bacaterus web banner retina

8 Film Jepang Terbaik Tentang Kisah Cinta Guru dan Murid

Ditulis oleh Erika Erilia - Diperbaharui 23 Juli 2021

Kisah percintaan guru dan murid memang masih sangat tabu di masyarakat, namun tak sedikit sineas Jepang yang mengangkat tema ini dalam sebuah film. Sampai saat ini, ada banyak film yang menceritakan hubungan asmara antara guru dan murid. Ada yang berakhir happy ending, tapi ada juga berakhir menyedihkan.

Jika kamu tertarik untuk menonton film-film Jepang dengan tema seperti ini, Bacaterus punya beberapa rekomendasi film yang mengangkat kisah cinta guru dan murid. Yuk, langsung saja simak daftar filmnya di bawah ini.

1. Kinkyori Renai (Close Range Love)

8 Film Jepang Terbaik Tentang Kisah Cinta Guru dan Murid 1Sumber: themoviedb.org
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Toho Visual Entertainment
  • Sutradara: Naoto Kumazawa
  • Pemeran: Tomohisa Yamashita, Nana Komatsu, Mika Akizuki

Film "Kinkyori Renai" bercerita tentang kisah cinta antara Yuni Kururugi (Nana Komatsu) dan Haruka Sakurai (Tomohisa Yamashita). Yuni merupakan seorang pelajar teladan yang selalu mendapat nilai bagus di sekolah, kecuali pelajaran bahasa Inggris. Gara-gara hal tersebut, Yuni pun mendapat les privat dari Haruka yang tak lain adalah guru bahasa Inggrisnya.

Awalnya Yuni kurang begitu suka dengan Haruka yang memang cukup populer di sekolah karena ketampanannya. Namun seiring berjalannya waktu, Yuni tak bisa mengelak dari perasaannya sendiri. Ia pun akhirnya jatuh cinta pada sang guru, ia bahkan berusaha mengungkapkan perasaannya tersebut pada Haruka.

"Kinkyori Renai" merupakan film yang diangkat dari manga berjudul sama karangan Rin Mikimito. Sebelum peluncuran filmnya, "Kinkyori Renai" sudah dibuatkan versi dramanya dengan judul "Kinkyori Renai: Season Zero". Dramanya sendiri merupakan prekuel yang menceritakan kehidupan Haruka Sakurai sebelum menjadi seorang guru.

2. Sensei! (My Teacher)

8 Film Jepang Terbaik Tentang Kisah Cinta Guru dan Murid 3Sumber: imdb.com
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Warner Bros. Japan
  • Sutradara: Takahiro Miki
  • Pemeran: Suzu Hirose, Tôma Ikuta, Ryo Ryusei, Aoi Morikawa

Film yang satu ini menceritakan seorang gadis SMA bernama Hibiki Shimada (Suzu Hirose). Hibiki tergolong gadis yang lugu dan belum pernah berpacaran sebelumnya. Namun ia mulai merasakan jatuh cinta setelah berkali-kali bertemu dengan Kosaku Ito (Toma Ikuta) yang tak lain adalah guru sejarahnya.

Kosaku Ito merupakan tipe laki-laki yang dingin, ketus, dan tampak tidak tertarik pada hal-hal berbau cinta, tapi sebenarnya ia memiliki hati yang lembut. Hibiki sendiri lama-lama mulai menyukai gurunya tersebut.

Karena terlalu polos, ia bahkan berani mengungkapkan perasaannya kepada Kosaku. Di pihak lain, Kosaku tetap bersikap dingin seperti biasa. Ia seolah tak bisa mengungkapkan perasaan yang sebenarnya karena statusnya sebagai seorang guru.

Film ini diangkat dari sebuah serial manga berjudul "Sensei!" karya Kazune Kawahara yang terbit tahun 1996. Selain Toma Ikuta dan Suzu Hirose, film ini juga ikut dibintangi sejumlah artis seperti Ryo Ryusei, Aoi Morikawa, Kentaro Ito, dan Manami Higa.

3. Narratage

8 Film Jepang Terbaik Tentang Kisah Cinta Guru dan Murid 5Sumber: cineverse.id
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Toho, Asmik Ace Entertainment
  • Sutradara: Isao Yukisada
  • Pemeran: Jun Matsumoto, Kasumi Arimura, Kentaro Sakaguchi

Film "Narratage" berpusat pada tokoh Izumi Kudo (Kasumi Arimura) dan Takashi Hayama (Jun Matsumoto). Cerita bermula ketika Izumi masih duduk di bangku SMA dan mengalami masalah. Takashi yang merupakan seorang guru sekaligus pembina klub drama, menolong Izumi mengatasi masalahnya tersebut.

Sejak saat itu, Izumi merasa berhutang budi, ia bahkan mulai menyukai gurunya yang sudah menikah tersebut. Lulus SMA, Izumi berusaha melupakan Takashi dan menjalani kehidupan barunya. Semua berubah ketika di tahun kedua kuliahnya, Takashi mendadak menelpon dan meminta bantuan untuk klub drama.

Cinta lama pun bersemi kembali. Izumi makin tidak bisa lepas dari Takashi. Di sisi lain, Takashi memberikan perhatian lebih seolah ia juga mencintai Izumi. Namun Takashi tidak kunjung memberi kepastian dan membuat Izumi kebingungan.

"Narratage" sendiri adalah film yang dibuat berdasarkan sebuah novel bertajuk "Narataju" karangan Rio Shimamoto tahun 2005. Selain Jun Matsumoto dan Kasumi Arimura, "Narratage" juga dibintangi oleh sejumlah artis seperti Kentaro Sakaguchi, Ayaka Onishi, Mikako Ichikawa, dan masih banyak lagi.

4. My Rainy Days

8 Film Jepang Terbaik Tentang Kisah Cinta Guru dan Murid 7Sumber: weheartit.com
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Gaga Corporation
  • Sutradara: Yuri Kantake
  • Pemeran: Nozomi Sasaki, Shosuke Tanihara, Hikaru Yamamoto

Film ini berkisah tentang Rio Ozawa (Nozomi Sasaki), pelajar SMA 17 tahun yang terkenal dengan kecantikannya. Karena trauma masa lalu, ia akhirnya hanya peduli dengan dirinya sendiri dan sangat mementingkan uang atau materi. Rio juga terjebak dalam pergaulan bebas dan berprofesi sebagai cewek panggilan yang melayani para pria hidung belang.

Kehidupannya lalu perlahan-lahan mulai berubah ketika ia tak sengaja bertemu dengan Kouki Ozawa (Shosuke Tanihara). Kouki merupakan seorang profesor di sebuah universitas yang sudah berusia 35 tahun. Rio sendiri langsung jatuh cinta pada Kouki dan secara agresif mengejarnya.

Demi bisa dekat dengan pria pujaannya, Rio bahkan meminta Kouki menjadi tutornya. Seiring dengan berjalannya waktu, Kouki pun mulai menyukai Rio yang dianggapnya penuh semangat. Akan tetapi, Kouki tidak mau membalas perasaan Rio dan memilih menjauh karena alasan tertentu.

Film "My Rainy Days" diangkat dari sebuah novel ponsel berjudul "Tenshi no Koi" yang merupakan karangan penulis bernama Sin. Di tahun 2009, novelnya sendiri sudah dibaca oleh sekitar 13 juta orang sehingga karya tulis tersebut diputuskan untuk dibuatkan versi filmnya.

Baca juga: Film Jepang yang Memiliki Tema tentang Perselingkuhan

5. Hirunaka no Ryuusei (Daytime Shooting Star)

8 Film Jepang Terbaik Tentang Kisah Cinta Guru dan Murid 9Sumber: imdb.com
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Romance
  • Produksi: Toho
  • Sutradara: Takehiko Shinjo
  • Pemeran: Mei Nagano, Shohei Miura, Alan Shirahama

Film ini menceritakan seorang gadis SMA bernama Suzume Yosano (Mei Nagano) yang pindah dari desa ke kota. Di sekolah barunya, Suzume berhadapan dengan banyak kendala, tapi di sekolah ini pula ia bertemu dengan cinta pertamanya yang tak lain adalah gurunya sendiri, Satsuki Shishio (Shohei Miura).

Di sisi lain, Suzume juga berteman dengan murid laki-laki bernama Daiki Mamura (Alan Shirahama). Mamura termasuk tipe orang yang agak dingin terhadap perempuan, tapi kehadiran Suzume membuatnya sedikit berubah. Ia justru jatuh cinta pada Suzume dan berusaha untuk mendapatkannya.

Mamura juga selalu berusaha sebisa mungkin agar selalu ada untuk Suzume. Seiring berjalannya waktu, Suzume pun mulai bimbang dengan perasaannya sendiri. Ia sangat menyukai gurunya, tapi ia juga tak bisa memalingkan perhatiannya dari Mamura.

"Hirunaka no Ryuusei" merupakan versi live action dari serial manga berjudul sama karya Mika Yamamori yang terbit tahun 2011. Film yang dirilis 24 Maret 2017 ini digarap oleh Takehiko Shinjo, sutradara yang sebelumnya juga sukses mengarahkan film-film seperti "I Give My First Love to You" (2009), "Paradise Kiss" (2011), dan "You Lie in April" (2016).

6. The Bridegroom is 18 Years Old

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama, Romance
  • Sutradara: Masaharu Take
  • Pemeran: Okawa Genki, Junna Risa

Film ini menceritakan laki-laki yang ditakdirkan menikah dengan seorang wanita. Akagi Masaya (Okawa Genki) adalah remaja yang baru duduk di bangku SMA, sedangkan Hatsuki Aiko (Junna Risa) berprofesi sebagai guru. Keduanya lalu menikah, tapi kehidupan rumah tangga yang seharusnya bahagia justru memicu banyak masalah.

Hal ini bermula ketika Aiko mendapatkan pekerjaan baru yang tak lain adalah menjadi kepala sekolah di tempat Masaya. Keduanya pun berusaha sekuat tenaga menutupi hubungan pernikahan mereka, tapi tetap saja banyak orang yang akhirnya mulai curiga.

7. Don't Laugh at My Romance

8 Film Jepang Terbaik Tentang Kisah Cinta Guru dan Murid 13Sumber: imdb.com
  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Tokyo Theatres
  • Sutradara: Nami Iguchi
  • Pemeran: Kenichi Matsuyama, Hiromi Nagasaku

Film yang satu ini bercerita soal kehidupan Mirume (Kenichi Matsuyama), pemuda 19 tahun yang kuliah di sekolah seni. Suatu hari ia tak sengaja bertemu dengan wanita yang hampir berusia 40 tahun bernama Yuri (Hiromi Nagasaku).

Yuri rupanya adalah profesor sekaligus pengajar litografi yang baru di kampus Mirume, tapi Yuri punya kepribadian unik dan sulit ditebak. Yuri pernah mengundang Mirume ke studionya secara pribadi, ia bahkan menggoda mahasiswanya yang masih polos tersebut.

Mirume sendiri akhirnya jatuh cinta pada Yuri, tapi hubungan mereka cukup rumit. Bukan hanya karena campur tangan teman Mirume yang bernama En (Aoi Yu), tapi juga karena Yuri ternyata sudah menikah dengan seorang laki-laki yang jauh lebih tua.

8. Sensei Kunshu (My Teacher, My Love)

8 Film Jepang Terbaik Tentang Kisah Cinta Guru dan Murid 15Sumber: imdb.com
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: Toho
  • Sutradara: Sho Tsukikawa
  • Pemeran: Ryoma Takeuchi, Minami Hamabe, Taiki Sato

Kisah film ini berfokus pada tokoh pelajar SMA bernama Ayuha Samaru (Minami Hamabe). Ia adalah gadis yang penuh semangat dan ingin sekali mendapatkan cinta, tapi sayangnya tidak ada yang mau berpacaran dengannya.

Suatu hari saat Ayuha sedang patah hati, ia makan di sebuah warung gyudon dan kesulitan membayar karena uangnya tidak cukup. Saat itulah Yoshitaka Hiromitsu (Ryoma Takeuchi) muncul dan membantu Ayuha. Ayuha pun langsung jatuh hati pada pria tersebut.

Keesokan harinya, Yoshitaka muncul di kelas Ayuha, dan ternyata ia adalah guru matematika pengganti. Ayuha pun sangat yakin kalau Yoshitaka adalah jodohnya, karena itu ia melakukan berbagai cara untuk membuat sang guru jatuh cinta padanya.

Tapi di pihak lain, Yoshitaka rupanya termasuk pria yang dingin terhadap perempuan. Ia bahkan terlihat cuek dan tak terlalu terpengaruh dengan kehadiran Ayuha.

Itu dia 8 film Jepang yang mengangkat kisah hubungan asmara antara guru dan murid. Setiap film memiliki jalan cerita yang unik dan cocok dijadikan tontonan akhir pekan. Kalau kamu punya rekomendasi lain tentang film dengan tema serupa, jangan ragu berbagi di kolom komentar, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram