10 Film Jepang Terbaik di Tahun 2022

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Di tahun ini industri perfilman Jepang sangat produktif. Banyak film yang rilis di tahun ini. Film-film tersebut terdiri atas berbagai genre dan cerita; seolah membuktikan bahwa para sineas Jepang memang tak pernah kehabisan ide atau imajinasi untuk mengeksekusi cerita yang sudah ada.

Kamu yang gemar dengan film-film Jepang tapi ketinggalan informasi mengenai judul-judul apa saja yang menarik untuk ditonton, kami berikan beberapa rekomendasi film Jepang terbaik di tahun ini. Apa saja film-film yang dimaksud? Simak daftarnya, yuk!

1. Kamen Rider Saber: Trio of Deep Sin

film jepang terbaik_Kamen Rider Saber Trio of Deep Sin_

Penggemar tokusatsu harus tonton film yang satu ini. Ia merupakan sekuel dari film Kamen Rider: Beyond Generations (2021). Ceritanya mengikuti kisah tiga kamen rider, yaitu Kamen Rider Saber/ Kamiyama Touma, Kamen Rider Blades/Shindo Rintaro dan Kamen Rider Espada/Fukamiya Kento.

Delapan tahun berlalu setelah Touma dan sekutunya menyelamatkan dunia dari Storius. Kini Touma merawat seorang anak laki-laki berusia 11 tahun bernama Riku yang kehilangan orang tuanya.

Meski Touma berusaha menjadi ayah bagi Riku, tapi Riku masih belum bisa tersenyum. Sementara itu, Kento kini menjadi seorang penerjemah buku dan menanti hari pertunangannya bersama pacarnya, Tachibana Yuina.

Sebuah insiden mengerikan tiba-tiba terjadi di dalam anggota Sword of Logos, setelah menghilangnya pendekar Pedan. Rintaro kemudian dikirim untuk menyelidiki insiden ini dan bertemu dengan Kamen Rider Falchion yang mengaku sebagai ayah biologis Rintaro.

Dalam keadaan bingung, Falchino menyerang Touma dan Kento. Apa sebenarnya yang terjadi dan bagaimana Touma CS menyelesaikan ini?

2. From Siberia With Love

film jepang terbaik 2022_From Siberia With Love_

From Siberia With Love diadaptasi dari novel karya Henmi Jun dengan judul Shuyojo kara Kita Isho. Film ini mengambil latar pasca terjadinya Perang Dunia II. Pada saat itu, sebanyak lebih dari 600.000 orang Jepang ditahan di kamp tahanan Siberia.

Saat-saat yang menderita bagi orang-orang yang ditahan di kamp, hanya Yamamoto Hatao yang tidak putus asa. Ia selalu meyakini kelak mereka akan melalui hari yang berat ini dengan penuh senyuman. Sehingga orang-orang yang ada di sekitarnya pun mulai termotivasi kembali untuk berjuang.

Di saat yang bersamaan, Yamamoto Mojimi yang merupakan istri Hatao, selalu percaya pada suami tercintanya. Ia dengan setia menunggu kepulangan suaminya, meskipun harus menunggu sampai belasan tahun.

3. Kamen Rider Revice: Battle Familia

film jepang terbaik_Kamen Rider Revice Battle Familia_

Film bertema tokusatsu kembali masuk ke dalam daftar rekomendasi film terbaik tahun 2022. Film ini merupakan sekuel dari film Kamen Rider Revice Movie Spin-Off Distribution Drama: Birth of Chimera.

Ia mengikuti kisah Igarashi Ikki/ Kamen Rider Revi,  Vice/Kamen Rider Vice, Igarashi Daiji/Kamen Rider Evil, dan Igarashi Sakura/Kamen Rider Jeanne.

Suatu ketika terjadi pembajakan yang mengakibatkan beberapa orang diculik oleh penjahat bernama Azuma. Penumpang yang diculik itu dibawa ke Area 666, area terlarang.

Igarashi bersaudara pun bergegas menyelamatkan para sandera. Namun, mereka dihadang oleh Azuma yang berubah menjadi Kamen Rider Daimon dengan sabuk aneh di tangannya.

Soutomi, seorang ilmuwan misterius kemudian mengungkap rahasia besar keluarga Igarashi. Dia juga menguak alasan kenapa para penjahat itu memburu mereka sambil menyiapkan sebuah jebakan yang besar. Pertempuran Azuma melawan Igarashi bersaudara pun semakin sengit.

4. Nagi’s Island

film jepang terbaik 2022_Nagi’s Island_

Mengambil latar pada musim panas di sebuah pulau kecil di Prefektur Yamaguchi. Kisahnya mengikuti pertumbuhan seorang gadis kecil bernama Nagi yang masih duduk di kelas 4 SD.

Setelah perceraian orang tuanya, Nagi tinggal di sebuah pulau kecil di kampung halaman ibunya. Di sana, ia tinggal bersama ibun dan neneknya.

Nagi merupakan seorang anak yang ceria, tapi melihat perlakuan ayahnya yang pemabuk, membuat hatinya sakit dan terkadang sesak napas hingga pingsan. Orang-orang di kampung halaman ibunya menyambut hangat Nagi.

Orang-orang di sekitar Nagi, mulai dari teman, wali kelas, hingga petugas kebersihan dan nelayan, hidup dalam keadaan positif, terlepas dari masalah yang mereka miliki masing-masing.

Mengingat masalahnya sendiri, Nagi berusaha untuk bangkit kembali. Tapi, hari-hari damainya itu tidak berlangsung lama, sampai ayahnya tiba-tiba datang dan berkata ingin kembali hidup bersama.

5. Goodbye Cruel World

film jepang terbaik 2022_Goodbye Cruel World_

Goodbye Cruel World merupakan film kriminal yang mengikuti kisah lima orang yang berkumpul untuk melakukan perampokan. Lima orang tersebut tidak mengetahui identitas satu sama lainnya.

Mereka pun pergi menuju ke sebuah motel, dimana terdapat tempat pencucian uang yang biasa dilakukan oleh geng yakuza. Kelompok tersebut berhasil melakukan perampokan dan bersiap untuk kembali ke kehidupan normal mereka. Tapi, para yakuza yang telah kehilangan uangnya, mulai mengikuti mereka berlima.

6. Alivehoon

film jepang terbaik_Alivehoon_

Film satu ini bertema sport, yang mengikuti kisah seorang pemuda bernama Oba Koichi. Koichi merupakan seorang lelaki yang introvert, pemalu, tapi berbakat dalam permainan mengemudi Esport

Tidak hanya di dunia game, Koichi pun ternyata mampu menunjukkan kelihaiannya dalam menggunakan mobil sungguhan. Namun, Koichi harus berhadapan dengan pembalap mobil profesional yang menantangnya dalam balapan hidup dan mati.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram