6 Film Indonesia yang Diadaptasi dari Film Korea Selatan

Ditulis oleh Suci Maharani R

Tak hanya K-Pop dan K-Drama saja yang populer di Indonesia, berbagai film asal negeri ginseng ini juga populer banget. Bahkan berbagai film terbaru dari Korea Selatan, juga kerap bertengger di berbagai bioskop di seluruh Indonesia.

Kesuksesan dan premis cerita dari film Korea ini membuat beberapa sineas dan rumah produksi Indonesia tertarik untuk mengadaptasinya.

Sebut saja film Sweet 20 (2017) yang dibintangi oleh Tatjana Saphira dan Niniek L Karim. Film garapan sutradara Ody C. Harahap ini ternyata diadaptasi dari film Korea berjudul Miss Granny (2014).

Tak hanya itu, di tahun 2022 setidaknya ada dua film adaptasi Korea yang sangat dinantikan oleh para penonton. Salah satunya adalah Miracle In Cell No.7 (2022) yang dibintangi oleh Vino G. Bastian dan Graciel Abigail.

Bikin penasaran banyak orang, kali ini Bacaterus akan membagikan 6 rekomendasi film Indonesia yang mengadaptasi film Korea Selatan. Mau tahu ada film apa saja? Untuk mendapatkan informasinya, kamu bisa membacanya di bawah ini.

Baca juga: Inilah 10 Drama Korea yang Diadaptasi dari Film Barat

1. Miracle In Cell No.7

Miracle In Cell No.7
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Drama, Family
  • Produksi: Falcon Pictures
  • Sutradara: Hanung Bramantyo
  • Pemeran: Vino G. Bastian, Graciella Abigail, Indro Warkop, Tora Sudiro, Rigen Rakelna, Indra Jegel, Bryan Domani, Denny Sumargo, Mawar de Jongh

Falcon Pictures membuat banyak penggemar ketar-ketir, pasalnya mereka mengumumkan akan meremake film populer Korea Selatan. Miracle in Cell No. 7 (2022) dikonfirmasi akan tayang pada tahun 2022 dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Sementara untuk jajaran pemerannya, film ini dibintangi oleh sederet nama besar di Industri perfilman Indonesia lho.

Vino G. Bastian akan memerankan karakter bernama Dodo Rozak atau Lee Yong Go yang diperankan oleh Ryu Seung Ryong.

Sementara karakter Ye Sung, akan diperankan oleh aktris cilik Indonesia bernama Graciella Abigail. Sejak trailernya diluncurkan, kemistri ayah dan anak yang diberikan oleh Vino G. Bastian dan Graciella Abigail memang sangat mengharukan.

Sementara untuk ceritanya, film ini mengusung premis cerita yang sama persis dengan versi Korea. Hanya saja ada beberapa hal yang diubah, menyesuaikan dengan kondisi dan realita di Indonesia.

Miracle in Cell No. 7 (2022) memang membuat para pencinta film Indonesia penasaran. Kira-kira bisakah versi Indonesia dari film ini, menyaingi versi Korea-nya?  

2. My Sassy Girl

My Sassy Girl
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Romantic, Comedy
  • Produksi: Falcon Pictures
  • Sutradara: Fajar Bustomi
  • Pemeran: Tiara Andini, Jefri Nichol

Sepertinya Falcon Picture sangat tertarik untuk melakukan remake dari beberapa film populer Korea Selatan. Salah satunya adalah My Sassy Girl (2022) yang ternyata remake dari film berjudul sama karya sutradara Kwak Jae Yong.

Dibintangi oleh Jefri Nichol dan Tiara Andini, film besutan Fajar Bustomi ini memang sangat dinantikan oleh para penggemar.

Bahkan isu soal peluncuran film ini sudah terdengar sejak tahun 2021, namun filmnya baru dikonfirmasi tayang pada 23 Juni 2022.

Untuk premis ceritanya, Falcon Picture dan Fajar Bustomi mengakui akan ada beberapa hal yang berbeda dari film aslinya. Namun secara keseluruhan alur ceritanya akan sama dengan My Sassy Girl (2001) versi Kwak Jae Young.

Selain itu kemistri kuat yang diberikan oleh Jefri Nichol dan Tiara Andini juga disebut-sebut sebagai salah satu daya tarik terkuat film ini. Jika merujuk pada trailer filmnya, kisah cinta Gian (Jefri Nichol) dan Sisi (Tiara Andini) memang kocak dan seru banget untuk diikuti.

3. Hello Ghost

Hello Ghost
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Comedy, Horror, Drama
  • Produksi: Falcon Pictures
  • Sutradara: Indra Gunawan
  • Pemeran: Onadio Leonardo, Enzy Storia, Indro Warkop, Tora Sudiro, Hesti Purwadinata, Ciara Nadine Brosnan

Akan tayang di paruh terakhir tahun 2022, Falcon Picture tidak mau melewatkan kesempatan untuk me-remake film karya sutradara Kim Young Tak.

Mendapuk Indra Gunawan sebagai sutradaranya, film Hello Ghost (2010) akan dibuatkan versi Indonesia dengan judul yang sama. Film horor dan komedi ini dijamin akan membuat para penonton Indonesia sangat terhibur.

Apalagi jajaran para pemerannya memang ahli dibidang komedia, sebut saja Onadio Leonardo, Enzy Storia, Indro Warkop hingga Tora Sudiro.

Adapun filmnya akan mengisahkan Kresna yang diikuti oleh empat hantu pasca gagal melakukan bunuh diri. Kresna sangat tertekan selama diikuti oleh keempat hantu ini, hingga akhirnya ia pasrah untuk mengikuti semua kemauan mereka.

4. Sweet 20

Sweet 20
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama, Romantic, Comedy
  • Produksi: Starvision Plus, CJ Entertainment
  • Sutradara: Ody C. Harahap
  • Pemeran: Tatjana Saphira, Niniek L. Karim, Kevin Julio, Morgan Oey, Slamet Rahardjo, Lukman Sardi, Cut Mini, Widyawati, Alexa Key, Tika Panggabean

Beralih ke film romcom populer di tahun 2017, ada Sweet 20 (2017) yang dibintangi oleh Tatjana Saphira dan Kevin Julio. Film yang diproduksi oleh Starvision Plus dan CJ Entertainment ini, ternyata adaptasi dari film populer Korea Selatan berjudul Miss Granny (2014).

Saking suksesnya, film garapan Ody C. Harahap ini berhasil mendapatkan banyak nominasi di berbagai ajang penghargaan ternama Indonesia.

Adapun Sweet 20 (2017) mengisahkan kehidupan Fatmawati, yang tiba-tiba menjadi gadis berusia 20 tahunan lagi. Merasa diberikan kesempatan kedua, Fatmawati melakukan berbagai hal yang dulu tidak pernah bisa ia lakukan.

Namun meski tubuhnya kembali muda, kakek Hamzah tetap bisa mengenalinya dan hal ini membuat Fatmawati jatuh cinta padanya.

5. Bebas

Bebas
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama, Comedy
  • Produksi: Miles Films, CJ Entertainment
  • Sutradara: Riri Riza
  • Pemeran: Agatha Pricilla, Amanda Rawles, Baskara Mahendra, Baim Wong, Brandon Salim, Giorgino Abraham, Indy Barends, Salvita Decorte, Kevin Ardilova, Lutesha, Maizura, Marsha Timothy, Sheryl Sheinafia, Susan Bachtiar, Syifa Hadju, Widi Mulia, Zulfa Maharani

Siapa nih yang baru sadar kalau film Bebas (2019) ternyata adaptasi dari film salah satu film Korea Selatan? Film garapan sutradara Riri Riza ini, ternyata terinspirasi dari film Korea Selatan populer berjudul Sunny (2011) karya Kang Hyong Chul.

Adapun film Bebas (2019) merupakan kerjasama dari Miles Films dengan CJ Entertainment. Film ini memilih sederet bintang muda seperti Agatha Pricilla, Amanda Rawles hingga Syifa Hadju sebagai pemeran utamanya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram