Inilah 20 Film Terbaik Jake Gyllenhaal yang Mesti Ditonton

Ditulis oleh Sri Sulistiyani

Jacob Benjamin Gyllenhaal atau yang dikenal dengan nama Jake Gyllenhaal merupakan salah satu talenta terbaik yang dimiliki oleh industri film Hollywood. Pria kelahiran 19 Desember 1980 ini telah sudah memulai karir filmnya sejak tahun 1991 dan masih aktif hingga saat ini.

Jake juga sudah meraih berbagai nominasi dan penghargaan, termasuk diantaranya nominasi Academy Award dan pemenang BAFTA Award.

Kedua orang tuanya yang juga berkarir di dunia perfilman membuat Jake memiliki bakat akting yang sudah diperlihatkannya sejak umur 11 tahun dan terus berkembang hingga ia membintangi puluhan judul film.

Dari berbagai film yang pernah dibintanginya, simak ulasan berikut 20 film terbaik Jake Gyllenhaal yang memperlihatkan kualitasnya sebagai seorang aktor.

1. Brokeback Mountain

Brokeback Mountain (2005)

Dalam film yang dirilis pada tahun 2005 ini, Jake Gyllenhaal beradu peran bersama aktor Heath Ledger. Berlatar suasana di sekitar tahun 1963, Jake secara total memerankan perannya sebagai seorang pria yang menjalin cinta dengan sesama jenis.

Baik Jake dan Ledger dikisahkan sebagai dua orang koboi modern yang mengembara bersama dan bertemu di Brokeback Mountain. Totalitas Jake Gyllenhaal dam Film Brokeback Mountain ini berhasil membawa namanya sebagai nominator dalam kategori Best Supporting Actor di ajang Academy Awards tahun 2006.

2. Nightcrawler

Nightcrawler (2014)

Nightcrawler menjadi film selanjutnya Jake Gyllenhaal yang memperlihatkan bagaimana kualitas aktingnya sebagai seorang aktor. Dalam film yang dirilis tahun 2014 ini, Jake harus memerankan salah satu tokoh dengan karakter yang cukup gila.

Di sini kamu akan lebih melihat sisi gila dan sadistik dari seorang Jake Gyllenhaal dibanding karakter menyenangkannya. Film ini dapat dibilang sebagai film yang cukup unik, dimana menampilkan pemeran utama yang tidak selalu berkarakter baik.

Dalam film ini, Jake memerankan tokoh Louis Bloom, seorang cameraman yang lebih aktif di malam hari untuk meliput kejadian-kejadian aneh. Film ini berhasil membawa Jake kedalam nominasi Best Actor dalam ajang Golden Globes tahun 2015.

3. Love & Other Drugs

Love & Other Drugs

Jamie (Jake Gyllenhaal) adalah sosok yang penuh pesona. Ketampanannya membuat banyak kaum hawa luluh, termasuk pacar bos di tempatnya bekerja. Setelah ketahuan berhubungan intim dengan pacar bosnya, Jamie akhirnya dipecat.

Jamie pun menjadi pengangguran sesaat. Namun, kondisi itu tidak berjalan lama karena ia ditawari menjadi sales di perusahaan farmasi. Tugas Jamie adalah menawarkan obat-obatan dari perusahaannya agar para dokter mau menggunakannya sebagai resep.

Perjalanannya menjadi sales obat berlanjut. Ia pontang-panting menawarkan obat kepada dokter meskipun dirinya mendapat penolakan berkali-kali. Saat sedang menawarkan obat, Jamie bertemu dengan Maggie (Anne Hathaway), gadis pengidap parkinson yang sama sekali tidak mempan dengan pesona Jamie.

Semakin Maggie cuek, semakin pula Jamie tertarik kepadanya. Jamie yang sebelumnya hanya menganggap wanita sebagai tempat untuk bersenang-senang kini ia ingin menjalin hubungan yang serius dengan Maggie.

4. Donnie Darko

Donnie Darko (2001)
  • Tahun Rilis: 2001
  • Genre: Drama, Mystery, Sci-Fi
  • Produksi: Flower Films
  • Sutradara: Richard Kelly
  • Pemeran: Jake Gyllenhaal, Jena Malone, Mary McDonnell

Bagi para pecinta film thriller misteri dengan akhir film yang tidak bisa ditebak, pasti akan setuju jika Donnie Darko disebut menjadi salah satu film thriller terbaik sepanjang masa. Selain itu, film ini juga dipenuhi teka-teki yang cukup filosofis di sepanjang film.

Film ini juga menjadi salah satu film yang membuat nama Jake Gyllenhaal mulai diperbincangkan di industri film Hollywood.

Cerita dari film ini sendiri berkisah mengenai seorang pemuda bernama Donnie Darko yang sering mengalami serangkaian kejadian aneh. Ini membuatnya dijauhi oleh teman-teman dan orang-orang sekitarnya.

Donnie Darko juga memiliki teman imajinasi bernama Frank, ia merupakah sosok makhluk setinggi manusia yang selalu memakai topeng kelinci.

5. Zodiac

Zodiac

Di tahun 2007 Jake kembali membintangi film dengan genre thriller arahan David Fincher berjudul Zodiac. Film ini daingkat dari sebuah kisah nyata sosok pembunuh berantai di Amerika ini juga dibintangi oleh Robert Downey Jr dan Mark Ruffalo.

Di sini Jake berperan sebagai pemeran utama yaitu seorang detektif yang mencoba mengungkap jati diri si Zodiac. Dalam film ini, kamu akan melihat Jake Gyllenhaal sebagai tokoh dengan karakter yang sangat terobsesi untuk memecahkan kasus yang tengah ia hadapi. Dalam situs film Rotten Tomatoes, film ini mendapatkan kategori fresh.

6. Wildlife

Wildlife
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Drama
  • Produksi: June Pictures, Nine Stories Productions
  • Sutradara: Paul Dano
  • Pemeran: Ed Oxenbould, Jake Gyllenhaal, Carey Mulligan

Joe Brinson (Ed Oxenbould) masih berusia 16 tahun. Namun, ia harus menyaksikan sendiri kehancuran pernikahan ayah dan ibunya. Ayah Joe, Jerry Brinson (Jake Gyllenhaal), bekerja di lapangan golf yang ada di Montana. Sementara ibunya, Jeanette Brinson (Carey Mulligan) hanya seorang ibu rumah tangga.

Pada tahun 1960-an terjadi kebakaran hutan yang tak terkendali di perbatasan Kanada. Jerry yang baru saja kehilangan pekerjaan tergerak untuk menjadi relawan membantu memadamkan api dalam peristiwa kebakaran tersebut. Jerry meninggalkan anak dan istrinya yang sebenarnya harus ia nafkahi.

Jeanette sendiri tidak terlalu mengurus kehidupan Joe. Jeanette sibuk dengan dunianya sendiri, apalagi dirinya kini sedang menjalin hubungan istimewa dengan pria yang lebih tua.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram