Bacaterus / Film Tokoh / 10 Film Terbaiknya Jake Gyllenhall yang Mesti Ditonton

10 Film Terbaiknya Jake Gyllenhall yang Mesti Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Februari 2020

Jacob Benjamin Gyllenhall atau yang dikenal dengan nama Jake Gyllenhall merupakan salah satu talenta terbaik yang dimiliki oleh industri film Hollywood. Pria kelahiran 19 Desember 1980 ini telah sudah memulai karir filmnya sejak tahun 1991 dan masih aktif hingga saat ini.

Jake juga sudah meraih berbagai nominasi dan penghargaan, termasuk diantaranya nominasi Academy Award dan pemenang BAFTA Award. Kedua orang tuanya yang juga berkarir di dunia perfilman membuat Jake memiliki bakat akting yang sudah diperlihatkannya sejak umur 11 tahun dan terus berkembang hingga ia membintangi puluhan judul film.

Dari berbagai film yang pernah dibintanginya, simak ulasan berikut 10 film terbaik Jake Gyllenhall yang memperlihatkan kualitasnya sebagai seorang aktor.

1. Donnie Darko (2001)

Donnie Darko (2001)

Bagi para pecinta film thriller misteri dengan akhir film yang tidak bisa ditebak, pasti akan setuju jika film Donnie Darko disebut menjadi salah satu film thriller terbaik sepanjang masa. Selain itu, film ini juga dipenuhi teka-teki yang cukup filosofis di sepanjang film.

Film ini juga menjadi salah satu film yang membuat nama Jake Gyllenhall mulai diperbincangkan di industri film Hollywood.

Cerita dari film ini sendiri berkisah mengenai seorang pemuda bernama Donnie Darko yang sering mengalami serangkaian kejadian aneh. Ini membuatnya dijauhi oleh teman-teman dan orang-orang sekitarnya.

Donnie Darko juga memiliki teman imajinasi bernama Frank, ia merupakah sosok mahluk setinggi manusia yang selalu memakai topeng kelinci.

2. Brokeback Mountain (2005)

Brokeback Mountain (2005)

Dalam film yang dirilis pada tahun 2005 ini, Jake Gyllenhall beradu peran bersama aktor Heath Ledger. Berlatar suasana di sekitar tahun 1963, Jake secara total memerankan perannya sebagai seorang pria yang menjalin cinta dengan sesama jenis.

Baik Jake dan Ledger dikisahkan sebagai dua orang koboi modern yang mengembara bersama dan bertemu di Brokeback Mountain. Totalitas Jake Gyllenhall dam Film Brokeback Mountain ini berhasil membawa namanya sebagai nominator dalam kategori Best Supporting Actor di ajang Academy Awards tahun 2006.

3. Zodiac (2007)

Zodiac (2007)

Di tahun 2007 Jake kembali membintangi film dengan genre thriller arahan David Fincher berjudul Zodiac. Film ini daingkat dari sebuah kisah nyata sosok pembunuh berantai di Amerika ini juga dibintangi oleh Robert Downey Jr dan Mark Ruffalo.

Di sini Jake berperan sebagai pemeran utama yaitu seorang detektif yang mencoba mengungkap jati diri si Zodiac. Dalam film ini, kamu akan melihat Jake Gyllenhall sebagai tokoh dengan karakter yang sangat terobsesi untuk memecahkan kasus yang tengah ia hadapi. Dalam situs film Rotten Tomatoes, film ini mendapatkan kategori fresh.

4. The Day After Tomorrow (2004)

The Day After Tomorrow (2004)

Ketika berbicara film yang mengangkat tema bencana alam atau kiamat, The Day After Tomorrow tentu menjadi salah satu kandidat terbaik. Jake Gyllenhall juga ikut membintangi film yang dirilis pada tahun 2004 dan menjadi film yang cukup legendaris ini.

Dalam film ini, Jake berperan sebagai Sam. Bersama sang ayah yang diperankan oleh Dennis Quaid, Jake berusaha menyelamatkan diri saat sebuah bencana menyebabkan Amerika membeku dan membuat mereka terjebak bersama para warga New York lainnya.

5. Nightcrawler (2014)

Nightcrawler (2014)

Nightcrawler menjadi film selanjutnya Jake Gyllenhaal yang memperlihatkan bagaimana kualitas aktingnya sebagai seorang aktor. Dalam film yang dirilis tahun 2014 ini, Jake harus memerankan salah satu tokoh dengan karakter yang cukup gila.

Di sini kamu akan lebih melihat sisi gila dan sadistik dari seorang Jake Gyllenhall dibanding karakter menyenangkannya. Film ini dapat dibilang sebagai film yang cukup unik, dimana menampilkan pemeran utama yang tidak selalu berkarakter baik.

Dalam film ini, Jake memerankan tokoh Louis Bloom, seorang cameraman yang lebih aktif di malam hari untuk meliput kejadian-kejadian aneh. Film ini berhasil membawa Jake kedalam nominasi Best Actor dalam ajang Golden Globes tahun 2015.

6. Prisoners (2013)

Prisoners (2013)

Genre thriller dan misteri memang tampaknya sangat cocok dengan karakter Jake Gyllenhall. Di tahun 2013, ia juga membintangi sebuah film dengan genre semacam ini yang berjudul Prisoners. Dalam Prisoners, Jake berperan sebagai seorang polisi yang berusaha mengungkap kasus penculikan dua orang anak yang menghilang secara misterius di Pennsylvania.

Dalam film yang disutradarai oleh sutradara Prancis Dennis Villenueve ini, Jake juga beradu peran dengan aktor papan atas lainnya, Hugh Jackman. Berkat perannya disini, Jake berhasil meraih penghargaan di ajang Hollywood Film Awards 2013 untuk kategori Supporting Actor of the Year.

7. Jarhead (2005)

Jarhead (2005)

Ingin melihat Jake Gyllenhall berperan sebagai seorang anggota marinir? Cobalah untuk menonton film Jarhead. Film yang dirilis pada tahun 2005 ini menjadi film yang cukup terkenal dan menjadi salah satu film kebanggaan seorang Jake Gyllenhall. Cerita dalam film Jarhead juga diangkat dari sebuah kisah nyata

Dalam film ini, Jake berperan sebagai Anthony Swofford, seorang mantan anggota marinir. Meskipun bergenre perang, namun penyajian cerita dalam film ini bisa dibilang cukup unik. Cerita dalam filmnya lebih terfokus pada perjalanan seorang tentara dalam sebuah operasi yang dinamai operasi Dessert Storm.

Operasi Dessert Storm sendiri merupakan sebuah operasi yang terjadi di era perang teluk 1 saat Irak menginvasi Kuwait. Pada masa itu, banyak tentara Amerika yang masih berusia muda mengalami depresi dan problema dilematis.

8. Brothers (2009)

Brothers (2009)

Pada tahun 2006, Jake membintangi sebuah film bergenre drama thriller bersama Tobey Maguire dan Natalie Portman. Film ini dapat dibilang cukup sukses dalam menyajikan unsur –unsur ketegangan didalamnya.

Film ini mengisahkan mengenai Sam dan Tommy, seorang kakak beradik dengan karakter yang sangat berbeda. Sam adalah seorang tentara yang dinyatakan gugur dalam perang. Setelah itu, Tommy bersumpah untuk menjaga anak dan istri Sam. Namun, ketika Tommy dan mantan istri Sam tengah membangun keluarga baru mereka, Sam kembali dan membuat mereka terguncang.

9. Spider-Man : Far From Home (2019)

Spider-Man : Far From Home (2019)

Di tahun 2019, Jake Gyllenhall membintangi film superhero besutan Marvel Entertainment, yaitu Spider-Man: Far From Home. Namun dalam film ini, Jake bukan berperan sebagai pahlawan, namun sebagai tokoh villain yang menjadi musuh Spider-Man.

Di sekuel kedua film Spider-Man yang menjadi bagian Marvel Cinematic Universe ini, Jake berperan sebagai tokoh Mysterio. Mysterio sendiri dikisahkan berasal dari dimensi dunia lain yang berbeda dari semesta milik Peter Parker dan teman-temannya.

10. Nocturnal Animals (2016)

Nocturnal Animals (2016)

Film Nocturnal Animals yang dirilis pada tahun 2016 mengangkat genre neo noir thriller yang membuatnya dipuji oleh para kritikus sebagai film yang brilian. Dalam film ini, Jake beradu peran dengan aktris-aktris seperti Amy Adams dan Isla Fisher.

Jalan cerita film ini cukup unik karena terdiri atas dua plot, yaitu plot dunia nyata dan plot dalam sebuah cerita novel. Jake Gyllenhall sendiri memerankan dua tokoh dalam dua plot. Di plot dunia nyata, ia berperan sebagai Edward Sheffield, seorang novelis yang mengirim sebuah cerita novel yang ia kirim untuk mantan istrinya.

Sementara dalam plot novel ia berperan sebagai Tony Hastings, seorang pria yang kehilangan istri dan anaknya dalam sebuah perjalanan. Film ini mengandung teka-teki dan filosofi di setiap detail scene-nya. Di akhir film, kamu akan menemukan adanya keterkaitan antara plot dunia nyata dan plot novel yang diceritakan.

Itulah 10 film yang dibintangi oleh Jake Gyllenhall yang menunjukan kualitasnya sebagai seorang aktor yang bisa memainkan peran apapun. Adakah diantara sepuluh film tadi yang menjadi favorit kamu? Atau ada film Jake Gyllenhall lain yang menjadi favoritmu? Bagikan kesan kamu mengenai film-film Jake Gyllenhall kesukaanmu dalam kolom komentar ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *