Bacaterus / Film Artis Hollywood / 10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Joaquin Phoenix

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Joaquin Phoenix

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Nama Joaquin Phoenix semakin tersohor semenjak dirinya berperan di film Joker, dan memenangkan Piala Oscar 2020 sebagai Best Actor di film tersebut. Kisah kesuksesannya tidak serta merta muncul begitu saja, ia pertama kali bermain film layar lebar pada tahun 1986 dengan judul Space Camp. Di film perdananya itu, dirinya masih menggunakan nama panggung Leaf Phoenix.

Selang beberapa tahun kemudian, ia kembali menggunakan nama aslinya Joaquin Phoenix dan terlibat dalam film komedi kriminal bersama Nicole Kidman yang berjudul To Die For (1995). Joaquin lalu mendapatkan apresiasi yang tinggi saat berperan di film Gladiator, dan ia pun dinominasikan untuk Academy Award sebagai Aktor Pendukung Terbaik.

Selain terkenal sebagai aktor papan atas dunia, dirinya disanjung karena aktif dalam kegiatan sosial dengan memberikan dukungan kepada beberapa badan amal organisasi kemanusiaan. Ia bergabung dengan sebuah organisasi bernama The Luncbox Fund yang kegiatannya untuk menyediakan makanan kepada siswa sekolah di Kota Soweto, Afrika Selatan.

Informasi singkat tentang Joaquin Phoenix tentunya bisa memberikan sedikit gambaran tentang karir pria berusia 45 tahun ini. Nah, kali ini Bacaterus akan mengulas 10 film terbaik yang pernah dibintangi oleh dirinya. Berikut adalah ulasan selengkapnya untuk kalian semua.

1. Her

Her

* sumber: www.rogerebert.com

  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: Science fiction, romantic drama
  • Rumah produksi: Annapurna Pictures
  • Sutradara: Spike Jonze
  • Pemeran utama: Joaquin Phoenix, Scarlett Johansson, Amy Adams, Rooney Mara dan Olivia Wilde

Berlatar belakang di Kota Los Angeles, Theodore Twombly (Joaquin Phoenix) bekerja menjadi seorang penulis surat di sebuah perusahaan. Dirinya merasa kesepian dan bimbang karena harus memutuskan apakah harus bercerai atau tidak dengan istrinya Catherine.

Di momen kesendiriannya, ia membeli sebuah sistem operasi asisten virtual yang dikendalikan lewat kecerdesan buatan (AI). Theodore lalu memutuskan untuk mempunyai seorang asisten virtual perempuan dan memanggilnya dengan nama Samantha.

Ia sangat kagum dengan kemampuan Samantha yang dapat beradaptasi terhadap dirinya serta situasi masalah yang dihadapinya. Meski hanya lewat virtual suaranya saja, Theodore mulai merasa nyaman dengan Samantha dan mulai merasa tidak kesepian lagi.

2. Joker

Joker

* sumber: www.lazone.id

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Psychological thriller
  • Rumah produksi: Warner Bros. Pictures, DC Films, Joint Effort, Bron Creative dan Village Roadshow Pictures
  • Sutradara: Todd Phillips
  • Pemeran utama: Joaquin Phoenix, Robert De Niro, Zazie Beetz, Frances Conroy, Brett Cullen, Glenn Fleshler, dan Bill Camp

Joker menjadi salah satu karakter villain dari DC Comics yang begitu populer. Di versi film layar lebarnya ini, Joaquin Phoenix berhasil memerankan karakter Arthur Fleck yang mempunyai alter ego sebagai Joker dengan sangat impresif.

Film ini sendiri mempunyai latar waktu di tahun 1981 dengan berfokus pada kehidupan Arthur sebagai seorang komedian atau badut. Ia kemudian melakukan suatu pemberontakan dan kegilaan di Kota Gotham yang selanjutnya menginspirasi sebagian orang untuk melawan orang-orang kaya di Gotham.

Sebelum tayang serentak di bioskop, Joker secara perdana diputar pada acara Festival Film Internasional Venice ke-76 dan memenangkan penghargaan tertinggi Golden Lion di acara tersebut. Film ini meraup lebih dari satu miliar dollar dan mencetak rekor box office serta menjadi film terlaris ke-31 sepanjang masa.

3. Gladiator

Gladiator

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun rilis: 2000
  • Genre: Historical Drama
  • Rumah produksi: DreamWorks Pictures dan Universal Pictures
  • Sutradara: Ridley Scott
  • Pemeran utama: Russell Crowe, Joaquin Phoenix, Connie Nielsen, Ralf Möller, dan Djimon Hounsou

Russell Crowe dalam film ini berperan sebagai Jenderal Romawi bernama Maximus Decimus Meridius, sedangkan Joaquin Phoenix menjadi Commodus yang merupakan seorang putra dari Kaisar Marcus Aurelius. Commodus merupakan sosok antagonis yang mempunyai sifat licik, ambisius dan haus akan kekuasaan.

Diceritakan bahwa Maximus telah dikhianati oleh Commodus dengan menjadikannya sebagai budak tahanan Romawi. Commodus sendiri rela membunuh ayah kandungnya hanya untuk merebut tahta kerajaan. Maximus lalu menjadi seorang gladiator dan bertarung hanya untuk membalaskan dendam atas pembunuhan keluarganya.

Kisah Gladiator di film ini didasarkan pada peristiwa nyata yang terjadi dalam Kekaisaran Romawi di abad ke-2. Agar nilai sejarahnya lebih kuat, sang sutradara Ridley Scott mempekerjakan sejarawan sebagai penasihatnya selama proses produksi.

4. Signs

Signs

* sumber: www.fthismovie.net

  • Tahun rilis: 2002
  • Genre: Science fiction horror
  • Rumah produksi: Touchstone Pictures, Blinding Edge Pictures dan The Kennedy/Marshall Company
  • Sutradara: M. Night Shyamalan
  • Pemeran utama: Mel Gibson, Joaquin Phoenix, Rory Culkin, dan Abigail Breslin

Mantan pendeta bernama Graham Hess tinggal di sebuah peternakan bersama anak-anaknya, Morgan dan Bo. Istrinya telah meninggal dalam kecelakaan, dan kejadian tersebut membuat dirinya kehilangan kepercayaan kepada gereja dan agamanya. Ia mempunyai seorang adik pemain bisbol, Merrill (Joaquin Phoenix) yang sering membantunya dalam membereskan pekerjaan rumah.

Suatu hari, Graham bersama keluarganya menemukan sebuah crop circles di ladang peternakannya. Ia percaya bahwa fenomena tersebut dibuat bukan oleh manusia melainkan berasal dari kehidupan di luar Bumi.

Signs adalah sebuah film yang berusaha untuk mengeksplorasi tema-tema tentang makhluk luar angkasa, kepercayaan, dan konspirasi. Film ini masuk nominasi dalam ajang Online Film Critics Society dan Empire Awards serta memenangkan penghargaan dari American Society of Composers, Authors and Publishers.

5. The Master

The Master

* sumber: movfreak.blogspot.com

  • Tahun rilis: 2012
  • Genre: Psychological drama
  • Rumah produksi: JoAnne Sellar Productions, Ghoulardi Film Company, dan Annapurna Pictures
  • Sutradara: Paul Thomas Anderson
  • Pemeran utama: Joaquin Phoenix, Philip Seymour Hoffman, dan Amy Adams

Film ini bercerita tentang sosok Freddie Quell yang merupakan veteran angkatan laut pada Perang Dunia II. Ia berjuang dan berusaha agar bisa beradaptasi dengan lingkungan masyarakatnya. Freddie lalu bertemu dengan Lancaster Dodd yang memimpin gerakan keagamaan bernama The Cause.

Dodd yang tertarik pada kepribadian Freddie kemudian mengajaknya untuk bergabung dalam kelompok keagamaan miliknya. Freddie turut senang akan ajakan tersebut dan mulai bepergian bersama The Cause untuk menyebarkan ajarannya di sepanjang wilayah East Coast Amerika Serikat.

6. Inherent Vice

Inherent Vice

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Neo-noir
  • Rumah produksi: IAC Films, RatPac-Dune Entertainment, dan Ghoulardi Film Company
  • Sutradara: Paul Thomas Anderson
  • Pemeran utama: Joaquin Phoenix, Josh Brolin, Owen Wilson, Katherine Waterston, Eric Roberts, Reese Witherspoon, dan Benicio del Toro.

Di film yang satu ini Joaquin Phoenix memerankan sosok detektif swasta bernama Larry Sportello yang merupakan seorang hippie dan pecandu ganja. Ceritanya sendiri berlatar tahun 70-an yang dimana Larry terkenal sebagai seorang detektif yang kurang kompeten di bidangnya. Ia kemudian mendapatkan tiga kasus besar yang saling berkaitan, dan salah satunya ternyata melibatkan mantan pacarnya.

Inherent Vice terbilang cukup sukses dengan masuk dua nominasi di Academy Awards ke – 87. Joaquin Phoenix pun dinominasikan sebagai Aktor Terbaik – Film Musikal atau Komedi di Golden Globe Awards ke – 72. Pada tahun 2016, film berdurasi 2 jam lebih ini terdaftar dalam The 100 Greatest Films of the 21st Century yang dipilih oleh para kritikus film internasional.

7. You Were Never Really Here

You Were Never Really Here

* sumber: www.anothergaze.com

  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Psychological action thriller
  • Rumah produksi: Film4 Productions, British Film Institute, dan Why Not Productions
  • Sutradara: Lynne Ramsay
  • Pemeran utama: Joaquin Phoenix, Ekaterina Samsonov, Alex Manette, John Doman, dan Judith Roberts

You Were Never Really Here merupakan sebuah film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya penulis Jonathan Ames. Joaquin Phoenix dalam film ini berperan sebagai tentara bayaran bernama Joe. Ia disewa oleh seorang politisi untuk menyelamatkan putrinya yang telah diculik oleh jaringan perdagangan manusia. Joe mesti menghabisi dan menghancurkan kelompok itu dengan cara apapun.

Film ini secara perdana diputar pada Festival Film Cannes 2017, dan dalam acara tersebut Joaquin Phoenix meraih penghargaan Aktor Terbaik. Sedangkan sang sutradara Lynne Ramsay, memenangkan penghargaan untuk Skenario Terbaik. Pada situs Rotten Tomatoes, You Were Never Really Here memiliki peringkat 89% berdasarkan 166 ulasan, dan mendapatkan nilai 8.18/10.

8. Walk the Line

Walk the Line

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun rilis: 2005
  • Genre: Biographical musical romantic drama
  • Rumah produksi: Fox 2000 Pictures
  • Sutradara: James Mangold
  • Pemeran utama: Joaquin Phoenix, Reese Witherspoon, Ginnifer Goodwin, dan Robert Patrick

Film ini didasarkan pada kisah nyata kehidupan seorang musisi legendaris bernama Johny Cash mulai dari cerita cintanya hingga karirnya di industri musik country. Sosok Johny Cash diperankan oleh Joaquin Phoenix, Robert Patrick sebagai ayahnya, Reese Witherspoon berperan menjadi June Carter, dan Ginnifer Goodwin sebagai istri pertama Cash, Vivian Liberto.

Atas perannya di film ini, Joaquin Phoenix berhasil masuk nominasi Oscar ke-78 untuk kategori Aktor Terbaik. Sementara itu lawan mainnya di film ini, Reese Witherspoon memenangkan Aktris Terbaik dalam ajang tersebut. Walk the Line mendapat ulasan positif dan meraup pendapatan 187 juta dollar di seluruh dunia

9. The Village

The Village

* sumber: collider.com

  • Tahun rilis: 2004
  • Genre: Horror
  • Rumah produksi: Touchstone Pictures
  • Sutradara: M. Night Shyamalan
  • Pemeran utama: Joaquin Phoenix, Adrien Brody, Bryce Dallas Howard, William Hurt, Sigourney Weaver, dan Brendan Gleeson

Sebuah desa terpencil di Pennsylvania mempunyai aturan ketat yang melarang penduduknya untuk keluar dari desa. Jika hal tersebut dilakukan, maka siapa saja yang melanggarnya akan diserang oleh makhluk-makhluk mengerikan yang hidup di luar wilayah desa.

Sementara itu, Lucius Hunt (Joaquin Phoenix) dan Ivy Walker yang menjadi bagian dari desanya memiliki tekad kuat untuk memecahkan misteri tersebut. Akan tetapi, seorang pemuda bernama Noah Percy membuat onar dengan menikam Lucius. Para pemimpin desa lalu membiarkan Ivy keluar dari batas desa untuk mencari obat sebelum Lucius menghembuskan nafas terakhirnya.

10. The Immigrant

The Immigrant

* sumber: www.fanpop.com

  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: Drama
  • Rumah produksi: Worldview Entertainment, Keep Your Head, dan Kingsgate Film
  • Sutradara: James Gray
  • Pemeran utama: Marion Cotillard, Joaquin Phoenix, dan Jeremy Renner

Cybulski bersaudara yaitu Ewa dan Magda adalah seorang imigran asal Polandia yang hendak menumpang sebuah kapal laut menuju Amerika Serikat. Sebelum sampai ke negara tersebut, seorang dokter yang memeriksa Magda melarangnya pergi karena sakit sehingga harus dikarantina. Keduanya lalu terpisah, dan Ewa dikirim langsung ke Kota Manhattan.

Di kota besar tersebut, ewa terasingkan karena tidak mengenal siap-siapa dan usahanya untuk menemukan adiknya pun sia-sia. Ia kemudian bertemu dengan seorang pria bernama Bruno (Joaquin Phoenix) yang mau mengurus hidupnya. Akan tetapi, Bruno malah membohonginya dan menjebloskan dirinya ke dalam dunia prostisusi. Ewa menyadari jika sebenanrnya Bruno adalah orang yang jahat.

Itulah film-film terbaik dari Joaquin Phoenix yang mesti kalian saksikan. Kualitas aktingnya memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Namun, jika penasaran dengan kehebatan dari setiap perannya, kalian bisa menonton satu per satu film yang sudah direkomendasikan oleh Bacaterus di atas.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *