Bacaterus / Entertainment / Film Asia / 10 Film Jepang Tentang Sekolah yang Dijamin Bikin Baper

10 Film Jepang Tentang Sekolah yang Dijamin Bikin Baper

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Jepang merupakan salah satu negara yang sangat produktif membuat film-film romantis. Di antara sekian banyak film yang sudah dibuat, film dengan latar belakang sekolah dan kisah percintaan remaja adalah salah satu jenis film yang paling disukai banyak orang.

Di bawah ini adalah beberapa film yang sangat populer dan pastinya tidak asing bagi para pencinta film Jepang. Tak hanya ceritanya saja yang menarik, tapi film-film ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris terkenal. Penasaran? Yuk, intip daftarnya berikut ini!

10 Film Jepang Tentang Sekolah

1. Kimi no Todoke

Kimi no Todoke

* sumber: catatansiheru.blogspot.com

 

Film yang diadaptasi dari manga ini bercerita tentang seorang murid SMA bernama Kuronuma Sawako (Mikako Tabe). Tidak seperti gadis SMA pada umumnya, Kuronuma punya penampilan yang agak menyeramkan dan sering disebut sebagai Sadako. Ia juga dianggap sebagai pembawa sial sehingga Kuronuma tidak mempunyai teman di sekolahnya.

Di sisi lain, ada cowok populer bernama Kazehaya Shouta (Haruma Miura) yang justru tertarik dengan Kuronuma. Tapi, hubungan mereka tidaklah mudah, selain karena Kuronuma yang terlalu polos, muncul pula seorang gadis cantik bernama Kurumizawa Ume (Mirei Kiritani) yang juga menyukai Kazehaya.

2. ReLife

* sumber: www.imdb.com

Kisah ReLife berfokus pada seorang pemuda 27 tahun bernama Kaizaki Arata (Taishi Nakagawa). Setelah berhenti bekerja dari sebuah perusahaan, Arata selalu gagal saat mengikuti wawancara kerja di tempat lain hingga ia pun jadi pengangguran.

Kehidupan Arata terus terpuruk dan uangnya pun semakin menipis. Di saat itulah ia mendadak bertemu dengan Yoake Ryo (Yudai Chiba), seorang pria misterius yang menawarkan Arata agar ia mau mengikuti percobaan program ReLife.

Setelah meminum pil pemberian Yoake Ryo, Arata tiba-tiba menjadi lebih muda dan kembali ke usia 17. Arata pun mengulang masa-masa SMA-nya sekali lagi dan mencoba memperbaiki hidupnya. Ia bahkan terlibat kisah cinta dengan seorang gadis bernama Chizuru Hishiro (Yuna Taira).

3. Peach Girl

Peach Girl

* sumber: www.wwgossip.com

Film tahun 2017 ini berkisah tentang Momo Adachi (Mizuki Yamamoto), gadis SMA berkulit cokelat yang punya sifat sedikit tomboi. Di balik sikapnya yang seperti preman, Momo juga punya sisi romantis dan diam-diam menyukai Toji (Mackenyu). Di lain pihak, teman dekat Momo yang bernama Sae Kashiwagi (Mei Nagano) juga menyukai Toji dan berusaha merebutnya dengan cara licik.

Kehidupan Momo pun semakin rumit setelah ia bertemu dengan Kairi Okayasu, cowok populer di sekolah yang terang-terangan mengaku suka pada Momo. Seiring berjalannya waktu, Momo pun makin bimbang dengan perasaannya sendiri dan sulit memilih antara Toji dan Kairi.

4. Orange

* sumber: onehallyu.com

Orange, film yang mengisahkan Naho Takamiya (Tao Tsuchiya), gadis SMA yang mendadak menerima surat dari dirinya sendiri yang hidup di masa depan. Surat itu berisi tentang kedatangan murid baru bernama Kakeru Naruse  (Kento Yamazaki) dan larangan untuk mengajaknya pulang bersama usai sekolah.

Walau apa yang ditulis di surat itu benar-benar terjadi, Naho awalnya tidak terlalu mempedulikannya. Tapi ternyata, Naho bukan satu-satunya orang yang mendapatkan surat dari masa depan. Teman sekelas Naho, Suwa (Ryo Ryusei), rupanya juga menerima surat yang sama seperti Naho.

Naho dan Suwa pun akhirnya sadar bahwa diri mereka di masa depan sedang memberi peringatan tentang insiden tragis yang mungkin akan menimpa Kakeru di masa sekarang, dan Naho beserta kawan-kawannya harus mencegah insiden itu terjadi sebelum semuanya terlambat.

5. Ao Haru Ride

* sumber: www.amadei33.com

Film ini diangkat dari manga dan anime berjudul sama, bercerita tentang murid SMA bernama Futaba Yoshioka (Tsubasa Honda) yang sama sekali tidak feminin. Tak hanya itu, Futaba juga kelihatan tidak tertarik dengan urusan cinta karena menurutnya hubungan pertemanan adalah hal yang paling utama.

Kehidupan Futaba pun mulai berubah ketika ia bertemu kembali dengan Tanaka Kou (Masahiro Higashide), teman semasa SMP yang dulu disukainya. Tapi ternyata Tanaka Kou sudah tidak seperti dulu lagi, ia bahkan berganti nama menjadi Mabuchi Kou dan berubah menjadi pemuda yang sangat cuek.

Futaba tentu saja tidak bisa mengabaikan Kou begitu saja. Ia pun penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi dengan Kou hingga sikapnya bisa berubah menjadi lebih dingin.

6. Heroine Disqualified

* sumber: www.imdb.com

Dalam film ini, Hatori Matsuzaki (Mirei Kiritani) percaya bahwa ia adalah pemeran utama wanita dalam sebuah cerita. Gadis bersifat ceria ini menyukai teman semasa kecilnya yang bernama Rita Terasaka (Kento Yamazaki), dan Hatori juga yakin kalau Rita adalah tokoh utama pria yang suatu saat nanti akan jadi pendamping hidupnya.

Tapi, cerita dalam imajinasi Hatori berantakan ketika Rita memilih berpacaran dengan Miho Adachi, gadis berpenampilan biasa yang bahkan dianggap tak pantas menjadi kekasih Rita. Kisah cinta Hatori pun semakin rumit dengan kemunculan Kosuke Hiromitsu (Kentaro Sakaguchi), murid laki-laki populer di sekolah yang ternyata tertarik pada Hatori.

7. One Week Friends

* sumber: www.imdb.com

Lagi-lagi dibintangi oleh Kento Yamazaki, film remaja yang satu ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Yuki Hase yang ingin berteman dekat dengan Kaori Fujimiya (Haruna Kawaguchi). Kaori sendiri sangat pendiam dan selalu sendirian di kelas, ia bahkan menolak ketika diajak berteman oleh Yuki Hase.

Bukan tanpa alasan, Kaori tidak mau memiliki teman karena ia selalu mengalami hilang ingatan dan akan melupakan teman-teman sekolahnya setiap hari Senin. Yuki Hase yang mengetahui hal itu tentu saja terkejut, tapi ia tidak mau menyerah dan berusaha mencari cara agar Kaori mau berteman dengannya.

8. My Teacher

* sumber: myonlineworld.co

Berbeda dari kebanyakan film remaja yang menceritakan kisah cinta dengan teman sekelas atau teman masa kecil, film My Teacher justru menyuguhkan cerita cinta antara murid dan guru. Film inipun menjadi menarik karena kisah cinta seperti ini masih dianggap tabu dan melanggar etika.

Hibiki Shimada (Suzu Hirose) adalah gadis SMA yang diam-diam menyukai guru sejarahnya yang bernama Kosaku Ito (Toma Ikuta). Hibiki yang masih sangat polos ini sempat menyatakan rasa suka pada Kosaku, tapi Kosaku tidak bisa menerima cinta Hibiki begitu saja. Konflik film ini juga semakin meruncing ketika kedekatan Hibiki dan Kosaku akhirnya diketahui oleh pihak sekolah.

9. Wolf Girl And Black Prince

* sumber: www.japantimes.co.jp

Wolf Girl And Black Prince, mengisahkan Erika Shinohara (Fumi Nikaido) yang berbohong pada teman-temannya kalau ia memiliki seorang pacar. Agar ceritanya meyakinkan, Erika pun menunjukkan foto laki-laki asing yang diakuinya sebagai pacar. Tapi, siapa sangka kalau laki-laki dalam foto itu ternyata adalah Kyouya Sata (Kento Yamazaki), murid populer yang satu sekolah dengan Erika.

Tak ingin kebohongannya terkuak, Erika pun berusaha membujuk Kyouya agar mau berpura-pura menjadi pacarnya. Kyouya tampak tidak keberatan dan mau mengabulkan permintaan Erika, hanya saja ia punya syarat yang sangat aneh dan Erika pun akhirnya tahu sisi gelap Kyouya yang sangat menyebalkan.

10. Senpai to Kanojo

* sumber: www.imdb.com

Senpai to Kanojo bercerita tentang seorang gadis bernama Rika Tsuzuki (Kyoko Yoshine) yang baru masuk SMA dan menyukai kakak kelasnya, Keigo Minohara (Jun Shison). Tapi cinta Rika rupanya bertepuk sebelah tangan karena Keigo sendiri masih memendam rasa suka pada Aoi Okita (Riria Kojima).

Aoi Okita dulunya adalah kakak kelas Keigo dan sekarang sudah menjadi seorang mahasiswa. Seiring berjalannya waktu, Keigo perlahan-lahan mulai menyukai Rika. Tapi ketika Keigo akan lulus SMA dan memilih universitas yang sama dengan Okita, Rika pun meragukan perasaan Keigo terhadapnya.

Itu tadi beberapa film Jepang bertema sekolah dengan cerita yang sangat menarik dan dijamin bikin baper. Anda punya rekomendasi film Jepang lain yang cocok ditonton untuk para remaja? Tuliskan di kolom komentar, ya! Oh iya, untuk kamu yang suka baca komik Jepang, silakan baca artikel 10 Komik Jepang Romantis yang pastinya bikin kamu baper!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penakut yang suka film horor, penyuka musik, dan hobi menulis fiksi maupun non-fiksi.

Leave A Comment