untuk kasus ini. Namun, di hari terakhir persidangan, sebuah peristiwa mengakibatkan pengacara itu kehilangan kasusnya. Merasa gagal sebagai pengacara, dia terus melakukan penyelidikan tentang kasus ini.

Byeon meminta bantuan Sun-min (diperankan oleh Kim Go-eun), jaksa penuntut yang memiliki kisah masa lalu dengannya. Dengan bantuan Sun-min, akhirnya Byeon menemukan petunjuk yang membawa kasus ini pada titik terang.

6. Grandmother Gye Choon/Canola (2016)

Grandmother Gye Choon/Canola (2016)

Canola berkisah seputar wanita tua bernama Gye-choon yang merawat cucunya Hye-ji yang tak punya orang tua. Suatu saat Gye-choon kehilangan Hye-ji di pasar saat berbelanja. Hal ini membuatnya terus menerus mencari Hye-ji sepanjang perjalanan hidupnya.

12 tahun kemudian, Hye-ji kembali ke hadapan neneknya. Hye-ji kemudian bercerita bahwa selama ini dia hidup di jalanan dan selalu menemui banyak masalah serta terlibat kasus kriminal. Sebuah kebenaran tentang Hye-ji kemudian terungkap.

7. Sunset in My Hometown (2018)

Sunset in My Hometown (2018)

Film ini menceritakan Hak-soo, seorang rapper yang sedang mengikuti audisi namun selalu gagal dan tidak pernah masuk final. Di tengah perjuangannya untuk jadi rapper profesional, ia menerima telepon dari kampung halamannya, mengatakan bahwa ayahnya sedang sakit.

Hak-soo bergegas dan langsung menuju ke rumah sakit. Disana ia bertemu teman-teman masa SMA-nya, termasuk Sun-mi yang diperankan oleh Kim Go-eun. Kemudian diketahui bahwa Sun-mi yang menelpon Hak-soo tentang ayahnya.

Sedikit kecewa dan marah, Hak-soo berkata bahwa Sun-mi tak perlu ikut campur urusannya. Terlebih urusannya dengan sang ayah, yang selama ini meninggalkan Hak-soo dan ibunya. Namun mereka akhirnya bisa berdamai dan melihat kelebihan dalam diri masing-masing.

8. Tune in For Love (2019)

Tune in For Love (2019)

Film Tune in For Love mengambil latar tahun 1997, saat terjadi krisis keuangan khususnya di negara-negara Asia. Dalam film ini Kim Go-eun dipasangkan dengan Jung Hae-in sebagai pemeran utamanya.

Film ini menceritakan tentang Mi-soo, seorang pekerja paruh waktu di toko roti yang dipertemukan dalam sebuah acara radio dengan pria bernama Hyun-woo.

Mereka saling bertukar kisah dan pengalaman, sampai akhirnya timbul cinta antara keduanya. Sayangnya mereka jatuh cinta di waktu yang salah. Mereka harus berpisah sebelum akhirnya takdir mempertemukan mereka kembali.

Itulah film-film yang telah sukses dibintangi oleh Kim Go-eun. Selain drama Goblin dan film-film tersebut, aktris cantik ini juga ikut mengambil peran dalam serial drama yang berjudul Cheese in The Trap di tahun 2016.

Proyek terbarunya adalah drama yang berjudul The King: Eternal Monarch yang ia mainkan bersama Lee Min-ho dan Woo Doo-hwan. Penasaran ya akan seperti apa dramanya?  Nah, dari daftar film Kim Go-eun di atas, film manakah yang menjadi favorit kamu? Jangan lupa tuliskan di kolom komentar bawah ini ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *