14 Film Romantis Indonesia yang Bisa Bikin Penonton Nangis

Ditulis oleh Suci Maharani R

Menonton film adalah salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Selain menghibur, film juga biasanya menyisipkan pesan-pesan moral kehidupan yang bermanfaat.

Beberapa film dikemas dengan genre romantis dengan memunculkan konflik menyedihkan. Tentu saja hal tersebut dapat membuat para penontonnya baper dan menangis.

Bukan hanya film luar negeri saja, bahkan beberapa film Indonesia bergenre sedih romantis juga sangat worth it untuk kamu tonton.

Film-film bergenre sedih romantis tersebut banyak dicintai masyarakat Indonesia berkat alurnya yang mampu menarik para penonton untuk masuk ke dalam cerita. Tak sedikit di antaranya bahkan menangis karena terbawa suasana.

Penasaran kan film Indonesia apa saja sih yang memiliki genre romantis dan sedih? Apakah alurnya akan membuat para penontonnya menangis? Temukan jawabannya pada pemaparan di bawah ini!

1. 12 Cerita Glen Anggara

12 Cerita Glen Anggara

12 Cerita Glen Anggara (2022) menjadi salah satu film romantis sekaligus dramatis yang harus ditonton oleh mu. Film garapan Fajar Bustomi ini, akan mengadaptasi kisahnya dari novel populer karya Luluk HF.

Film ini juga menjadi lanjutan dari film populer berjudul Mariposa (2020). Kali ini, Junior Roberts dan Prilly Latuconsina akan didapuk untuk menjadi pemeran utamanya.

Glen Anggara (Junior Roberts) yang ingin berbuat baik, akhirnya menerima permintaan Shena (Prilly) untuk menjadi kekasihnya.

Berawal dari rasa kasihan Glen melihat Shena yang terkena gagal ginjal, cinta pun mulai tumbuh di hati keduanya. Bahkan berkat Shena juga, Glen menemukan apa arti hidup baginya dan apa yang ingin dikejar pria ini di masa depan.

2. Sayap-Sayap Patah

Sayap-Sayap Patah

Sayap-Sayap Patah (2022) memang sebuah film yang memberikan dampak besar pada para penontonnya. Sebenarnya hal ini tidak aneh, pasalnya ending cerita yang diberikan oleh Rudi Soedjarwo dalam film ini memang berhasil membuat penonton menangis.

Kisah cinta antara Nicholas Saputra dan Ariel Tatum yang seharusnya bahagia, malang berakhir dengan mengenaskan. Meski tidak banyak memberikan adegan romantis, tapi Sayap-Sayap Patah (2022) berhasil membuat para penontonnya baper.

Rumah tangga yang dijalani oleh Adji (Nicholas Saputra) dan Nani (Ariel Tatum) memang terasa sangat bahagia dan harmonis. Romantisme pasangan ini, bikin penonton senyum-senyum sendiri dan berharap mereka akan hidup bahagia.

3. My Sassy Girl

My Sassy Girl

 My Sassy Girl (2022) jadi film romantis dan komedi lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Film yang dibintangi oleh Jefri Nichol dan Tiara Andini ini memang ngebaperin sekaligus bikin mewek.

Diadaptasi dari film Korea Selatan berjudul sama, Fajar Bustomi tahu apa yang harus ditonjolkan dalam film ini. Ia memberikan kisah cinta yang tidak biasa, antara si pria kutu buku dengan gadis aneh.

Gian (Jefri) adalah seorang kutu buku yang sedang berusaha menghindari perjodohan yang direncanakan oleh kawan ibunya. Hingga suatu malam, ia tidak sengaja bertemu dengan seorang gadis aneh.

Sejak bertemu dengan gadis itu, hidup Gian langsung berubah 180 derajat. Meski keduanya terlihat bahagia, nyatanya Gian tidak pernah mengetahui isi hati gadis aneh itu hingga mereka berpisah.

4. Until Tomorrow 

Until Tomorrow 

Until Tomorrow (2022) menjadi salah satu film romantis yang wajib diantisipasi. Film yang akan dibintangi oleh Deva Mahenra dan Clara Bernadeth ini tidak hanya bikin penonton baper.

Tapi akan membuat para penonton menangis Bombay, karena ending kisahnya yang tragis. Fyi, film garapan sutradara Hadrah Daeng Ratu ini sebenarnya diadaptasi dari kisah nyata lho.

Deva Mahenra akan berperan sebagai Haka, sementara Clara Bernadeth akan memerankan Sarah. Keduanya adalah pasangan yang saling mencinta, sayang cinta ini harus terhalang oleh sebuah penyakit mematikan.

Sarah terkena kanker stadium 3, tapi hal ini tidak membuat Haka menyerah begitu saja. Ia mencari pengobatan terbaik untuknya dan tidak pernah sekalipun meninggalkan Sarah.

5. Heart

Heart
*

Heart menjadi film romantis Indonesia yang sangat amat membekas di hati para penontonnya. Bagaimana tidak? Film yang dibintangi Irwansyah dan Acha Septriasa ini menghadirkan alur cerita percintaan remaja yang begitu romantis.

Film ini diawali degan kisah persahabatan antara Farel dan Rachel. Bukan hanya persahabatan, semakin dewasa bibit-bibit cinta tumbuh diantara keduanya.

Namun sayangnya hal tersebut harus terhenti sejak hadirnya wanita lain bernama Luna. Hadirnya Luna menjadi konflik awal bagi hubungan Farel dan Rachel yang semakin lama semakin menyedihkan. Film ini sangat menguras emosi dan air mata.

6. Bumi Manusia

Bumi Manusia
*

Sinopsis & Review Bumi Manusia

Selanjutnya ada film “Bumi Manusia” yang menjadi film drama biografi penuh konflik dan mampu membuat para penontonnya menitikkan air mata.

Film Bumi Manusia dibuat dengan bahasa Melayu dan Belanda sesuai dengan alur ceritanya. Film ini menceritakan kisah seorang Minke yang jatuh cinta pada Annelies.

Keduanya saling jatuh cinta, bahkan hampir setiap saat mereka senantiasa berbagi hal-hal romantis satu sama lain. Namun sayangnya cinta dan romantisme keduanya terpaksa usai karena Annelies harus dipulangkan pada walinya di Belanda.

Tentu saja kisah cinta yang usai tanpa diinginkan tersebut amat menyakitkan nan menyedihkan. Para penontonnya pasti akan turut merasakan kesedihan yang mendalam sehingga bisa menangis tersedu-sedu.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram