bacaterus web banner retina

10 Film India Terbaik di Tahun 2022

Pandemik Covid-19 memang sempat membuat industri perfilman lumpuh total, terutama di India. Untungnya industri perfilman Bollywood mulai bangkit kembali dengan berbagai macam film terbarunya. Bahkan film yang di rilis tidak kalah dengan film-film seperti sebelum pandemik menyerang lho.

Pasalnya beberapa film berhasil mendapatkan animo yang sangat tinggi dan menjadi film dengan rating yang menjanjikan. Karena mulai dari pemilihan cerita, aktor, kualitas gambar dan suaranya tidak bisa diragukan lagi. Tak heran jika film-film tersebut berhasil masuk dalam jajaran film India terbaik di tahun ini.

Lalu film apa saja sih yang menjadi film terbaik India di tahun ini? Jawabannya bisa kamu dapatkan dibawah ini.

1. Gangubai Kathiawadi

film india terbaik_Gangubai Kathiawadi_

Gangubai Kathiawadi memang layak disebut sebagai film India terbaik di tahun 2022. Tidak hanya sukses secara box office, film ini juga bertengger sebagai nomor satu di Netflix selama beberapa minggu. Keberhasilan film ini tentu berkat kerjasama yang apik dari Sanjay Leela Bhansali dan Alia Bhatt.

Film ini mengisahkan bagaimana Ganga Harjivandas berubah menjadi sosok Gangubai Kathiawadi dari Kamathipura. Ia dijual oleh sang kekasih ke rumah bordil dan terpaksa menjajakan tubuhnya kepada para pria setiap malam.

Hidup Gangubai berubah ketika ia didapuk menjadi sosok aktivis yang membela hak wanita prostitusi dan anak-anak yang terlahir dari lingkungan tersebut.

Baca juga: 7 Rekomendasi Film yang Mirip dengan Film Gangubai Kathiawadi

2. Runway 34

film india terbaik_Runway 34_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Thriller, Drama
  • Produksi: Ajay Devgn FFilms, Panorama Studios
  • Sutradara: Ajay Devgan
  • Pemeran: Ajay Devgn, Amitabh Bachchan, Rakul Preet Singh, Boman Irani, Al-Mamun Al Siyam

Ajay Devgan sepertinya tidak ingin hanya berdiam diri dan menikmati hidupnya begitu saja. Beberapa tahun terakhir ini sang aktor memang aktif membintangi film aksi, salah satunya Runway 34.

Film yang mendapatkan sambutan meriah dari para penonton ini berhasil bertengger di puncak box office, dengan penghasilan yang fantastis.

Runway 34 mengisahkan usaha pilot Jet Airways yang menerbangkan pesawat Boeing 737-800 dari Doha ke Kochi. Para pilot dihadapkan dengan berbagai kesulitan, saat pesawat sulit untuk mendarat dikarenakan cuaca buruk dan jarak pandang yang terbatas.

3. Jersey

film india terbaik_Jersey_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Romantic, Drama
  • Produksi: Allu Entertainment, Dil Raju Production, Sithara Entertainments, Brat Films
  • Sutradara: Gowtam Tinnanuri
  • Pemeran: Shahid Kapoor, Mrunal Thakur, Pankaj Kapur

Bagi para penggemar Shahid Kapoor, sudahkah kamu menonton film berjudul Jersey? Film satu ini bisa dikatakan film terbaik dari Shahid Kapoor, meski secara komersial filmnya flop.

Diadaptasi dari film Telugu, film ini gagal bersaing di box office India dan terkena imbas Covid-19. Jika berbicara soal kualitas, film ini berhasil mendapatkan review yang sangat baik dari para kritikus film.

Jersey mengisahkan seorang mantan pemain kriket yang gagal bernama Arjun. Ia berusaha bangkit dari keterpurukan dan menunjukkan bahwa ia memang berbakat. Namun tidak ada satupun yang percaya dan mendukungnya, termasuk sang istri.

Suatu hari, Arjun pun mendapatkan tawaran untuk menjadi asisten pelatih sebuah tim kriket. Apakah ia akan menerima tawaran tersebut?

4. Badhaai Do

film india terbaik_Badhaai Do_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: Junglee Pictures
  • Sutradara: Harshavardhan Kulkarni
  • Pemeran: Rajkummar Rao, Bhumi Pednekar, Sheeba Chaddha, Chum Darang

Tidak mengherankan kenapa Badhaai Do bisa masuk dalam jajaran film India terbaik di tahun 2022. Film yang dibintangi oleh Rajkummar Rao dan Bhumi Pednekar ini memang sangat pas dengan realita dan dekat dengan masyarakat, sebab menyentil isu sosial yang dikemas dengan cara lucu dan mudah dipahami.

Shradull yang seorang gay, memutuskan untuk menikah dengan Sumi yang kenyataannya seorang lesbian. Pernikahan ini mereka lakukan, agar orang tua masing-masing tidak menuntut mereka untuk menikah terus menerus.

Namun, rumah tangga ini tidak berjalan baik ketika para orang tua mengetahui orientasi seksual dan pasangan sejenis masing-masing.

5. Mimi

 Mimi

Mimi adalah film yang mengangkat isu mengenai resiko menjadi proses “surrogate mother” atau ibu pengganti.

Film ini mengangkat isu yang tabu ini dalam sebuah film komedi keluarga yang menyenangkan dan mengharukan. Film yang dibintangi oleh Kriti Sanon dan Tripathi mendapatkan berbagai macam review positif dan negatif.

Mimi (Kriti Sanon) menerima tawaran pasangan Amerika John dan Summer untuk mengandung anak mereka. Mimi berbohong pada kedua orang tuanya untuk menyembunyikan kehamilan ini, hingga anak yang dikandungnya didiagnosa cacat.

Pasangan Amerika itu kabur sementara Mimi harus menanggung resiko besar akibat kontrak yang tidak melindungi dirinya dalam proses ini. 

6. Saina

Saina

Film satu ini sepertinya bisa meningkatkan semangat, karena setelah menontonnya kamu akan tahu perjuangan seorang atlet.

Saina merupakan film biografi dari pebulutangkis legendaris asal India yaitu Saina Nehwal. Pebulutangkis wanita nomor 1 dunia yang telah memenangkan banyak sekali pertandingan sejak usianya masih muda.


Film ini menunjukkan bahwa untuk membuat seorang atlet hebat, bukan hanya membutuhkan bakat. Tapi dukungan orang tua dan pengorbanan untuk melepas masa kecil demi meningkatkan skillnya. Filmnya sangat detail dan menyentuh, selain itu penampilan Parineeti Chopra sebagai Saina benar-benar sangat baik.

7. The Big Bull

The Big Bull

Abhishek Bachchan membuktikan bahwa dirinya adalah aktor yang tidak kalah hebat dari sang ayah. Hal ini terbukti dari penampilannya dalam film The Big Bull yang berhasil mendapatkan pujian.

Film ini mengisahkan mengenai Hemant Shah, pria kelas menengah yang bercita-cita menjadi kaya raya. Apalagi Hemant di tolak mentah-mentah oleh ayah kekasihnya karena dianggap miskin dan tidak layak.

Demi menggapai cita-citanya, Hemant memanfaatkan kemampuan dan pengakuannya dengan bermain di bursa saham India. Dengan cermat dan berhati-hati, Hemant mempelajari prospek perusahaan yang akan dibeli sahamnya.

8. Madam Chief Minister

Madam Chief Minister

Film yang mengangkat women power ini wajib sekali untuk di saksikan bagi para pecinta film Bollywood. Madam Chief Minister film bergenre drama politik yang disutradarai oleh Subhash Kapoor.

Tara (Richa Chadha) seorang wanita yang penuh semangat dan perjalanannya untuk menjadi menteri di Uttar Pradesh. Wanita ini makin berapi-api setelah hinaan yang didapatkan dari mantan kekasihnya, ia berjanji membalaskan dendamnya.

Tara masuk ke Partai Politik Masterji dimana partai ini berdedikasi untuk mengangkat orang-orang kelas bawah. Langkah Tara untuk mendapatkan pengakuan dan melawan para tirani ini tidak mudah, untungnya ia memiliki orang yang setia yaitu Danish Khan (Manav Kaul).

9. The Girl on The Train

The Girl on The Train

The Girl on The Train judul ini pasti sudah tidak asing lagi sebagai judul film yang pernah diperankan oleh Emily Blunt tahun 2016.

Di tahun 2021 film ini dibuat kembali dengan pemeran utama Parineeti Chopra dan disutradarai oleh Ribhu Dasgupta. Tidak kalah mencekam, versi Indianya juga berhasil membuat para penonton masuk kedalam dunia Mira Kapoor yang gelap.

Kehidupan seorang pengacara muda yang sukses dan berbakat hancur seketika setelah memenangkan satu kasus pembunuhan. Mira Kapoor (Parineeti Chopra) harus hidup dalam pengaruh alkohol dan amnesia, wanita ini bahkan tidak tahu apakah ia seorang pembunuh atau bukan.

Hidupnya kini sudah benar-benar hancur, hingga fakta-fakta mengenai masa lalu dan mantan suaminya muncul.

10. Ramprasad Ki Tehrvi

Ramprasad Ki Tehrvi

Ramprasad Ki Tehrvi pertama kali ditayangkan di Mumbai Film Festival pada 17 Oktober 2019. Filmnya secara resmi dirilis pada 1 Januari 2021, film bergenre keluarga ini memang relate dengan kebanyakan orang disana.

Kisahnya bermula ketika seluruh keluarga berkumpul setelah kepergian Ramprasad untuk melakukan ritual tehrvi. Selama 13 hari bersama bukannya merasa sedih tapi mereka hanya memikirkan materi dan konflik lainnya.

Film ini memang kurang mendapatkan perhatian di India, pasalnya ceritanya yang lumayan berat meski tidak ada konflik utama. Selain itu film ini tidak dibintangi oleh aktor ternama, tapi kualitas film ini jauh lebih baik dari kebanyakan film.    

Dari jajaran film yang sudah saya bagikan di atas, kira-kira film mana saja nih yang sudah kamu tonton? Semua film di atas merupakan film yang berhasil mendapatkan rating yang cukup baik serta populer di kalangan para penggemar.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram