bacaterus web banner retina

20 Film Indonesia Terbaru yang Wajib Ditonton di 2022

Dunia perfilman tanah air semakin menunjukkan kualitasnya. Setiap bulan selalu muncul film-film nasional yang jalan ceritanya, pengambilan gambar, dan kemampuan akting pemerannya tak kalah bagus dibanding film-film internasional. Bahkan, beberapa judul film Indonesia mampu menghasilkan jutaan penonton.

Apakah kamu termasuk salah satu penggemar film-film Indonesia? Jika ya, Bacaterus akan memberikan ulasan mengenai judul-judul film Indonesia yang baru saja menghiasi layar lebar. Biar kamu tidak ketinggalan film-film nasional terbaru, simak daftarnya berikut ini, yuk!

1. KKN di Desa Penari

KKN di Desa Penari_

KKN di Desa Penari (2022) menjadi film yang paling dinantikan banyak orang di tahun 2022. Pasalnya, film ini diadaptasi dari kisah viral di Twitter dan sudah menunda perilisan selama dua tahun.

Film yang diproduksi MD Pictures ini disutradarai oleh Awi Suryadi dan dibintangi oleh aktor dan aktris muda. Sebut saja Tissa Biani, Aghniny Haque, Adinda Thomas, hingga Achmad Megantara diumumkan sebagai pemeran utamanya.

Film ini akan mengisahkan Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton, dan Wahyu yang melaksanakan kegiatan KKN di sebuah desa.

Sayangnya kehadiran mereka di sana malah membawa malapetaka ketika salah satu dari anggota KKN melanggar aturan yang ada. Mereka harus berurusan dengan para penunggu desa tersebut, salah satunya adalah sosok penari cantik yang terus meneror mereka.

2. Kuntilanak 3

film indonesia terbaru_Kuntilanak 3_

Memiliki nuansa yang sangat berbeda dari film horor pada umumnya, Kuntilanak 3 (2022) menjadi salah satu film terbaru yang bikin penasaran.

Masih mengangkat berbagai mitos mengenai ilmu hitam dan legenda kuntilanak yang sudah dikenal banyak orang, Rizal Mantovani membungkusnya dengan gaya ala sekolah sihir yang dipenuhi dengan berbagai efek visual yang keren.

Kuntilanak 3 (2022) mengisahkan usaha Dinda untuk menyelamatkan saudara, teman-teman dan sekolah barunya.

Gadis ini harus berhadapan dengan Eyang Sukma dan Ratu Kuntilanak yang kerap memangsa anak-anak cenayang. Bahkan nyawa Dinda hampir saja melayang, karena gadis ini bisa membuat hidup Ratu Kuntilanak lebih panjang.

3. Cinta Subuh

film indonesia terbaru_Cinta Subuh_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Romantic, Drama
  • Sutradara: Indra Gunawan
  • Pemeran: Dinda Hauw, Rey Mbayang, Roger Danuarta
  • Produksi: Falcon Pictures

Siapa nih ngefans dengan pasangan romantis Dinda Hauw dan Rey Mbayang? Kalau iya, kamu wajib banget menonton Cinta Subuh (2022). Film yang diproduksi oleh Falcon Pictures ini diadaptasi dari novel berjudul sama, karya Ali Farighi.

Adapun Cinta Subuh (2022) mengisahkan perjuangan Angga yang berusaha mengejar cinta seorang gadis religius bernama Ratih.

Sosok Angga memang berhasil membuat Ratih terpesona, namun pria ini jarang melaksanakan sholat terutama sholat subuh. Padahal hal tersebut menjadi syarat penting yang diberikan oleh Ratih jika Angga ingin mempersuntingnya.

4. Srimulat: Hil yang Mustahal

film indonesia terbaru_Srimulat Hil yang Mustahal_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Comedy, Drama
  • Sutradara: Fajar Nugros
  • Pemeran: Bio One, Elang El Gibran, Dimas Anggara, Ibnu Jamil, Teuku Rifnu Wikana, Erick Estrad, Zulfa Maharani, Morgan Oey, Rukman Rosadi, Erika Carlina
  • Produksi: IDN Pictures, MNC Pictures

Beralih ke film komedia, Srimulat: Hil yang Mustahal (2022) juga wajib untuk ditonton lho. Meski mengangkat kisah awal mulanya grup lawak paling terkenal di Indonesia yaitu Srimulat, film ini dibintangi oleh sederet nama terkenal.

Ada Dimas Anggara, Bio One hingga Morgan Oey. Untuk ceritanya, film ini ditulis langsung oleh Fajar Nugros dan diharapkan bisa sesuai ekspektasi penonton.

Mengambil latar tahun 1980-an, saat itu grup Srimulat baru memulai karirnya di Teater Sriwedari yang ada di Kota Surakarta. Ketika karirnya semakin menanjak, Srimulat dibawa ke Ibu kota, tapi para penonton kurang paham dengan bahasa Jawa yang mereka gunakan.

Dari sinilah mereka berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan yang dibumbui dengan kisah cinta di dalamnya.

5. The Doll 3

film indonesia terbaru_The Doll 3_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Horror, Drama
  • Sutradara: Rocky Soraya
  • Pemeran: Jessica Mila, Winky Wiryawan, Masayu Anastasia, Sara Wijayanto, Jeremy Thomas
  • Produksi: Hitmaker Studios

The Doll 3 menjadi salah satu film horor yang paling dinantikan di tahun 2022. Film ini menjadi salah satu film yang terpengaruh pandemi Covid-19 dan harus menunda penayangan. Bahkan akibat dari penundaan ini, pihak produksi mengakui bahwa mereka mengalami kerugian hingga 1 miliar rupiah.

Masih berkutat dengan kehidupan Tara, kali ini gadis cantik ini sedang berusaha untuk menghilangkan traumanya.

Pasca kehilangan kedua orang tua dan adiknya, Tara merasa sangat kesepian hingga ia meminta seorang dukun untuk memasukkan arwah sang adik ke dalam sebuah boneka. Namun Tara tidak menyadari, bahwa perbuatannya ini ternyata bisa mencelakakan nyawa orang lain.

6. Ivanna

film indonesia terbaru_Ivanna_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Horror
  • Sutradara: Kimo Stamboel
  • Pemeran: Caitlin Halderman, Jovarel Callum, Junior Roberts, Shandy William, Sonia Alyssa
  • Produksi: MD Pictures, Pichouse Films

Masih bergenre horor, Ivanna (2022) adalah spin-off dari trilogi Danur yang kisahnya diangkat dari novel karya Risa Saraswati.

Film yang disutradarai oleh Kimo Stamboel ini, mengisahkan sosok hantu yang bernama Ivanna Van Dijk. Gadis cantik asal Belanda ini harus tewas dengan cara yang tragis, setelah dikhianati oleh masyarakat pribumi.

Ambar yang sedang merayakan Lebaran di Bandung bersama dengan keluarganya, tiba-tiba mendapatkan teror dari hantu Ivanna.


Ternyata Ambar mulai bisa melihat hal-hal tak kasat mata semenjak ia melakukan operasi. Ambar pun berusaha menyelamatkan seluruh keluarganya dari amukan Ivanna yang ingin membalas dendam pada pribumi

7. Arini by Love.inc

Arini by Love.inc_

Arini by Love.inc (2022) menjadi spin off dari dua film Love For Sale (2018) dan Love for Sale 2 (2019). Mengikuti kisah sebelumnya, karakter Arini yang diperankan oleh Della Dartyan ini memang sosok yang misterius.

Tapi kali ini Arini berpikiran untuk mencari kebahagiaan dengan caranya sendiri, sayangnya jalannya selalu saja dihalangi oleh sistem Love.inc.

Apalagi sistem tersebut sudah menghapus semua ingatan masa lalunya, hal ini membuat Arini benar-benar merasa frustasi. Bagaimana bisa ia mencari kebahagiaannya jika ia lupa dengan jati diri dan orang-orang di masa lalunya?

Alhasil Arini seperti hidup di dunia metaverse yang membuat gadis ini tidak bisa membedakan mana yang nyata dan mana yang tidak nyata.

8. Cinta Pertama, Kedua & Ketiga

Cinta Pertama, Kedua & Ketiga_

Dibintangi oleh Angga Yunanda dan Putri Marino, Cinta Pertama, Kedua & Ketiga (2022) memang wajib untuk ditonton. Selain karena keduanya sedang naik daun, film ini juga memiliki premis kisah romantis dari dua generasi.

Kisahnya bermula ketika Raja (Angga Yunanda) dan Asia (Putri Marino) sama-sama memiliki tanggung jawab menjaga orang tua tunggal mereka.

Pada awalnya kedua orang tua mereka berencana untuk menyatukan Raja dan Asia. Di sisi lain, mereka juga merasa bahwa orang tua mereka terlihat sangat cocok satu sama lain.

Dari sinilah cinta antara dua generasi terjadi, tapi kisah cinta ini malah menjadi lebih rumit. Bukan hanya Raja dan Asia saja yang memiliki hubungan istimewa, tapi orang tua mereka juga menjalin hubungan yang sama.

9. Ben & Jody

Ben & Jody_

Diadaptasi dari novel karya Dee Lestari, kali ini Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto) sudah tidak berkutat lagi untuk membangun kedai kopinya. Mereka akan berpetualang dan membantu beberapa penduduk lokal agar tanah mereka tidak diambil oleh mafia tanah.

Hal ini bermula ketika Ben tidak sengaja disangka mata-mata oleh para penduduk Desa Wanareja. Tapi sejak saat itu Ben makin aktif untuk membantu para penduduk melawan para mafia tanah yang kejam dan bengis.

Mendengar sahabatnya menjadi korban penculikan, Jody datang untuk menyelamatkannya bersama beberapa warga setempat. Sudah hampir bisa kabur, Ben yang mengetahui Jody tertinggal memilih untuk kembali dan melawan para mafia.   

10. Baby Blues

Baby Blues_

Beralih ke film keluarga, kali ini ada kisah lucu dan dramatis dari pasangan Andika (Vino G. Bastian) dan Dinda (Aurélie Moeremans). Pada awalnya pasangan ini berpikir bahwa mengurus bayi bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Tapi setelah Dinda melahirkan anak pertama mereka, semua ekspektasi ini langsung buyar seketika.

Saking stresnya, Dinda sampai-sampai mengalami sindrom baby blues, alhasil keduanya kerap saja bertengkar dan berdebat. Hingga suatu hari jiwa mereka tiba-tiba saja tertukar, dan dari sinilah Dinda dan Andika belajar untuk saling mengerti peranan masing-masing. Bisakah jiwa mereka kembali ke tubuh masing-masing?

11. Dear Nathan: Thank You Salma

Dear Nathan Thank You Salma_

Masih berdasarkan dari trilogi Dear Nathan karya Erisca Febriani, Dear Nathan: Thank You Salma (2022) memang sangat dinantikan. Apalagi film ini masih mempertahankan pasangan Amanda Rawles dan Jefri Nichol sebagai pemeran utamanya.

Bedanya kisah yang diangkat tidak hanya soal kelanjutan hubungan Nathan (Jefri Nichol) dan Salma (Amanda Rawles) saja lho. Dear Nathan: Thank You Salma (2022) juga mengangkat isu pelecehan seksual yang dialami oleh seorang mahasiswi di lingkungan kampus.

Nathan berusaha memperjuangkan keadilan bagi teman sekelasnya yang bernama Zanna (Indah Permatasari). Tapi niat baik Nathan ini malah membuat Salma curiga, pasalnya sang kekasih terkesan menutupi hal ini darinya. Apakah Salma dan Nathan bisa bertahan?

12. Akad

Akad_

Terinspirasi dari lagu yang dibuat oleh Is Pusakata, Akad (2022) mengisahkan berbagai macam konflik terkait pernikahan. Kisahnya bermula ketika Pak Abdi (Mathias Muchus) menginginkan putrinya untuk segera menikah.

Makanya, Pak Abdi sangat gencar untuk mencarikan calon suami bagi putri sulungnya itu, agar kelak Indira (Indah Permatasari) tidak sendirian lagi di masa tuanya.

Sementara Indira yang dikenal sangat mandiri, merasa pernikahan bukanlah hal yang harus dilakukannya dalam waktu dekat. Tapi karena ayahnya, Indira malah terikat dengan dua pria sekaligus yang membuat hidupnya makin sulit.

Pertama ada Dion (Kevin Julio) mantan kekasihnya di masa lalu dan satunya lagi ada Roy (Nino Fernandez) yang belakangan mengisi hari-harinya.

13. Kukira Kau Rumah

Kukira Kau Rumah_

Umay Shahab memang bukan nama baru di industri perfilman Indonesia karena ia sudah berkarir sejak usianya masih muda. Tapi, dalam film ini, Umay Shahab tidak akan muncul di depan layar, kali ini Umay menunjukkan kemampuannya sebagai sutradara.

Mengadaptasi premisnya dari lagu dengan judul yang sama karya Amigdala, film ini adalah karya pertama Umay.

Film ini mengisahkan Prama (Jourdy Pranata) yang kesepian semenjak ayahnya meninggal, pria ini sering pergi ke kafe hanya untuk menulis lagu.

Di sanalah ia bertemu dengan Niskala (Prilly Latuconsina), gadis pengidap bipolar yang berhasil membuat hidupnya benar-benar berubah. Prama tidak peduli karena sudah terlanjur jatuh cinta pada Niskala, tapi hal ini malah membuat ayah gadis itu marah besar.

14. Penyalin Cahaya

Penyalin Cahaya

Penyalin Cahaya (2021) tentu saja tidak boleh sampai dilewatkan sebagai salah satu film terbaru yang wajib banget untuk ditonton. Film yang melakukan penayangannya lewat Netflix ini berhasil menarik perhatian banyak orang dan dihujani banyak penghargaan bergengsi.

Kisahnya sendiri berputar pada kehidupan Sur (Shenina Cinnamon) yang berpikir dirinya korban perpeloncoan seniornya. Karena hal itu, gadis ini sampai kehilangan beasiswa karena foto-foto mabuknya tersebar di media sosial.

Tak ingin menyerah melawan takdir, Sur berusaha mencari tahu kejadian yang sesungguhnya. Ia bekerjasama dengan Amin (Chicco Kurniawan) untuk mencuri data anak-anak teater Mata Hari. Hingga fakta membawanya pada sosok Rama (Giulio Parengkuan) yang menjadi tersangka utamanya.

15. Trah 7

Trah 7_

Seperti judulnya Trah 7 (2022) film ini mengambil kisah mengenai warisan yang diturunkan selama tujuh turunan. Bedanya warisan di sini bukanlah berupa harta atau kekayaan lainnya, justru warisan yang diturunkan adalah kutukan dari setan.

Hal inilah yang dialami oleh Nico (Kevin Torsten) ketika mengetahui bahwa buyutnya mewariskan kutukan padanya.

Dulu, buyut Nico melakukan pesugihan untuk bisa mendapatkan kekayaan. Sayangnya, karena melanggar pantangan yang diberikan, keluarganya menerima kutukan sampai tujuh turunan.

Sialnya, Nico adalah keturunan ketujuh dari keluarga Kayono (Erwin Cortez). Kesulitan hidupnya makin bertambah, ketika Nico tidak sengaja mengunjungi desa tempat buyutnya mendapatkan kutukan.  

16. Cek Ombak (Melulu)

Cek Ombak (Melulu)_

Diadaptasi dari novel karya Rina F. Ryanie, kali ini kita akan menyaksikan Bryan Domani dan Hanggini beradu akting di film romantis berjudul Cek Ombak (Melulu) (2022). Uniknya hubungan asmara keduanya malah berakhir sebagai kakak dan adik karena orang tua mereka sudah terlebih dahulu berpacaran dan kini memutuskan untuk menikah.

Padahal, baik Igo (Bryan Domani) dan Kika (Hanggini) pada awalnya akan mengaku soal hubungan mereka pada kedua orang tuanya. Dengan kejadian ini, keduanya harus beradaptasi dan mengubah hati bukan sebagai pasangan tapi sebagai kakak dan adik.

17. Ada Mertua di Rumahku

Ada Mertua di Rumahku_

Kembali berpasangan sebagai suami istri, Roger Danuarta dan Cut Meyriska bermain dalam film berjudul Ada Mertua di Rumahku (2022). Tapi rumah tangga keduanya sedikit berbeda dari yang lain, karena selepas akad nikah, Irfan (Roger Danuarta) malah tinggal berdua bersama sang mertua.

Lalu, kemana istrinya? Ternyata Nirmala (Cut Meyriska) malah mendapat dinas kerja ke Surabaya. Alhasil sang suami harus bertahan untuk tinggal bersama Pak Bambang (Rano Karno), ayahnya yang menyebalkan.

Sebenarnya hubungan Nirmala dan ayahnya memang tidak pernah baik-baik saja, bahkan setelah diberikan kesempatan kedua, Pak Bambang masih saja berulah. Kira-kira apa yang akan dilakukan oleh Irfan untuk mengatasi konflik istri dan mertuanya ini?

18. Merindu Cahaya de Amstel

Merindu Cahaya de Amstel_

Ber-genre religi, Merindu Cahaya de Amstel (2022) mengisahkan dilema yang dirasakan oleh pasangan berbeda keyakinan.

Kisahnya sendiri berfokus pada sosok Mariem Veenhoven (Amanda Rawles) gadis Belanda yang terbiasa hidup bebas. Hingga setelah kejadian tragis yang hampir merenggut nyawanya, Mariem mulai mengenal Islam dan memutuskan jadi mualaf.

Memulai lembaran baru dalam hidupnya, Mariem juga mengganti namanya menjadi Khadija. Suatu hari Khadija tidak sengaja bertemu dengan seorang Jurnalis bernama Nicholas Van Djick (Bryan Domani).

Sejujurnya Nicholas memang kagum pada sosok Khadija, dan rasa ini berakhir dengan cinta. Tapi perasaan keduanya malah menimbulkan konflik dalam hidup mereka, apa yang akan terjadi?

19. Menjelang Maghrib

Menjelang Maghrib_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Horror
  • Sutradara: Helfi C.H. Kardit
  • Pemeran: Annette Edoarda, Novia Bachmid, Jeffry Reksa, Fajar Kurniawan
  • Produksi: Silent D Pictures, Helroad Films

Bagi para penikmat film horor Indonesia, sepertinya Menjelang Maghrib (2022) menjadi salah satu list film yang wajib dinantikan. Film yang terinspirasi dari kisahnya, film ini menyinggung soal budaya, takhayul dan hal mistis yang lekat dengan masyarakat Indonesia.

Informasi yang tidak kalah penting, film ini digarap oleh Helfi C.H. Kardit yang sebelumnya membuat film Bangku Kosong dan Lantai 13. Film ini memang mencuri perhatian karena Novia Bachmid penyanyi lagu Wonderland Indonesia juga ikut ambil andil sebagai salah satu pemeran utamanya.  

20. Enam Batang

Enam Batang_

Film yang ditayangkan di KlikFilm ini sempat viral karena mengangkat isu perselingkuhan dan rumah tangga yang tidak sehat.

Bahkan beberapa orang mengaku kaget banget dengan plot twist di film Enam Batang (2022) yang mind blowing banget. Kisahnya bermula ketika pasangan suami istri Arya (Omar Daniel) dan Niken (Ersya Aurelia) bermasalah dengan orang ketiga.

Setelah sekian lama, Niken baru tahu bahwa suami dan sahabatnya yaitu Maya (Angela Gilsha) adalah mantan kekasih. Hal ini membuat Niken sangat cemburu, ditambah lagi kondisi Arya yang semakin hari semakin kecanduan rokok.

Alhasil selalu saja ada perdebatan dan cekcok, sehingga rumah tangga yang dijalani ini makin berada di ujung tanduk.

Saat ini sudah banyak film nasional dengan kualitas yang sangat baik dan bisa menjadi tontonan yang menarik. 20 judul film di atas adalah contoh dari film-film berkualitas yang sayang bila dilewatkan begitu saja. Jika ada rekomendasi film Indonesia terbaru yang belum dibahas di sini, silakan tulis judulnya di kolom komentar yang tersedia.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram