Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Februari 2019

Adakah pembaca yang suka nonton film Indonesia? Atau mungkin malah skeptis sama kualitas film Indonesia? Artikel kali ini akan membahas soal film Indonesia yang mendunia. Rasanya berita semacam ini perlu disebarkan lebih luas dan lebih sering diinformasikan guna menumbuhkan minat dan rasa percaya orang Indonesia terhadap kualitas film Indonesia.

Memang masih banyak orang yang belum bisa percaya akan kualitas film Indonesia karena berbagai alasan. Namun, sebagai warga negara yang baik, kita juga perlu mendukung usaha para penggiat dunia film untuk terus berproses meningkatkan kualitas film kita.

Maka, artikel ini ditulis dengan harapan lebih banyak orang tahu akan film-film Indonesia yang berkualitas. Terbukti dengan aneka penghargaan film bergengsi yang berhasil diraih. Mungkin beberapa di antaranya malah tidak terlalu terkenal di dalam negeri sendiri.

Kalau kamu kebetulan suka nonton film, mari simak beberapa film Indonesia yang akan dibahas di artikel ini. Siapa tahu kalau kamu belum nonton filmnya, malah jadi tertarik untuk menonton. Kalau ada lebih banyak orang yang mau nonton film lokal, maka akan sangat berarti pada perkembangan industri film kita. Yuk, baca terus ulasannya berikut ini!

4 Film Indonesia yang Mendunia

1. The Raid: Redemption [2011]

The raid

Masih ingat waktu pertama kali trailer film ini muncul? Dunia maya langsung heboh begitu saja karena kerennya luar biasa. Kita seperti sedang menonton film Hollywood! Adegan baku hantam yang indah sekaligus kejam terlihat tak biasa untuk ukuran film Indonesia. Iko Uwais dan kawan-kawan membuat gebrakan yang signifikan melalui film ini.

Pertama kali dipublikasi pada Toronto International Film Festival 2011 sebagai film pembuka untuk kategori Midnight Madness para kritikus dan penonton memuji film itu. Tak heran kalau mendapatkan penghargaan The Cadillac People’s Choice Midnight Madness Award.

Terpilihnya film ini untuk diputar pada beberapa festival film internasional di beberapa negara, seperti Amerika, Irlandia, Skotlandia, Korea Selatan menjadikan film ini sebagai film komersial produksi Indonesia pertama yang paling berhasil di tingkat dunia.

Kisahnya tentang penyerbuan sebuah gedung kumuh yang menjadi tempat persembunyian para kriminal yang dianggap paling berbahaya. Gedung itu dikenal sangat berbahaya sehingga tak tersentuh oleh siapapun. Semuanya berubah ketika sekelompok tim polisi memutuskan untuk menyerbu gedung itu.

Selain karena pengambilan gambarnya, koreografi seni bela diri pada film ini juga dibuat dengan begitu indah sampai menuai decak kagum dari para juri dan penonton berbagai festival film internasional. Dengan kesuksesan itu The Raid berhasil meraup penghasilan $15 juta di seluruh dunia.

2. Pengabdi Setan [2017]

Pengabdi Setan

Film ini merupakan pembuatan ulang dari film berjudul sama yang rilis tahun 1980. Disutradarai oleh Joko Anwar dan berhasil menjadi salah satu film Indonesia terlaris tahun 2017 dengan pencapaian lebih dari 4 juta penonton.

Selain sukses di dalam negeri, film ini juga terbilang sukses mendunia. Tayang di beberapa negara seperti, Jepang, Spanyol, Amerika, Polandia, Thailand, Singapura, Malaysia dan negara lainnya.

Film ini juga banjir penghargaan dari dalam dan luar negeri. Antara lain, memenangkan kategori film terseram dalam Festival Film Horor Popcorn Fights yang diselenggarakan di Florida. Selain penghargaan, kita juga patut berbangga karena film ini tayang di banyak festival film bergengsi dan selalu sold out.

Tara Basro, Dimas Aditya, Ayu Laksmi dan sederet nama bintang berbakat lainnya turut serta dalam film ini. Berkisah tentang Ibu yang merupakan seorang pengabdi setan kembali untuk mengambil anaknya. Berbagai teror mengerikan harus dilalui anak-anaknya.

Kalau kamu menyukai film horor, tentu saja film ini harus masuk ke dalam daftar tontonanmu. Banyak penonton yang tak ragu melabeli film ini sebagai film horor Indonesia terbaik yang pernah ditontonnya. Jadi, jangan sampai melewatkan film ini, ya!

3. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak [2017]

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak

Pada tahun rilisnya film ini banyak dibicarakan orang karena jalan ceritanya yang bisa dibilang tak biasa untuk ukuran film Indonesia. Film yang disutradarai Mouly Surya ini tak hanya memikat penonton lokal tetapi juga global.

Kabar yang beredar, film ini didistribusikan sampai ke 18 negara! Amerika, Kanada, negara di Eropa dan Asia Tenggara. Kita boleh bangga untuk itu. Ini membuktikan jika semakin banyak film Indonesia yang berkualitas dan diakui secara global.

Sebelum tayang di Indonesia, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak ditampilkan di berbagai festival film internasional. Film ini diputar perdana di Directors Fortnight Festival Film Cannes 2017. Selain itu, masuk juga dalam seleksi New Zeland International Film Festival, Melbourne FIlm Festival, serta Toronto International Film Festival.

Marsha Timothy yang menjadi pemeran utama film ini bahkan memenangkan penghargaan sebagai aktris terbaik dari Sitges International Fantastic Film Festival mengalahkan Nicole Kidman yang juga masuk nominasi.

Kisahnya tentang Marlina yang membunuh Markus sang ketua perampok yang mengancam nyawa, harta, dan juga kehormatan Marlina di depan suaminya yang sudah berbentuk mumi. Marlina memenggal Markus dan membawa kepalanya dalam sebuah perjalanan mencari keadilan dan penebusan. Markus yang tak berkepala berjalan menguntitnya.

4. Battle of Surabaya [2015]

Battle of Surabaya

Berbeda dengan film sebelumnya, film Indonesia yang sukses mendunia kali ini merupakan film animasi. Menyajikan drama, aksi, juga sejarah produksi MSV Pictures. Karya perdana dari sutradara Aryanto Yuniawan ini menampilkan tokoh dan cerita fiktif yang mengambil latar belakang sejaran perjuangan bangsa Indonesia pada saat perang Surabaya 1945.

Trailer film ini meraih beberapa penghargaan di antaranya, Most People Choice Award dalam ajang International Movie Trailer Film Festival 2013. Film ini juga masuk nominasi Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014.

Penghargaan lain untuk film ini datang dari berbagai festival film internasional setelah rilis. Di antaranya, meraih penghargaan Best Animation dalam Hollywood International Motion Pictures Film Festival 2018, European Cinematography Award 2018, Amsterdam Film Festival 2018 dan banyak penghargaan bergengsi lainnya.

Kesuksesan film ini di kancah internasional membuktikan kalau Indonesia mampu membuat film animasi kelas dunia. Semoga dengan kesuksesan film ini ke depannya akan ada lagi film animasi buatan dalam negeri yang juga sukses mendunia.

Animasi memang bukan genre film yang laris di Indonesia. Belum banyak film animasi buatan dalam negeri yang tayang di bioskop. Namun, bukan berarti kita tidak bisa, ini cuma masalah waktu. Kelak, pasti akan ada film animasi berkualitas lainnya yang dibuat oleh anak bangsa.

Kalau kamu menggemari animasi, jangan lewatkan film yang satu ini, ya! Dukunganmu untuk karya anak bangsa akan sangat berarti untuk memotivasi para pembuat film supaya terus berkarya dan menghasilkan film yang berkualitas. Terutama film animasi yang masih sangat sedikit yang melirik.

Kira-kira adakah film yang menarik minatmu? Atau malah kamu sudah nonton? Coba ceritakan di kolom komentar, ya! Kalau kamu punya tambahan film Indonesia yang mendunia dan belum dibahas di atas, kamu juga boleh menambahkan di kolom komentar.