bacaterus web banner retina

Inilah Daftar 10 Film Jepang Terbaik di Tahun 2021

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K. - Diperbaharui 14 Januari 2022

Tahun 2021 industri perfilman Jepang sangat produktif. Setidaknya ada lebih dari 70 judul film yang rilis sampai September ini. Film-film tersebut terdiri atas berbagai genre dan cerita; seolah membuktikan bahwa para sineas Jepang memang tak pernah kehabisan ide atau imajinasi untuk mengeksekusi cerita yang sudah ada.

Kamu yang gemar dengan film-film Jepang tapi ketinggalan informasi mengenai judul-judul apa saja yang menarik untuk ditonton, kami berikan beberapa rekomendasi film Jepang terbaik 2021 berikut ini. Apa saja film-film yang dimaksud? Simak daftarnya yuk!

1. Kaizoku Sentai Ten Gokaiger

1_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Tokusatsu
  • Produksi: Toei
  • Sutradara: Nakazawa Shojiro
  • Pemeran: Ozawa Ryota, Yamada Yuki, Ichimichi Mao, Shimizu Kazuki, Koike Yui, Ikeda Junya

10 tahun berlalu bersama Super Sentai. Kini kegiatan perjudian di ‘Super Sentai Derby Colosseum’ telah didirikan dan menjadi semakin terkenal di setiap generasinya. Banyak dari pahlawan Sentai yang dijadikan sebagai taruhan, tapi  hanya ada satu tim Super Sentai yang sulit untuk dihubungi. Mereka adalah Gokaiger.

Tim Gokaiger telah bubar, anggotanya memilih jalan hidupnya masing-masing. Kapten Marvelous muncul lagi di Bumi dan memberikan sebuah tantangan kepada petugas Colosseum. Bagaimanakah tanggapan anggota yang lain mengenai tantangan tersebut? Setelah 10 tahun terjadi perubahan, pertempuran luar biasa akan kembali dimulai!

2. Honey Lemon Soda

 Honey Lemon Soda

Film Jepang terbaik 2021 selanjutnya berjudul Honey Lemon Soda yang dibuat berdasarkan manga karya Mayu Murata. Film berdurasi sekitar 1 jam 50 menit ini dibintangi Raoul dan Ai Yoshikawa. Jika kamu suka film-film romantis remaja, Honey Lemon Soda akan sangat cocok. Ceritanya sendiri berputar antara tokoh bernama Uka Ishimori dan Kai Miura.

Keduanya bersekolah di SMA yang sama. Uka gadis yang pemalu dan sulit berteman karena mengalami kejadian traumatis di masa lalu.

Dia bertemu dengan murid laki-laki berambut kuning segar seperti lemon bernama Kai Miura. Kai cukup populer di sekolah tapi dia tidak banyak bicara. Uka ingin mengatasi rasa malunya dan mulai berteman dengan siapa saja. Di saat itu Kai tampak khawatir dengannya. Dari sana, hubungan antara keduanya mulai terjalin.

3. Under the Turquoise Sky

Under the Turquoise Sky
Tahun Rilis 2021
Genre
Produksi , ,
Sutradara
Pemeran Yuya Yagira Amarsaikhan Baljinnyam Akaji Maro

Film terbaik Jepang 2021 selanjutnya merupakan karya pertama Kentaro sebagai sutradara. Sebelumnya dia lebih dikenal sebagai aktor yang pernah terlibat dalam Rush Hour 3 dan Taxi 2. 

Ceritanya sendiri ditulis oleh Kentaro bersama Amra Baljinnyam, aktor Mongolia yang turut berperan dalam film ini. Under the Turquoise Sky (2021) bercerita tentang Saburo, seorang titan perusahaan yang sakit-sakitan, yang memutuskan mengirim cucunya, Takeshi, ke Mongolia.

Takeshi yang manja harus pergi ke Mongolia mencari seorang perempuan yang merupakan anak dari hubungan sang kakek dengan wanita lokal ketika dirinya menjadi tawanan PD II. Selama di Mongolia Takeshi menyewa jasa seorang pemandu bernama Amaraa.

Dia adalah pria bertubuh kekar yang tak segan mencuri kuda dan mengendarainya ke pusat kota. Perjalanan mereka mencari anak perempuan Saburo pun menemui banyak hal menarik dari Mongolia.

4. Tokyo Revengers

tokyo revengers_
  • Tahun Rilis: 9 Juli 2021
  • Genre: Action, Crime, Youth, Drama
  • Produksi: Warner Bros. Japan
  • Sutradara: Hanabusa Tsutomu
  • Pemeran: Kitamura Takumi

Film live action Tokyo Revengers merupakan film yang diadaptasi dari serial manga dengan judul yang sama karya Ken Wakui. Film ini menceritakan kisah seorang laki-laki bernama Takemichi Hanagaki yang berusia 26 tahun. Suatu ketika, ia mengalami sebuah kejadian tak biasa, di mana ia melakukan time leap ke 10 tahun yang lalu.

Untuk mengubah masa depan, Takemichi beberapa kali kembali ke 10 tahun lalu, ketika ia masih SMP untuk menyelamatkan pacar pertamanya dan teman-temannya dengan dibantu oleh Naoto, ia mengumpulkan informasi, menyelamatkan Hinata dan juga menghentikan kehancuran Tokyo Manji Gang.

5. Ring Wandering

ring wandering_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama, Fantasy
  • Produksi: Ring Wandering Production Committee
  • Sutradara: Masakazu Kaneko
  • Pemeran: Shou Kasamatsu, Junko Abe, Ken Yasuda, Reiko Kataoka

Pada tanggal 8 Oktober 2021, untuk pertama kalinya film ini ditayangkan di Warsaw Film Festival dan mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi dari ajang lomba film tersebut. Film ini menceritakan tentang kisah seorang seniman muda bernama Sosuke yang tinggal di Tokyo. Ia merupakan seniman manga

Suatu ketika, ia menemukan sebuah jalan buntu ketika membuat karya seninya. Sosuke mencoba menggali kembali masa lalu yang ada di Tokyo, yang terpicu oleh pertemuannya dengan seorang wanita yang terluka dan keluarganya.

6. What Did You Eat Yesterday?

what did you eat yesterday_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Food, Comedy, Romance, Life
  • Produksi: Toho
  • Sutradara: Kazuhito Nakae
  • Pemeran: Nishijima Hidetoshi, Uchino Seiyou

Film ini diadaptasi dari serial manga dengan judul Kinou Nani Tabeta? karya Fumi Yoshinaga. Filmnya menceritakan tentang kisah dua orang laki-laki bernama Kakei Shiro dan Yabuki Kenji yang merupakan pasangan dan  tinggal di satu apartemen yang sama.


Kakei Shiro adalah seorang pengacara di instasi kecil berusia 45 tahun. Ia pandai memasak, hemat dan merupakan orang yang teliti. Sedangkan Yabuki Kenji laki-laki berusia 40 tahun bekerja sebagai seorang penata rambut. 

Setiap harinya mereka selalu makan bersama dan telah menjalin hubungan selama tiga tahun. Meski pun orang tua Kakei Shiro mengetahui anaknya gay, Kakei tidak memberitahukan kepada siapa pun kalau ia adalah gay dan Kenji adalah pacarnya.

7. Intolerance

intolerance_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama
  • Produksi: Star Sands, Kadokawa Picture
  • Sutradara: Keisuke Yoshida
  • Pemeran: Furuta Arata, Matsuzaka Tori

Naoto memiliki sebuah toko kecil. Pada suatu ketika, ia melihat seorang siswi SMA yang mencuri kosmetik di tokonya. Ketika ketahuan mencuri, siswi SMA tersebut lari, namun ia ditabrak oleh sebuah mobil hingga meninggal.

Mitsuru Soeda yang merupakan ayah dari gadis SMA tersebut tidak percaya dengan tuduhan pencurian pada anaknya. Ia mulai menyudutkan orang-orang yang terlibat pada kematian putrinya tersebut. Sementara itu, Naoto dan pengemudi mobil bingung dengan tekanan yang diberikan oleh Mitsuru melalui sebuah liputan media yang cukup intens.

8. Moonlight Shadow

moonlight shadow_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama
  • Produksi: SDP, Elephant House
  • Sutradara: Takahashi Tomoyuki
  • Pemeran: Komatsu Nana, Miyazawa Hio

Film ini diadaptasi dari cerita pendek dengan judul yang sama karya Banana Yoshimoto. Moonlight Shadow menceritakan tentang seorang wanita bernama Satsuki, kekasih dari Hitoshi yang secara tiba-tiba meninggal. Hal tersebut membuat Satsuki tidak bisa melupakan kekasihnya dan terperosok dalam kesedihan yang begitu dalam.

Satsuki terus menerus memikirkan fenomena bayangan bulan yang selalu ia dengar di masa lalunya. Pada akhir bulan purnama, terjadi sebuah peristiwa yang misterius di mana memungkinkan seseorang bisa bertemu kembali dengan orang yang sudah meninggal.

9. The Butterfly Collector: The Red Room

the butterfly collector_
  • Tahun Rilis: 16 April 2021
  • Genre: Drama, Mystery Thriller
  • Produksi: King Record
  • Sutradara: Shoji Kubota
  • Pemeran: Kuribayashi Aino, Namioka Kazuki

Film ini diadaptasi dari sebuah novel pendek karya Edogawa Ranpo dengan judul Akuma Ningyo. Film ini menceritakan tentang sebuah nasib indah dan sedih gadis SMA dengan mantan guru SMA-nya. Sugiura, seorang mantan guru SMA kehilangan pekerjaannya.

Kemudian, Rumi, gadis SMA itu muncul dihadapannya setelah ia kehilangan segalanya dan sudah tidak memiliki harapan untuk hidup lagi. 

Mereka berdua mulai tinggal bersama di apartemen milik Sugiura. Mereka tenggelam pada nafsu yang mengakibatkan Sugiura semakin terobsesi kepada Rumi. Obsesi tersebut bertahap semakin gila dan berakhir dengan kesedihan.

10. Drive My Car

Drive My Car

Drive My Car (2021) merupakan salah satu film terbaik Jepang 2021 yang dibuat berdasarkan cerita pendek karya Haruki Murakami dari kumpulan cerpen Men Without Women.

Film ini terpilih untuk berkompetisi mendapatkan Palme d’Or di Cannes Film Festival 2021. Menariknya Drive My Car (2021) memenangkan Best Screenplay, The FIPRESCI dan The Prize of the Ecumenical Jury.

Dari segi cerita kamu akan menemukan seorang tokoh bernama Fukaku Yusuke yang berprofesi sebagai aktor panggung sekaligus sutradara. Yusuke menikah dengan penulis naskah, Fukaku Oto. Mereka menjalani kehidupan pernikahan yang bahagia sampai kemudian Oto tiba-tiba menghilang dan meninggalkan sebuah rahasia.

Dua tahun kemudian Yusuke sibuk dengan sebuah festival teater. Mengendarai mobilnya, Yusuke pergi ke Hiroshima. Di sana dia bertemu sopir eksklusif bernama Misaki yang tak banyak bicara. Selama perjalanan, Yusuke belajar banyak hal-hal yang sebelumnya dia abaikan.

Itu dia beberapa film Jepang terbaik 2021 yang wajib ditonton sepanjang tahun ini. Kamu bisa bebas memilih sesuai selera dari mulai genre hingga pemain atau sutradara yang bekerja di belakangnya. Di antara 10 judul film di atas, mana yang kira-kira bikin kamu penasaran?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram