bacaterus web banner retina

10 Film India Terbaik di Tahun 2022

Pandemik Covid-19 memang sempat membuat industri perfilman lumpuh total, terutama di India. Untungnya industri perfilman Bollywood mulai bangkit kembali dengan berbagai macam film terbarunya. Bahkan film yang di rilis tidak kalah dengan film-film seperti sebelum pandemik menyerang lho.

Pasalnya beberapa film berhasil mendapatkan animo yang sangat tinggi dan menjadi film dengan rating yang menjanjikan. Karena mulai dari pemilihan cerita, aktor, kualitas gambar dan suaranya tidak bisa diragukan lagi. Tak heran jika film-film tersebut berhasil masuk dalam jajaran film India terbaik di tahun ini.

Lalu film apa saja sih yang menjadi film terbaik India di tahun ini? Jawabannya bisa kamu dapatkan dibawah ini.

1. Gangubai Kathiawadi

film india terbaik_Gangubai Kathiawadi_

Gangubai Kathiawadi memang layak disebut sebagai film India terbaik di tahun 2022. Tidak hanya sukses secara box office, film ini juga bertengger sebagai nomor satu di Netflix selama beberapa minggu. Keberhasilan film ini tentu berkat kerjasama yang apik dari Sanjay Leela Bhansali dan Alia Bhatt.

Film ini mengisahkan bagaimana Ganga Harjivandas berubah menjadi sosok Gangubai Kathiawadi dari Kamathipura. Ia dijual oleh sang kekasih ke rumah bordil dan terpaksa menjajakan tubuhnya kepada para pria setiap malam.

Hidup Gangubai berubah ketika ia didapuk menjadi sosok aktivis yang membela hak wanita prostitusi dan anak-anak yang terlahir dari lingkungan tersebut.

Baca juga: 7 Rekomendasi Film yang Mirip dengan Film Gangubai Kathiawadi

2. Runway 34

film india terbaik_Runway 34_

Ajay Devgan sepertinya tidak ingin hanya berdiam diri dan menikmati hidupnya begitu saja. Beberapa tahun terakhir ini sang aktor memang aktif membintangi film aksi, salah satunya Runway 34.

Film yang mendapatkan sambutan meriah dari para penonton ini berhasil bertengger di puncak box office, dengan penghasilan yang fantastis.

Runway 34 mengisahkan usaha pilot Jet Airways yang menerbangkan pesawat Boeing 737-800 dari Doha ke Kochi. Para pilot dihadapkan dengan berbagai kesulitan, saat pesawat sulit untuk mendarat dikarenakan cuaca buruk dan jarak pandang yang terbatas.

3. Mimi

 Mimi

Mimi adalah film yang mengangkat isu mengenai resiko menjadi proses “surrogate mother” atau ibu pengganti.

Film ini mengangkat isu yang tabu ini dalam sebuah film komedi keluarga yang menyenangkan dan mengharukan. Film yang dibintangi oleh Kriti Sanon dan Tripathi mendapatkan berbagai macam review positif dan negatif.

Mimi (Kriti Sanon) menerima tawaran pasangan Amerika John dan Summer untuk mengandung anak mereka. Mimi berbohong pada kedua orang tuanya untuk menyembunyikan kehamilan ini, hingga anak yang dikandungnya didiagnosa cacat.

Pasangan Amerika itu kabur sementara Mimi harus menanggung resiko besar akibat kontrak yang tidak melindungi dirinya dalam proses ini. 

4. Badhaai Do

film india terbaik_Badhaai Do_

Tidak mengherankan kenapa Badhaai Do bisa masuk dalam jajaran film India terbaik di tahun 2022. Film yang dibintangi oleh Rajkummar Rao dan Bhumi Pednekar ini memang sangat pas dengan realita dan dekat dengan masyarakat, sebab menyentil isu sosial yang dikemas dengan cara lucu dan mudah dipahami.

Shradull yang seorang gay, memutuskan untuk menikah dengan Sumi yang kenyataannya seorang lesbian. Pernikahan ini mereka lakukan, agar orang tua masing-masing tidak menuntut mereka untuk menikah terus menerus.

Namun, rumah tangga ini tidak berjalan baik ketika para orang tua mengetahui orientasi seksual dan pasangan sejenis masing-masing.

5. Anek

film india terbaik_Anek_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Mystery, Thriller
  • Produksi: T-Series, Benaras Media Works
  • Sutradara: Anubhav Sinha
  • Pemeran: Ayushmann Khurrana, J.D. Chakravarthy, Andrea Kevichüsa, Manoj Pahwa, Kumud Mishra

Film satu ini memang bikin deg-degan, pasalnya Ayushmann Khurrana akan berusaha untuk menyusup ke tubuh kelompok separatis. Tujuannya sebenarnya hanya satu, yaitu untuk menyatukan negara yang sedang dalam masa konflik.

Ayushmann Khurrana diberikan kesempatan untuk memerankan karakter seorang agen bernama Joshua dikirim ke daerah timur laut India. Memang tugas yang diembannya tidak mudah, namun Joshua dikenal sebagai agen yang tidak kenal takut.

Dari sanalah ia bertemu dengan dua orang yang membantu dan memberikannya banyak pelajaran hidup. Inilah Anek (2022) sebuah film karya Anubhav Sinha yang berhasil membuat para penontonnya merasa deg-degan.

6. Bhool Bhulaiyaa 2

film india terbaik_Bhool Bhulaiyaa 2_

Bhool Bhulaiyaa 2 (2022) adalah film horor komedi yang akan membuat kamu tertawa sekaligus merinding. Kisah hantu yang bisa melakukan ilmu hitam bernama Manjulika, membuat seluruh orang di Bhawanigarh ketakutan.

Untungnya ada Kartik Aaryan, yang akhirnya mengetahui kebenaran dibalik sosok hantu Manjulika yang ditakuti ini.


Meski tidak sesukses film pertamanya, Bhool Bhulaiyaa 2 (2022) tetap berhasil memberikan kisah yang mind blowing. Banyak penonton yang terkejut dengan plot twist dan penampilan akting dari para pemeran utamanya. Selain itu, soundtrack, skoring, hingga sinematografi filmnya memang sangat luar biasa.

7. Heropanti 2

film india terbaik_Heropanti 2_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Action, Film
  • Produksi: Nadiadwala Grandson Entertainment
  • Sutradara: Ahmed Khan
  • Pemeran: Tiger Shroff, Nawazuddin Siddiqui, Tara Sutaria

Heropanti 2 (2022) memang menjadi salah satu film Bollywood yang paling dinantikan oleh banyak orang. Apalagi film ini menjadi kali kedua bagi Tiger Shroff dan Tara Sutaria, didapuk menjadi pasangan setelah Student of The Year 2 (2018).

Memang ada banyak perubahan dari sekuel Heropanti (2014), seperti pergantian sutradara dan beberapa pemeran utamanya. Namun, untuk kualitas cerita dan laganya, film garapan Ahmed Khan ini, tidak akan mengecewakan penontonnya.

Adapun film ini mengisahkan Babloo, seorang hacker handal yang dikirim ke Rusia untuk melacak seorang penjahat internasional bernama Laila. Sialnya, ternyata selama ini Babloo tidak sengaja menjalin hubungan dengan saudara perempuan dari Laila.

8. Attack: Part 1

film india terbaik_Attack Part 1_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Sci-Fiction, Action
  • Produksi: AK Productions, Pen India Limited, JA Entertainment
  • Sutradara: Lakshya Raj Anand
  • Pemeran: John Abraham, Rakul Preet Singh, Jacqueline Fernandez, Prakash Raj, Naufal Azmir Khan, Ratna Pathak Shah

Beralih ke film superhero, Attack: Part 1 (2022) yang wajib banget untuk kamu tonton. Dibintangi oleh John Abraham, yang akan memerankan karakter seorang prajurit bernama Arjun Shergil. Pasca menjadi korban dalam serangan teroris, Arjun harus hidup dengan kursi rodanya seumur hidup. 

Suatu hari, ia dipilih oleh Dr. Sabaha Qureshi untuk menjadi volunteer dalam percobaannya. Dengan teknologi canggih buatan sang dokter, Arjun Shergil bisa kembali berjalan dan memiliki kekuatan yang berbeda dengan manusia lainnya.

Attack: Part 1 (2022) memang menjadi pembuka dalam film superhero yang penuh dengan aksi yang memukau.

9. Jhund

film india terbaik_Jhund_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Biopic, Sport
  • Produksi: T-Series, Tandav Films Entertainment Pvt.Ltd, Aatpaat Films
  • Sutradara: Nagraj Manjule
  • Pemeran: Amitabh Bachchan, Ankush Gedam, Akash Thosar, Abhinay Raj Singh, Rinku Rajguru

Bertema olahraga, Jhund (2022) adalah film biografi India yang mengadaptasi kisah seorang guru bernama Vijay Barse. Pria ini adalah otak dibalik pendirian LSM Slum Soccer dan karakter tersebut diperankan dengan sempurna oleh Amitabh Bachchan

Adapun filmnya mengisahkan Vijay Barse yang sudah pensiun dari kariernya sebagai guru olahraga. Sejak saat itu, pria paruh baya itu memutuskan untuk membuat pusat rehabilitasi anak jalanan bernama LSM Slum Soccre.

Alasannya membangun LS tersebut hanya untuk membuat anak-anak ini fokus pada kariernya kelak dan terjauh dari pengaruh narkoba.

10. Jersey

film india terbaik_Jersey_

Kembali menyapa para penggemarnya, Shahid Kapoor akan menjelma menjadi seorang pemain kriket lho. Arjun Talwa diceritakan sebagai seorang mantan atlet kriket yang kariernya bisa dikatakan kurang mujur.

Kini demi memenuhi permintaan sang putra membeli jersey, Arjun berusaha keras untuk menjadi sosok asisten pelatih kriket yang hebat. Inilah kisah yang akan kamu temukan saat menonton film berjudul Jersey (2022).

Film satu ini memang menjadi debut hindi pertama bagi sutradara Gowtam Tinnanuri. Sudah sangat berpengalaman untuk menggarap film Tamil, sebenarnya tidak ada banyak perbedaan yang dirasakan oleh sang sutradara. Selain itu, penampilan yang epic dari Shahid Kapoor bikin perasaan penonton campur aduk.

Dari jajaran film yang sudah saya bagikan di atas, kira-kira film mana saja nih yang sudah kamu tonton? Semua film di atas merupakan film yang berhasil mendapatkan rating yang cukup baik serta populer di kalangan para penggemar.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram