bacaterus web banner retina

19 Film Indonesia Terbaik yang Mengangkat Tema Pernikahan

Dalam membuat film, sutradara dan produser tidak sembarang memilih tema. Ya, rumah produksi harus bisa memberikan tayangan yang menghibur sekaligus memberikan edukasi kepada penonton. Salah satunya dengan film pernikahan.

Film-film pernikahan menyuguhkan kisah romantis dalam sebuah rumah tangga. Lewat berbagai angle, film-film pernikahan Indonesia ini mampu memberikan pembelajaran kepada penonton. Apa sajakah itu? Check this out!

1. 7 Hari 24 Jam

7 hari 24 jam_

Bagaimana jadinya jika dua orang yang gila bekerja menjalani kehidupan pernikahan? Inilah yang dirasakan oleh Prasetyo (Lukman Sardi) si sutradara terkenal, bersama sang istri Tania (Dian Sastro) seorang manajer bank bergengsi di Indonesia.

Pasalnya waktu keluarga bagi mereka hanya pagi, malan dan weekend saja, termasuk waktu untuk anak mereka. 

Hingga suatu hari Prasetyo jatuh sakit, alhasil Tania makin disibukan dengan urusan kerjaan, rumah dan anak. Alhasil Tania pun ikut jatuh sakit dan perawatan keduanya dilakukan dalam kamar yang sama. Sayangnya keberadaan keduanya bukanlah hal yang menyenangkan, pasalnya ruangan ini malah jadi arena pertempuran dari pasangan suami istri ini.

2. Ayat Ayat Cinta 2

ayat ayat cinta 2_

Kini tinggal di Edinburgh, Fahri (Fedi Nuril) berusaha untuk hidup meski tanpa didampingi sang istri Aisyah (Dewi Sandra). Pasalnya sudah tiga bulan pria ini tidak mendapatkan kabar,  soal keberadaan dan status istrinya yang jadi relawan di Jalur Gaza. Hingga Hulya (Tatjana Saphira), sepupu dari istrinya datang dan menunjukkan ketertarikannya pada Fahri.

Sebenarnya Fahri masih berharap istrinya bisa pulang, tapi dukungan semua orang membuatnya kembali membuka hati. Setelah memutuskan untuk menikah dengan Hulya, ternyata selama ini Aisyah memang sudah kembali ke kehidupannya. Sayangnya Fahri tidak menyadari bahwa Sabina, wanita berwajah cacat yang ditampungnya ternyata Aisyah. Lalu bagaimana kisah pernikahan mereka?

3. Si Doel the Movie 2

si doel the movie 2_

Sekembalinya Doel (Rano Karno) dari luar negeri, ternyata pria ini membawa kabar pertemuannya dengan belahan jiwa dan anaknya.

Hal ini membuat Zaenab (Maudy Koesnaedi) dirundung rasa sedih, pasalnya wanita ini tidak tahu apakah harus mempertahankan pernikahannya atau menyerah saja? Terlebih kini Zaenab berkemungkinan tengah mengandung buah hati mereka.

Tapi kabar lain yang lebih mengguncang hatinya, Doel berkata bahwa Sarah (Cornelia Agatha) dan putra mereka juga akan menetap di Jakarta. Dalam diam Zaenab berusaha mencari jawaban dan harapan akan takdir pernikahannya dengan Doel. Hingga sosok Sarah dan Doel kecil ada di hadapannya, kira-kira takdir apa yang akan mereka hadapi?

4. Honeymoon

honeymoon_

Menikah memang bukan perkara yang mudah, lho, makanya David (Al Fathir Muchtar) berusaha untuk mencari sosok istri idamannya. Hal ini dikarenakan sebelumnya David pernah berpacaran dengan selebriti, tapi kandas begitu saja.

Hingga pencarian David akhirnya berakhir pada sosok Farah (Shireen Sungkar), gadis cantik, sopan dan sangat menjunjung tinggi kehormatan. Sialnya malam pertama keduanya sebagai pengantin baru ternyata tidak berjalan mulus. Pasalnya Farah masih takut dan belum siap melakukan hubungan seksual layaknya suami istri.

Ketika hal ini diketahui oleh orang tua mereka, David dan Farah dipaksa untuk pergi Honeymoon. Bukannya romantis, Farah malam mendapati suaminya sedang bersama dengan wanita lain. Apakah ini akhir pernikahan mereka?

5. Cinta Laki-Laki Biasa

cinta laki laki biasa_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Drama, Romantic
  • Produksi: Starvision Plus
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto
  • Pemeran: Velove Vexia, Deva Mahenra, Nino Fernandez

Seperti judulnya Cinta Laki-Laki Biasa (2016), mengisahkan seorang pria bernama Rafli Imani (Deva Mahenra) yang menikahi Nania Dinda Wirawan (Velove Vexia).

Sayangnya pernikahan keduanya tidak direstui oleh keluarga Nania, pasalnya Rafli berasal dari keluarga biasa saja. Sementara Nania berasal dari keluarga yang sangat terpandang dan kaya raya.

Makanya meski keduanya sudah menikah dan memiliki anak, ibu Nania tetap berusaha menjodohkan putrinya dengan pria pilihannya.

Takdir makin mempermainkan mereka, ketika Nania hilang ingatan sampai tidak mengenali suami dan anaknya. Dari sinilah Rafli berusaha membuktikan cintanya pada Nania dan keluarganya, meski ia hanyalah laki-laki biasa tapi cintanya luar biasa.  

6. Bidadari Mencari Sayap

bidadari mencari sayap_

Bidadari Mencari Sayap (2020) adalah film yang menceritakan pernikahan dua orang yang berasal dari etnis dan agama yang berbeda.

Angela Tan (Leony V.H) memutuskan untuk menikah dengan Reza (Rizky hanggono), setelah tidak sengaja jatuh cinta selama berkuliah. Tapi perbedaan budaya diantara mereka, ternyata membuat hubungan pasangan ini semakin renggang.

Angela sudah berusaha menjadi mualaf, tapi ia tidak merasa cocok dengan budaya islam yang terasa konservatif.

Sementara Reza sangat terganggu dengan budaya Tionghoa, terutama dengan berbagai makanan haramnya. Tak hanya sampai di situ, kebohongan yang mereka bangun juga membuat pernikahan ini semakin berada di ujung tanduk.

7. Cinta Selamanya

cinta selamanya_

Perjalanan hidup Fira Basuki (Atiqah Hasiholan) sebagai novelis bisa dikatakan mapan, tapi kalau soal percintaan malah berakhir sial.

Pasalnya janda beranak satu ini kesulitan untuk mencari sosok pria yang tulus dan mau bertahan bersamanya. Hingga Fira bertemu dengan Hafez (Rio Dewanto), lelaki yang belasan tahun lebih muda darinya, tapi pria ini selalu bisa membuat Fira merasa istimewa.

Apalagi Hafez juga terlihat akrab dengan putri semata wayangnya, Fira akhirnya tidak bisa menolak untuk menikah dengan Hafez.

Meski tidak mudah, Hafez berhasil mewujudkan cita-citanya sebagai seorang sutradara dan mempersembahkan sebuah film untuk sang istri. Fira juga merasa sangat bahagia, pasalnya Hafez selalu ada dan mendukung setiap langkahnya.  

8. Berbagi Suami

berbagi suami_

Berbagi Suami (2006) adalah film yang menunjukkan praktek poligami dari sudut pandang perempuan. Film ini mengisahkan kehidupan Salma, Siti dan Ming yang terjebak situasi, ketika suami atau pria yang dinikahinya ternyata melakukan poligami.

Para perempuan yang memiliki latar belakang pendidikan dan budaya yang berbeda ini, berusaha berdamai dengan takdir hidupnya.

Contohnya seperti Siti (Shanty), gadis jawa yang diiming-imingi menjadi artis ini ternyata ditipu habis-habisan oleh Pak Liknya (Lukman Sardi).

Pasalnya pria itu mengaku orang penting dalam industri perfilman, yang kenyataannya tidak lebih dari sopir studio film. Pernikahannya dengan Pak Liknya juga tidak berjalan lancar, setelah ia mengetahui dirinya dijadikan sebagai istri ketiga.

9. Bukaan 8

bukaan 8_

Masih soal pernikahan yang tidak direstui, kali ini ada Alam (Chicco Jerikho) yang menikahi Mia (Lala Karmela).

Pernikahan mereka tidak direstui lantaran Alam ternyata seorang pengangguran yang hobinya bermain sosmed saja. Tak ingin dipandang remeh oleh mertuanya, Alam menjadikan kelahiran anaknya sebagai momentum untuk membuktikan diri.

Alam berusaha keras supaya sang istri bisa melahirkan di rumah sakit paling terbaik di Jakarta. Sialnya saat sudah menjelang kelahiran, paket promo bersalin di rumah sakit tersebut sudah berakhir.

Segala kebohongan untuk menutupi ketidak mampuannya, membuat sang istri sangat muak. Alam di usir dari rumah oleh Mia, kini pria ini harus mencari cara untuk bisa mengembalikan keutuhan rumah tangganya.

10. Wedding Agreement

Wedding Agreement

Perjodohan kadang masih kerap terjadi di lingkungan masyarakat Indonesia. Maka dari itu, Starvision Plus mengangkat tema ini ke dalam sebuah film berjudul Wedding Agreement. Film ini diadaptasi dari novel karya Mia Chuz dengan judul yang sama.

Film ini mengisahkan Tari (Indah Permatasari) dalam memperjuangkan rumah tangganya. Sebelumnya dirinya menikah dengan Bian (Refal Hady) karena dijodohkan. Namun pada akhirnya film Wedding Agreement ini memberikan pesan bahwa mempermainkan pernikahan adalah yang tidak boleh dilakukan.

11. Twivortiare

Twivortiare

Sama seperti film sebelumnya, film Twivortiare ini diangkat dari novel karya Ika Natassa dengan judul yang sama. Film Twivortiare mengisahkan kehidupan rumah tangga Beno (Reza Rahadian) dan Alex (Raihaanun).

Dari film Twivortiare memberikan pesan ada bahwa komunikasi dan saling mengerti adalah hal yang penting dalam sebuah hubungan. Pernikahan tidak hanya membutuhkan saling mencintai, tapi juga perlu bersikap dewasa, saling mengerti dan mau mengalah.

12. Critical Eleven

Critical Eleven

Lagi-lagi film Critical Eleven merupakan adaptasi dari novel  Ika Natassa dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan tentang hubungan pasangan suami istri, Anya (Adinia Wirasti) dan Ale (Reza Rahadian) yang penuh lika-liku.

Keduanya harus bertahan memperjuangkan rumah tangga mereka. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari film Critical Eleven. Misalnya dalam membangun rasa kepercayaan kepada pasangan. Hal ini karena, rasa percaya adalah kunci dari sebuah hubungan.

13. Teman Tapi Menikah 2

Teman Tapi Menikah 2

Film Teman Tapi Menikah 2 diangkat dari kisah nyata rumah tangga Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion. Film ini banyak memberikan pembelajaran bagi para pasangan suami istri yang baru menikah.

Rasa saling memahami pasangan satu sama lain adalah kunci agar hubungan selalu harmonis. Tak hanya itu, film Teman Tapi Menikah 2 juga menunjukkan perjuangan orang tua dalam menanti kehadiran sang buah hati.

14. Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga

Milly & Mamet

Film Milly dan Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga merupakan spin-off pertama dari film Ada Apa Dengan Cinta. Sesuai dengan judulnya film ini mengisahkan kehidupan rumah tangga Milly (Sissy Priscilla) dan Mamet (Dennis Adhiswara).

Film ini memberikan gambaran bagaimana seorang ibu dalam mengurus anak. Tak hanya itu film Milly dan Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga juga memberikan pesan-pesan terselubung di balik scene komedinya. Misalnya membangun hubungan yang harmonis.

15. Surga yang Tak Dirindukan

Surga yang Tak Dirindukan

Film Surga yang Tak Dirindukan adalah adaptasi dari novel karya Asma Nadia dengan judul sama. Surga yang Tak Dirindukan ini tuai kesukesan, hal ini dibuktikan dengan munculnya film trilogi.

Mengisahkan tentang kehidupan setelah menikah film Surga yang Tak Dirindukan mempunyai banyak pesan kepada penonton.  Mulai kesetiaan kepada pasangan, rasa ikhlas, hingga komunikasi dalam sebuah hubungan. Dijamin kamu akan terbawa perasaan saat nonton film Surga yang Tak Dirindukan.

16. Ngenest

Ngenest

Film komedi Ngenest ini merupakan adaptasi dari novel karya Ernest Prakasa dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan perjuangan  hidup Ernerst dari remaja hingga ingin menikah. Hal ini karena Ernest kerap mendapatkan diksriminasi dari lingkungan karena dirinya keturunan Cina.

Konflik muncul ketika Ernest dan sang istri Meira (Lala Karmela) takut memiliki buah hati karena tidak ingin anaknya merasakan hal yang sama dengan dirinya. Pastinya walaupun film ini akan bikin kamu ketawa tapi Ngenest tetap mempunyai nilai-nilai kehidupan.

17. Talak 3

Talak 3

Film Talak 3 sangat memberikan pesan kepada suami-suami agar berhati-hati dengan ucapan. Jangan sampai akibat emosi mengucapkan kata cerai. Film Talak 3 mengajak penonton untuk mencari solusi dengan kepala dingin.

Ya, film Talak 3 ini mengisahkan Bagas (Vino G. Bastian) dan Risa (Laudya Cynthia Bella) yang sudah bercerai. Namun keduanya tetap sering bertemu karena menjalankan proyek yang sama. Siapa sangka, kedua memutuskan untuk rujuk tapi sayang jika ingin bersama lagi, Risa harus menikah dulu dengan orang lain. Sanggupkah mereka jalani masalah ini?

18. Test Pack

Test Pack

Menanti kehadiran buah hati adalah momen yang ditunggu-tunggu dari pasangan suami istri. Hal tersebut diangkat jadi sebuah film berjudul Test Pack. Namun sayang Rahmat (Reza Rahadian) diketahui mandul. Hal tersebut menyisakan luka mendalam di hatinya.

Tak hanya mengisahkan tentang perjuangan suami istri untuk mendapatkan anak, tapi film Test Pack juga mengajarkan kesetiaan kepada pasangan. Saat ada masalah jangan pernah lari kepada orang lain, hal ini hanya akan menimbulkan keresahan juga salah paham terhadap pasangan.

19. Get Married 3

Get Married 3

Kalau tadi ada pesan bagi pasangan yang belum dikaruniai anak, kali ini film Get Married 3 memberikan pelajaran bagi suami istri yang baru punya anak. Ya, film Get Married 3 ini mengisahkan tentang Mae (Nirina Zubir) dan Rendy (Fedi Nuril) yang ingin mandiri mengurus anak.

Film Get Married 3 ini memberikan pesan jangan pernah gengsi untuk meminta tolong untuk mengurus anak. Namun bukan berarti kamu menyepelekan bahkan mengandalkan orang lain ya!

Itulah tadi film Indonesia tentang pernikahan. Ada yang punya pesan untuk pasangan yang baru menikah, suami istri yang belum dikarunian anak, hingga rumah tangga yang harus diperjuangkan. Semuanya mempunyai pesan-pesan penting untuk kehidupanmu!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram