Bacaterus / Film Terbaik / 10 Rekomendasi Film Jerman Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

10 Rekomendasi Film Jerman Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selepas berakhirnya Perang Dunia I, industri perfilman Jerman mulai menapaki eksistensinya. Film-film bertemakan fantasi serta bergaya ekspresionisme menjadi tontonan paling menarik pada saat itu.

Berkat ketenaran tersebut, maka tak heran dapat memikat perhatian warga Jerman bahkan dunia sekalipun. Sinema Jerman kemudian diputar di seluruh dunia dan terus berkembang dari tahun 1920 hingga 1926.

Meski pernah mengalami pasang surut, kini layar sinema dari negara Eropa barat ini memproduksi film-film berkualitas yang tidak kalah hebatnya dengan Hollywood. Hal itu pun terbukti dengan penghargaan Oscar untuk film Nowhere in Africa dan Das Leben der Anderen dalam kategori Best Foreign Language Film. Prestasi itu tentunya memicu industri perfilman Jerman menjadi semakin bergairah dan hidup.

Bagi kamu yang penasaran ingin menonton film yang berasal dari Jerman. Kali ini, Bacaterus akan memberikan daftar rekomendasinya untukmu. Simak pembahasannya yang ada di bawah ini ya.

1. Barbara (2012)

Barbara (2012)

Berlatar belakang di Jerman Timur tahun 1980an, seorang dokter bernama Barbara berkeinginan untuk pindah ke wilayah Jerman Barat. Akibat sikapnya tersebut, ia diberikan hukuman lewat cara dimutasi ke sebuah rumah sakit yang berada dekat dengan Laut Baltik.

Di tempat barunya itu, Barbara kemudian ditempatkan di bagian bedah anak. Ia pun bertemu dengan pimpinannya bernama Dokter Andre Reiser.

Sementara itu, seorang wanita bernama Stella dibawa paksa ke rumah sakit karena kabur dari tahanan remaja. Barbara yang memeriksa gadis tersebut lalu mengetahui jika Stella sedang hamil dan mengidap penyakit meningtis.

Reiser yang kagum pada Barbara mulai menyukainya perlahan-lahan. Namun tanpa diketahui, Barbara telah merencanakan untuk melarikan diri ke Denmark bersama pacarnya, Jorg.

2. Wing of Desire (1987)

Wing of Desire (1987)

Dua orang malaikat bernama Damiel dan Cassiel tengah berada di jalanan Kota Berlin. Mereka memiliki kemampuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa terikat ruang dan waktu.

Tidak ada satu pun manusia yang mampu merasakan keberadaannya, kecuali seorang anak kecil. Kedua malaikat tersebut mempunyai keahlian untuk mendengar apa yang ada dalam pikiran manusia.

Suatu hari, Damiel mengikuti seorang perempuan bernama Marion yang bekerja di sebuah sirkus jalanan. Tanpa disangka, ia kemudian jatuh hati kepada sosok perempuan tersebut dan selalu menyempatkan diri untuk berada di sampingnya.

Walaupun begitu, Marion masih belum bisa merasakan kehadirannya. Damiel lalu memutuskan menjadi seorang manusia agar bisa bertemu dengan Marion secara nyata.

3. Good Bye Lenin (2003)

Good Bye Lenin (2003)

Seorang ibu bernama Christine Kemer harus membesarkan kedua anaknya seorang diri karena sang suami yang membelot ke Jerman Barat. Ia merupakan pendukung gerakan sosialis yang ada di Jerman Timur.

Ia pun sering mendapatkan penghargaan dari pemerintah karena loyalitasnya. Suatu hari, ia melihat anak laki-lakinya yang bernama Alex ikut dalam demo menentang rezim pemerintahan sosialis.

Christine yang terkejut kemudian jatuh pingsan dan menyebabkan koma selama 8 bulan lamanya. Selama dirinya berada dalam masa kritis, tembok Berlin pun runtuh dan Jerman kembali menyatu. Agar ibunya tidak kembali shock lagi, maka kedua anaknya membuat segala sandiwara untuk bisa menyembunyikan fakta tersebut. Alex beserta saudaranya berupaya agar ibunya melihat bahwa Jerman Timur masih ada. 

4. Never Look Away (2018)

Never Look Away (2018)

Never Look Away adalah sebuah film Jerman yang bergenre drama historikal romantis. Film ini bercerita tentang kehidupan seorang seniman hebat yang bernama Kurt Barnert. Saat dirinya menjadi mahasiswa seni, ia menyukai seorang gadis bernama Ellie Seeband.

Walaupun pada akhirnya mereka bisa berpacaran, namun ayahnya Ellie, Profesor Carl Seeband, menentang hubungan anaknya bersama dengan Kurt. Profesor Carl merasa bahwa Kurt secara genetik tidak pantas untuk menjalin hubungan dengan anaknya.

Walaupun begitu, keduanya bisa melangsungkan pernikahan dan melarikan diri ke wilayah Jerman Barat. Konflik mulai meruncing ketika Profesor Carl merupakan seorang mantan anggota Nazi, dan dirinya ternyata adalah orang yang bertanggung jawab atas kematian bibinya Kurt.

5. In The Fade (2017)

In The Fade (2017)

Katja adalah perempuan Jerman yang menikahi seorang pria keturunan Kurdi bernama Nuri Sekerci. Ia pertama kali bertemu dengannya saat membeli ganja darinya ketika masih menjadi mahasiswa. Keduanya kemudian saling menyukai dan menikah di sebuah penjara.

Mereka kini tinggal di Hamburg dan mempunyai seorang anak. Sang suami pun kini telah mendapatkan pekerjaan baru sebagai penerjemah. Sebuah kejadian memilukan terjadi, tempat suaminya bekerja tiba-tiba terkena ledakan bom.

Katja yang datang langsung terkejut melihat kejadian tersebut. Polisi mengatakan bahwa suami dan anaknya tewas menjadi korban pengeboman. Insinden naas tersebut membuat hidupnya dirundung rasa pilu dan keputusasaan. Namun, ia bertekad untuk membalas dendam atas kematian dua orang yang dicintainya. 

6. The Lives of Others- Das Leben der Anderen (2006)

The Lives of Others- Das Leben der Anderen (2006)

Anggota Stasi (Polisi Rahasia Jerman Timur), Gerd Wiesler, ditugaskan untuk memata-matai pasangan Georg Dreyman dan Christa Maria Sieland. Wiesler beserta timnya lalu memasang alat penyadap di apartemen Dreyman agar bisa mengamati kegiatan keduanya. Mereka dicurigai adalah aktivis pendukung komunis Jerman Barat.

Dalam perkembangan misinya itu, Wiesler akhirnya mengetahui motif dibalik tugas yang diberikan kepadanya. Menteri Kebudayaan yang bernama Bruno Hempf ternyata telah jatuh hati kepada Maria Sieland, dan berusaha untuk menyingkirkan Dreyman. Sementara itu, Grubitz (atasan dari Wiesler) melihat kesempatan tersebut untuk menduduki posisi yang lebih tinggi.

Wiesler merasa kesal atas penyadapan yang bertujuan untuk kepentingan pribadi ini. Namun, ia semakin terlibat dalam kehidupan orang-orang telah diamatinya tersebut. kini, ia mulai tersadarkan akan dirinya yang sebenarnya dan beusaha mencari makna serta tujuan hidupnya. 

7. The Edukators (2004)

The Edukators (2004)

Akibat mempunyai hutang yang cukup banyak, Jule harus diusir dari flatnya yang telah ia sewa. Dirinya kini menumpang di kediaman pacarnya, Peter, yang juga berbagi tempat tinggal bersama temannya, Jan.

Suatu hari, Jan mencoba mendatangi apartemen milik pacar temannya tersebut. Menurut sang pemilik flat, Jule memiliki hutang mencapai 9000 euro, jumlah yang cukup besar untuk seorang mahasiswi.

Jule akhirnya bercerita kepada Jan, hutang itu didapatkannya karena tidak sengaja menabrak mobil limosin milik pria kaya raya bernama Hardenberg. Jan lalu marah karena jumlah ganti ruginya sangat tidak masuk akal. Ia kemudian mengajak Jule untuk mengacak-ngacak rumah Hardenberg yang kebetulan sedang kosong tidak ada penghuninya.

Kemarahan Jan semakin memuncak ketika Hardenberg ternyata mengoleksi mobil-mobil mewah lainnya. Ketika selesai mengobrak-ngabrik rumah pria kaya tersebut, ponsel milik Jule ternyata tertinggal di rumah Hardenberg. Disinilah cerita mulai berkembang menjadi lebih rumit.

8. A Coffee in Berlin (2012)

A Coffee in Berlin (2012)

A Coffee in Berlin merupakan film Jerman yang telah dirilis di Amerika Serikat dengan judul aslinya yaitu “Oh Boy”. Film yang disutradarai oleh Jan-Oe Gerster ini diprodukis dalam nuansa hitam putih.

Alur ceritanya berkisah tentang seorang pemuda bernama Niko yang baru saja dikeluarkan dari Universitas. Kini, ia harus menerima konsekuensinya dengan tidak mendapat dukungan keuangan dari ayahnya. Nasib naas yang menimpanya tidak hanya itu saja, Niko pun harus merelakan ditingalkan oleh kekasihnya.

Niko mengalami hari-hari tanpa adanya kepastian akan tujuan hidupnya. Ia memutuskan untuk menemukan tempat yang layak untuk dirinya sendiri.Nico kemudian menghabiskan waktunya dengan meminum di kedai kopi dan bertemu dengan orang-orang yang tak pernah terduga olehnya.

9. Victoria (2015)

Victoria (2015)

Victoria baru saja pindah ke Kota Berlin dari tempat tinggalnya yang berada di Spanyol. Selama berada tiga bulan di Jerman, ia belum mempunyai teman sama sekali. Pada suatu malam, ia bertemu dengan seorang pria bernama Sonne serta ketiga orang sahabatnya.

Victoria yang lugu kemudian diajak oleh Sonne untuk melakukan suatu pekerjaan, jika ia menolak maka Sonne akan melakukan aksi pembunuhan. Victoria yang merasa terjebak kemudian bersedia membantu mereka.

Pekerjaan yang harus dilakukan ternyata merampok sebuah bank. Awalnya, aksi tersebut berjalan dengan lancar. Namun, polisi berhasil melacak mereka dan menewaskan teman-temannya Sonne dengan sekali tembak. Kini, Victoria malah menjadi buronan polisi di sebuah negara asing yang jauh dari kampung halamannya di Madrid, Spanyol.

10. Labyrinth of Lies (2014)

Labyrinth of Lies (2014)

Pada tahun 1960, Jerman tengah dalam masa rekonstruksi selepas berakhirnya Perang Dunia II. Di momen tersebut, hiduplah seorang jaksa muda yang idealis dan ambisius bernama Johann Radman. Ia lalu tertarik untuk menyelidiki Charles Schulz yang bekerja sebagai pengajar di salah satu sekolah yang ada di Berlin.

Johann mencurigai jika Charles adalah mantan komandan di Kamp pemusnahan massal Auschwitz. Bermula dari investigasi tersebut, ia kemudian terbawa ke dalam permasalah lainnya yang tercatat dalam sebuah dokumen rahasia di US Army Document Center.

Johann mendapatkan fakta baru jika para mantan Nazi masih tetap eksis di negaranya. Mereka kemudian bertransformasi menjadi tokoh masyarakat yang di segani. Mereka melakukan itu untuk menghindari tuntutan karena perbuatan kejam di masa lalu. 

Itulah 10 film dari Jerman yang telah Bacaterus berikan. Jangan lupa untuk langsung menyaksikannya ya. Selain mendapatkan referensi film seru yang baru, siapa tahu kamu juga bisa perlahan-lahan belajar Bahasa Jerman sedikit-sedikit. Selamat menonton!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *