Bacaterus / Film Animasi / 10 Film Kartun Favorit Yang Dianggap Tidak Layak Untuk Anak Kecil

10 Film Kartun Favorit Yang Dianggap Tidak Layak Untuk Anak Kecil

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kartun yang diketahui sebagai tayangan yang menghibur dengan animasi gambar bergerak serta ceritanya menarik membuat anak-anak menyukai dan bahkan mereka rela bangun pagi hanya untuk menonton film kartun favorit mereka. Kartun yang terkenal dikalangan anak-anak kecil seperti Spongebob dan Tom & Jerry dianggap tidak layak oleh beberapa orang.

Bukan tanpa alasan beberapa orang bahkan orang tua melayangkan ketidaksukaannya tersebut. Pasalnya menurut mereka beberapa film kartun favorit anak-anak justru ini mengandung unsur-unsur yang tidak baik dipertontonkan kepada anak-anak.

Seperti yang kita ketahui bahwa anak kecil adalah seorang polos yang akan mengikuti apa yang ia lihat, termasuk tayangan kartun. Kali ini bacaterus akan membahas beberapa kartun yang dianggap tidak layak ditonton oleh anak-anak. Penasaran? Yuk simak berikut ulasannya:

Tom & Jerry

Tom & Jerry

Siapa yang tidak mengenal film kartun favorit lucu yang satu ini? Bahkan hampir semua orang mengetahuinya walaupun hanya pernah menontonnya sebentar saja. Dengan karakter populernya, Tom & Jerry, seekor tikus dan kucing yang selalu berkelahi ini mampu menarik perhatian anak-anak dengan tingkah mereka yang lucu.

Sayangnya, meskipun terbilang lucu dan konyol sampai mengocok perut ternyata banyak yang memprotes kartun ini. Pasalnya meskipun adegan kejar-kejaran yang ditayangkan sangat lucu, namun beberapa orang melihat banyak adegan kekerasan.

Adegan kekerasan yang biasa ditampilkan dalam kartun ini seperti menendang, memukul, melempar, hingga memakai bahan peledak atau benda-benda tajam membuat beberapa orang memprotes kartun ini.

Looney Tunes

Looney Tunes

Looney Tunes juga tak kalah populernya dengan kartun Tom & Jerry. Looney Tunes juga menjadi film kartun favorit untuk kebanyakan anak-anak. Terlepas dari kepopulerannya dan adegannya yang lucu, ternyata kartun ini juga mendapatkan protes keras dari para orang tua.

Masalahnya sama dengan kartun Tom & Jerry yaitu adegan kekerasan yang tidak layak ditonton oleh anak-anak. Dilansir bahwa adegan yang ada pada Looney Tunes terbilang brutal, dimana adanya aksi kebut-kebutan, tembak menembak satu sama lain sampai penggunaan bahan peledak.

South Park

South Park

Jika kartun yang satu ini memang sudah terkenal dengan jokes yang nyeleneh ala budaya barat. Memang kartun yang satu ini sangat lucu, namun tidak disarankan untuk ditonton oleh anak-anak kecil. South Park adalah kartun ciptaan Trey Parker dan Matt Stone dengan memiliki genre komedi asal amerika.

Kartun ini mengisahkan tentang empat orang anak laki-laki yang berpetualang di South Park, Kolorado. Memang kartun ini bergenre komedi, namun genre komedi yang ada pada kartun South Park tidaklah cocok untuk anak-anak.

Alasannya cukup jelas, South Park memiliki adegan humor untuk dewasa. Jika memang kartun ini diperuntukkan untuk anak-anak, mereka tidak akan memasukan konten humor dewasa di dalam kartunnya.

Spongebob Squarepants

Spongebob Film Kartun Favorit

Nah film kartun favorit yang satu ini tidak kalah terkenalnya dengan Tom & Jerry dan kartun-kartun lainnya yang telah disebutkan sebelumnya. Kartun ini juga sangat terkenal di Indonesia. Banyak anak-anak yang menonton dan menjadi tontonan favorit untuk anak-anak.

Namun pertanyaannya, apakah benar kartun ini tidak cocok untuk anak-anak? Kepopuleran dari sebuah tayangan kartun bukan berarti menjadi ukuran sebagai kartun yang cocok untuk anak-anak. Spongebob dianggap salah satu kartun yang tidak cocok untuk anak-anak.

Pasalnya alasan beberapa para orang tua akan kekhawatiran anaknya menonton Spongebob dikarenakan kartun ini terkadang mengucapkan kata yang tidak pantas. Maka dari itu terkadang disensor dengan adanya suara lumba-lumba untuk menutupinya.

Dan dalam kartun ini juga dilansir memiliki humor-humor sindiran yang dapat membingungkan anak. Selain itu kartun ini dianggap sering menampilkan hal-hal yang menjijikan dan adegan tidak sopan.

Betty Boop

Betty Boop

Kartun yang satu ini cukup jelas mengapa banyak para orang tua yang protes. Pasalnya kartun Betty Boop merupakan salah satu film kartun favorit yang juga sangat terkenal di tahun 1930-an ini dianggap menampilkan adegan-adegan yang tidak patut ditonton apalagi sampai ditiru oleh anak-anak.

Pertama yang diprotes adalah tentang karakter yang menampilkan perempuan seksi. Selain itu Betty Boop pernah dilarang untuk tayang dalam satu episodenya karena menampilkan adanya penggunaan obat-obatan terlarang. Tidak hanya sampai situ, ada sejumlah adegan yang melakukan tarian seksi.

Crayon Shinchan

Shinchan

Nah kalau kartun yang satu ini mungkin juga salah satu film kartun favorit yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Kartun ini merupakan animasi asal Negeri Sakura, Jepang. Memang dalam ceritanya kartun Crayon Shinchan sangat lucu.

Sayangnya adegan-adegan lucu yang ada pada Crayon Shinchan selalu menjurus ke hal-hal yang berbau pornografi. Maka dari itu kartun yang satu ini sangat tidak cocok untuk anak-anak. Di Jepang, Caryon Shinchan menduduki peringkat ke 3 sebagai film yang tidak pantas ditonton anak-anak lho.

Detective Conan

detective conan

Anime atau yang dianggap sebagai kartun asal Jepang satu ini juga dianggap tidak cocok untuk anak-anak. Cerita yang menarik seorang Sinichi Kudo menjadi detektif dan memecahkan berbagai macam masalah dari mulai pencurian, perampokan, bahkan pembunuhan ini tidak baik untuk anak-anak.

Selain menampilkan adegan adanya pembunuhan, Detective Conan merupakan kartun dengan plot cerita dengan bobot untuk orang dewasa. Mungkin anak-anak akan kebingungan dengan plotnya yang berbelit dan misteri-misteri yang sulit dipahami.

Selain itu juga banyak istilah-istilah yang mungkin akan tidak dimengerti oleh anak-anak. Seperti istilah-istilah bahan kimia, atau istilah-istilah detektif lainnya.

The Simpson

The Simpsons

Kebanyakan orang mungkin merasa enjoy ketika menonton kartun yang satu ini. Tak jarang juga anak-anak yang belum cukup umur pun menonton kartun ini. Namun pada kenyataannya bahwa kartun ini merupakan kartun diperuntukan untuk orang dewasa.

The Simpson dianggap tidak layak untuk ditonton oleh anak-anak. Di dalam kartun ini menceritakan tentang korupnya sebuah sistem pemerintahan. Selain itu juga dalam The Simpson diceritakan juga bagaimana polisi membiarkan kejahatan terjadi tanpa dikenai hukuman.

Tentu saja cerita kartun ini membuat para orang tua khawatir ketika anak-anak menonton tayangan kartun ini. Belum lagi ditambah dengan sifat nakal Bart Simpson. Maka dari itu kartun ini merupakan kartun yang dilarang untuk anak-anak.

Naruto

naruto

Mungkin banyak anak-anak yang menyukai kartun yang satu ini. Kartun asal Negeri Sakura yang satu ini cukup populer dikalangan masyarakat terutama dikalangan anak-anak. Namun ternyata kartun ini sempat menjadi kekhawatiran para orang tua.

Naruto memiliki banyak adegan berkelahi untuk mencapai tujuannya. Tujuan dalam film kartun favorit ini adalah menang. Memang tidak ada yang salah dengan hal itu, namun ada suatu kejadian di Jepang dimana seorang anak mengikuti adegan seperti yang ada di Naruto. Anak tersebut meninggal ketika mencoba untuk mempraktekan adegan dari Naruto.

Death Note

Death Note

Dilihat dari judulnya saja kartun ini memang bukan untuk anak-anak. Sehingga beberapa orang tua tidak akan memberikan tayangan salah satu film kartun favorit ini. Dalam kartun ini diceritakan seorang anak laki-laki yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas mendapatkan buku yang dapat membersihkan orang-orang jahat di dunia.

Light Yagami, mampu menuliskan nama-nama orang jahat dalam sebuah buku dan kemudian nama yang ada dalam buku tersebut akan mengalami kematian yang sangat tragis. Kematian tragis dan sadis inilah yang tidak layak ditonton untuk anak-anak. Jadi jangan biarkan anak-anak menonton kartun yang satu ini.

Nah itu lah 10 film kartun favorit yang dianggap tidak layak ditonton oleh anak-anak. Meskipun disebut sebagai “kartun” sebagai orang dewasa memiliki kewajiban untuk mengawasi dan memantau apakah tayangan tersebut layak atau tidak untuk anak-anak.

Apakah kalian setuju kartun-kartun tersebut tidak layak ditonton oleh anak-anak?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *