10 Film Jepang Terbaik di Tahun 2022

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Kini, Koichi harus menembus penghalang dunia maya dengan mencapai puncak drifting di kehidupan nyata. Inilah kisah Koichi yang mencoba melampaui batas kemampuannya dengan penuh semangat, keberanian dan kerja tim.

7. HiGH & LOW: The Worst Cross X

film jepang terbaik 2022_HiGH & LOW The Worst Cross X_

HiGH & LOW: The Worst Cross X, merupakan seri film HiGH & LOW. Film ini mengambil latar tiga tahun setelah kejadian pada film HiGH & LOW: The Worst.

Ceritanya melanjutkan kisah pertarungan antara dua SMA yang saling bersaing di area SWORD. Pertarungan besar antara dua SMA, yaitu Oya Koukou dan SMA Housen. 

Ketua SMA Housen membangun aliansi dengan dua sekolah lainnya untuk memperluas kekuatannya. Tujuannya adalah untuk meruntuhkan Oya Koukou. Akan muncul musuh baru pada pertempuran kali ini. Film ini akan menawarkan aksi pertempuran puncak dalam skala besar yang belum pernah terjadi sebelumnya.

8. Popran

film jepang terbaik_Popran_
Tahun Rilis 2022
Genre
Sutradara
Pemeran Yoji Minagawa

Film ini dikatakan sebagai sebuah karya unik yang disutradarai oleh Ueda Shinichiro. Dimulai dari sebuah bayangan hitam yang melintasi langit Tokyo dengan kecepatan tinggi, pada sebuah siaran televisi sedang disiarkan acara "Makhluk tak dikenal di atas Tokyo?". 

Tagami adalah seorang manajer distribusi manga yang sukses. Pada suatu pagi, dia tercengang karena telah kehilangan "keberuntungannya".

Tagami kemudian datang ke sebuah rapat umum yang disebut dengan Popran no Kai. Di sana berkumpul orang-orang yang telah kehilangan "keberuntungan" dan mereka diberi penjelasan cara untuk memulihkannya.

Tagami harus bisa menangkap "keberuntungannya" yang berlari dengan kecepatan tinggi dalam waktu enam hari. Jika tidak, ia akan kehilangan "keberuntungan" itu selamanya. Tagami pun mulai melakukan perjalanan untuk mendapatkan kembali "keberuntungannya".

9. Dreaming of the Meridian Arc

film jepang terbaik_Dreaming of the Meridian Arc_

Film bergenre komedi ini diperankan oleh Matsuyama Kenichi, Nakai Kiichi dan Kitagawa Keiko. Ceritanya mengambil dua periode berbeda yakni masa kini dan zaman Edo.

Di masa kini, di sebuah kota kecil kota Katori, pemerintah sedang dalam proses mensponsori drama Taiga. Drama tersebut mengambil tokoh sejarah terkenal yakni Tadaka Ino, orang pertama yang membuat peta Jepang pada tahun 1821.

Selama proses pembuatan drama tersebut, ditemukan sebuah fakta bahwa ternyata Tadataka Ino bukanlah orang pertama yang membuat peta Jepang. Sementara pada zaman Edo, diceritakan bahwa Tadataka Ino meninggal saat berada disekeliling murid-muridnya.

Tadataka meninggal sebelum selesai melihat peta Jepang pertama selesai dibuat. Dan saat itu, salah satu muridnya menyatakan akan melakukan sebuah operasi rahasia untuk menyelesaikan peta Jepang pertama.

10. Kingdom 2: To the Far Land

film jepang terbaik_Kingdom 2 To the Far Land_

Bagi penggemar film sejarah, aksi, dan peperangan, Kingdom II bisa menjadi pilihan. Film ini merupakan sekuel dari film Kingdom (2019) yang diperankan oleh Yamazaki Kento sebagai Shin. Ceritanya mengikuti kisah Shin yang bermimpi menjadi seorang jenderal.

Setelah menekan pemberontakan yang dipimpin adiknya, raja Negara Qin, Ei Sei, menaiki tahta dengan tujuan menyatukan Tiongkok. Namun, istana terancam akan disusupi oleh para pembunuh.

Berkat Shin dan Ka Ryo Ten, para pembunuh berhasil dihentikan. Karena peristiwa ini, jelas sudah terkuak bahwa ada orang di dalam istana yang hendak membunuh Ei Sei.

Sementara dalang yang dimaksud berlum terkuak, musuh negara tetangga mulai menyerang melintasi perbatasan. Shin pun akhirnya bergabung dalam pertempuran pertamanya sebagai seorang prajurit. 

Itu dia beberapa film Jepang terbaik yang wajib ditonton sepanjang tahun ini. Kamu bisa bebas memilih sesuai selera dari mulai genre hingga pemain atau sutradara yang bekerja di belakangnya. Di antara judul film di atas, mana yang kira-kira bikin kamu penasaran?

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram