Bacaterus / Film Artis Hollywood / 10 Film Jennifer Connelly, Aktris yang Berkarir Sejak 1984

10 Film Jennifer Connelly, Aktris yang Berkarir Sejak 1984

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jennifer Connelly merupakan aktris kelahiran New York yang mengawali karir dengan menjadi model anak-anak. Dia tampil di majalah, koran sampai dengan iklan televisi. Dia debut membintangi layar lebar dengan membintangi film Once Upon A Time In America pada tahun 1984. Waktu itu, umurnya masih 14 tahun.

Seperti yang kita tahu, pengalaman sangat berkaitan erat dengan keterampilan. Karena itulah, keterampilannya dalam berakting sangat layak untuk ditonton lebih banyak orang. Terutama generasi yang lebih muda. Mau tahu film-film yang dibintangi Jennifer Connelly? Ini 10 film Jennifer Connelly, aktris yang berkarir sejak 1984.

1. Hulk [2003]

Hulk [2003]

Bruce Banner adalah seorang ilmuan di bidang biokimia, ahli fisika nuklir dan radiasi gamma. Dia diberi tugas oleh Jenderal Ross untuk menciptakan serum yang dapat membuat tentara super seperti Captain America.

Tanpa sengaja dia terkena paparan sinar gamma ciptaannya dan bisa membuatnya menjadi mahluk hijau besar ketika sedang marah. Connelly memerankan karakter Betty Ross, anak dari Jenderal Ross sekaligus mantan pacar Bruce Banner.

Walau sudah menjadi mantan, tapi Betty tetap bekerja bersama Bruce dalam mengembangkan Gamma Sphere yang akhirnya mengubah Bruce. Hubungan unik Bruce dan Betty ini menjadi salah satu unsur menarik selain dari karakter Hulk yang sudah kita kenal.

2. Labyrinth [1986]

Labyrinth [1986]

Sarah melafalkan bait dari sebuah buku berjudul The Labyrinth di taman. Ketika pulang, dia menemukan Toby, adik tirinya, kesurupan lalu menghilang. Jaret The Goblin King muncul dan memberi tawaran, dia akan mengabulkan mimpi Sarah tapi Toby menjadi tumbalnya.

Sarah hanya punya waktu 13 jam untuk menyelesaikan labirin atau Toby akan menjadi goblin selamanya. Labyrinth merupakan film musikal digabung dengan fantasi gelap yang menampilkan David Bowie sebagai Jaret The Goblin dan Connelly sebagai Sarah.

Walau masih berusia 16 tahun, Connelly berhasil memerankan tokoh Sarah yang berani mengambil resiko dengan memasuki dunia yang berbeda untuk menyelamatkan Toby.

3. American Pastoral [2016]

American Pastoral [2016]

Swede mempersunting Dawn tanpa restu dari ayahnya karena masalah kepercayaan. Mereka punya anak bernama Merry yang kesulitan bicara tapi memiliki kecerdasan tinggi. Ketika Amerika menyerang Vietnam, Merry mengambil sikap untuk membenci tindakan itu.

Bom meledak di kantor pos sementara Merry menghilang dan membuat pihak kepolisian mencurigainya. Karakter Dawn diperankan oleh Connelly sementara Swede oleh Ewan McGregor dan Merry oleh Dakota Fanning.

Di film ini Connelly tampil memukau sebagai seorang wanita yang menunjukkan kerapuhan saat anaknya menghilang dan dijadikan buronan. Bahasa tubuhnya ketika merasa psikologisnya terganggu karena berbagai masalah yang menderanya terasa natural.

4. Reservation Road [2007]

Reservation Road [2007]

Dwight adalah seorang pengacara yang kalah dalam hak asuh anaknya. Sang istri, Ruth masih memberinya kesempatan untuk bertemu. Ketika Dwight sedang menonton baseball bersama anaknya, Ruth menelpon agar mereka segera pulang. Dwight yang terburu-buru menabrak seorang anak kemudian melarikan diri.

Connely memerankan karakter Grace, seorang ibu dari anak yang ditabrak oleh Dwight. Aktingnya natural ketika dia harus beradegan sedih kehilangan anaknya, begitu juga ketika sang suami mulai jengah dan ingin mencari keadilan dengan caranya sendiri. Sebuah tontonan ringan yang seru sekaligus menyentuh.

5. House of Sand and Fog [2003]

House of Sand and Fog [2003]

Ditelantarkan oleh suami, Kathy harus hidup seorang diri di rumah kecilnya. Dia yang sedang mengobati ketergantungannya pada narkoba mengabaikan berbagai surat tagihan. Dia diharuskan pindah dan dibantu oleh Sheriff Lester untuk mencari bantuan hukum.

Rumahnya yang dilelang dibeli oleh seorang mantan anggota militer asal Iran, Massoud Amir yang justru membawa masalah. Connelly memerankan karakter Kathy.

Dia tampil apik sebagai seorang wanita yang berusaha sebisa mungkin keluar dari jeratan narkoba tapi masalah yang nggak kalah besar menghampirinya dengan Massoud Amir Behrani yang diperankan Ben Kingsley. Mereka mengalami kesalahpahaman soal pajak dan sama-sama nggak mau mengalah apalagi bersimpati.

6. A Beautiful Mind [2001]

A Beautiful Mind [2001]

John Nash adalah seorang ahli matematika yang anti sosial. Dia mengaku kalau dia mendapat pekerjaan rahasia di bidang kriptografi. Tiba-tiba semuanya berubah menjadi seperti mimpi buruk. John jadi gampang ketakutan dan selalu merasa diburu. Dia nggak bisa lagi membedakan antara imajinasi dan kenyataan.

A Beautiful Mind adalah film biografi tentang John Nash yang diperankan oleh Russell Crowe. Connely memerankan karakter Alicia, tokoh dengan rasa ingin tahu yang besar. Dia yang awalnya adalah pengagum John berubah menjadi pendamping yang setia. Dia bahkan diganjar Best Supporting Actress di Academy Award berkat penampilannya.

7. Pollock [2000]

Pollock [2000]

Pollock adalah pelukis yang punya kemampuan spesial tapi mengalami masalah kecanduan alkohol. Pertemuannya dengan Krasner yang juga pelukis membuat hidupnya berwarna. Dukungan Krasner membuat Pollock berkesempatan menampilkan karyanya di galeri tapi nggak laku terjual. Seiring dengan kesulitan Pollock membuat lukisan, hubungannya dengan Krasner bermasalah.

Connelly memerankan karakter Ruth Kingman di film biografi tentang Jackson Pollock ini. Pollock yang diperankan Ed Harris sedang mengalami masalah rumah tangga, saat itulah Ruth datang. Kehadiran Ruth dalam menghadapi tingkah laku Pollock yang ajaib bisa membuatnya sedikit tenang, tapi sang istri enggan bercerai walau tahu Pollock lebih mencintai Ruth.

8. The Hot Spot [1990]

The Hot Spot [1990]

Harry Madox yang bekerja sebagai salesman menyimpan rasa suka pada Gloria, rekan kerjanya. Harry malah menjalin hubungan dengan Dolly, istri pemilik dealer. Mereka terlibat aksi perampokan.

Sementara itu, Gloria diancam oleh Sutton yang akan menyebarkan foto pribadi adiknya. Harry membunuh Sutton, dan cintanya pada Gloria mulai diketahui Dolly.

Connelly memerankan karakter Gloria Harper, sekretaris dari pemilik dealer tempatnya bekerja. Aktingnya di film ini sangat memukau, terutama karena film ini punya genre yang unik dan agak susah ditemukan. Film ini bergenre neo-noir dan menyajikan kekerasan yang hanya boleh ditonton oleh yang sudah dewasa.

9. Aloft [2014]

Aloft [2014]

Nana adalah seorang ibu dengan dua orang anak. Anak bungsunya memiliki tumor otak dan dia menemui Newman yang mempunyai metode pengobatan untuk mengobati anaknya. Sayang, anak bungsunya meninggal dan dia menyalahkan Ivan, anak sulungnya.

Hubungan keduanya memburuk bahkan sampai Ivan dewasa dan ingin bertemu lagi dengan ibunya. Aloft memerankan karakter Nana Kunning, seorang ibu yang menanggung beban berat karena kematian anak bungsunya.

Kunci penampilannya adalah ketika dia harus beradegan dengan Ivan yang sudah dewasa yang diperankan Cillian Murphy, yang memperlihatkan kemarahan, kesedihan dan rasa canggung.

10. Requiem For a Dream [2000]

Requiem For a Dream [2000]

Sara yang akan tampil di televisi mengalami kesulitan untuk membuat gaun yang pas di badannya. Kemudian, dia mengkonsumsi obat yang membuatnya kecanduan. Anaknya, Harry, memiliki kekasih, Marion, dan seorang sahabat, Tyrone.

Mereka semua mengkonsumsi narkoba. Kecanduan keempat orang ini semakin lama semakin membawa mereka pada kehancuran. Connelly memerankan karakter Marion, kekasih dari Harry yang diperankan oleh Jared Leto.

Connelly bisa mengimbangi aktor dan aktris lainnya. Terutama ketika dia mau melakukan apa pun untuk mendapatkan narkoba. Cara bercerita di film ini ditekankan pada kondisi psikologis masing-masing pemain, hanya saja bukan tontonan untuk semua umur.

Film-film yang diulas di atas merekam perkembangan sosok Jennifer Connelly dari masa ke masa. Tentu saja nggak semua film yang pernah dibintanginya bisa diulas. Kalau seandainya film Jennifer Connelly favorit kamu belum diulas, kamu bisa ikut menambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan, ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. jennifer connely emang cantik banget apalagi di film tahun 80 90 an

    1. Hai Randyyy, admin juga setuju banget sama kamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *